Balita Dibaca 61 kali

12 Tips Liburan agar Anak Tidak Rewel di Perjalanan

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 10 Februari, 2019 08:02

12 Tips Liburan agar Anak Tidak Rewel di Perjalanan

Tips liburan ini paling tepat Ibu praktekkan bersama keluarga tercinta ketika libur panjang seperti Lebaran, Natal, atau Tahun Baru. Liburan datang, waktunya pulang ke kampung halaman! Ayo Bu, segera berkemas, bawa serta gadget dan peta agar tidak tersesat. Mudik dengan mobil bersama anak tidak selalu berakhir drama, kok. Dengan persiapan dan tips liburan yang tepat, perjalanan mudik Ibu bersama buah hati bisa jadi seru dan menyenangkan.


Tips liburan aman dengan mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh

“Apakah kita sudah sampai?” Sebagai orangtua, kalimat ini mungkin sangat familiar, karena Ibu selalu mendengarnya setiap kali melakukan perjalanan bersama anak. Ada banyak hal seru di balik perjalanan darat bersama seluruh keluarga, tapi juga bisa menimbulkan stres ketika anak lapar, haus, dan ingin ke kamar kecil. Itulah mengapa Ibu perlu tips liburan berikut untuk memastikan agar perjalanan berlangsung menyenangkan!

Satu hal yang tentu sangat Ibu hindari adalah kendaraan mogok. Sebelum semua masuk ke mobil dan mulai berkendara, Ibu perlu pastikan kendaraan bekerja prima dengan mempersiapkannya:


  1. Cek kendaraan

    Cek kendaraan meski Ibu baru saja mengganti oli. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel. Mekanik bisa memeriksa filter dan memastikan lampu bekerja dengan baik. Ia juga akan memeriksa wiper dan lampu sinyal selain memastikan mesin di kondisi baik. Pastikan memintanya memeriksa ban untuk menghindari kempes di jalan. Tips liburan anti mobil mogok adalah pengecekan mendetail kondisi kendaraan Ibu.

     

  2. Kemas kotak P3K

    Ibu mungkin sudah mempersiapkan kendaraan untuk menuju area dengan cuaca dingin, tapi Ibu juga perlu untuk menyediakan selimut dan senter serta obat-obatan. Ibu tidak akan tahu kapan misalnya anak terkena flu atau kelelahan di perjalanan, daripada bingung sendiri nantinya, jangan lupa tips liburan ini ya Bu!

     

  3. Pastikan anak tidak mengganggu Ibu menyetir

    Apa Ibu punya anak yang tidak mau lepas dari boneka kesayangannya? Bila Ibu bepergian bersamanya, Ibu perlu bawa serta boneka agar anak tidak mengganggu Ibu menyetir. Ada baiknya bawa serta buku games dan mainan lain. Cemilan juga penting, jadi bawa  cemilan yang sehat dan enak. Percaya deh cemilan adalah tips liburan yang dipercaya membuat anak berhenti rewel ketika lapar di perjalanan.


  4. GPS sebagai pemandu Ibu

    Ketika bepergian dan tersesat, ayah mungkin menolak untuk bertanya. Meski Ayah atau Ibu adalah pengemudi yang paham betul kondisi jalan, akan tetap ada risiko untuk tersesat. Gunakan GPS di smartphone, atau pilih versi lebih besar dengan peta yang lebih rinci. Tips liburan berikutnya adalah gunakan sistem navigasi tambahan di dashboard untuk melihat lebih mudah. Bila semua gagal, Ibu bisa gunakan peta kertas. Pastikan untuk fokus ke jalan dan minta bantuan penumpang lain untuk memandu arah.


  5. Jangan bawa beban berlebih

    Ibu mungkin cemas lupa membawa sesuatu. Ini bisa memicu tumpukan barang bawaan dan bagasi jadi sangat penuh. Justru akan jadi masalah bila Ibu tergesa-gesa ketika membutuhkan sesuatu. Terlalu banyak beban juga bisa mempengaruhi efisiensi bahan bakar lho Bu, jadi pastikan Ibu membawa barang yang penting saja ya.


Tips liburan dengan menyiapkan mobil sebelum perjalanan akan membantu memastikan masalah ban kempes dan rem blong tidak menghambat Ibu. Ibu juga bisa pastikan penumpang kecil tetap menikmati perjalanan mudik dengan mobil.


Tips liburan jitu sebelum berangkat mudik dengan mobil

Menempuh perjalanan jauh dengan mobil bisa terasa melelahkan bagi siapa saja, mulai dari ibu yang mulai emosi hingga bayi yang rewel serta balita yang sangat aktif. Tapi berikut ini panduan mudik dengan mobil agar Ibu sekeluarga merasa lebih nyaman.


  1. Sertakan anak sejak awal

    Ketika anak ikut memilih ke mana akan pergi, mereka akan lebih merasa senang dan mau membantu karena merasa terlibat dalam prosesnya. Salah satu cara agar anak kooperatif,  daripada membuka permintaan saran, tawarkan anak beberapa pilihan yang sudah Ibu setujui.

    Tips liburan berikutnya adalah buat daftar bantuan anak dalam perencanaan Ibu, termasuk menentukan tempat berhenti atau spot tertentu yang menarik untuk dilihat. Tips liburan dengan melibatkan anak secara aktif dalam perjalanan akan membuat ia lebih tenang dan tidak rewel di perhalanan.


  2. Mulai siapkan dana

    Bila Ibu bisa mengantisipasi pengeluaran dan punya dana yang siap digunakan untuk perjalanan mudik, Ibu kemungkinan besar akan lebih sedikit mengalami stres soal uang dan lebih bisa menikmati waktu bersama keluarga. Meminimalisir stres keuangan bisa jadi tips liburan yang ampuh lho, Bu.


  3. Mulai perencanaan

    Bagian seru dari perjalanan mudik adalah merencanakan apa yang akan Ibu lakukan setelah tiba di tempat tujuan. Bawa anak ke tempat wisata. Buat daftar tempat yang ingin Ibu kunjungi dan aktivitas yang ingin dilakukan. Mungkin ada tempat yang membutuhkan reservasi lebih dulu dan sering kali tersedia diskon ketika membeli tiket lebih dulu. Nah, tahu kapan harus reservasi agar tidak menghabiskan waktu untuk mengantre adalah tips liburan yang patut Ibu coba!


  4. Utamakan keamanan

    Sebelum menempuh perjalanan mudik dengan mobil, pastikan car seat anak terpasang dengan tepat. Kemas banyak air putih, kotak P3K, senter, dan perlengkapan keamanan standar lainnya. Pastikan bantuan rute jalan selalu up date. Charge telepon sebelum berangkat, dan bawa charger serta baterai tambahan.

    Ibu harus cukup tidur malam. Kurang tidur bisa menyebabkan saraf tegang sehingga tidak aman untuk mengemudi. Akan lebih baik bila anak juga beristirahat cukup di awal perjalanan mudik dengan mobil.


  5. Pengaturan tempat duduk

    Bila ada lebih dari satu anak, sebaiknya gunakan kendaraan model mini van. Ibu bisa punya ruang lebih banyak untuk barang bawaan sekaligus bisa lebih fleksibel tentang tempat duduk masing-masing.

    Ibu tidak hanya harus punya car seat sendiri agar anak merasa lebih nyaman ketika melakukan perjalanan jauh, tapi sebaiknya Ibu juga siap melepas dan memasang car seat di tempat tujuan untuk berjaga bila Ibu harus menggunakan mobil lain atau taksi.


  6. Berkemas

    Kemas barang apapun dengan akses mudah di jalan agar Ibu tidak perlu membongkar seluruh isi koper. Simpan perlengkapan seperti jaket, topi dan keperluan luar ruangan seperti krim matahari dan anti nyamuk di tas di kabin mobil. Bila destinasi Ibu beriklim hangat, kemas baju renang dan handuk.

    Ibu perlu siapkan baju ganti, tissu basah, dan kantong plastik untuk Ibu dan anak-anak demi mengantisipasi popok kotor serta mabuk perjalanan. 


  7. Makanan

    • Bila Ibu mudik dengan mobil bersama bayi, rencanakan waktu makan ketika bayi terjaga dan pilih lokasi yang ramah untuk bayi. Bila cuaca memungkinkan, akan lebih baik membiarkan bayi bermain di atas alas di taman atau area istirahat dibanding memintanya diam di restoran.

    • Bila Ibu bepergian dengan batita atau anak yang lebih besar, gunakan handphone untuk mencari restoran ramah anak. Cari restoran dengan area outdoor, dimana anak bisa bermain atau mewarnai. Bawa serta mainan untuk menghibur si kecil atau mainkan games.

    • Banyak restoran menawarkan menu untuk anak, jadi selalu tanyakan menu tersebut untuk anak.

     

  8. Sesuaikan jadwal perjalanan dengan rutinitas anak

    Ketika menjadwalkan waktu mengemudi, pertimbangkan waktu anak biasanya makan dan tidur. Misalnya, Ibu bisa berangkat sebelum makan siang dan biarkan anak makan di dalam mobil. Lalu mereka bisa tidur siang ketika Ibu mengemudi. Tips liburan dengan membagi waktu berdasarkan rutinitas anak ini akan membuat perjalanan Ibu lebih efektif.

    Beberapa orang tua menyiapkan piyama di mobil dan memulai perjalanan di waktu tidur. Ini bisa berhasil bila Ibu tidak terlalu lelah mengemudi di larut malam, dan Ibu yakin anak akan tetap tertidur. Bila tidak, anak-anak malah akan terbangun dan terjaga di tengah malam.

    Tips liburan berikutnya adalah jangan lupa membawa serta apapun yang bisa membantu anak tenang dan tertidur, seperti boneka atau musik favorit, agar Ibu bisa menerapkan rutinitas menjelang tidur yang normal ketika mengemudi di malam hari.


  9. Ketahui dimana Ibu akan berhenti untuk beristirahat

    Betapapun baiknya Ibu bersiap melakukan perjalanan jauh, Ibu tetap harus berhenti. Yang menyenangkan dari perjalanan mudik dengan mobil adalah Ibu bisa menepi dan keluar dari mobil kapanpun Ibu mau.

    Bila Ibu bepergian bersama batita, coba untuk tidak mengemudi lebih dari beberapa jam sekaligus. Tidak realistis bila Ibu berharap anak kecil duduk diam di waktu yang lama. Selain itu, lakukan hal seru sepanjang perjalanan untuk membuat mudik dengan mobil menyenangkan. Bermain games atau berhenti di tempat menarik di pinggir jalan tak akan banyak membuang waktu. Menyiapkan permainan atau aktivitas ringan adalah tips liburan yang ampuh untuk mengusir kebosanan anak.

    Inti dari semua tips liburan ini adalah perencanaan! Setelah Ibu memulai perjalanan, bisa sulit untuk tahu di mana berhenti jika Ibu belum punya ide apapun. Sebelum Ibu berangkat, tanya ke teman yang tahu rute dan bisa merekomendasikan tempat berhenti. Cari tahu lokasi taman, tempat bermain anak, dan tempat menarik lainnya. Ibu bisa unduh aplikasi untuk membantu menemukan tempat bagus untuk disinggahi di tengah perjalanan.


  10. Membagi tugas mengemudi

    Bila Ibu bepergian dengan orang dewasa lain, satu orang bisa mengurus anak-anak, bercerita, dan mengajak bermain sedang lainnya mengemudi. Ide ini bisa jadi tips liburan agar perjalanan semakin seru untuk anak dan orang tua.


  11. Hiburan

    Buat semua anggota keluarga merasa senang dengan aktivitas di dalam mobil, seperti bernyanyi, bercerita, dan banyak lagi:

    • Siapkan film untuk anak

    • Batita suka buku sticker, papan magnet, mewarnai, dan mainan lain yang tidak memiliki banyak bagian kecil yang membuat berantakan. Nampan bisa digunakan untuk bermain dengan magnet, sebagai alas untuk mewarnai, dan  bermain mobil-mobilan agar tidak terjatuh.

    • Bila bepergian dengan anak yang lebih besar, sediakan buku audio atau download cerita.

    • Buat anak yang lebih besar terhibur dengan games. Ibu bisa cari games versi travel. Pastikan memilih versi perjalanan dengan mobil ya, Bu. Memilih games yang tepat akan membuat si kecil tidak mudah rewel.

    • Permainan digital bagus dimainkan selama perjalanan, khususnya karena tidak menyebabkan berantakan. Hanya saja, pastikan untuk menetapkan aturan kapan anak bisa bermain permainan digital. Terapkan aturan menggunakan gadget seperti di rumah dan hindari menawarkan gadget untuk menenangkan anak yang rewel atau bosan.

    • Membuat jurnal perjalanan bisa membuat anak sibuk dan merekam memori perjalanan keluarga. Beri buku dan krayon serta spidol ke tiap anak. Ibu bisa sertakan lem dan selotip untuk menambahkan kartu pos atau item lain dari perjalanan Ibu.

     

  12. Siapkan peta kertas

    Lacak rute Ibu dengan spidol dan tandai tempat berhenti yang diinginkan. Buat anak terlibat melakukan ini, agar anak bisa sedikit belajar tentang geografi, dan Ibu punya bantuan bila GPS tidak berfungsi. Melibatkan anak dalam perjalanan adalah tips liburan yang terbukti ampuh meredam rasa bosan si kecil.

 

Agar anak tidak merasa bosan saat mudik dengan mobil

Berkendara dengan mobil jadi satu cara populer masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Tapi meski ini bisa jadi pengalaman bonding yang bagus, terlalu lama di dalam mobil jadi tantangan tersendiri. Anak sering kali merasa bosan dan gelisah ketika duduk untuk waktu yang lama. melihat pemandangan yang datar dan terus menerus makan makanan fast food bisa membuat anak jadi rewel dan emosi.

Untuk memastikan Ibu dan keluarga menikmati perjalanan, ada beberapa tips liburan yang bisa digunakan orangtua agar anak tidak cepat bosan.


  1. Aplikasi mobile untuk hiburan

    Punya aplikasi yang tepat bisa mengubah perjalanan mudik Ibu dari membosankan jadi seru. Aplikasi ini bisa membantu rencana perjalanan, menemukan hotel, dan pom bensin sekaligus menyediakan hiburan di mobil.

    Ibu juga bisa temukan banyak lagu anak di aplikasi maupun Youtube untuk dimainkan di mobil. Untuk anak ada beberapa aplikasi dan permainan mobile sebagai hiburan di perjalanan.


  2. Mainkan games klasik

    Keluarga di seluruh dunia telah melakukan perjalanan dengan mobil jauh sebelum ditemukan handphone dan iPad dan mereka selalu menemukan cara untuk membuat anak terhibur dan menghindari kebosanan.

    Salah satu caranya adalah memainkan permainan klasik di dalam mobil seperti “I spy,” yakni permainan tebakan di mana pemain pertama berkata “Saya melihat seuatu...” lalu memberi petunjuk tentang benda yang dilihat. Permainan populer lain adalah bermain alfabet di mana tiap pemain mencoba menemukan benda dengan huruf awal tertentu. Mencari tahu games klasik alih-alih menyerahkan semua hal pada gadget adalah tips liburan yang sekaligus bisa merekatkan hubungan anak dan Ibu.


  3. Mainan

    Meski melawan kebosanan penumpang bisa jadi masalah besar ketika mudik dengan mobil bersama anak, menemukan cara untuk menghindari berantakan dan bising juga bisa sulit. Untungnya, ada banyak produk baru di pasaran untuk mengatasi kesulitan bepergian bersama anak. Mulai dari permainan kertas dan pulpen seperti Bingo hingga permainan mobile.

    Ada juga beberapa item yang Ibu butuhkan untuk membantu mengurangi ceceran dan berantakan. Ibu bisa sediakan pouch dan organizer untuk menyimpan semua cemilan dan mainan anak. Tips liburan ini juga akan membantu agar Ibu tidak kewalahan membersihkan mobil nantinya.


Antisipasi mabuk perjalanan

Bicara tentang berantakan, bila anak rentan mabuk perjalanan, mudik dengan mobil bisa jadi hal yang sangat menantang. Tapi kini ada cara yang bisa dicoba untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak, termasuk produk obat untuk mencegah mabuk darat. Tapi penting untuk diingat kalau hal ini kadang bisa membuat mabuk perjalanan jadi lebih parah. Memberikan jahe atau peppermint ke anak bisa membantu menenangkan perut, tapi makanan pedas justru bisa mengiritasinya.


Cari alternatif makanan siap saji

Makanan siap saji cepat, murah, dan ada di mana saja, jadi kita cenderung memilihnya ketika sedang dalam perjalanan. Tapi dengan sedikit perencanaan, Ibu bisa beralih ke pilihan yang lebih sehat dan tidak mahal yang juga bisa menyenangkan anak.

Saat bepergian, sediakan cooler bag, cemilan sehat, dan minuman rendah gula. Ibu akan menghemat uang karena mengemas cemilan untuk perjalanan. Ibu lalu bisa pilih tempat dengan pemandangan yang bagus untuk disinggahi bersama keluarga dan menikmati cemilan sambil merenggangkan kaki. Tips liburan yang mungkin bisa Ibu coba berikutnya adalah melakukan riset tentang kota atau desa yang Ibu lewati dalam perjalanan. Semakin banyak kisah yang Ibu lontarkan, anak akan semakin antusias melihat sekelilingnya.


Keluar dari mobil dan sejukkan tubuh

Kunci untuk perjalanan dan tips liburan yang sukses adalah memilih tempat singgah yang tepat agar anak bisa cukup bergerak. Meski taman pinggir jalan jadi tujuan bagus untuk piknik singkat, Ibu bisa mencari tempat-tempat populer tujuan wisata agar lebih seru. Di cuaca panas, tidak ada yang lebih baik selain keluar dari mobil dan bermain air. Anak bisa menikmati seluncur air dan merasa sejuk.


Rencanakan baju yang akan dipakai

Ini mungkin terdengar sepele tapi tips liburan ini bisa sangat membantu Ibu. Perjalanan panjang dengan mobil sering  membuat Ibu harus singggah dan menginap di hotel. Ketika ada anak-anak, mengemas barang bawaan dengan teratur jadi kuncinya, perencanaan lebih dulu tidak hanya menghemat waktu tapi juga mencegah Ibu berkemas berlebihan.

Meski tidak mungkin untuk memprediksi cuaca, Ibu bisa memperkirakannya lebih dulu agar persiapan jadi lebih baik. Dengan informasi tersebut, akan lebih mudah merencanakan baju yang spesifik. Untuk setiap kali singgah, siapkan pakaian untuk masing-masing orang.

Untuk memangkas barang bawaan, kemas pakaian sesuai urutan dan beritahu si kecil kalau pakaian yang ada di bagian atas adalah pakaian yang dikenakan hari itu. Buat permainan dengan meminta anak menebak apa warna baju yang akan dipakai hari itu, bila jawabannya benar, ia akan mendapat cemilan kesukaannya. Tips liburan ini juga sekaligus untuk menghindari tantrum anak karena tidak mau memakai pakaian yang telah ditentukan.

(Ismawati & Yusrina / Dok. Pixabay)