Balita Dibaca 249 kali

12 Rekomendasi Anti Nyamuk Untuk Bayi yang Aman

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
12 Rekomendasi Anti Nyamuk Untuk Bayi yang Aman

Nyamuk, hewan kecil ini nyatanya bisa membawa penyakit yang berbahaya yang dikenal dengan istilah Mosquito-borne disease atau penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Itulah kenapa penggunaan anti nyamuk untuk bayi sangat disarankan demi melindungi kulit si kecil dari gigitan nyamuk.

Sebelum kita membahas rekomendasi anti nyamuk untuk bayi, simak dulu yuk beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat gigitan nyamuk.

Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

Selama ini, demam berdarah mungkin menjadi penyakit akibat nyamuk yang namanya familiar di tengah masyarakat Indonesia. Padahal, ada beberapa penyakit lain selain demam berdarah akibat gigitan nyamuk yang umum terjadi lho, antara lain:

  1. Zika virus

    Penyakit ini punya beberapa gejala seperti demam ringan, nyeri sendi dan otot serta ruam. Namun seringkali, penyakit ini nggak menimbulkan gejala. Ibu hamil yang terinfeksi virus ini, berisiko mengalami keguguran, janin yang dikandung pun berisiko mengalami microcephaly.

  2. Kaki gajah

    Atau filariasi, adalah pembengkakan kaki akibat infeksi cacing filaria, yang ditularkan akibat gigitan nyamuk. Selain pada tungkai, pembengkakan ini juga bisa mengenai bagian tangan, dada dan kelamin.

  3. Malaria

    Penyakit ini ditimbulkan oleh parasit dan adalah penyakit yang umum terjadi di daerah tropis. Ada beberapa gejala dari penyakit ini, misalnya demam, menggigil, nyeri otot, merasa lelah, pusing, mual dan muntah. Jika tidak segera ditangani, dampak dari malaria bisa fatal. Penyakit ini bisa berulang atau kambuh.

  4. Demam kuning

    Yellow fever atau demam kuning. Pada kasus yang ringan, akan menimbukan gejala seperti demam, mual, muntah dan pusing. Penyakit ini bisa menjadi penyakit serius dengan membahayakan jantung, lever serta ginjal. Pada tahap lanjut, gejalanya berupa kulit dan mata menjadi kuning, nyeri perut, pendarahan, dst. 

  5. Chikungunya

    Penyakit ini menimbulkan gejala demam dan nyeri sendi yang hebat. Gejala lainnya misalnya nyeri otot, ruam dan sakit kepala. Penyakit ini bisa membahayakan jika mengenai lansia atau orang dengan penyakit kronis. 

  6. Japanese Encephalitis

    Adalah peradangan pada otak. Ada beberapa penyebabnya, namun pada umumnya disebabkan oleh virus, salah satunya yang dibawa melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini seringkali nggak menunjukkan gejala, atau gejala yang muncul hanya seperti gejala flu saja. Pada kasus yang berat, penderitanya mungkin mengalami lumpuh di sebagian tubuh, lemah otot, kesulitan berbicara atau bahkan koma. 

Selain beberapa penyakit di atas, ada satu lagi, nih, penyakit yang nggak berbahaya namun cukup mengganggu, yaitu prurigo. Prurigo lebih dikenal dengan istilah ‘penyakit darah manis’. Penyakit ini ditandai dengan kulit gatal yang lama-kelamaan akan menghitam atau membekas. Penyakit ini nggak ada hubungannya dengan kadar gula darah tinggi, namun salah satunya, bisa dipicu karena gigitan serangga dan kebiasaan menggaruk.

Tips Mencegah Penyakit Lewat Gigitan Nyamuk 

Cukup banyak yaa penyakit akibat gigitan nyamuk yang berbahaya untuk si kecil? Kabar baiknya, kehadiran nyamuk di rumah kita bisa dihindari dan diusir dengan beberapa cara agar nyamuk-nyamuk nakal tersebut tidak mengganggu si kecil. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan:

  • Melakukan gerakan 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur genangan air, guna mencegah perkembangbiakan nyamuk.

  • Menggunakan minyak atau krim anti nyamuk untuk bayi demi mencegah gigitan nyamuk dan serangga.

  • Menjaga kebersihan rumah karena nyamuk menyukai lingkungan yang kotor.

  • Melakukan fogging secara teratur untuk membantu mengurangi perkembangbiakan nyamuk.

Rekomendasi Minyak dan Krim Anti Nyamuk untuk Bayi

Nah, salah satu cara mencegah gigitan nyamuk adalah menggunakan minyak dan krim anti nyamuk untuk bayi. Kalau Ibu masih bingung memilih, simak yuk beberapa rekomendasinya berikut ini:

  1. Zwitsal Baby Skin Protector Lotion

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Zwitsal Baby Skin Protector Lotion

    Dilengkapi dengan minyak citronella untuk mencegah nyamuk dan ekstrak chamomile untuk mengurangi rasa gatal. Lotion ini sudah teruji tidak memicu alergi dan bisa digunakan untuk bayi dengan kulit sensitif. Tersedia dalam kemasan tube 50ml dan 100ml. Kemasan besar seharga Rp27.300 bisa dibeli di marketplace berikut.

  2. My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus

    Ini adalah salah satu produk anti nyamuk dengan harga terjangkau dan aromanya ‘wangi bayi’ banget. Minyak telon ini mencegah anak dari gigitan nyamuk selama delapan jam, juga melindungi anak dari bakteri dan virus. Formulanya aman bagi kulit bayi, nggak lengket dan cepat menyerap. My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus tersedia dalam tiga ukuran, misalnya 57ml, 85ml dan 145ml. Ukuran paling kecil, hanya Rp23.000, klik di sini untuk memesan.  Ada juga, nih, varian sejenis dari merk My Baby, yaitu My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection, yang memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk lebih lama, yaitu 12 jam. Kemasan 60ml seharga Rp20.300, di sini.

  3. Cussons Baby Moscare Citronella and Eucalyptus

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Cussons Baby Moscare Citronella and Eucalyptus

    Produk ini bermanfaat untuk melindungi anak selama delapan jam. Diperkaya dengan ekstrak bunga chamomile dan olive oil. Temukan produknya di Cussons official strore di sini. Dapatkan dengan harga Rp25.000 per 100gr. 

  4. Telon Lang Plus

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Telon Lang Plus

    Telon Lang Plus mengandung bahan alami rhodinol (citronella) yang sudah teruji bisa memberikan perlindungan dari gigitan serangga hingga sepuluh jam. Telon Lang Plus juga bisa dipakai untuk minyak pijat bayi. Anti nyamuk untuk bayi ini tersedia dengan banyak ukuran, yaitu 15ml, 30ml, 60ml dan 100ml. Dapatkan dengan harga Rp30.000 untuk Telon Lang Plus kemasan 60ml, klik di sini.

  5. Cessa Bugs Away

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Cessa Bugs Away

    Gunakan Cessa Bugs Away untuk menghindari anak dari gigitan nyamuk dan agar anak tidur nyenyak. Terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami, sehingga aman untuk kulit bayi dan anak. Produk ini terjangkau, yaitu Rp35.000 per botol. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, bisa lihat di akun @cessa.official.

  6. Bebe Roosie Bugs Repellent

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Bebe Roosie Bugs Repellent

    Selain mencegah gigitan nyamuk, produk ini punya tambahan manfaat, yaitu mengurangi iritasi kulit yang tergigit bahkan membantu memudarkan bekas luka akibat gigitan nyamuk. Manfaat tersebut di dapat dari bahan alami pada produk ini, misalnya ekstrak lavender dan citronella. Lainnya adalah minyak zaitun dan lidah buaya. Anda nggak perlu khawatir menggunakan Bebe Roosie Bugs Repellent, karena bebas DEET. Sebagai informasi, menurut American Academy of Pediatrics, bayi di bawah usia dua bulan tidak disarankan menggunakan produk dengan DEET. Untuk informasi tempat pembelian, bisa dicek di akun @bebe_roosie. Isi 60gr, harganya adalah Rp37.300. Terjangkau, kan?

  7. Bambi Baby Anti Mosquito Lotion

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Bambi Baby Anti Mosquito Lotion

    Anti nyamuk untuk bayi dengan kandungan alami, yaitu ekstrak minyak citronella untuk melindungi dari gigitan serangga selama enam hingga delapan jam. Produk ini berbahan dasar air dan bebas DEET (diethltoluamide). Untuk hasil yang maksimal, usapkan pada kulit bayi setiap empat jam sekali. Untuk membeli produk yang asli, kunjungi Bambi official store di sini. Bambi Baby Anti Mosquito Lotion kemasan tube 50ml, dengan harga Rp42.000

  8. Konicare Minyak Telon Plus

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Konicare Minyak Telon Plus

    Selain menghindarkan anak dari gigitan nyamuk, menggunakan minyak telon, juga bikin tubuh anak menjadi hangat. Konicare Minyak Telon Plus terdiri dari bahan-bahan alami seperti minyak bunga lavender, minyak bunga geranium, serta bahan utama minyak telon lainnya. Usapkan pada bagian tubuh yang rentan digigit nyamuk, seperti kaki tangan dan leher. Produk ini punya tiga ukuran kemasan, mulai dari 30ml, 60ml dan 125ml. Untuk kemasan 125ml, bisa Anda dapatkan dengan harga Rp63.500 di sini.

  9. Babyganics Natural Insect Repellent

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Babyganics Natural Insect Repellent

    Contoh bahan alami di dalamnya, misalnya citronella, peppermint, geranium, lemongrass dan rosemary. Produk ini bebas DET. Semprotkan pada kulit setiap sembilanpuluh menit. Klik di sini untuk membeli. Ukuran kecil dijual dengan harga Rp71.500. Merk ini juga punya spf 50+ Sunscreen Spray + Natural Insect Repellent.

  10. Botanina Bugs Repellent Spray

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Botanina Bugs Repellent Spray

    Kandungan essential oil di dalamnya, misalnya witch hazel, lavender dan citronella menjadikan produk ini efektif untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Semprotkan pada bagian tubuh yang sering digigit serangga, ulang pemakaiannya setiap dua sampai 3 jam sekali. dan pastikan tidak menyemprot ke area wajah, ya. Produk ini bisa digunakan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, hingga orang dewasa. Setiap kemasan berisi 60ml, seharga Rp80.000, beli di sini.

  11. Eucalie Bugs Off Spray

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Eucalie Bugs Off Spray<

    Satu lagi produk anti nyamuk natural, yaitu Eucalie Bugs Off Spray. Terdiri dari citronella dan minyak eucalyptus. Produk anti nyamuk untuk bayi ini dibuat dari bahan organik, vegan friendly, tanpa pewangi, tanpa PEG, tanpa phthalates, tanpa GMO dan kimia berbahaya lainnya. Salah satu official store Eucalie bisa dicek di sini. Kisaran harganya adalah Rp100.000 per kemasan. Informasi lainnya bisa dilihat akun @eacalie_id.

  12. Buds Organic Mozzie Clear Lotion Everyday

    Krim Anti Nyamuk untuk Bayi Buds Organic Mozzie Clear Lotion Everyday<

    Anti nyamuk untuk bayi yang terdiri dari 98% bahan alami. Selain menghindarkan anak dari gigitan serangga, produk ini juga bisa membantu menenangkan bekas gigitan. Buds Organic Mozzie Clear Lotion Everyday bisa digunakan pada bayi baru lahir, penderita eksem serta aman bagi kulit sensitif. Klik di sini buat memesan anti nyamuk untuk bayi ini. Kemasan 75ml, bisa didapat dengan harga Rp229.000.

Jadi, mulai sekarang jangan sepelekan gigitan nyamuk, ya, Bu. Yuk berikan anti nyamuk untuk bayi yang aman agar si kecil aman dari gigitan nyamuk.

(Stephanie)