Balita

11 Makanan Penambah Tinggi Badan Bayi Kaya Gizi

11 Makanan Penambah Tinggi Badan Bayi Kaya Gizi

Memberi makanan penambah tinggi badan bayi adalah salah satu usaha orangtua agar si kecil memiliki tinggi badan yang ideal dan bagus. 

Meski begitu, tinggi badan anak sangat dipengaruhi oleh kondisi genetik kedua orangtuanya. Jika kedua orangtua memiliki tinggi badan yang bagus, maka si kecil juga memiliki kemungkinan besar tinggi badan yang bagus.

Faktor berikutnya yang menjadi penentu tinggi badan si kecil adalah nutrisi. 

Nutrisi yang cukup seperti protein, kalsium, vitamin D, fosfor, magnesium, dan zinc harus dikonsumsi seimbang agar manfaatnya maksimal termasuk untuk tinggi badan si kecil.

Ada beberapa makanan penambah tinggi badan bayi yang sebaiknya rutin dikonsumsi oleh si kecil seperti yang dilansir dari Parenting Firstcry. Apa sajakah?

1. Daging Sapi dan Daging ayam

11-makanan-penambah-tinggi-badan-bayi-kaya-gizi-1

Daging sapi dan daging ayam adalah makanan penambah tinggi badan bayi yang kaya akan vitamin B12 yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk dapat tumbuh tinggi. Daging juga mengandung asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Daging ayam dan sapi juga mengandung banyak protein. Dalam seporsi (85 gram) diperkirakan mengandung 20 gram protein. Si kecil sebisa mungkin rutin mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti daging-dagingan ini.

2. Telur

Makanan penambah tinggi badan bayi berikutnya adalah telur. Anak-anak yang rutin mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti telur mengalami peningkatan tinggi badan yang signifikan dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki asupan protein yang lebih sedikit menurut sebuah penelitian.

Telur kaya akan protein, kalsium, vitamin B12, dan riboflavin. Putih telur (dikenal juga dengan albumin) mengandung 100% protein.

Yang bikin telur cukup menarik sebagai makanan penambah tinggi badan bayi adalah telur dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan sehingga si kecil pun tidak bosan mengkonsumsi telur.

3. Produk susu

11-makanan-penambah-tinggi-badan-bayi-kaya-gizi-2

Produk susu seperti susu, keju, dan lemak susu adalah sumber makanan penambah tinggi badan bayi karena kaya akan mineral seperti kalsium, vitamin A, B, D, dan E. 

Produk susu juga sumber protein yang baik karena berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel pada tubuh. Selain susu, yoghurt juga salah satu produk susu yang baik sebagai makanan penambah tinggi badan bayi.

4. Kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan makanan penambah tinggi badan bayi yang sering tidak diperhitungkan. Padahal kedelai membantu  kesehatan dan pertambahan tinggi si kecil. 

Kacang kedelai kaya akan protein, vitamin, folat, karbohidrat, dan serat yang merupakan pilihan makanan alternatif sebagai sumber protein. Tofu yang terbuat dari kacang kedelai juga menjadi sumber makanan tinggi protein si kecil yang baik pula.

5. Pisang

11-makanan-penambah-tinggi-badan-bayi-kaya-gizi-3

Pisang juga merupakan makanan penambah tinggi badan bayi karena tinggi akan potasium dal kalsium. Mengkonsumsi pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan si kecil pula.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber makanan penambah tinggi badan bayi yang baik bagi pertumbuhan si kecil karena kaya akan mineral penting, vitamin lemak sehat, dan asam amino yang penting untuk pertumbuhan. 

Ibu dapat menambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian yang sudah dihancurkan ke mangkuk sereal mereka. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa diramu menjadi snack yang lezat bagi si kecil.

7. Sayur-sayuran hijau

11-makanan-penambah-tinggi-badan-bayi-kaya-gizi-4

Banyak anak yang tidak suka mengkonsumsi rutin sayur-sayuran hijau. Meski begitu, sayuran hijau memiliki sejuta manfaat bagi mereka. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan okra kaya akan mineral esensial, vitamin, dan juga serat. 

Semua elemen ini akan berkontribusi kepada pertambahan tinggi si kecil. Sayuran hijau direkomendasikan termasuk dalam menu makanan mereka setiap hari.

8. Ikan

Selain daging, ikan-ikanan juga merupakan sumber makanan penambah tinggi badan bayi. Ikan kaya akan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang dan otot si kecil.

9. Buah-buahan

11-makanan-penambah-tinggi-badan-bayi-kaya-gizi-5

Si kecil direkomendasikan untuk rutin mengkonsumsi buah-buahan karena baik untuk pertumbuhan tinggi mereka. Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk asupan harian si kecil. 

Pastikan si kecil mengkonsumsi berbagai tipe buah-buahan terutama yang kaya vitamin A dan C seperti jeruk, pepaya, dan semangka.

10. Wortel

Bukan rahasia kalau wortel termasuk makanan penambah tinggi badan bayi yang kaya akan vitamin A dan C. Vitamin ini penting untuk penyerapan kalsium pada tulang sehingga dapat bertumbuh secara optimal

11. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan si kecil karena mereka merupakan sumber serat, vitamin, besi, magnesium, dan selenium. Roti gandum utuh dan pasta adalah opsi yang cukup baik sebagai makanan penambah tinggi badan bayi.

Selain rutin mengkonsumsi 11 makanan penambah tinggi badan bayi di atas, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari karena berakibat buruk untuk pertumbuhan tinggi si kecil. Si kecil jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula, garam, kopi, lemak, dan minuman bersoda.

Selain mengkonsumsi makanan penambah tinggi badan si kecil, doronglah si kecil untuk memiliki jadwal tidur yang memenuhi kebutuhan hariannya karena tidur adalah proses yang penting dalam pertambahan tinggi si kecil. 

Ingatkan terus si kecil untuk memiliki postur yang baik dan jangan biarkan mereka terlalu banyak malas-malasan.

Editor: Dwi Ratih