Balita

4 Jenis Kursus Online Untuk Anak, Belajar Makin Seru!

4 Jenis Kursus Online Untuk Anak, Belajar Makin Seru!

Siapa yang menyangka bahwa kursus online untuk anak kini mulai menjadi hal yang lumrah dijalani? Padahal sebelum pandemi pendidikan di Indonesia masih berkutat pada sekolah atau kursus tatap muka. Pandemi memang menggiring perubahan pada banyak aspek. Bahkan tidak bisa dimungkiri bahwa saat ini anak-anak dan orang tua mulai terbiasa dengan rutinitas baru ini.

Dilansir dari laman Oxford Learning, ada banyak manfaat kursus online untuk anak, di antaranya:

  • Kelas online lebih nyaman karena anak bisa belajar sambil ngemil, bahkan makan siang! Bisa tanpa alas kaki dan anak bisa memilih tempat duduk favoritnya di rumah.
  • Kursus online untuk anak lebih fleksibel. Bisa disesuaikan jamnya dan dilakukan di mana saja di rumah, bahkan di taman atau halaman rumah. Ini baik untuk memperbaiki mood anak lho, Bu.
  • Kelas online untuk anak lebih minim stres, karena anak merasa terbiasa dengan susana rumahnya.
  • Anak merasa aman karena ada di rumah sendiri dan dekat dengan orang tuanya.

Rekomendasi Kursus Online Untuk Anak yang Seru dan Edukatif

Nah, sekarang, Ibupedia punya beberapa referensi nih untuk para Ibu yang sedang mencari kursus online untuk anak dengan beragam jenis pembelajaran. Simak lebih lanjut artikel ini ya.


1. Kursus Bahasa dan Literasi



Photo Source: englishexplorer.com

Kelas online untuk anak dalam bidang bahasa utamanya bahasa asing memang sudah nggak asing lagi ya. Karena untuk mngikuti dinamika perkembangan dunia, anak perlu menguasai setidaknya satu bahasa asing. Kursus online untuk anak dalam bidang bahasa mencakup bahasa inggris, bahasa mandarin, dan beberapa pilihan bahasa asing lainnya.

Sedangkan dalam bidang literasi, kursus online untuk anak biasanya menyediakan berbagai program literasi seperti mendongeng, membaca cerita, menceritakan kembali, bahkan menggambar isi cerita.

Beberapa pilihan kursus online untuk anak dalam bidang bahasa di antaranya:

  • Cakap. Menawarkan program belajar bahasa Inggris, Mandarin dan Korea untuk anak hingga dewasa. Khusus anak, Cakap menawarkan kelas dengan kisaran harga mulai Rp 6.000.000 hingga Rp 12.000.000 per paket.
  • Thinke Rumah Belajar yang menawarkan program kelas online bahasa Inggris. Konten media sosialnya juga sangat menarik. Berisikan informasi bahasa yang mudah dipahami.
  • Selingkar, platform pembelajaran online dengan metode literasi yang juga menyentuh ranah matematika dan sains. Menarik kan, Bu!

2. Kursus Seni dan Kerajinan Tangan


Photo Source: Amideast.org

Memilih kelas online untuk anak dalam bidang seni, dapat membantu anak menstimulasi otaknya. Bahkan ada kursus online yang tidak hanya menawarkan program belajar untuk anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Wah, orang tuanya jadi bisa ikutan kursus, nih. 

  • Gaku Kelas. Platform ini menawarkan kelas online untuk anak usia 6 tahun ke atas dan kelas keterampilan untuk orang dewasa. Mulai dari menggambar tas kanvas, kelas sulap, membatik dan membuat clay untuk anak, hingga membuat sabun untuk orang dewasa. Biaya yang diperlukan berkisar antar Rp 200.000 – Rp 300.000 sudah termasuk alat.
  • AnakBisa.com menawarkan kelas menggambar dan memasak. Murah bangeet, hanya Rp 150.000-an aja, anak Ibu sudah mendapatkan modul lengkap.
  • Global Art Indonesia yang banyak menawarkan program kreasi seni dari melukis totebag, acrylic painting hingga clay painting.

3. Kursus Online untuk Anak Bidang Coding dan Robotika


Photo Source: edutopia.org

Coding dan robotika kesannya hanya akrab untuk orang dewasa ya. Tapi sekarang, anak-anak pun bisa belajar juga. Ini dia beberapa pilihan kursusnya:

  • Kampung Robot Sangatta memiliki ragam variasi belajar coding yang menarik dan mudah diaplikasikan. Setiap programnya mulai dari Rp 100.000-an saja.
  • SCI_Robo memiliki konsep pembelajaran robotika dengan style berbeda, yaitu belajar dengan Lego! Wah anak pasti tertarik ya, Bu!
  • Kode Kiddo   menawarkan kursus online belajar coding untuk anak dengan sistem fun coding.

4. Kursus Online All in One Package


Photo Source: MyKidsTime

Kursus online untuk anak yang satu ini mencakup berbagai macam pembelajaran menarik untuk anak. Misalnya berisi bidang bahasa, sains, seni, lingkungan serta teknologi. Beberapa rekomendasi yang bisa Ibu coba adalah:

  • Mungilmu. Kursus online untuk anak yang satu ini menawarkan Aeronautika, Lingkungan dan cinta alam, balet, dokter cilik, fotografi, bahasa, desain interior, dan banyak pilihan kursus lainnya. Mirip seperti kursus ala orang dewasa lho, bu.
  • Ada juga Rumah Main Stream yang menyediakan kursus berbasis sains, teknologi, seni dan matematika. Kelas online untuk anak di Rumah Main Stream berkisar Rp 200.000-an  per tema. Ibu bisa memilih tema yang anak sukai dan mendampinginya ketika kursus. Timeline Instagramnya juga sangat menarik. Berisikan beragam challenge dan permainan gratis bagi yang mengakses. Platform ini juga direkomendasikan sebagai kelas online anak paud.
  • Junior Lab Indonesia yang menawarkan paket belajar plus kelas online untuk anak usia 4-12 tahun berbasis metode STEAM.

Sudah bingung belum, Bu, mau pilih pilih yang mana?

Nah, sebelum menjatuhkan pilihan, orangtua perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan ketertarikan anak masing-masing. Sebaiknya kursus online untuk anak tidak bersifat memaksa dan pastikan anak enjoy menjalaninya. Kehadiran Ibu dan Ayah untuk mendampingi juga sebaiknya tetap dilakukan ya. Agar mereka terus semangat belajar.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih