Balita Dibaca 118 kali

11 Aplikasi Edukatif di Smartphone untuk Anak Anda

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 18 November, 2018 20:11

11 Aplikasi Edukatif di Smartphone untuk Anak Anda
Saat ini anak sudah bisa menggunakan dan memahami teknologi di usia dini. Mereka tahu bagaimana mengoperasikan telepon pintar dan tablet dengan baik dan menemukan aplikasi favorit sebelum bisa bicara. Ada banyak aplikasi yang tersedia tapi tak semua cocok untuk anak. Berikut adalah daftar aplikasi untuk anak berupa permainan yang edukatif dan semuanya aman juga menyenangkan bagi anak.

Monkey Preschool Lunchbox

Untuk usia 2 hingga 5 tahun. Permainan ini mengajarkan anak tentang bentuk, hitungan, puzzle, dan warna. Kapan pun anak membuka kotak makannya, akan keluar pelajaran baru. Si monyet meminta bantuan untuk menemukan buah berwarna hijau, mengambil hanya 8 stroberi, atau menemukan buah yang dimulai dengan huruf yang diminta. Tak ada pengurangan nilai jika salah, jadi tebakan yang salah menjadi bagian dari proses belajar dan bukan hal yang menakutkan. Ada banyak tantangan yang berbeda, tapi aplikasi ini akan membosankan bagi anak yang lebih besar yang sudah memiliki pemahaman baik pada huruf, warna, dan hitungan. Warna cerah dan maskot monyet jadi hal menarik bagi anak kecil, dan penguasaannya mudah dipelajari.

Angry Birds

Untuk semua usia. Anda pasti familier dengan permainan ini. Objek permainan adalah melemparkan burung ke babi yang duduk di struktur kecil untuk membunuh semua babi. Tak diketahui apa yang dilakukan babi, tapi burung tak suka dengan kehadiran mereka. Tingkatan permainan seperti puzzle dan terus bertambah kesulitannya, tapi akan ada burung berbeda dengan kemampuan baru pada tingkatan selanjutnya.

Toddler Teasers

Untuk anak usia prasekolah, Toddler Teasers membuat anak siap untuk bersekolah dengan puzzle dan permainan yang melibatkan bentuk, warna, angka, dan huruf. Aplikasi ini gampang dioperasikan anak dan kontrolnya mudah. Ada 4 cara bermain yang semuanya edukatif. Toddler Teasers terdiri dari 30 kategori meliputi bentuk, warna, uang, simbol, warna, dan angka. Permainan berupa puzzle, games, dan flash cards untuk mempermudah pelajaran. Setelah anak bermain, aplikasi akan mengirimkan kartu laporan untuk menunjukkan kategori yang mudah atau sulit bagi anak. Bila anak sudah mulai mahir, Anda bisa memberi tantangan baru dengan mengubah bahasa yang digunakan.

Free Books

Aplikasi ini untuk semua usia dengan fokus pada membaca, Bun. Free Books menawarkan novel klasik yang umum sehingga  tepat untuk anak yang tertarik dengan cerita seperti Alice in Wonderland. Bila anak belum bisa membaca, Free Books juga memiliki buku audio. Pengguna bisa memilih antara buku audio dan ebook sehingga anak bisa mendengarkan cerita lalu coba membacanya sendiri.

Bila anak menemukan kata yang tidak dimengerti, ia bisa menggunakan kamus yang tersedia. Melihat tulisan pada lembaran kecil memang bisa membuat mata lelah, tapi ada pilihan untuk mengganti ukuran tulisan. Anda juga bisa memberi “rate” untuk membantu mengingat mana yang jadi favorit Anda atau membaca ulasan untuk memastikan pilihan Anda tepat untuk anak. Free Books butuh banyak memori di tablet bergantung berapa banyak buku yang Anda unduh, jadi pastikan Anda punya cukup sebelum memberikannya pada anak.

Writing Wizard

Berlatih huruf tidak akan membosankan di Writing Wizard. Pemula bisa mulai dengan menjiplak bentuk sebelum menulis huruf. Anak akan suka bermain dengan huruf animasi setelah selesai menjiplaknya, Anda bisa menyesuaikan pilihan untuk mencocokkan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Anda juga bisa tambahkan daftar kata dan mencetak lembar kerjanya.

Sago Mini Monsters

Sago Mini Monsters jadi pilihan permainan yang kreatif. Aplikasi ini sangat tepat dirancang untuk anak kecil. Anak pertama-tama merancang dan mewarnai monster mereka dan lalu bermain, memberi makan, dan menyikat giginya. Anak bisa menyimpan kreasinya pada kamera.

Memory King

Memory King adalah permainan kartu klasik dan bagus untuk semua usia. Anda bisa buat paling sedikit dua pasang kartu untuk anak yang masih kecil, membuat kartu sendiri, dan merekam suara Anda. Anak bisa bermain sendiri atau bersama 3 orang teman. Versi gratis Memory King memiliki lebih dari 60 kartu berupa mainan dan binatang serta ratusan kartu lain bisa dibeli di koleksi terpisah.

Interactive Alphabet ABC's

Aplikasi ini membuat anak mengenal suara alfabet. Tiap huruf bisa berubah menjadi mainan animasi yang dimulai dengan huruf itu. Moda untuk bayi bergerak sendiri sehingga si kecil cukup mendengar suara meski tidak bisa menyentuh layar. Anak bisa belajar menjiplak dan menulis huruf dan orang tua bisa menambahkan atau mengunduh foto untuk mengilustrasikannya.

Memory Matches

Sebagai aplikasi untuk semua usia, Memory Match jadi cara tepat untuk menajamkan ingatan. Permainannya seperti permainan daya ingat dimana Anda membuka kartu dan menemukan pasangannya. Konsepnya sangat sederhana sehingga anak bisa bosan memainkannya, tapi game ini bisa dimainkan seluruh keluarga. Permainan bisa dipilih berdasarkan tema seperti bentuk, titik, dan binatang. Ada dua cara memainkannya, mode pemain tunggal atau melawan pemain lain pada pilihan multiple players. Anda juga bisa memilih 4 kartu dengan 4 kartu, 5 x 5, 6 x 6, 7 x 7, atau 8 x 8. Aplikasi akan merekam semua skor siapa saja yang bermain, sehingga mudah melacak siapa yang Anda kalahkan dan siapa yang banyak menang. Karena permainan yang cukup mendasar, kadang beberapa anak tidak terlalu tertarik memainkannya, tapi aplikasi ini gratis jadi tak ada alasan untuk tidak mengunduhnya kan Bun.

Gazzili Science

Untuk usia 5 hingga 10 tahun. Ilmu pengetahun bisa jadi mata pelajaran yang sulit bagi beberapa anak tapi Gazzili Science membuatnya mudah dan menyenangkan. Ada 6 area berbeda pada permainan dengan masing-masing bagian science yang dipelajari. Karakter berbeda memandu anak melewati pelajaran tentang tanaman, musim, siklus air, dan banyak lagi.

Anak bisa menanam benih, melihat akar tumbuh, dan melihat perubahan jadi pohon dan bunga, melihat rotasi bumi, perubahan musim, dan ke bawah laut untuk mempelajari kehidupan air. Aplikasi ini memiliki banyak isi, tapi aksinya repetitif sehingga anak jadi semakin mahir. Tiap kali anak selesai, ia mendapat sticker dan objek di layar yang bergerak, berbicara, atau menari.

Mini Monet

Untuk usia 3 hingga 10 tahun, Mini Monet membuat anak mengeksplorasi kota yang mereka klik untuk mempelajari hal berbeda tentang seni. Anak memiliki sejumlah alat untuk digunakan seperti pensil, spidol, cat, dan glitter. Anak juga bisa membuat sticker dan stempel yang disesuaikan. Mini Monet memiliki120 halaman mewarnai dan halaman kosong yang bisa digunakan anak membuat gambar. Setiap minggu anak menerima tantangan baru dan bisa memenangkan stiker setelah menyelesaikan tantangan.  

Tiap karya anak bisa disimpan di buku seni dan dilihat nanti atau dikirim melalui email dan dicetak. Ketika anak menyelesaikan halaman mewarnai, mereka memperoleh koin dan menggunakannya untuk membeli halaman mewarnai baru dan warna berbeda. Bila anak ingin bermain, Mini Monet menyediakan pensil ajaib untuk memastikan ia tetap berada di dalam garis.

(Ismawati / Dok: babycouture)