Balita

17 Hal Seru Yang Akan Bunda Rasakan Saat Punya Anak Laki-Laki

17 Hal Seru Yang Akan Bunda Rasakan Saat Punya Anak Laki-Laki
Beberapa calon ibu sangat ingin hamil anak perempuan. Tapi hamil anak laki-laki sama manisnya seperti anak perempuan kok, Bun. Bayi laki-laki bahkan lebih menggemaskan dari yang Anda kira. Jadi bila Anda sedang hamil anak laki-laki, berikut beberapa hal menarik yang akan Anda rasakan saat menjadi ibu dari bayi laki-laki. Tapi jangan terlalu dianggap serius ya, ini hanya sekedar artikel ringan yang mungkin bisa menghibur Anda.
 

1. Pakaiannya lebih sederhana

Baju bayi perempuan pastinya lebih lucu, tapi pakaian anak laki-laki jauh lebih sederhana dan sedikit jumlahnya yang membuat hidup Bunda jadi lebih mudah kan? Kesederhanaan ini juga disertai bonus, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pakaian anak laki-laki seperti anak perempuan.
 

2. Anak laki-laki sangat sayang ibunya

Sebagai ibunya, Anda akan menjadi orang favoritnya di dunia. Ia akan menyayangi dan mencintai Anda. Orang sering menganggap perempuan sebagai makhluk yang lebih lembut,  padahal anak laki-laki bisa lebih sayang kepada ibunya. Bahkan bisa disebut Oedipus complex, tapi tak ada yang bisa mengelak kalau anak laki-laki memiliki cinta ekstra yang spesial untuk ibu mereka.
 

3. Semua lebih mudah

Orangtua yang memiliki anak laki-laki dan perempuan, sering menganggap anak laki-laki lebih mudah dibesarkan. Alasannya bervariasi mulai dari lebih sedikit masalah perilaku dan tidak terlalu rumit. Meski bersifat umum, ini jadi argumen yang sering dikemukakan oleh orangtua yang sudah berpengalaman.
 

4. Anda boleh bermain kasar

Semua anak suka permainan yang menantang dan kasar, tapi umumnya anak laki-laki lebih menyukainya. Anda akan lebih sering bergulat dan mengejarnya. Ia juga punya banyak energi dan Anda harus pastikan ia mengeluarkan semua energinya sebelum waktu tidur.
 

5. Anda bisa mengajarkannya menjadi pria yang baik

Sebagai ibunya, Anda bisa pastikan ia tumbuh menjadi pria yang baik. Anda bisa besarkan si kecil menjadi pria yang nantinya tidak akan dikomentari negatif oleh para wanita. Bunda bisa mengajarkannya cara memperlakukan orang lain dengan baik dan membuatnya waspada tentang konsekuensi dari tindakannya.
 

6. Anda jadi tahu apa itu peepee teepee

Bila Anda hanya punya anak perempuan, Anda mungkin tidak pernah tahu apa itu peepee teepee. Tapi ketika Anda hamil anak laki-laki, Anda akan segera menyadari betapa bermanfaatnya benda kecil ini saat membesarkan si kecil, apalagi setelah pipis pertamanya mengenai wajah Anda saat ganti popok.
 

7. Anda tahu sisi lembut anak laki-laki

Anak laki-laki tidak selalu bermain lumpur, mencari cacing, dan bergulat. Mereka juga lembut, manis, dan sensitif. Anak laki-laki Anda akan menangis untuk hal yang sepele, normal saja jika ia menyukai cerita puteri kerajaan, dan senang dengan konstum penyihir. Ia juga memiliki sisi lembut yang hanya bisa dilihat oleh Anda, yaitu ketika ia mendatangi Anda di pagi hari dan memberitahu kalau ia menyayangi Anda. Manis banget kan Bunda?
 

8. Pertemanan anak laki-laki tidak rumit

Anak laki-laki menjalin pertemanan yang berbeda dengan anak perempuan. Anak laki-laki tidak akan merasa ribet di tempat bermain atau menangis karena merasa ditinggalkan teman yang lainnya. Tapi bukan berarti anak laki-laki tidak punya perasaan. Ia juga akan merasa sedih saat diabaikan temannya, tapi ini tidak akan jadi kondisi yang dramatis, dan perasaannya akan membaik lagi setelah bermain lagi dengan teman-temannya.
 

9. Anak laki-laki punya dunia rahasia bersama ayahnya

Kadang terasa suami dan anak laki-laki Bunda seperti punya bahasa sendiri saat mereka asyik berbincang tentang hal kesukaan mereka. Mereka akan sering berbagi cerita tentang olahraga atau komputer. Bunda mungkin akan merasa mereka punya dunia rahasia yang tidak bisa Anda masuki. Tapi itu tak masalah karena ini berarti Anda bisa santai sejenak dan memiliki waktu me time ketika mereka asyik berdua.
 

10. Anak laki-laki punya energi yang super

Anak laki-laki cenderung suka bermain fisik dan punya energi yang sangat tinggi. Ini sangat menyenangkan sekaligus kadang sedikit mendebarkan melihat mereka bereksplorasi.
 

11. Bunda tak perlu merawat rambutnya dengan seksama

Botak saat lahir? Tak masalah, ia kan anak cowok. Ketika rambutnya mulai tumbuh, perawatannya juga mudah. Anda bahkan bisa memotng rambutnya sendiri di rumah.
 

12. Keluar rumah lebih gampang

Bunda tidak perlu mengatur rambut, mengepang, memakaikan ia celana ketat, atau aksesoris lain. Cukup celana, kaos, sepatu dan si kecil siap berangkat. Dan yang paling penting, anak laki-laki tidak peduli tentang apa yang mereka kenakan, termasuk ketika mereka hanya memiliki satu pasang sepatu saja.
 

13. Jendela untuk masa kecil suami

Ibu mertua pasti pernah menceritakan beberapa hal tentang masa kecil suami Anda. Tapi Anda bisa melihat bagaimana sebenarnya masa kecil suami sengan melihat anak laki-laki Anda sendiri. Mungkin Anda bisa melihat kemiripan mereka melalui foto atau suami pasti akan membeli mainan yang ia suka saat kecil sebagai hadiah untuk jagoan Anda. Memiliki anak laki-laki akan membawa masa kecil suami Anda kembali.
 

14. Bermain dengan mainan anak laki-laki

Tumbuh sebagai anak perempuan membuat Anda memiliki lebih banyak boneka Barbie daripada balok, atau Anda mungkin dulu anak perempuan yang tomboy dan suka bermain tanah dan senjata mainan. Apapun kondisinya, anak laki-laki Anda lebih suka kereta, pedang, bola, dan mainan tradisional anak laki-laki lainnya. Di sini kesempatan Anda untuk bermain seperti anak laki-laki, yang tak pernah Anda lakukan saat kecil atau justru Anda rindukan.
 

15. Tak ada warna pink

Kalau Anda bertanya pada teman yang punya anak perempuan, semua barang anaknya pasti serba pink. Dan mungkin tidak sedikit dari teman Anda yang mengeluh karena banyak warna pink di mana-mana. Berbeda dengan orang tua dari anak laki-laki, kita yakin kalau tidak ada yang pernah mengeluh karena barang anaknya terlalu banyak warna biru, hijau, coklat, atau warna maskulin lainnya.
 

16. Mengenal karakteristik anak laki-laki

Meski tak ada sifat kepribadian yang khusus untuk satu gender, ada beberapa sifat yang dimiliki anak laki-laki yang sangat menyentuh hati setiap ibunya. Seorang ibu dari 4 anak laki-laki bercerita kalau anaknya hangat, penyayang, sekaligus kasar, kombinasi sifat yang sulit dimengerti hingga Anda jadi ibu dari seorang anak laki-laki. Anak laki-laki juga menunjukkan kasih sayang dengan cara yang berbeda dari anak perempuan. Anak laki-laki mungkin sering main kasar bersama teman atau saudara kandungnya, tapi kepada ibunya, ia akan menunjukkan kasih sayang yang luar biasa.
 

17. Cedera fisik, sudah biasa!

Anak laki-laki tidak mudah takut dibanding anak perempuan. Anak perempuan cenderung meremehkan kemampuan fisik yang mereka miliki dan takut bahaya, tapi anak laki-laki sebaliknya. Sebagai akibatnya, anak laki-laki lebih sering masuk rumah sakit dibanding anak perempuan karena cedera mulai dari kecelakaan sepeda hingga jatuh saat bermain. Bukan berarti si anak harus dilarang-larang saat melakukan apapun ya supaya tetap aman, tapi awasi ketika mereka memanjat perabot rumah dan bersiaplah si kecil mengalami patah tulang atau jahitan luka sebagai konsekuensinya.

Anak laki-laki juga tidak mau mendengar. Ini karena mereka memiliki pendengaran yang kurang sensitif dibanding anak perempuan sejak lahir, dan ini berlanjut hingga mereka besar. Pendengaran anak perempuan lebih sensitif pada pola bicara, membuat mereka lebih mudah mendengar apa yang orang lain katakan dibanding anak laki-laki.

Bagian otak yang merespon proses verbal berkembang lebih cepat pada anak perempuan, membuat mereka memahami apa yang Anda katakan padanya dengan lebih baik. Jadi lain kali ketika jagoan kecil mengabaikan Anda, sentuhan bisa membantu menyampaikan pesan Anda. Bila usianya 1 tahun, gendong dan lihat matanya sebelum memberitahu kalau sekarang waktunya mandi. Atau letakkan tangan di bahu anak laki-laki Anda yang berumur 4 tahun ketika memberitahu waktu bermainnya tinggal 5 menit.

(Ismawati)