Balita

7 Tempat Terapi Anak Terlambat Bicara Yang Bisa Jadi Pilihan

7 Tempat Terapi Anak Terlambat Bicara Yang Bisa Jadi Pilihan

Berbicara adalah sebuah cara bagi seseorang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Kemampuan berbicara tiap orangpun berbeda-beda, ada yang sudah bisa berbicara sesuai dengan usia standar namun ada pula yang belum bisa berbicara melebihi standar usianya.

Beberapa anak mungkin akan mulai bicara dengan lebih jelas di atas usia 1 tahun. Tapi, gimana ya kalau sudah lebih dari 2 tahun si kecil belum bisa menguasai kata-kata sederhana seperti memanggil Ibu atau Ayahnya?

Bisa jadi si kecil mungkin mengalami speech delay dan membutuhkan terapi untuk anak terlambat berbicara nih Bu! Terapi ini bertujuan agar ketika orang tua melihat adanya penyimpangan atau keterlambatan berbicara, orang tua bisa menanganinya sejak dini.

Apalagi kemampuan berbicara merupakan hal yang sangat krusial bagi manusia untuk berkomunikasi. Nah, buat kamu yang berencana mengajak si kecil untuk melakukan terapi, berikut rekomendasi tempat terapi anak terlambat bicara di Jakarta yang bisa jadi pilihan!

Rekomendasi tempat terapi anak terlambat bicara

1. Klinik Pela 9


Klinik Pela 9 adalah salah satu tempat terapi anak terlambat bicara yang paling direkomendasikan. Sebab, sejak berdiri pada tahun 2000-an lalu, klinik ini memang punya misi khusus untuk melakukan deteksi dini serta penanganan keterlambatan serta gangguan tumbuh kembang anak dan remaja.

Klinik Pela 9 fokus terhadap masalah bicara anak serta gangguan perilaku komunikasi yang meliputi gangguan bahasa, bicara, suara, dan irama kelancaran. Para terapis di klinik ini akan membantu membimbing pasien agar bisa berinteraksi secara mandiri dengan lingkungannya.

Biaya terapi anak terlambat bicara di klinik ini sendiri mulai dari Rp 400.000. Klinik Pela 9 memiliki 4 cabang tempat yakni:

A. Klinik Pela 9 Kebayoran

Jl. Kramat Pela No.9, RT.1/RW.4, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, 12130

Telepon: (021) 7205132

B. Klinik Pela 9 Bintaro

Jl. Menteng Raya blok.FA.1/21 sektor 7, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, 15224. Telepon: 021-74864432,74864603

C. Klinik Pela 9 Tomang

Jl. Talaud no. 10, Cideng Jakarta Pusat, 10150

Telepon: 021-63854307

D. Klinik Pela 9 Education Center Kemang

Jl. Kemang Utara No. 17A. Jakarta Selatan, 12730

Telepon: . 021 – 2271 8661

Jenis layanan yang tersedia:

  • Assessemant tumbuh kembang
  • Layanan dokter spesialis
  • Konseling dan test psikologi
  • Terapi dan assessment terapi

2. Klinik Hompimpa Center


Tempat terapi anak terlambat bicara selanjutnya adalah Klinik Hompimpa Center yang merupakan klinik tumbuh kembang anak komprehensif dengan pelayanan rehabilitatif. Klinik ini berdiri dengan tujuan ingin membantu  mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara dini, para terapis juga nantinya akan berusaha melakukan pendeteksian dini jika terdapat kelainan pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik, intelektual dan masalah perilaku

Di klinik ini juga terdapat terapis yang khusus melakukan terapi wicara anak khusus anak yang mengalami speech delay. Untuk biaya assasmentnya sendiri dibanderol mulai dari Rp 355.000

Alamat:

Perum Puri Nusaphala blok A no.25 Jati  Asih – Bekasi

021-93787084 / 021- 82440377

Jenis layanan:

  • Okupasi terapi
  • Sensori integrasi
  • Terapi Wicara

3. AMG Clinic


AMG Clinic adalah salah satu tempat terapi anak terlambat bicara yang juga fokus terhadap masalah tumbuh kembang anak. Selain terapi wicara, AMG Clinic juga menyediakan fasilitas screening tumbuh kembang anak, konsultasi psikologis dan konsultasi pernikahan.

Layanan di AMG Clinic lainnya di antaranya adalah:

  • Terapi okupasi
  • Terapi sensori integrasi
  • Terapi wicara
  • Terapi remedial untuk anak-anak yang mengalami kesulitan untuk fokus terhadap pelajaran
  • Terapi perilaku
  • Tes minat bakat
  • Terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus
  • Tes IQ

Alamat:

Rawamangun, No.60, Pramuka, RT.7/RW.3, Rawasari, Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10570

Telepon: 021-4258113/021-42879223

4. RHE Klinik Tumbuh Kembang Anak

RHE Klinik merupakan klinik tumbuh kembang anak yang didirikan oleh Ruwivito Harun Evasari. Klinik ini fokus menyediakan beragam layanan tumbuh kembang anak meliputi speech delay, dyslexia dan ABK.

Klinik ini juga memiliki terapis berpengalaman mulai dari dokter dan psikolog anak dan remaja. Di klinik ini juga terdapat fasilitas berupa skrining, terapi okupasi serta layanan lainnya seperti:

  • Behaviour Modification Therapy
  • Terapi perilaku
  • Terapi sensori integrasi
  • Fisioterapi
  • Terapi wicara khusus anak speech delay
  • Pijat bayi kinestetik dan lain sebagainya

Alamat:

Jalan Rawamangun No. 60. Pramuka – Jakarta Pusat

Telepon: 021-425 8113 

WA : 0813 1741 2850

5. Kemang Medical Care

Tempat terapi anak terlambat bicara selanjutnya ada di Kemang Medical Care. Rumah sakit ini juga punya layanan khusus berupa klinik tumbuh kembang anak yang fokus pada masalah mulai dari keterlambatan perkembangan, ADHD, ADD, Cerebral Palsy, Down Syndrome, Musculoskeletal, dan lainnya.

Di klinik ini juga tersedia layanan lain khusus bayi mulai dari baby gym, baby spa, fisioterapi baby massage dan lain sebagainya. Soal terapis di KMC sendiri sudah nggak perlu diragukan lagi ya Bu, di klinik tumbuh kembang ini terdapat dokter spesialis anak, dokter rehabilitasi medik dan terapis khusus terapi wicara untuk anak speech delay.

Alamat:

Jalan Ampera Raya No.34, RT.2/RW.9, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan

Telepon: 021-27545454/021-27545400

6. Klinik Tumbuh Kembang Rainbow Castle

Rainbow Castle merupakan tempat terapi anak terlambat bicara selanjutnya yang fokus pada psikologi dan berbasis pada permainan anak. Sebab para terapis di klinik ini percaya bahwa, melalui bermain anak justru bisa lebih berkembang secara optimal.

Buat Ibu yang berencana mengajak si kecil melakukan terapi wicara di klinik ini biaya terapinya adalah:

  • Sabtu Rp.220.000 / sesi dan assessment wicara Rp. 260.000
  • Minggu Rp. 235.000 / sesi dan assessment wicara Rp. 290.000
  • Assessment dilakukan 1 kali saja di awal sebelum terapi. assessment dan terapi dilakukan di hari yang berbeda

Alamat:

Jalan Bangka II-D No.5 Mampang, Jakarta Selatan

Telepon: 081366900400

7. Jakarta Child Development Center (JCDC)

Jakarta Child Development Center (JCDC) merupakan pusat terapi tumbuh kembang anak pertama yang berbasis pendekatan DIR (Developmental, Individual-differences, & Relationship-based) Floortime. Para terapis di JCDC berusaha untuk menjadi mitra tepercaya orang tua ketika menghadapi tantangan pengasuhan anak.

JCDC memiliki terapis sekaligus psikolog berpengalaman yang juga dapat membantu mengatasi masalah tumbuh kembang termasuk speech delay. Dengan pendekatan DIR Floortime, JCDC yakin bahwa semua anak berhak mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan cara yang memberikan sebagian besar kekuatan dan kemampuan mereka serta memberdayakan mereka dalam mengatasi kelemahan mereka.

Untuk biaya terapi anak terlambat bicara di klinik ini kurang lebih adalah:

  • Biaya admin Rp 50.000
  • Biaya konsultasi IDR 350.000

Alamat:

Jl. Raya Klp. Dua No.5, RT.1/RW.8, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, West Jakarta City, Jakarta 11550. Telepon: 0878-0877-8770

 

Editor: Atalya