Balita

18 Alasan Kenapa Punya Anak Perempuan Itu Seru

18 Alasan Kenapa Punya Anak Perempuan Itu Seru

Beberapa calon orang tua tidak pusing dengan jenis kelamin bayi mereka, tapi ada sebagian yang berharap memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu. Nah, bila Anda sedang hamil bayi perempuan atau Anda sangat berharap demikian, kami mau kasih tau nih Bun keseruan yang akan Anda alami kalau punya anak perempuan. Tapi ingat, jangan menanggapinya terlalu serius ya Bunda ;)

1. Bayi Perempuan Lebih Mudah Dilahirkan

Rata-rata ibu melahirkan bayi perempuan dalam persalinan yang lebih pendek, sekitar 24 menit dan kurang berisiko menggunakan pereda sakit. Ini bisa jadi karena ukuran bayi. Bayi perempuan sedikit lebih kecil dibanding bayi laki-laki, sekitar 5 ounce dan setengah inci. Memang tidak banyak, tapi ketika mengejan saat persalinan, jumlah ini cukup berarti.

2. Bayi Perempuan dan Baju-Baju Cantiknya

Gaun warna-warni dengan motif bunga yang cantik dan rok mini yang menggemaskan, duh baju-baju untuk bayi perempuan memang jauh lebih lucu dibanding baju untuk bayi laki-laki yang modelnya itu-itu saja.

Tak ada yang lebih lucu selain legging bayi. Bayi yang mengenakannya akan terlihat lebih lucu. Legging garis-garis dengan rumbai di bagian belakang jadi item pakaian paling lucu untuk bayi. Ada pula gaun dengan bermacam variasi, warna cerah, ditambah lipit-lipit, renda, tali, dan masih banyak lagi pilihan untuk baju anak perempuan. Seolah memakaikan baju ke dirinya jadi permainan yang sangat menyenangkan.

3. Mengenang Kembali Masa Kecil Anda

Perbedaan antara menjadi ibu dari bayi perempuan dan ibu dari bayi laki-laki adalah Anda dulunya pernah menjadi anak perempuan kecil. Anda bisa kembali mengingat memori masa kecil untuk mencari ide permainan yang ia sukai atau mengajaknya melakukan aktivitas yang dulu Anda sukai.

4. Percakapan Ibu Dan Anak

Anak perempuan biasanya mulai bicara lebih awal dibanding anak laki-laki dan dengan cepat ia jadi lawan bicara cilik.

5. Anda Jadi Panutan

Si anak perempuan ingin tumbuh seperti ibunya. Tak ada orang lain yang ia puja dan kagumi selain ibunya. Sangat manis kan, Bun?

6. Lebih Kalem dan Tidak Terlalu Berantakan

Anak perempuan biasanya memiliki karakter lebih tenang dan pendiam. Ini bisa karena gen turunan atau karena ia melihat Anda yang selalu penyayang dan sopan.

7. Lebih Mudah Menemukan Nama Yang Anda Suka

Sepertinya ada lebih banyak pilihan untuk nama bayi perempuan. Para ibu hamil sering kali mengalami kesulitan menemukan nama anak laki-laki dan ini juga di iyakan oleh pasangan mereka.

8. Rambut Lucunya

Si kecil mungkin terlahir tanpa rambut, tapi tenang, ia akan memiliki kepala penuh rambut kok Bun. Dan ini pasti membuat Anda makin tak sabar untuk menghiasnya, Mulai dari poni dan kuncir belakang, hingga bando dan jepit warna-warni. Pilihan untuk mempercantik rambut bayi perempuan tak pernah ada habisnya.

9. Menjadi Diri Anda Dalam Versi Mini

Salah satu alasan ayah menginginkan anak lelaki dan ibu menginginkan anak perempuan adalah karena ingin melihat tampilan mini diri mereka masing-masing. Tumbuh sebagai perempuan membuat Anda merasa memiliki anak perempuan lebih menyenangkan, terutama bila Anda tidak punya saudara laki-laki atau banyak teman pria.

10. Anda Tahu Apa Yang Terjadi Padanya

Anda pernah menjadi gadis kecil dan telah melewati pubertas, merasakan cinta dan persahabatan sebagai gadis kecil. Ini membuat Anda merasa lebih siap mengurus anak perempuan karena Anda telah melewati fase sebagai gadis kecil.

11. Pipisnya Tidak Nyiprat Kemana-Mana

Tidak terlalu berisiko mengurus bayi perempuan ketika ia tidak mengenakan popok. Pipisnya hanya akan terserap ke baju Anda atau membasahi sofa. Ini  jauh lebih baik daripada cipratan pipis anak laki-laki yang bisa terbang di udara dan masuk ke gelas teh Anda.

Lagi pula, bila punya bayi laki-laki, wajah Anda mungkin akan dipipisi saat ia tidak memakai popok, tapi ini tidak akan terjadi jika Anda punya bayi perempuan. Ia tidak bisa membuat pipisnya menyiprat kemana-mana hingga mengenai wajah Anda.  

12. Dekat Dengan Ayah

Saat baru lahir, ia sering berada di dekapan Anda. Ayah memang ikut mendampingi, tapi Anda selalu jadi pilihan pertamanya. Tapi ketika bertambah besar, ia mulai dekat dengan ayah. Ia ingin ayah yang membacakan cerita sebelum tidur, bermain bersamanya, dan berbagi rahasia. Anda melihat dua orang yang Anda sayangi menjalin kedekatan yang begitu kuat, dan ini membuat Anda semakin manyayangi mereka.

13. Lebih Menghargai Ibu Anda

Ketika pertama kali mendekapnya dalam gendongan, Anda jatuh cinta dan ingin memberikan yang terbaik untuknya. Anda ingin ia bahagia, berhasil, sehat, dan menikmati kebahagiaan dalam hidupnya. Namun Anda sadar ia akan mengalami ujian hidup, sakit hati, dan masa yang sulit, tapi Anda berusaha ada disampingnya sebisa mungkin. Anda menyadari ibu Anda juga merasakan hal yang persis sama seperti yang Anda rasakan.

14. Anda Memahaminya

Anda seorang perempuan jadi tahu bagaimana rasanya melewati masa remaja dan saat mulai mengenal lawan jenis. Anda menjadi sangat dekat dengannya. Ia percaya Anda dan sayang pada Anda. Ia akan menelepon saat butuh bantuan. Ia mengirim SMS ketika sedang menghadapi masalah. Ia akan meminta tolong Anda ketika membutuhkannya karena Anda pernah mengalami semua yang ia rasakan.

15. Ia Akan Berpakaian Sama Seperti Anda

Bayi perempuan melihat Anda berpakaian setiap hari dan ketika ia masuk usia batita, ia akan bermain “manjadi ibu.” Ia memakai sepatu berhak tinggi milik Anda, mengenakan banyak gelang di tangannya, dan menarik kereta dorong keliling rumah. Saat pertama kali melakukannya, hati Anda akan terenyuh melihat si kecil ingin jadi seperti Anda.

16. Banyak Bicara

Memang tidak semua laki-laki kuat dan lebih diam, juga tidak semua wanita lebih banyak bicara, tapi gambaran ini banyak terjadi dalam kehidupan nyata. Meski bayi perempuan dan laki-laki mengucapkan kata “mama” pertama kali pada sekitar usia satu tahun, rata-rata anak perempuan memiliki lebih banyak kata di usia 16 bulan dibanding anak laki-laki. Anak perempuan juga lebih cepat membentuk kalimat kompleks dan menguasai 300 kosa-kata. Anak perempuan bahkan menggunakan bahasa tubuh lebih banyak, seperti melambaikan tangan atau menunjuk benda yang diinginkan.

17. Menjadi Asisten Cilik Untuk Bunda

Ia bersedia menyapu lantai rumah, mengelap meja dengan baju Anda, mengosongkan mesin cuci, membantu melipat pakaian, dan menata meja makan. Anda akan jadi sangat terbantu Bun.

18. Lebih berempati

Penelitian menunjukkan bayi perempuan lebih cepat memperhatikan ekspresi wajah orang lain dan lebih berempati pada kesusahan, yang kemudian membuat mereka menjadi anak perempuan yang perhatian dan berbakti.

(Ismawati)