Balita

12 Pilihan Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak Sarat Pesan Moral

12 Pilihan Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak Sarat Pesan Moral

Dongeng sebelum tidur untuk anak biasanya merupakan momen yang dinantikan bagi si kecil. Tak hanya sekedar mendengarkan dongeng yang seru saja, memberikan dongeng sebelum tidur untuk anak juga dapat mempererat hubungan dengan orang tuanya. 


Manfaat Dongeng untuk Anak

Melansir dari laman Corner Stone Learning Center, berikut ini ada beberapa manfaat lainnya saat memberikan dongeng sebelum tidur untuk anak:

1. Menanamkan Kebajikan pada Si Kecil

Setiap anak-anak sangat suka mendengarkan cerita, terutama cerita yang diangkat dari sebuah kisah atau dongeng dengan nilai budi pekerti yang luhur. Memberikan dongeng sebelum tidur untuk anak merupakan sebuah investasi berharga untuk si kecil karena biasanya cerita tersebut akan sarat dengan makna tertentu, pesan moral, hingga mengajarkan pada nilai kebajikan dan perilaku baik lainnya.

2. Meningkatkan Kemampuan Fokus Si Kecil

Menyita perhatian anak-anak bukan hal yang rumit tapi terkadang cukup menantang untuk dilakukan. Dengan memperdengarkan dongeng sebelum tidur untuk anak, maka Ibu dan Ayah turut juga melatih fokus perhatian si kecil. Pilihlah dongeng sebelum tidur singkat namun padat pesan moral supaya si kecil tidak mudah bosan.

3. Membantu Mengembangkan Imajinasinya

Anak-anak adalah makhluk yang penuh dengan imajinasi, dongeng sebelum tidur singkat dapat membantu mengembangkan imajinasinya. Selain itu, dongeng sebelum tidur untuk anak dapat juga mengasah kreativitas si kecil karena bila ia memperhatikan dengan baik, ia akan mulai kreatif bertanya hal-hal yang kritis dan juga menarik.

4. Membuka Mata Mereka Tentang Budaya Negerinya

Banyak dongeng sebelum tidur singkat yang mengangkat kisah dari dalam negeri yang cukup menarik. Tidak ada salahnya memberikan dongeng sebelum tidur untuk anak yang sarat akan cerita budaya negeri sendiri supaya mereka dapat mengenal lebih jauh tentang rumah tinggal mereka beserta keanekaragaman budayanya.

5. Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi dan Sosial

Membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak akan membantu meningkatkan ketrampilan komunikasi dan sosialnya. Di sini ia akan belajar untuk mengekspresikan diri, pikiran, dan juga perasaan. Saat si kecil mendengarkan dongeng sebelum tidur singkat nanti ia juga akan belajar banyak kosa kata baru untuk kebutuhan komunikasinya. 

Dari sisi ketrampilan social, saat mereka diceritakan sebuah dongeng, ia akan belajar tentang bagaimana menjadi pendengar yang baik, melatih kesabaran, dan bertukar gagasan.

6. Membuat Si Kecil Belajar Lebih Mudah

Dongeng sebelum tidur untuk anak juga mampu membantu si kecil untuk belajar lebih mudah serta mempertajam memorinya. Hal ini baik untuk akademisnya di sekolah nanti, selain itu si kecil juga mulai belajar untuk memperhatikan segala macam hal-hal yang mendetail. 


Rekomendasi Dongeng Untuk Anak

Kalau si kecil sudah sering mendengarkan dongeng sebelum tidur untuk anak versi luar negeri, maka tak ada salahnya juga memperdengarkan dongeng yang berasal dari berbagai kisah yang ada di Nusantara kita ini. Melansir dari laman Dongeng Cerita Rakyat dan berbagai sumber lainnya, berikut ini beberapa contoh dongeng sebelum tidur singkat untuk anak:

1. Kisah Timun Mas


Dongeng sebelum tidur untuk anak yang berjudul Timun Mas ini merupakan kisah dari daerah Jawa Tengah yang mengisahkan tentang seorang janda yang sudah tua merasa kesepian kemudian ia bermimpi bertemu raksasa yang menyuruhnya menanam timun mas karena dari tanaman tersebut akan lahir seorang gadis cantik yang akan menemani hidupnya. Tapi saat timun mas sudah lahir dan tumbuh dewasa maka akan diambil oleh raksasa. Mbok Srini tidak setuju dan melakukan segala cara supaya timun mas selamat. 

2. Kisah Sang Kancil Mencuri Timun


Disini dikisahkan ada seekor kancil yang sangat cerdik dan sering kali menipu banyak hewan termasuk hewan yang ingin memangsanya. Suatu ketika ia harus masuk jebakan pak tani karena tempo ahri mencuri timun di ladangnya. Dengan kecerdikannya, ia menipu banyak hewan untuk ikut masuk ke lubang tersebut dan kemudian ia kentut sehingga harimau marah dan menendang kancil ke luar lubang. Kancil sangat senang karena akhirnya dapat melarikan diri dari jebakan pak tani. 

3. Cerita Rakyat Malin Kundang

Dongeng sebelum tidur untuk anak berjudul Malin Kundang ini berasal dari Sumatera Barat. Cerita rakyat yang satu ini mengisahkan tentang anak laki-laki yang durhaka terhadap Ibunya. Awal mulanya ia dan Ibunya hidup miskin, lalu kemudian Malin Kundang meminta restu kepada Ibunya untuk merantau. 

Setelah sekian lama, ia kembali ke kampung halamannya dan tidak sengaja bertemu Ibunya. Namun siapa sangka, malin kundang malu karena Ibunya tampah tua renta dan sangat kotor, seketika itu ia tidak mengakui Ibunya dan membuat hati Sang Ibu sakit.tidak berapa lama kemalangan menimpa Malin Kundang dan menjadikannya batu. Pesan moralnya, jaga perasaan Ibu dan jangan pernah menyakitinya.

4. Legenda Danau Toba


Dongeng sebelum tidur singkat tentang legenda Danau Toba dari Sumatera Utara atau Tanah Batak ini juga bagus sekali lho. Dongeng ini bercerita tentang asal mula terbentuknya Danau Toba yang sangat luas itu. 

Konon kabarnya, danau tersebut terbentuk karena istri dari seseorang bernama Toba sakit hati karena suaminya melanggar janji dan mengumpat kasar. Bekas jejakan kaki sang Istri dan anak Toba tersebut seketika menjadi sumber air yang sangat deras dan jadilah Danau Toba seperti saat ini.

5. Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih

Dongeng bawang merah dan bawang putih banyak sekali diminati anak-anak bahkan sering kali dipentaskan. Dongeng sebelum tidur untuk anak ini berkisah tentang dua orang anak tidak sedarah yang memiliki sifat berbeda. Bawang merah memiliki sifat yang buruk sementara itu Bawang Putih terlahir dengan hati yang sangat baik. 

Selain itu, Bawang merah selalu lebih disayang Ibunya sedangkan bawang putih selalu teraniaya dan sering kali diminta mengerjakan seluruh pekerjaan rumah. 

6. Cinderella dan Sepatu Kaca


Dongeng sebelum tidur untuk anak berikut ini nampaknya bukan dongeng yang berasal dari dalam negeri, tapi kisahnya cukup terkenal dan bagus. Dongeng Cinderella ini hampir mirip dengan kisah bawang merah dan bawang putih karena Cinderella juga harus tinggal bersama dengan Ibu dan Saudara tiri yang selalu menyiksanya. Namun karena kesabarannya, ia berhasil mendapatkan pangerang tampan impiannya.

7. Pangeran Kodok dan Putri yang Cantik

Dongeng Pangeran Kodok mengisahkan tentang seorang pangeran tampan yang dikutuk oleh penyihir jahat dan kutukannya akan lepas bila bertemu dengan seorang putri yang cantik jelita. Namun sayangnya putri yang cantik jelita tersebgut sempat menolak pangeran tampan itu karena wujudnya yang jelek padahal suatu hari sang putri pernah berjanji akan menemani pangeran kodok tersebut jika ia berhasil mengambil bola emas yang telah jatuh ke dalam sumur. 

Sang putri sempat ingkar janji, tapi Raja meminta sang putri untuk menepati janjinya dan akhirnya keduanya menikah serta hidup bersama. Setelah itu sang putri pun tersadar bahwa yang ia lakukan adalah hal yang sangat jahat dan mulai saat itu ia belajar tentang menghargai seseorang bagaimanapun wujudnya.

8. Dongeng Semut dan Kepompong


Suatu ketika ada semut yang melihat kepompong berada di ranting pohon hanya bisa berdiam diri saja. Semut kemudian berbicara kepada kepompong bahwa nasibnya lebih baik daripada kepompong yang hanya bisa diam saja. Kata semut, kepompong kasian sekali hidupnya, berbeda dengan semut yang bisa melangkah bebas kesana kemari. 

Namun suatu hari semut bingung kenapa kepompong tidak ada isinya, lalu kemudian datanglah seekor kupu-kupu indah dan terbang mengelilingi semut sembari berujar: “Akulah yang sempat kau kasihani dan kau ejek dulu, sekarang aku lebih bebas dan bisa terbang kemana saja.” Semutpun merasa malu karena kempompong yang dia permalukan justru jauh lebih baik dari dirinya.

9. Dongeng Pinokio

Dongeng sebelum tidur untuk anak dengan judul Pinokio ini juga sarat akan pesan moral yang luar biasa bagi anak-anak. Dongeng ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Pinokio yang diciptakan oleh Kakek Gepeto. Sang Kakek sangat menyayangi Pinokio dan selalu mengajarkan hal-hal baik kepadanya. 

Selain itu, Pinokio memiliki anugerah yang berbeda dari anak lainnya karena bila ia berbohong maka hidungnya akan panjang. Suatu hari ia ketawan berbohong oleh Kakek Gepeto dan hidungnya terus tumbuh panjang sehingga membuatnya ketakutan. Lalu akhirnya hidungnya kembali normal ketika ia berhasil mengungkapkan fakta yang sebenarnya.

10. Kisah Itik Buruk Rupa


Kisah itik buruk rupa ini berawal dari seekor Ibu itik yang mengerami telurnya dan menantikan mereka semua menetas. Ibu itik sangat senang karena akhirnya semua telur yang ia tunggu menetas sempurna namun ada satu telur yang cukup berbeda dari saudara lainnya, ia berwarna abu-abu bukan kuning yang indah. 

Semakin hari, ia semakin diejek oleh banyak hewan lain yan berpapasan dengannya termasuk dengan saudara-saudaranya sendiri. Itik abu-abu itupun akhirnya segera pergi berenang menjauh dan tak ingin berada di tempat itu lagi. Namun suatu hari ia bertemu kawanan angsa dan menceritakan kisah sedihnya lalu sang angsa menjawab, “Mengapa kau harus malu dan berkecil hati? Coba lihat wajahmu dipantulan air, kau sama cantiknya seperti kami, ayo ikut kami segera.” 

Sejak saat itu itik buruk rupa pun kembali memiliki harapan dan percaya bahwa ia tak seburuk itu, ia hanya perlu bertemu dengan orang yang tepat untuk membuatnya kembali bersemangat lagi dan percaya diri.

11. Si Kura-Kura yang Sombong


Dongeng sebelum tidur untuk anak berjudul Si Kura-Kura yang Sombong ini memiliki pesan moral yang bagus. Kisahnya bermula saat ada seekor kura-kura yang sering kali merasa kesal karena kemanapun ia pergi ia harus membawa tempurung sekaligus rumahnya yang sangat berat. Ia iri terhadap burung-burung yang dapat terbang bebas dan tampak sangat ringan. 

Suatu ketika, ia meminta bantuang angsa untuk membantunya terbang, dengan berpegangan pada sebatang ranting pohon yang kuat, kura-kura pun berhasil terbang. Namun tiba-tiba saat terbang tubuhnya tidak stabil sehingga ia harus jatuh dengan keras dan ia berhasil selamat karena tempurung yang amat ia benci. Sejak saat itu, ia sangat bersyukur dirinya dilengkapi dengan tempurung yang sangat kuat dan hebat.

12. Kisah Tikus dan Singa


Suatu hari ada seekor tikus yang sangat suka berbuat jahil dan ia pun menggoda singa yang sedang bersantai. Singa merasa sangat kesal hingga ia berkata akan memakan tikus tersebut hingga tak bersisa. Mendengar hal tersebut, tikus merasa sangat ketakutan lalu meminta maaf pada singa. Dengan perdebatan yang cukup panjang, singa pun akhirnya memaafkan perbuatan tikus yang sempat mengganggunya itu.

Lalu kemudian tikus berjanji akan membalas kebaikan hati sang singa suatu hari nanti. Hari berikutnya, ternyata singa jatuh terperangkap pada jarring pemburu, ia merasa kesakitan dan lirih meminta bantuan. Pada saat itu, tikus tak sengaja sedang melewati tempat singa terperangkap lalu ia ingat akan kebaikan singa dan memutuskan untuk menggerogoti jarring tersebut sehingga singa bisa segera terbebas dan berlari cukup kencang. Sejak saat itu keduanya bersahabat dan berjanji untuk saling tolong menolong.

Editor: Atalya