Balita

18 Hal Yang Tidak Anda Duga Setelah Menjadi Ibu

18 Hal Yang Tidak Anda Duga Setelah Menjadi Ibu

Ketika Anda dan pasangan memutuskan untuk memiliki anak, mungkin terlintas dalam pikiran kalau Anda akan memasuki dunia yang tidak dikenal. Meski merasa masih bisa memperkirakan apa yang akan terjadi setelah si kecil lahir, banyak perkiraan Anda yang akan meleset. Berikut beberapa hal yang akan mengejutkan dari peran baru Anda sebagai orangtua:

  1. Tubuh Anda Pulih Dengan Cepat

    Tubuh Anda seperti tersiksa setelah melahirkan dan menyusui dan proses ini bukan hal yang mudah dilakukan. Beberapa minggu pertama memang terasa sangat sulit. Tapi setelah itu, Anda akan pulih. Menyusui tidak hanya baik untuk bayi tapi juga bagi tubuh Anda sehingga bisa kembali sehat dengan cepat dan Anda merasa lebih kuat dari sebelumnya.

  2. Anda Masih Bisa Bepergian

    Tidak hanya pergi ke mall, tapi juga bisa liburan ke luar negeri jika memungkinkan. Lagi pula, anak di bawah usia dua tahun bisa terbang gratis. Memang perlu ekstra energi dan usaha untuk melakukannya. Bepergian bersama bayi memang perlu persiapan, tapi ini bukan jadi hal yang tak mungkin dan pasti akan menyenangkan berada di tempat yang baru.

  3. Bayi Tidur Sangat Awal

    Pada beberapa bulan pertama, Anda sepertinya tidak bisa menghabiskan waktu berdua dengan pasangan di malam hari. Tapi setelah usia si kecil sekitar 4 bulan, ia akan mulai tidur sepanjang malam. Bahkan ia sudah tertidur ketika ayahnya pulang dari bekerja. Jadi Anda dan suami masih bisa menikmati makan malam romantis atau nonton bersama di rumah, seperti sebelum si kecil lahir.

  4. Anda Tahu Apa Yang Perlu Diketahui

    Baik Anda tipe orang  yang membaca buku tentang tahapan perkembangan bayi atau orang yang santai, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikan fase yang dilalui bayi. Selama Anda berada di sisinya dengan pelukan dan cinta serta perlindungan, Anda dan si kecil akan baik-baik saja.

  5. Tak Ada Seorangpun Yang Benar-Benar Siap Menjadi Orangtua

    Sebelum melahirkan, Anda mengikuti kelas persiapan menjadi orangtua dan membaca buku tentang membesarkan anak. Tapi sebenarnya tak ada yang bisa benar-benar membuat Anda siap untuk menjadi seorang ibu. Tiap bayi berbeda, tapi Anda akan mengenal dan memenuhi kebutuhannya.

    Kadang Anda panik ketika si kecil menangis, tapi Anda bisa mengenali perbedaan dan arti tangisannya sekarang. Selain itu, bayi memiliki rentang tumbuh-kembang sendiri jadi jangan panik bila ia belum merangkak ketika buku yang Anda baca menyatakan seharusnya sudah.

  6. Bayi Baru Lahir Sering Tidur

    Bayi baru lahir bisa tidur hingga 18 jam sehari. Ketika bayi sering tidur, menyusui jadi tantangan tersendiri. Butuh waktu untuk membangunkannya dengan menggelitik kakinya, memanggil namanya, atau menggosokkan air agar ia terbangun dan mau menyusu.

  7. Kurang Tidur, Sudah Pasti

    Karena bayi baru lahir banyak tidur bukan berarti orangtua bisa beristirahat. Hal tersulit yang dialami ketika menjadi orangtua baru adalah kurang tidur. Saat membawa bayi pulang dari rumah sakit, kemungkinannya Anda tidak akan tidur lebih dari 2 atau 3 jam. Meski bayi baru lahir tidur hampir 18 jam sehari, mereka harus menyusu tiap 2 hingga 3 jam, dan menyusui butuh waktu sekitar satu jam, berarti Anda hanya bisa tidur satu jam sebelum tiba waktu menyusui selanjutnya. Coba tidur ketika bayi tidur ya Bunda.

  8. Tepuk, Tepuk

    Anda jadi punya kebiasaan menepuk-nepuk punggung bayi saat menjelang tidur. Tapi Anda juga mulai menepuk-nepuk punggung anggota keluarga lain, bahkan suami tidak bisa lolos dari tepukan punggung Anda. Mungkin ia tidak keberatan dengan tepukan Anda, tapi mulai protes bila Anda juga menenangkannya dengan suara “shush....shush.”

  9. Selamat Tinggal Rumah Yang Bersih Dan Rapi

    Sekarang semua diambil alih si kecil. Seluruh ruangan di rumah ada mainan miliknya. Ruang dengan barang yang tadinya selalu ada di tempatnya tidak akan terlihat sama lagi.

  10. Menyusui Bukan Hal Yang Mudah

    Sebelum memiliki bayi, calon ibu berpikir kalau menyusui cukup dengan mengangkat bayi dari tempat tidur dan ia langsung menghisap pada payudara. Tapi ini lebih rumit dari itu. Kesulitan pelekatan, menelan, masalah persediaan ASI, kelenjar ASI tersumbat, dan ada banyak situasi yang tidak mengenakkan mungkin terjadi. Ketika bayi tidak bisa menyusu, ini terasa sangat menakutkan karena Bunda akan merasa ini menyangkut masalah hidup atau mati. Tapi jangan cemas, ada konsultan laktasi dan produk-produk yang bisa membantu proses menyusui.

  11. Ada Bayi Berarti Cucian Bertambah Banyak

    Si makhluk kecil bernama bayi membuat berantakan di seluruh ruang. Buang air besar yang sering dan banyak, cipratan pipis, muntah, dan gumoh, bersiaplah untuk banyakanya popok, baju, lap, serta selimut kotor. Bila memungkinkan, minta bantuan orang lain untuk mencuci agar beban Anda jadi lebih ringan.

  12. Selalu Terlambat

    Jangan pernah menjadwalkan janji ketika masih memiliki bayi baru lahir, karena si kecil punya rencana lain untuk Anda. Akan sulit bagi Anda dan si kecil untuk bersiap, karena akan selalu ada hal yang tidak bisa dihindari. Ketika keluar dari rumah, bayi mulai menangis atau pipis dalam jumlah banyak sehingga perlu diganti popoknya.

  13. Mengubah Kehidupan Anda

    Ketika menjadi orangtua, Bunda mungkin tidak akan lagi keluyuran bersama teman hingga larut malam, tidak ada lagi bepergian secara spontan, dan tidak ada yang tanpa perencanaan. Anda akan bertanggung jawab untuk makhluk kecil ini dan itu perasaan yang menakutkan sekaligus mengagumkan.

  14. Gerakan Mengayun Yang Otomatis

    Kebanyakan bayi suka diayun. Setelah menjadi ibu Anda seperti terprogram untuk melakukan gerakan mengayun ke depan-belakang ketika menggendongnya. Tapi Anda akan terheran ketika mendapati diri melakukan gerakan ini saat si kecil tidak berada di gendongan. Yang lebih lucu ketika si kecil digendong orang lain, Anda juga bergerak mengayun ketika berbincang dengan orang yang menggendong bayi Anda.

  15. Mendorong Kereta Bayi

    Mungkin ini sering terjadi, tanpa sadar Anda mendorong kereta belanja maju-mundur ketika berada di swalayan sambil memilih sayuran. Anda terprogram untuk selalu menggerakkan kereta bayi, sehingga otomatis membuat semua yang memiliki roda untuk bergerak, termasuk kereta belanja.

  16. Tisu Basah Jadi Teman Terbaik

    Tisu basah bukan lagi hanya untuk membersihkan saat ganti popok. Kebanyakan ibu menggunakan tisu basah untuk membersihkan semua yang berantakan, mulai dari tumpahan makanan pada perabot hingga noda spidol di pakaian.

  17. Anda Akan Lebih Bersimpati Pada Orang Tua Lain

    Sebelum punya bayi, Anda mungkin pernah merasa aneh ketika melihat ibu membawa bayi yang menangis kencang di dalam pesawat. Tapi setelah memiliki bayi, Anda mengerti kondisi ini dan bersimpati dengan ibu lain yang juga memiliki bayi.

  18. Semuanya Termaafkan Ketika Ia Tersenyum

    Jangan remehkan wajah manis makhluk mungil ini. Anda bisa memaafkan banyaknya cucian kotor, kurang tidur, dan hal buruk lain ketika ia tersenyum pada Anda. Dan saat pertama kali ia tertawa, itu akan jadi momen terbaik dalam hidup Anda.

(Ismawati)