Balita

8 Tips Potong Rambut Anak di Rumah Selama Pandemi, Mudah!

8 Tips Potong Rambut Anak di Rumah Selama Pandemi, Mudah!

Memotong rambut bagi anak-anak bisa menjadi satu tantangan tersendiri karena tidak semua anak mau melakukan hal yang satu ini. Padahal tujuan memotong rambut si kecil yang utama adalah jelas, untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan pada rambutnya. Menariknya, beberapa bayi ternyata tidak menyukai pengalaman pertama saat rambutnya dipotong. 

Tips Potong Rambut Anak 

 

Melansir dari laman Parents, seorang psikolog anak bernama Kori Levos Skidmore, Ph.D mengungkapkan bahwa pengalaman ke salon untuk memotong rambut bayi untuk pertama kali bisa jadi mengganggu psikis si kecil. Bahkan ini adalah waktu puncak dimana kecemasan muncul seperti cemas bertemu orang asing, cemas berada di tempat yang sangat baru untuknya, cemas dengan aroma ruangan yang tidak umum baginya, dan juga cemas terhadap bunyi gunting rambut atau alat cukur saat menyentuh bagian kepala serta rambutnya untuk pertama kali. 

Namun Psikolog Kori Levos juga menyebutkan, mencukur rambut bayi pertama kali bisa jadi menyenangkan bila dilakukan dengan trik yang benar. Sebenarnya tak hanya bayi saja yang merasa cemas ketika dipotong rambutnya, ada beberapa anak yang justru tidak suka rambutnya di potong, bila ini terjadi, tips potong rambut anak yang dilansir melalui laman Parents ini dapat dicoba.

1. Rencanakan Waktu Potong Rambut

Bila si kecil dilahirkan dengan rambut yang sangat lebat dan indah, maka sebaiknya rambut si kecil dipotong pertama kali saat ia berusia 8 bulan. Namun bila rambutnya belum selebat itu saat dilahirkan, ada baiknya tidak dipotong hingga usianya menginjak 2 tahun. Sebenarnya tidak ada yang salah soal waktu, Ibu bisa pergi kapan saja untuk memotong rambut si kecil bila diperlukan. Christine Burger, pendiri produk perawatan rambut untuk bayi dan anak-anak punya tips potong rambut anak yang menarik untuk membuat rambut si kecil tumbuh lebat, yaitu dengan mencukur rambut halus si kecil.

Namun bisa jadi sebagian orang tua punya kepercayaannya masing-masing, misalnya ada kepercayaan di tanah Jawa bahwa rambut si kecil sebaiknya tidak dicukup sebelum usianya menginjak 40 hari. Ada juga orang tua yang wajib mencukur habis rambut si kecil saat melakukan prosesi akikah. Pilih waktu yang tepat menurut Ayah dan Ibu ya.

2. Pilihlah Tempat Potong Rambut yang Menyenangkan


Tips potong rambut anak selanjutnya adalah memilih tempat potong rambut yang menyenangkan. Tak ada salahnya pergi ke tukang cukur biasa untuk memotong rambut si kecil, namun bila dirasa ia kurang suka atau menolak, Ibu bisa memilih tempat potong rambut dengan suasana yang seru atau khusus untuk anak-anak. Beberapa salon ramah anak dirancang sangat menarik dan menyenangkan, misalnya si kecil akan didudukkan di mobil-mobil-an supaya ia merasa seperti sedang bermain saat rambutnya sedang dipotong. Tips potong rambut anak yang satu ini sebagian besar cukup ampuh mengatasi rasa cemas si kecil.

3. Beri Perhatian dan Afirmasi Positif

Lakukan tips potong rambut anak berikut ini bila beberapa tips di atas belum membuatnya mau mengunjungi salon untuk potong rambut. Ayah atau Ibu bisa mengajaknya ke salon langganan saat Ayah atau Ibu akan melakukan perawatan rambut. Katakan padanya bahwa mereka melakukan ini supaya rambutnya terlihat rapi, tumbuh dengan sehat, dan akan membuat wajah si kecil lebih tampan atau cantik. Beri edukasi juga tentang apa saja yang akan ia gunakan nanti selama rambutnya dipangkas seperti gunting rambut, jubah untuk melindungi bajunya dari potongan rambut yang akan membuatnya gatal, shower untuk mencuci rambutnya, alat cukur rambut, pengering rambut, dll. 

4. Beri Edukasi Tentang Perawatan Rambut


Selain memberi afirmasi positif, Ayah atau Ibu bisa juga menunjukkan video menyenangkan tentang bagaimana cara memotong rambut untuk tips potong rambut anak berikutnya. Edukasi ini dapat berupa menonton video kartun tentang cara potong rambut, video influencer anak-anak dengan kegiatan perawatan rambut di salon, atau bisa juga dengan bermain games tentang memotong rambut supaya si kecil lebih paham dan tertarik untuk memangkas rambutnya.

5. Rencanakan Janji Temu

Tips potong rambut anak biasanya dapat membantu menumbuhkan keberanian anak saat akan dipotong rambutnya. Salah satu hal yang harus dihindari adalah membuat si kecil merasa bosan saat berada di salon atau tempat cukur rambut. Untuk menghindari hal ini, Ayah atau Ibu bisa melakukan janji temu (membuat appointment) kepada salon langganan supaya dapat disesuaikan waktunya sehingga si kecil tak perlu menunggu terlalu lama. Waktu yang sangat lama saat memotong rambut akan membuat mood si kecil juga drop sehingga menjadi rewel saat akan dipotong rambutnya.

6. Ajak Si Kecil Diskusi


Bila sudah bisa diajak diskusi, Ibu bisa menanyakan pada si kecil potongan rambut seperti apa yang ia suka dengan menunjukkan beberapa katalog model rambut yang tersedia. Walaupun si kecil bebas memilih, namun Ibu tetap harus mengarahkan model rambut mana yang cocok dengan bentuk muka si kecil sehingga akan membuatnya semakin nyaman. Tips potong rambut anak yang satu ini jangan terlewatkan ya Bu, karena manfaat yang didapat tak hanya mempengaruhi tampilan si kecil. Mendengarkan pendapatnya akan membuat si kecil merasa dilibatkan pada suatu hal dan membuat kepercayaan dirinya menjadi lebih baik.

7. Bawakan Mainan yang Anak Suka

Membawakan maianan atau buku yang ia suka saat sedang dipangkas rambutnya juga dapat menjadi salah satu tips potong rambut anak yang jitu. Hal ini dapat mengalihkan perhatian si kecil dengan suara alat cukur atau pengering rambut yang mungkin sedikit membuatnya khawatir. Pilihlah mainan yang mudah dibawa, berukuran tidak terlalu besar, dan tidak mengganggu pengunjung lainnya ya.

8. Bangunlah Mood Anak dengan Baik\


Salah satu tips potong rambut anak yang dapat membuat si kecil mau pergi ke salon adalah dengan tetap menjaga mood-nya positif. Sebelum pergi ke salon atau tempat cukur rambut, sebaiknya si kecil sudah merasa kenyang terlebih dahulu, tidak sedang menahan buang air, tidak sedang kelelahan atau kehausam, dan tidak sedang mengantuk. Bila hal tersebut sedang dialaminya, maka bisa jadi ia menolak untuk potong rambut. Usahakan agar ia sedang bahagia atau mood-nya sedang bagus saat akan dipotong rambutnya. Tips potong rambut anak ini bisa diterapkan untuk si kecil supaya mau potong rambut ya Bu.

Persiapan Memotong Rambut Anak

Cara potong rambut anak laki biasanya lebih simple dibandingkan dengan anak perempuan. Model potongan rambut anak laki-laki jaman sekarang juga lebih variatif dan membuat tampilan jagoan Ibu makin keren. Tips potong rambut anak sudah ditangan, langkah selanjutnya adalah mengetahui langkah mudah memotong rambut si kecil.

Sebelum memulai memotong rambut si kecil, bila ini adalah kali pertama Ibu memotong rambut si kecil, maka Ibu akan membutuhkan beberapa alat seperti berikut, mengutip dari laman Healthline

  • Handuk lembut;
  • Kain untuk menutupi badan si kecil;
  • Gunting khusus potong rambut atau alat cukur;
  • Sisir yang aman untuk kepala si kecil;
  • Botol semprot berisi air (bila si kecil tidak keramas terlebih dahulu);
  • Kursi yang pas untuk mendudukan si kecil;
  • Meja kecil untuk menaruh peralatan potong rambut; dan
  • Mainan favorit untuk mengalihkan perhatian si kecil, bisa juga dengan menonton video edukasi atau buku bacaan.

Cara Potong Rambut Anak Step by Step

Di masa pandemi ini memotong rambut di tempat umum dirasa belum begitu aman untuk anak-anak. Tapi jangan khawatir ya Bu, berikut ini ada beberapa tips potong rambut anak laki-laki beserta tutorial mudahnya dengan berbagai macam model, dilansir dari berbagai sumber:

1. Tutorial dan Tips Potong Rambut Anak ala Like To Style

Ingin mengetahui cara memotong rambut anak laki-laki yang mudah untuk pemula dengan langkah-langkah yang tepat dan mudah? Channel youtube Like To Style menyuguhkan tutorial yang sangat pas dan jelas dan dapat dengan mudah diikuti oleh Ibu, simak langsung langkah-langkahnya ya.

2. Tutorial Potong Rambut untuk Pemula ala Legit Mom Life

Penasaran bagaiman acara memangkas rambut anak laki-laki Ibu menggunakan clippers (alat cukur)? Channel Youtube Legit Mom Life punya langkah-langkah mudah memotong rambut si kecil untuk pemula. Jangan khawatir gagal, karena Ibu akan langsung diberi tips potong rambut anak secara profesional dari  ahli penataan rambut bernama Taren. 

3. Tutorial Merapikan Rambut ala Howcast

Tidak ingin memangkas rambut si kecil hingga terlalu pendek? Atau hanya ingin membuatnya terlihat rapi saja? Channel youtube Howcast punya langkah-langkah mudah merapikan rambut si kecil dengan menggunakan gunting dan hasilnya sangat rapi serta memuaskan. Langsung cek laman youtube-nya ya!

4. Tutorial Potong Rambut ala Justin Bieber

Kemunculan Justin Bieber saat masih remaja dulu sempat membuat anak-anak muda mengidolakannya. Tidak hanya lagunya yang enak didengar, tapi gaya rambut Justin Bieber juga mencuri perhatian. Melalui channel youtube Hair 101 with April, Ibu bisa mengikuti langsung langkah-langkah memotong rambut si kecil ala Justin Bieber lho. Dicoba yuk!

5. Tutorial Potong Rambut Anak Supaya Tumbuh Bagus

Beberapa orang tua memutuskan memangkas rambut anak sampai habis supaya bisa tumbuh dengan lebat dan indah dikemudian hari. Tapi channel youtube Chris Bossio menawarkan hal yang lebih menarik yaitu cara potong rambut anak laki dengan model keren, tanpa dipangkas habis (gundul) namun tetap bisa tumbuh lebih bagus lagi nantinya. Penasaran seperti apa? Simak langkah-langkah di youtube yuk Bu.

Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala Anak

Setelah mengetahui beberapa tips potong rambut anak dengan langkah yang mudah, berikut ini ada beberapa tips merawat rambut dan kulit kepala anak supaya lebih sehat yang dilansir melalui laman Healthline:

1. Tidak Perlu Dicuci Setiap Hari

Rambut dan kulit kepala anak-anak masih sensitif, ada baiknya tidak mencuci rambut mereka setiap hari. Rambut si kecil hanya perlu dicuci beberapa kali dalam seminggu, misalnya tiga kali saja dalam seminggu atau sesuai kebutuhan.

2. Gunakan Sampo dengan Bahan Aman

Hindari menggunakan sampo dengan bahan kimia berbahaya. Memilih shampoo khusus bayi dan anak-anak diperbolehkan karena formula pada sampo khusus anak-anak biasanya sudah aman untuk rambut dan kulit kepala mereka. Tak perlu menambahkan dengan conditioner, sampo saja sudah cukup.

3. Gunakan Air Bersih

Pastikan air yang digunakan untuk mencuci rambut bayi atau anak-anak bersih dan tidak terlalu panas. Air panas tidak terlalu dianjurkan karena akan membuat kulit kepalanya sensitif.

4. Merawat Kulit Kepala dengan Kondisi Khusus

Craddle cap atau dermatitis seboroik adalah kondisi dimana ada serpihan coklat atau kuning pada kulit kepala bayi. Warnanya juga kadang kemerahan dan bisa menyebar ke wajah, leher, maupun area popok si kecil. Bila ini terjadi, memotong atau memangkas rambut si kecil tidak disarankan, namun Ibu bisa mengunjungi dokter untuk mendapat sampo khusus untuk merawat dan menyembuhkan kondisi ini. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan mencuci rambut si kecil dengan sampo yang ringan untuk kulit kepalanya. Kabarnya Craddle cap ini dapat sembuh dengan sendirinya dan hilang sebelum si kecil berusia satu tahun.

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih