Balita Dibaca 4,054 kali

5 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Bayi

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 03 Oktober, 2017 03:10

5 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Bayi
‚ÄčOrang dari berbagai budaya, bahasa, agama, dan ras banyak menganggap kelapa sebagai sumber berharga baik sebagai makanan atau obat. Dimanapun pohon kelapa tumbuh, orang belajar tentang pentingnya jenis flora ini sebagai obat yang efektif. Selama ribuan tahun produk kelapa telah memegang tempat terhormat dan berharga di pengobatan lokal. Pada pengobatan tradisional di penjuru dunia, kelapa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk, asma, kebotakan, bronchitis, memar, luka bakar, batuk, demam, flu, sakit telinga, menstruasi tidak teratur, dan masih banyak lagi.
Ilmu kedokteran modern kini mengakui kegunaan kelapa dalam mengobati banyak kondisi medis. Banyak studi yang diterbitkan di jurnal medis menunjukkan bahwa kelapa dalam satu atau bentuk lain bisa memberi keuntungan kesehatan yang luas. Beberapa di antaranya:
  • Membunuh virus yang menyebabkan herpes, hepatitis C, SARS, serta AIDS.
  • Menjadi sumber nutrisi dan energi yang cepat.
  • Meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral, dan asam amino.
  • Meningkatkan sekresi insulin.
  • Meredakan stres pada pankreas dan sistem enzim pada tubuh.
  • Membantu penyerapan kalsium dan magnesium serta mendukung perkembangan tulang dan gigi yang kuat.
  • Membantu melindungi dari osteoporosis.
  • Meredakan peradangan.
Bayi kecil Anda juga bisa mendapat banyak manfaat dari tanaman kelapa. Bayi Anda yang baru lahir mungkin menjadi hal paling penting di dunia. Anda pasti akan sering merasa khawatir tentang banyak hal, seperti takut si kecil terkena minuman panas, bulu hewan peliharaan, sengatan sinar matahari, dan semuanya. Jika Anda membaca komposisi bahan di botol kemasan baby lotion dan krim untuk bayi maka mungkin Anda khawatir tentang bahan kimia dalam kandungan produk tersebut juga.
Anda bisa mengganti banyak produk untuk bayi dengan minyak kelapa yang alami dan bebas dari bahan kimia. Minyak kelapa telah menjadi minyak super yang mengandung anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Anda tidak hanya akan menghemat uang, tapi penggunaan minyak kelapa juga akan lebih baik bagi kulit bayi Anda. Minyak kelapa alami, pelembab berbau enak yang bisa digunakan dalam berbagai cara. Berikut manfaat minyak kelapa untuk bayi:

1. Berfungsi Sebagai Body Lotion

Kulit bayi Anda mungkin sudah cukup lembut tanpa Anda perlu menutupinya dengan lotion atau krim, tapi jika bayi perlu sedikit sesuatu untuk melelmbabkan kulit, minyak kelapa adalah pelembab alami yang paling baik. Misalnya, ada beberapa bayi menderita kulit kering di area leher, olesan minyak kelapa akan membantu menjaga area tersebut menjadi lembab sekaligus melindungi kulit dari iritasi lebih lanjut.

2. Mengatasi Ruam Popok

Minyak kelapa sangat baik untuk mengobati ruam popok secara alami. Penggunaan minyak kelapa untuk mengobati ruam popok tidak ada efek samping yang membahayakan, karena minyak kelapa tidak mengandung bahan kimia seperti krim diaper rash yang banyak dipasarkan. Yang perlu Anda lakukan hanya mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang terkena ruam. Minyak yang kental akan berlaku sebagai penghalang dan mencegah iritasi memburuk. Selain itu, minyak kelapa memberi nutrisi dan mengobat kulit yang teriritasi. Minyak kelapa merupakan anti jamur sehingga bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur. Bonus tambahan lain adalah minyak kelapa tidak akan merusak kain popok, tidak seperti beberapa obat ruam popok lain.

3. Sebagai Pembersih Tubuh Bayi

Tubuh bayi pasti akan gampang kotor dan berantakan, terutama setelah makan malam, apalagi jika Anda membiarkan ia makan sendiri. Daripada menggunakan bahan kimia untuk membersihkan tubuh bayi, Anda bisa membuat pembersih buatan sendiri untuk si kecil yang cukup mudah. Yang Anda butuhkan adalah takaran yang sama untuk minyak kelapa, sabun minyak zaitun (castile soap), Anda bisa membeli yang organik, sabun ini bebas dari bahan kimia, dan air.
Kemudian Bunda bisa mencampur semua bahan bersama. Anda tidak perlu menambahkan minyak esensial sebagai pewangi kecuali Anda menginginkannya, karena minyak kelapa akan memberi bau alami yang enak dengan sendirinya. Anda tidak perlu menggunakan pembersih tubuh bayi setiap kali Anda memandikan si kecil, tapi ketika Anda memerlukannya, pembersih buatan sendiri ini menjadi produk yang baik untuk digunakan.

4. Minyak Untuk Memijat Bayi

Kita semua pasti tahu manfaat memijat bayi. Selain dapat menguatkan ikatan antara orang tua dan bayi, pijatan juga bisa membuat bayi lebih rileks saat akan tidur. Beberapa produk minyak untuk pijat bayi sebenarnya terbuat dari petroleum,. Dan sepertinya ini bukan sesuatu yang Anda ketahui dan pasti Bunda tidak ingin ini digunakan untuk menggosok kulit bayi yang baru lahir bukan? Untuk membuat krim pijat alami buatan sendiri, cukup ambil satu bagian minyak kelapa, dan satu bagian minyak zaitun, campur kedua bahan bersama. Jika mau, Anda bisa tambahkan dua tetes minyak esensial alami. Lavender menjadi pilihan yang tepat karena bisa membantu bayi relaksasi.

5. Mengobati Cradle Cap

Cradle cap merupakan kondisi yang wajar dialami bayi. Cradle cap ditandai dengan kulit kepala si kecil yang berbentuk lapisan kering hingga terlihat seperti ketombe, atau menyerupai area yang tebal, berminyak, dengan warna kekuningan atau kecoklatan, atau seperti bagian yang berkerak. Dokter biasa menyebut cradle cap dengan istilah infantile seborrheic dermatitis.
Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk cradle cap. Yang Anda bisa lakukan adalah memberi pijatan menggunakan minyak pada kulit kepala bayi dan biarkan selama 20 menit. Minyak kelapa akan bertindak sebagai pelembab dan akan merontokkan serpihan cradle cap serta menutrisi kulit kepala. Setelah 20 menit, bilas sisa minyak kelapa dan gunakan sikat halus untuk dengan lembut menyisir rambut bayi dan mengangkat serpihan rontok yang masih tertinggal.
Pastikan Anda memilih minyak kelapa yang alami karena ini berarti lebih murni. Minyak kelapa lain bisa berupa hasil sulingan, lalu ditambahkan bahan kimia sehingga menghilangkan sebagian manfaat baiknya. Pilihan minyak kelapa organik akan melindungi bayi dari bahan kimia. Jika Anda menyusui dan menggunakan minyak kelapa dalam masakan atau mengkonsumsinya, bayi juga mendapat manfaat darinya.
(Ismawati)