Kehamilan

Ternyata Susu Ibu Hamil Bisa Bikin Bayi Pintar

Ternyata Susu Ibu Hamil Bisa Bikin Bayi Pintar

Sumber utama makanan janin di rahim adalah dari plasenta. Melalui plasenta makanan dan minuman yang Ibu hamil konsumsi akan diantarkan ke si kecil di rahim. Itulah kenapa penting sekali untuk Ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan makan dan minum semua yang bergizi dan bernutrisi. Seperti mengonsumsi sayur, buah, sumber protein, multivitamin, dan tidak sedikit juga yang mengoptimalkan asupan nutrisinya dengan minum susu ibu hamil.

Nah, sebenarnya perlukah ibu minum susu ibu hamil selama masa kehamilan? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di NCBI, ternyata ada manfaat minum susu ibu hamil. Ibu yang minum kurang dari satu gelas susu ibu hamil setiap hari melahirkan bayi yang beratnya lebih kecil dibandingkan dengan ibu yang minum susu ibu hamil dengan kuantitas lebih banyak. Pada setiap gelas susu ibu hamil yang dikonsumsi Ibu, ada peningkatan berat badan janin mencapai 41 gram saat dilahirkan.

Studi lainnya juga menjelaskan fakta bahwa risiko terjadinya multiple sclerosis (sklerosis ganda) cenderung lebih rendah pada perempuan yang lahir dari ibu dengan kebiasaan minum susu ibu hamil selama kehamilan. Luar biasa banget ya manfaatnya?

Kandungan Mineral Dan Vitamin Pada Susu Ibu Hamil

Asupan yang bernutrisi adalah kunci dari pertumbuhan janin yang sehat. Memang sih Ibu bisa memilih begitu banyak sumber makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil. Namun, kandungan di dalam susu ibu cukup lengkap lho. Simak yuk beberapa kandungan susu ibu hamil yang bagus untuk kesehatan ibu dan janin.


  1. Vitamin D

    Tahukah Ibu, susu ibu hamil merupakan salah satu sumber vitamin D yang mudah kita dapatkan. Vitamin D sendiri merupakan nutrisi penting selama kehamilan untuk mencegah si kecil lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) dan kondisi neonatal rickets (sebuah penyakit pertumbuhan karena kekurangan vitamin D).

    Rata-rata satu gelas susu ibu hamil dapat memberikan kurang lebih 117 IU dari 600 IU vitamin D yang Bumil butuhkan setiap hari. Itu artinya, jika bumil minum 3 gelas susu ibu hamil per hari, kandungan vitamin D-nya dapat memenuhi 59 persen kebutuhan vitamin D Ibu.

  2. Kalsium

    Ibu pasti sudah tahu dong kalau susu ibu hamil merupakan sumber kalsium penting selama kehamilan? Bila tidak mengonsumsi makanan kaya kalsium yang cukup seperti susu ibu hamil, Ibu akan kehilangan cadangan kalsium pada tulang untuk memenuhi kebutuhan bayi yang dikandung.

    Selama hamil, Ibu yang berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 1000 mg kalsium per hari, sedangkan Ibu hamil di bawah usia 19 tahun membutuhkan 1300 mg per hari. Nah, biasanya satu gelas susu ibu hamil menyediakan 305 mg kalsium. Jadi mengonsumsi 3 gelas susu ibu hamil setiap hari bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian selama kehamilan.

  3. Protein

    Protein sangatlah dibutuhkan ibu selama hamil, karena nutrisi ini berperan dalam pada pembentukan rahim, aliran darah, dan jaringan tubuh bayi. Jika Ibu kekurangan asupan protein selama hamil, risiko penurunan berat badan janin dan timbulnya masalah kesehatan pada bayi akan makin besar.

    Bumil dapat mengonsumsi 3 gelas susu ibu hamil tinggi protein setiap hari untuk memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan protein saat hamil.

Manfaat Susu Ibu Hamil Untuk Janin, Salah Satunya Bikin Anak Jadi Pintar!

Berhubung kandungannya yang kaya nutrisi, banyak manfaat susu ibu hamil untuk janin yang dapat kita peroleh. Ini dia beberapa manfaat susu ibu hamil untuk janin yang dilansir dari sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition:

  • Ibu yang rutin minum susu ibu hamil, setidaknya 150 ml susu setiap hari, memiliki kemungkinan lebih besar untuk melahirkan anak yang lebih tinggi. Anak yang lahir dari ibu yang minum susu ibu hamil selama kehamilan juga biasanya lahir dengan berat badan yang cukup.
  • Studi tersebut juga menyebutkan bahwa kebiasaan minum susu ibu hamil selama periode kehamilan juga bisa memberi manfaat pada anak di masa dewasanya. Anak jadi memiliki tingkat insulin lebih tinggi di aliran darahnya di akhir masa remaja, dan hal tersebut menurunkan risiko diabetes tipe 2.
  • Bumil yang rutin minum susu ibu hamil juga menurunkan risiko anak menderita osteoporosis di masa mendatang.
  • Selain itu, bila Ibu ingin anak punya IQ tinggi, rutinlah minum susu ibu hamil setiap hari. Kandungan iodin pada susu ibu hamil akan meningkatkan perkembangan otak janin sehingga si kecil memiliki IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik.
  • Susu ibu hamil tinggi protein, asam amino, dan asam lemak. Nutrisi tersebut sangat penting untuk perkembangan sistem syaraf bayi.
  • Tidak hanya bermanfaat untuk janin saja, susu ibu hamil juga dapat membantu keluhan heartburn dan masalah pencernaan lainya pada Ibu selama hamil. Ini karena susu merupakan antasid yang baik dan dapat membantu meredakan gejala ini.
  • Susu ibu hamil juga membantu Ibu tetap terhidrasi dan mengatasi kehilangan cairan saat hamil.

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

Ibu mungkin bertanya-tanya, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Apakah mulai dari trimester 1 atau menjelang persalinan? Nah, ternyata ibu disarankan untuk minum susu hamil mulai dari trimester satu saat janin sudah mulai bertumbuh agar ia mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Lalu berapa banyak susu ibu hamil yang perlu diminum setiap harinya? Menurut sebuah studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, Bumil dianjurkan untuk minum 3 gelas susu ibu hamil setiap hari.

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Sesuai Usia Kehamilan

Pernah nggak Ibu merasa mual saat hendak minum susu, khususnya saat masih di trimester pertama? Hal ini sangat wajar sekali karena keluhan morning sickness masih sangat sering dirasakan ibu hamil di trimester pertama.

Itulah kenapa, Ibu perlu memilih susu ibu hamil sesuai usia kehamilan agar kebutuhan Ibu terpenuhi. Salah satu susu ibu hamil yang bisa dipilih adalah susu ibu hamil Lactamil. Terdapat dua varian produk yang dapat dipilih Bumil, antara lain:

1. Lactamil Inisis

Susu ibu hamil Lactamil Inisis cocok untuk Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan dan Ibu yang sedang berada di trimester pertama dan sedang mengalami mual muntah. Terdapat kandungan vitamin B6 yang tinggi yang dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Selain itu, Lactamil Inisis juga tinggi vitamin C dan D3 yang dapat memperkuat daya tahan tubuh Ibu. Kandungan tinggi asam folatnya juga dapat membantu kesuburan Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, serta membantu tumbuh kembang janin di trimester pertama.

Lactamil Inisis tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan memiliki sensasi manis yang pas serta tak membuat mual.

2. Lactamil Pregnasis

Nah, jika Ibu tidak merasakan mual dan muntah selama kehamilan, susu ibu hamil Lactamil Pregnasis bisa menemani hari-hari Ibu untuk memenuhi asupan mikronutrien dan makonutiren selama kehamilan. Lactamil Pregnasis dapat dikonsumsi di sepanjang kehamilan, mulai dari trimester 1, 2, dan 3.

Selain kandungan gizi yang lengkap, Lactamil Pregnasis juga dilengkapi dengan vitamin D & D3 yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh Ibu. Tak hanya itu saja, terdapat pula kandungan asam folat dan omega 6 yang dapat membantu pertumbuhan otak dan perkembangan janin.

Lactamil juga dilengkapi dengan makronutrien seperti protein dan mikronutrien seperti asam folat dan kalsium  yang tentunya baik untuk tumbuh kembang si kecil. 

Manfaat asam folat di dalam susu Lactamil Pregnasis juga dapat mendukung proses pembentukan jaringan dan organ tubuh janin, serta mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan lahir rendah. Tak perlu khawatir pula, Lactamil Pregnasis memiliki kandungan lemak dan sukrosa yang rendah lho.

Pilihan rasanya pun beragam, tersedia dalam rasa cokelat, stroberi dan vanilla. Semuanya terasa enak dan pas manisnya, tidak terlalu manis.

Yuk kita mulai perhatikan asupan nutrisi selama hamil dengan rutin minum susu ibu hamil. Ibu bisa mendapatkan Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis toko-toko terdekat yaa karena sangat mudah didapatkan. Jangan lupa juga untuk selalu makan asupan bernutrisi lainnya agar si kecil dan bumil sehat selalu.

(Editor: Atalya)