Balita

7 Rekomendasi Madu Untuk Anak 1 Tahun yang Berkhasiat Tinggi

7 Rekomendasi Madu Untuk Anak 1 Tahun yang Berkhasiat Tinggi

Madu memiliki segudang manfaat, apa saja rekomendasi madu untuk anak 1 tahun?

Meski memiliki banyak manfaat, madu tidak disarankan dikonsumsi oleh anak dibawah 1 tahun karena memiliki risiko infeksi botulisme yang sangat berbahaya. Infeksi botulisme adalah keracunan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum pada madu. 

Bagaimana takaran madu untuk anak 1 tahun?

Kandungan Madu

7-rekomendasi-madu-untuk-anak-1-tahun-yang-berkhasiat-tinggi-1

Madu pada dasarnya mengandung gula dan memiliki kalori lebih tinggi daripada gula putih. Karena madu memiliki rasa yang lebih manis, jadi pastikan mengkonsumsi madu lebih sedikit daripada gula putih. Tidak hanya itu, madu juga memiliki fungsi penambah rasa yang tidak dimiliki oleh gula putih biasa.

Karena kandungan gulanya tinggi, takaran madu untuk anak 1 tahun sekitar 20 gram.

Seperti yang dilansir dari WebMD, dalam satu sendok makan madu berupa:

  • Kalori: 64
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 17 gram

Selain itu, madu juga mengandung jumlah kecil besi, zinc, dan potassium. Ibu dapat memberikan si kecil madu dengan takaran madu untuk anak 1 tahun sebanyak 1.5 hingga 2 sendok teh sehari.

Manfaat madu untuk anak 1 tahun

Meskipun sebenarnya madu tidak kaya akan nutrisi, madu dianggap sebagai makanan kesehatan. Meski begitu, ada beberapa manfaat madu untuk anak 1 tahun yang didukung oleh penelitian seperti:

1. Memiliki efek anti-inflamasi

Manfaat madu untuk anak 1 tahun sebagai anti-inflamasi karena madu mengandung antioksidan. Inflamasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk serangan jantung, kanker, dan penyakit autoimun. 

2. Meredakan batuk

Dalam sebuah studi, 2 sendok teh madu dapat meredakan batuk anak pada malam hari sehingga mereka dapat tidur lebih tenang. 

3. Sumber energi untuk mendukung aktivitas

Madu mengandung gula alami yaitu fruktosa dan glukosa. Kandungan gula ini bersumber dari karbohidrat yang dibutuhkan sebagai bahan bakar atau energi si kecil.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu juga mengandung zat yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Antioksidan pada madu juga berfungsi menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Rekomendasi madu untuk anak 1 tahun

Ada beberapa rekomendasi madu untuk anak 1 tahun yang dapat si kecil konsumsi secara rutin. Apa saja?

1. Al Shifa Natural Honey

7-rekomendasi-madu-untuk-anak-1-tahun-yang-berkhasiat-tinggi-2

Rekomendasi madu untuk anak 1 tahun yang pertama adalah Al Shifa Natural Honey yang merupakan madu murni dari Arab dengan tekstur lembut dan mudah ditelan oleh si kecil. 

Madu Al Shifa terbuat dari madu murni Arab dengan rasa manis yang pas dan tidak membuuat eneg. Madu dengan tekstur lembut ini tidak membuat residu aneh pada lidah.

Harga: Mulai dari Rp 102.000

2. TJ Joybee Madu Multivitamin

7-rekomendasi-madu-untuk-anak-1-tahun-yang-berkhasiat-tinggi-3

Madu TJ Joybee multivitamin merupakan rekomendasi madu untuk anak 1 tahun yang tersedia dengan banyak varian rasa yang bisa dipilih, yaitu original, strawberry, dan jeruk. Teksturnya lembut dan mudah ditelan oleh anak. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau.

Harga: Mulai dari Rp 10.000

3. Essenzo Kids Honey

7-rekomendasi-madu-untuk-anak-1-tahun-yang-berkhasiat-tinggi-4

Rekomendasi madu untuk anak 1 tahun berikutnya adalah Essenzo Kids Honey yang juga mengandung royal jelly. Royal jelly merupakan susu yang dihasilkan oleh koloni lebah madu. 

Si kecil tidak hanya mendapatkan manfaat madu, tetapi juga vitamin B kompleks dari royal jelly. Madu ini dikemas dengan botol kaca yang apik sehingga tidak terjadi reaksi kimia terhadap madu tersebut.

Harga: Mulai dari Rp 180.000

4. Madu Vitambumin

7-rekomendasi-madu-untuk-anak-1-tahun-yang-berkhasiat-tinggi-5

Madu Vitabumin adalah madu yang juga mengandung ekstrak ikan gabus pertama di indonesia. Seperti yang diketahui, ikan gabus merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan protein paling tinggi. Protein dapat menunjang pertumbuhan massa otot dan tulang anak-anak sehingga nutrisi mereka pun semakin terpenuhi.

Harga: Mulai dari Rp 45.000

5. Syamil Madu Lengkap Si Buah Hati

7-rekomendasi-madu-untuk-anak-1-tahun-yang-berkhasiat-tinggi-6

Rekomendasi madu untuk anak 1 tahun berikutnya adalah Syamil Madu Lengkap si Buah Hati. Kandungan nutrisinya cukup lengkap untuk si kecil. Selain itu, madu untuk anak 1 tahun ini juga terbuat dari campuran bahan seperti habbatussauda, kurma, dan zaitun. 

Harga: Mulai dari Rp 15.000

6. Gizidat

Gizidat adalah rekomendasi madu untuk anak 1 tahun yang mengandung ekstrak ikan sidat. Madu Gizidat berasal dari ekstrak madu hitam alami yang kaya akan vitamin, DHA, dan EPA.

Selain itu, Gizidat juga diperkaya dengan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anak. 

Harga: Mulai dari Rp 65.000

7. Madu Antariksa

7-rekomendasi-madu-untuk-anak-1-tahun-yang-berkhasiat-tinggi-8

Madu Antariksa yang merupakan rekomendasi madu untuk anak 1 tahun ini diformulasikan dari madu murni, temulawak, gamat emas, dan albumin yang berkualitas. Selain itu, madu ini bebas dari zat kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dengan mengkonsumsi madu antariksa, diharapkan akan melancarkan proses metabolisme tubuh si kecil dan mempercepat pemulihan dari sakit.

Harga: Rp 90.000

Mengkonsumsi madu baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi madu secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan. Mana rekomendasi madu untuk anak 1 tahun yang menjadi favorit si kecil?

Editor: Dwi Ratih