Balita

5 Doa Anak Sakit, Panjatkan Ini Agar Hati Tenang

5 Doa Anak Sakit, Panjatkan Ini Agar Hati Tenang

Saat anak sakit, salah satu ikhtiar yang dapat orangtua lakukan adalah memanjatkan doa anak sakit agar ia segera diberikan kesembuhan. Pasti orangtua akan merasa cemas hingga panis, apalagi jika sakit yang diderita si kecil cukup parah. Sebagai orangtua, sepatutnya ikut memanjatkan doa anak sakit agar segera diberikan kesembuhan.

Orangtua juga dianjurkan untuk meruqyah si kecil karena menurut Imam Nawawi, kita disunahkan meruqyah orang sakit. Jadi, definisi rukiah tidak sekadar dilakukan saat seseorang kesurupan. Ruqyah memiliki makna yang lebih luas dari itu karena penyakit-penyakit lainnya juga dapat diruqyah.

Mengapa berdoa pada Allah saat anak sakit?

5-doa-anak-sakit-panjatkan-ini-agar-hati-tenang-1

Kita wajib memanjatkan doa anak sakit agar segera diberikan kesembuhan kepada Allah. Salah satu nama besar Allah adalah Asy-syafii yang memiliki makna penyembuh, artinya mampu memberikan kesembuhan baik penyakit hati ataupun penyakit jasmani. 

Kesembuhan hati dari penyakit syubhat, keragu-raguan, hasad, penyakit-penyakit hati lainnya hingga penyakit jasmani. Bahkan, di dalam Alquran tertulis:

Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku” (As Syu’araa: 80)

Maksudnya, Allah semata lah yang mampu memberikan kesembuhan dengan perantara sebab, misalnya berobat ke ahli penyakit tersebut. Jadi, saat berobat diwajibkan untuk memiliki ketetapan hati bahwa tidak ada yang dapat menyembuhkan selain atas izin Allah.

Jika manusia mantap memiliki keyakinan bahwasanya tidak ada yang mampu menyembuhkan selain Allah, maka Insya Allah yang sakit akan disembuhkan.

Dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah,  Rasulullah pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya:

 “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain”  (HR Bukhari 535 dan Muslim 2191).

Pernah juga suatu hari Abdul Aziz bin Shahib tersengat binatang. Anas bin Malik menganjurkan membaca bacaan ruqyah seperti yang dibaca oleh Rasulullah:

“Ya Allah, Rabb manusia Yang Menghilangkan kesusahan, berilah kesembuhan, Engkaulah Zat Yang Maha Menyembuhkan.  Tidak ada yang mampu menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari 541).

Kumpulan doa anak sakit agar diberi kesembuhan

5-doa-anak-sakit-panjatkan-ini-agar-hati-tenang-2

Doa anak sakit yang meminta kesembuhan kepada Allah memiliki makna ucapan yang memberikan ketenangan, meringankan beban penyakit yang dideritanya. Anak sakit juga merupakan ujian bagi orangtua agar tetap ikhlas dan ladang pahala jika tetap sabar. 

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan doa-doa Rasulullah bagi orang sakit yang beliau kunjungi. Doa tersebut antara lain:

Doa pertama

Doa anak sakit pertama yang paling sederhana dan sering dipanjatkan adalah:

لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ 

Tidak mengapa, insya Allâh sakitmu ini membuat dosamu bersih.

Doa kedua

‘Abdul ‘Aziz dan Tsabit pernah menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas saat itu, “Wahai Abu Hamzah (nama kunyah dari Anas), aku sakit.” Anas berkata, maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” Lalu Anas membacakan do’a,

 اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ وَاشْفِهِ وأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا 

Allahumma Rabban Nasi, Adzhibil Ba’sa Isyfi Antas Syafi La Syafiya Illa Anta Syifa’an La Yughadiru Saqaman

Artinya: Wahai Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi. ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191).

Doa diatas pernah dibaca oleh Rasulullah saat meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Ibu dapat membaca doa anak sakit yang memiliki riwayat sahih di atas.

Doa ketiga

 أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ 

As’alullahul ‘azhima rabbul gharsyil ‘adziymi ayyasfiyaka

Artinya: Aku mohon kepada Allâh Yang Maha Agung, Rabb yang menguasai Arsy yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu.

Doa keempat

5-doa-anak-sakit-panjatkan-ini-agar-hati-tenang-3

Orangtua dapat membaca doa anak sakit dibawah ini dengan langsung menyematkan nama si kecil di dalam doa.

 الَّلهُمَّ اشْفِ فُلاَنًا

Artinya: Ya Allâh ! Berikan kesembuhan kepada …… (nama anak)

Doa kelima

Ini adalah doa anak sakit yang sering dipanjatkan. Ibu dapat membaca:

Syafakallalahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fii diinika wa jismika ilaa muddaati ajalika.

Artinya: Wahai (sebut nama anak yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan menguatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, Damaskus: Darul Mallah)

Apakah bertentangan dengan tawakal saat berobat?

5-doa-anak-sakit-panjatkan-ini-agar-hati-tenang-4

Selain memanjatkan doa anak sakit agar segera disembuhkan oleh Allah, orangtua wajib membawa anak untuk berobat. Dengan berobat, artinya orangtua mengusahakan sebab kesembuhan bagi si kecil. Terdapat banyak hadis dari Rasulullah yang menerangkan tentang perintah berobat dan penyebutan tentang obat-obat yang bermanfaat.

Rasulullah pernah bersabda:

Semua penyakit ada obatnya. Jika sesuai antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan izin Allah” (HR Muslim 2204)

Termasuk petunjuk dari Rasulullah pula lah berobat untuk diri sendiri dan juga memerintahkan keluarga serta sahabat untuk berobat di kala sakit.

Itulah kumpulan doa anak sakit yang dapat dipanjatkan oleh orangtua

Editor: Dwi Ratih