Balita Dibaca 221 kali

15 Rekomendasi Pasta Gigi Anak dan Bayi

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
15 Rekomendasi Pasta Gigi Anak dan Bayi

Kesehatan mulut anak perlu dijaga sejak dini. Bahkan sebelum gigi bayi tumbuh, mulutnya sudah mesti dibersihkan, ya. Kalau gigi si kecil belum tumbuh, Ibu bisa menggunakan kain atau kasa yang dicelupkan ke air hangat. Nah, saat gigi pertama si kecil tumbuh, orang tua disarankan untuk mulai membersihkan gigi anak dengan sikat gigi. Tapi kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pasta gigi?

Selain harga, ada pertimbangan lain yang menjadi hal utama ketika kita hendak memilih pasta gigi untuk bayi dan anak, yaitu kandungan di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, pasta gigi seringkali ‘menonjolkan’ kandungan fluoridenya. Sebetulnya aman nggak sih kandungan fluoride untuk anak?

Amankah Fluoride pada Pasta Gigi Bayi dan Anak?

Menurut drg. Setyaningrum Kusuma Wardani, Sp.KGA dalam Kulwap di Ibupedia bertajuk 'Menjaga Kesehatan Gigi Anak', si kecil bisa dilatih untuk menggunakan pasta gigi saat giginya tumbuh. Namun, untuk anak yang belum bisa berkumur disarankan untuk menggunakan pasta gigi non-fluoride. Sedangkan, anak yang bisa berkumur dapat menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride.  

Pada sebuah rujukan yang telah diperbaharui, dikatakan sebaiknya bayi dan anak tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride hingga usianya mencapai dua tahun.

Bahayakah Anak Menelan Pasta Gigi?

Karena pasta gigi anak cenderung diberi rasa yang menarik, atau karena anak belum memahami cara menyikat gigi, maka nggak jarang, anak sering tidak sengaja menelan pasta gigi. Lalu, berbahayakah jika anak menelan pasta gigi? Jika Anda hanya memakaikan pasta gigi dengan jumlah yang dianjurkan, maka semestinya nggak membahayakan anak.

drg. Setya, Sp.KGA  menjelaskan bahwa saat menggunakan pasta gigi anak berfluoride, dianjurkan hanya sebesar biji kacang polong saja.

Lalu apa saja nih merek pasta gigi anak yang bisa dipilih? Simak yuk beberapa rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Pasta Gigi Anak di Bawah Rp50.000

  1. Formula Junior

    Pasta Gigi Anak Formula Junior

    Ini, nih, pasta gigi anak dengan harga terjangkau, yaitu pasta gigi Formula Junior. Di dalamnya mengandung vitamin yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi, seperti vitamin A, E, B5, fluoride dan kalsium. Tersedia dengan varian jeruk dan stroberi. Ukuran 45gr, bisa Anda dapatkan seharga Rp6.000 saja. Pasta gigi merk ini banyak dijual di supermarket.

  2. Cussons Kids

    Pasta Gigi Anak Cussons Kids

    Pasta gigi merk Cusson Kids memiliki ‘3 Protections’, yaitu untuk memperkuat gigi, menjaga aroma napas tetap segar dan menjaga agar gigi tetap sehat. Dengan banyak varian rasa, seperti fruity berries, sparkling orange, strawberry smoothies dan fresh apple. Silakan klik di sini  untuk memesan, Cusson Kids 45gr, ada di kisaran harga Rp6.000.

  3. Kodomo Toothpaste 

    Pasta Gigi Anak Kodomo Toothpaste

    Jika Anda mencari kebutuhan sehari-hari anak dengan harga yang terjangkau, pasta gigi misalnya, merk Kodomo ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasta gigi Kodomo kemasan 45gr, bisa Anda dapatkan seharga Rp7.000. Variannya ada banyak, loh, misalnya anggur, jeruk, stroberi dan fruity mix. Pasta gigi Kodomo mudah ditemukan, misalnya di berbagai mini market, atau cek di sini.

  4. Darlie Bunny Kids

    Pasta Gigi Anak Darlie Bunny Kids

    Pasta gigi anak yang banyak mendapat feedback yang baik, salah satunya adalah Darlie Bunny Kids. Darlie Bunny Kids ini mengandung fluoride dan kalsium dalam kadar yang tepat untuk membantu memperbaiki kesehatan gigi anak dan mencegahnya berlubang. Pasta gigi ini juga terdiri dari bahan dengan food grade dan minim busa. Tersedia dalam empat varian, yaitu apple, orange, strawberrry, bahkan rasa cola. Kemasan 40gr, dijual dengan estimasi harga Rp15.000. yuk, order di sini.

  5. Pasta Gigi Enzim Anak

    Pasta Gigi Anak Enzim

    Diformulasikan dari bahan food grade sehingga aman bagi mulut anak serta aman seandainya tertelan. Pasta gigi Enzim Anak tidak mengandung tambahan deterjen serta mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk mengontrol keseimbangan bakteri, menjaga kualitas air liur, serta menjaga agar gigi susu anak tetap terjaga dan sehat. Pasta gigi ini memiliki rasa manis yang berasal dari xylitol yang tidak merusak gigi. Pasta gigi Enzim Anak terdiri dari dua ukuran yaitu 35ml dan kemasan 50m seharga Rp16.000, dengan pilihan rasa jeruk dan stroberi. Pesan pasta gigi Enzim Anak dengan praktis di sini.

  6. Pigeon Toothpaste for Children

    Pasta Gigi Anak Pigeon Toothpaste for Children

    Bukan fluoride, tapi pasta gigi Pigeon ini mengandung DCPD atau dicalcium phosphate dihydrogen yang nggak kalah, deh, soal manfaatnya. Selain membantu mencegah gigi berlubang, kalsium alami tersebut juga bermanfaat untuk mencegah bau mulut dan membersihkan gigi. Pasta gigi merk ini cocok buat orang tua yang mencari pasta gigi anak dengan sedikit busa. Tersedia dengan rasa jeruk dan stroberi. Dengan ukuran 45gr, harganya hanya Rp16.000, loh. Klik di sini untuk berbelanja praktis. 

  7. Total Care Junior 

    Pasta Gigi Anak Total Care Junior

    Pasta gigi Total Care Junior ini diperuntukkan untuk anak-anak usia tiga tahun ke atas, dan mengandung double fluoride untuk memperkuat gigi si Kecil. Merk ini punya varian rasa yang unik, yaitu juicy orange, strawberry bubblegum dan chocolate chip. Pasta gigi kemasan 50gr, bisa dibeli di sini dengan kisaran harga Rp12.000. Selain pasta gigi, tersedia pula Total Care Mouthwash Junior.

Rekomendasi Pasta Gigi Anak dengan Harga Rp50.000 Ke Atas

  1. Jack N’ Jill Natural Toothpaste

    Pasta Gigi Anak Jack N Jill Natural Toothpaste

    Jack N’ Jill Natural Toothpaste terbuat dari bahan-bahan organik, bebas sodium lauryl sulphate (SLS), bisphenol- A (BPA), gluten, fluoride, serta bebas pewarna sintesis dan pengawet. Pasta gigi ini juga mengandung ekstrak bunga calendula yang kaya akan manfaat. Varian rasa ada banyak, nih, yaitu strawberry, banana, blackcurrant, blueberry, raspberry dan flavor free (plain). Untuk 50gr, dijual dengan kisaran harga Rp70.000. Tekan di sini untuk membeli.

  2. Splat Natural Toothpaste

    Pasta Gigi Anak Splat Natural Toothpaste

    Splat Natural Toothpaste adalah pasta gigi untuk anak usia dua hingga enam tahun. Mengandung kalsium HAP untuk memperkuat dan mencegah gigi sensitif. Selain ini, pasta gigi ini juga mengandung luctatol dan ekstrak grapeseed yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Pilihan variannya misalnya strawberry cherry atau fruit ice cream. Untuk kemasan 50ml, dijual dengan harga Rp70.000, bisa dibeli di sini.

  3. Fruity Fresh Toothpaste

    Pasta Gigi Anak Fruity Fresh Toothpaste

    Fruity Fresh Toothpaste ini produk keluaran dari Little Tree, bisa dipakai untuk anak-anak usia satu tahun ke atas. Pasta gigi ini tidak mengandung fluoride, pemanis buatan serta bahan kimia berbahaya lainnya karena 99% kandungannya terdiri dari bahan alami. Kemasan 70gr, seharga Rp 100.000, dengan varian rasa strawberry, grape, apple, orange dan melon. Cek produknya di sini.

  4. Chicco Baby Toothpaste

    Pasta Gigi Anak Chicco Baby Toothpaste

    Pasta gigi tanpa fluoride ini, membersihkan gigi, mencegah penumpukan plak tanpa merusak enamel gigi. Produk ini juga tidak menggunakan pengawet. Ada dua jenis Chicco Baby Toothpaste, yaitu untuk bayi usia 6 bulan ke atas dan untuk anak 12 bulan ke atas. Ada pilihan varian strawberry dan apple banana. Seharga Rp100.000 untuk kemasan 50ml. yuk, beli di sini.

  5. Beauty Barn Kid Toothie Plus

    Pasta Gigi Anak Beauty Barn Kid Toothie Plus

    Pasta gigi ini cocok digunakan untuk mencegah reaksi alergi pada anak, karena dibuat dengan bahan alami, food grade, serta pH yang tepat untuk kebutuhan anak. Untuk orang dewasa yang membutuhkan pasta gigi yang aman pun, bisa juga melihat merk ini, loh. Untuk pasta gigi kemasan 80gr, estimasi harganya adalah Rp145.000. Informasi pembeliannya bisa dicek di sini.

  6. Bud’s Children Toothpaste

    Pasta Gigi Anak Bud’s Children Toothpaste

    Bud’s Children Toothpaste diperkaya dengan natural cleanser seperti ekstrak lidah buaya dan silica. Juga mengandung xylitol dan fluoride untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi anak. Pasta gigi ini diperuntukkan untuk anak usia tiga tahun ke atas. Ada empat varian yaitu green apple, strawberry, blackcurrant dan peppermint. Pasta gigi ini bebas bahan pengawet dan tanpa fluoride. Beli produk aslinya di sini, seharga Rp150.000 dengan kemasan 50ml.

  7. Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste

    Pasta Gigi Anak Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste

    Sudah tahu, kan, kalau brand ini terkenal dengan produk naturalnya, nah, salah satunya adalah pasta gigi ini. Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste bisa digunakan oleh newborn hingga anak usia tiga tahun. Selain terdiri dari bahan alami, pasta gigi ini juga bebas fluoride. Bahannya lembut, aman untuk membersihkan gusi dan gigi bayi, serta nggak perlu khawatir jika tertelan. Tersedia varian real apple dan pear dengan ukuran 40gr, seharga Rp155.000. Pesan di sini.

  8. Azeta Bio Organic Baby Toothpaste

    Pasta Gigi Anak Azeta Bio Organic Baby Toothpaste

    Adalah merk pasta gigi anak organik lainnya. Dibuat dari formula yang ramah bagi gusi dan gigi anak, dengan kandungan kadar xylitol yang tepat untuk mencegah kerusakan gigi pada bayi dan anak. Kandungan di dalamnya melawan bakteri penyebab gigi berlubang dan membantu memperkuat gigi anak. Bisa digunakan dari newborn hingga usia tiga tahun. Azeta Bio Organic Baby Toothpaste ini juga bebas paraben, SLS serta bebas fluoride, sehingga aman jika tertelan. Penjelasan lebih lanjut mengenai pasta gigi buatan Italia ini, silakan cek di situsnya, atau, bisa juga memesan di sini. Dapatkan pasta gigi ini seharga Rp160.000.

Itulah rekomendasi pasta gigi anak untuk si kecil. Pasta gigi yang mana nih yang Ibu pilih?

(Stephanie)