Balita

6 Rekomendasi Dokter Spesialis Anak di Jakarta Selatan

6 Rekomendasi Dokter Spesialis Anak di Jakarta Selatan

Jika Ibu berdomisili di Jakarta Selatan dan sekitarnya, Ibu harus tau siapa saja dokter spesialis anak di Jakarta Selatan beserta lokasi praktiknya.

Terkadang, orang tua bisa sangat khawatir jika si kecil sakit atau tumbuh kembangnya terlihat tidak sesuai dengan tahapan usianya. Jika anak hanya sakit ringan, biasanya orang tua cukup memberikan si kecil obat yang mudah didapatkan melalui apotek. 

Namun jika sakit si kecil tak kunjung membaik, orang tua perlu membawa si kecil berobat ke dokter. Biasanya Ibu akan membawa si kecil berobat di rumah sakit atau klinik langganan atau mencari tahu rekomendasi dokter anak terpercaya berdasarkan saran dari teman atau kerabat.

Jika Ibu belum memiliki dokter spesialis anak langganan atau Ibu baru pindah ke Jakarta Selatan, Ibu perlu segera mencari rekomendasi dokter spesialis anak di Jakarta Selatan yang terpercaya yang sudah terbukti memiliki ilmu dan kemampuan yang sudah teruji.

Simak daftar dokter spesialis anak di Jakarta Selatan beserta lokasi praktiknya di bawah ini!

1. dr. Asti Praborini, Sp.A., IBCLC

Sesuai dengan gelarnya, dr. Asti Praborini, Sp.A., IBCLC adalah dokter spesialis anak sekaligus konselor laktasi terpercaya. Jika Ibu memiliki masalah dalam menyusui si kecil, berkonsultasi dengan dr. Asti adalah pilihan yang tepat. 

Gaya konsultasi dr. Asti sangat unik, ia akan menjelaskan secara detail langkah-langkah dan batasan apa saja yang harus Ibu lakukan. Gaya konsultasi ini sangat cocok bagi Ibu yang masih bingung dan harus banyak belajar perihal masalah menyusui.

Ibu dapat berkonsultasi dengan dr. Asti di RSIA Kemang Medical Care. Selain itu, beliau juga praktik di Rumah Sakit lainnya di area Depok.

dr. Asti Praborini mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Indonesia. Selain itu, beliau juga tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

2. Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, (K), FAAP, FRCPI (Hon.)

Prof. dr. Aman Bhakti Pulungan adalah seorang dokter spesialis anak dengan keahlian khusus di bidang Endokrinologi anak yang merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara kerja hormon dan kelainan-kelainannya. Contoh penyakit endokrin anak seperti Diabetes Melitus Tipe 1.

Prof. Aman Pulungan yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini pernah menjadi ketua IDAI selama 2 periode dan pernah juga menjadi Project Leader World Diabetes Foundation - DM type 1 di Indonesia.

Ibu dapat berkonsultasi dengan Prof. Aman Pulungan di RS Pondok Indah, AP & AP Pediatric and Diabetes Center di Kuningan.

3. dr. Margareta Komalasari, Sp.A

Mungkin nama dr. Margareta tidak asing terdengar di benak Ibu. Betul sekali, dr. Margareta dokter spesialis anak di Jakarta Selatan yang kerap muncul di layar kaca ataupun sering menjadi narasumber di berbagai acara. Beliau memiliki pembawaan yang bersahabat, tidak galak serta informatif sehingga pasien merasa santai saat berkonsultasi.

Ibu dapat berkonsultasi dengan dr. Margareta di Kemang Medical Center dan Rumah Sakit Pertamina.

4. dr. Arifianto, Sp.A

dr. Arifianto atau yang sering dikenal dengan dr. Apin adalah seorang dokter spesialis anak di Jakarta Selatan yang aktif memberikan edukasi di kanal instagramnya, yaitu @dokterapin. 

Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang cukup dikenal sebagai dokter yang tenang dan ramah serta pro penggunaan obat sewajarnya atau dikenal RUM.

Ibu dapat berkonsultasi dengan dr. Arifianto di Praktik Dokter Markas Sehat, Ragunan.

5. dr. Waldi Nurhamzah, Sp.A

Sebagian Ibu lebih memilih konsultasi ke dokter anak yang praktik di luar Rumah Sakit karena ingin menghindari kerumunan dan ingin lebih praktis. dr. Waldi Nur Hamzah adalah daftar dokter spesialis anak di Jakarta Selatan yang praktik di klinik pribadinya yang berlokasi di Jalan Buana I no. 14, Pondok Pinang, Kebayoran Lama.

dr. Waldi merupakan dokter yang ramah dan cekatan dalam menghadapi pasien anak. Si kecil pasti akan merasa lebih tenang bukan jika bertemu dokter yang ramah?

6. dr. Anita Juniatiningsih, Sp.A

Rekomendasi dokter spesialis anak di Jakarta Selatan lainnya adalah dr. Anita Juniatiningsih. Beliau menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan sudah berpengalaman menjadi dokter anak selama kurang lebih 20 tahun.

dr. Anita termasuk dokter spesialis anak yang bagus dalam menangani konsultasi pernapasan anak, tes pendengaran OAE, kesehatan saraf, konsultasi alergi, hingga program vaksinasi si kecil.

Ibu dapat berkonsultasi dengan dr. Anita di RSIA Kemang Medical Care serta 2 rumah sakit lainnya di Ciputat dan Depok.

7. dr. Dyah Istikowati, Sp.A

dr. Dyah Istikowati dikenal sebagai dokter yang ramah dan sering menangani kasus gangguan psikologis pada anak, gangguan pendengaran, dan tumbuh kembang pada anak. Ia menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ibu dapat berkonsultasi dengan dr. Dyah di RSIA Brawijaya dan 1 rumah sakit lainnya di bilangan Depok.

Itulah 7 Rekomendasi Dokter Spesialis Anak di Jakarta Selatan. Mana yang menjadi favorit Ibu dan si kecil?

Editor: Dwi Ratih