Balita Dibaca 1,257 kali

12 Rekomendasi Minyak Telon untuk Anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
12 Rekomendasi Minyak Telon untuk Anak

Tahu, kan, Bu kalau ada istilah ‘wangi bayi’? Istilah ini didapat dari aroma bayi setelah ia mandi. Ada semacam kebiasaan di antara orang tua di Indonesia, yaitu mereka selalu memakaikan bedak atau minyak telon pada bayi mereka. 

Apa Fungsi Minyak Telon untuk Bayi?

Pada dasarnya, minyak telon memang diperuntukkan untuk bayi, karena tidak memberikan efek terlalu panas di kulit. Komposisi utama dari minyak telon adalah minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak adas manis. Minyak kayu putih memberikan rasa hangat, minyak kelapa untuk melembapkan kulit, meredakan ruam kulit dan gejala eksim. Sedangkan minyak adas manis bermanfaat untuk meringankan gejala perut kembung pada anak serta dipercaya bisa mencegah timbulnya penyakit kulit akibat jamur. 

Apakah Bayi Wajib Menggunakan Minyak Telon?

Pada ulasan berikut, tidak ada keterangan yang mewajibkan Anda mengoleskan minyak telon pada bayi. Intinya, minyak telon ini hanya untuk memberi kesan hangat dan nyaman pada bayi, jadi, bukan mengutamakan agar anak ‘wangi bayi’ ketika dicium, ya. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI menyebutkan, kandungan pada minyak telon tergolong sebagai iritan, sehingga bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Bukan berarti nggak boleh dipakai, namun, Anda mesti memilih yang kandungannya aman untuk kulit bayi. Penggunaannya pun hanya secukupnya saja, apalagi jika cuaca sedang panas. Anda bisa mengoleskan minyak telon pada bagian punggung, perut, lengan dan kaki bayi. Jika muncul tanda iritasi atau alergi pada kulit bayi, maka segera hentikan penggunaan minyak telon tersebut.

Ada pun trik untuk mengecek kemungkinan alergi pada si Kecil, Ibu bisa mengoleskan sedikit minyak telon pada bagian kaki atau tangan anak, dan lihat efeknya selama 24 jam. Jika tidak ada kemerahan atau peradangan, maka penggunaan minyak telon bisa dilanjutkan.

Rekomendasi Minyak Telon untuk Bayi

Simak yuk beberapa rekomendasi minyak telon utnuk anak yang bisa dipilih.

  1. Cap Gajah Minyak Telon

    Cap Gajah Minyak Telon

    Selain minyak kayu putih, merk Cap Gajah juga mengeluarkan produk berupa minyak telon dengan kemasan 30ml. Harganya terjangkau banget, yaitu Rp10.500. Produk ini banyak dijual di minimarket, atau Anda bisa klik di sini untuk membeli. 

  2. Tresno Joyo Minyak Telon

    Tresno Joyo Minyak Telon

    Tresno Joyo Minyak Telon ini didominasi dengan minyak kayu putih, selebihnya merupakan campuran minyak adas manis, jojoba oil dan minyak kelapa. Untuk kemasan ukuran 30ml bisa Anda dapatkan dengan hargaRp11.000. Jika membutuhkan kemasan yang lebih besar, tersedia ukuran 100ml. Berbelanja praktis di sini.

  3. Air Mancur Minyak Telon

    Air Mancur Minyak Telon

    Mirip dengan merk lainnya, Air Mancur Minyak Telon juga terdiri dari minyak kelapa, minyak kayu putih dan minyak adas manis. Perbedaannya hanya terletak pada persentase minyaknya saja. Minyak telon ini tersedia dengan ukuran 60ml dengan kisaran harga Rp15.000. Ada pun pilihan variannya yaitu natural dan lavender. Beli produk aslinya di sini.

  4. Cussons Baby Minyak Telon Plus

    Cussons Baby Minyak Telon Plus

    Cussons Baby Minyak Telon Plus mengandung tambahan pure essential oil. EO ini ditambahkan untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk dan cocok juga untuk minyak pijat. Dengan harga Rp21.000, Anda bisa mendapatkan produk ini sebanyak 60ml. Yuk, belanja produk ini secara online di sini.

  5. My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus

    My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus

    Selain menghangatkan tubuh bayi, My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus juga memberi perlindungan dari gigitan nyamuk selama delapan jam. Serta, kandungan eucalyptus di dalamnya membantu melindungi anak dari virus dan bakteri. Kandungan di dalamnya aman, sehingga nggak menyebabkan iritasi dan alergi di kulit, jadi cocok digunakan anak dengan kulit sensitif. Kemasan 57ml seharga Rp23.000. Pesan di sini.

  6. Bebe Roosie Minyak Telon

    Bebe Roosie Minyak Telon

    Bebe Roosie Minyak Telon adalah produk dari Jamu Jago. Produk ini mengandung olive oil untuk membantu melembapkan kulit bayi dan ekstrak lavender untuk menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk. Selain dalam bentuk minyak, merk Bebe Roosie juga punya produk telon dalam bentuk krim, yaitu Bebe Roosie Telon Cream. Cek informasi produk dan cara pembeliannya di akun resmi @bebe_roosie. Harganya terjangkau, yaitu Rp25.000 per kemasan 60ml.

  7. Doodle Minyak Telon Plus

    Doodle Minyak Telon Plus

    Sudah pernah tahu produk ini? Minyak telon ini berbeda dari yang lain, yaitu mengandung green tea. Memberikan kesan segar, wangi yang tahan lama, tidak lengket di kulit sekaligus menghindari anak dari bahaya nyamuk. Yuk, coba produk ini dengan harga Rp27.000 untuk ukuran 60ml. Beli di sini.

  8. Zwitsal Minyak Telon

    Zwitsal Minyak Telon

    Zwitsal Minyak Telon mengandung bahan-bahan alami, di antaranya adalah jojoba oil. Dengan keharuman khas Zwitsal, kandungan di dalamnya membuat anak merasa hangat dan nyaman. Produk ini telah teruji hypoallergenic. Cocok digunakan untuk minyak pijat dan tidak lengket di kulit. Dapatkan produk ini seharga Rp30.000 untuk kemasan 100ml, di sini.

  9. Huki Minyak Telon

    Huki Minyak Telon

    Huki Minyak Telon juga terdiri dari campuran minyak kelapa, minyak kayu putih dan minyak adas manis. Untuk produk ukuran 20ml, estimasi harganya adalah Rp30.000. Produk ini gampang ditemukan di minimarket, tapi jika ingin yang praktis, tinggal klik di sini untuk berbelanja.

  10. Lang Minyak Telon

    Lang Minyak Telon

    Merk ini sudah terkenal sejak lama. Lang Minyak Telon ini punya beberapa ukuran, sehingga gampang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kemasan hemat, pilih kemasan 100ml, sedangkan ukuran paling kecil yaitu 15ml, yang pastinya praktis untuk dibawa bepergian. Lang Minyak Telon 100ml dijual dengan Rp45.000 di sini.

  11. Habbie Aromatic Telon Oil

    Habbie Minyak Telon

    Mau coba minyak telon yang unik? Anda bisa coba Habbie Aromatic Telon Oil. Produk ini merupakan racikan ahli aromatic dan obat-obatan tradisional. Yang membedakan produk ini dengan minyak telon lainnya, yaitu aromanya yang unik. Tiap varian Habbie Aromatic Telon oil mengandung ekstrak yang berbeda, seperti jasmine tea, fresh tea, matcha tea, white tea, green tea honey, black tea, oolong tea dan pu-erh tea. Ada juga kandungan unik yaitu daun bidara. Produk ini hanya ada satu ukuran yaitu 100ml, dengan kisaran harga Rp45.000. Penasaran? Beli di sini.

  12. Konicare Minyak Telon

    Konicare Minyak Telon

    Konicare Minyak Telon tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 30ml, 60ml dan 125ml. Ada pula, Konicare Minyak Telon Plus, dengan tambahan minyak lavender dan geranium untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga. Konicare Minyak Telon kemasan besar 125ml, dijual dengan harga Rp49.000. Pastikan Anda membeli produk yang asli di sini.

Nah, itulah ulasan mengenai minyak telon untuk anak dan beberapa merk yang bisa Anda coba. Pastikan Anda mengecek kembali kandungan di dalamnya sebelum memilih.

(Stephanie)