Balita

8 Winning Skills Bekal Anak Generasi Alpha Hadapi Masa Depan

8 Winning Skills Bekal Anak Generasi Alpha Hadapi Masa Depan

Anak generasi Alpha lahir di zaman serba canggih. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi yang berjalan cepat, sehingga segala sesuatu terasa lebih mudah didapat. Mulai dari memesan makanan, jasa transportasi, membeli pulsa hingga obat-obatan sekarang bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Hanya berbekal smartphone dan koneksi internet, seluruh dunia seolah bisa digenggam.

Dikutip dari laman BBC, seorang ahli pengelompokan generasi bernama Alexis Abramson mengatakan bahwa perbedaan waktu kelahiran akan melahirkan perbedaan karakteristik pada suatu generasi. Jadi, bukan hal yang aneh jika kemudian anak generasi Alpha, yang lahir setelah tahun 2010, memiliki sifat, perilaku, persepsi, dan nilai-nilai yang berbeda dari orang-orang di generasi sebelumnya.

Papa dan Mama pasti masih ingat bagaimana seorang anak generasi Millenials, Mark Zuckerberg, berhasil mengubah dunia melalui platform media sosial Facebook. Bagaimana dengan anak generasi Alpha? 

Pastinya, mereka yang sejak lahir sudah 'akrab' dengan teknologi akan menghasilkan hal-hal yang jauh lebih hebat lagi. Para pakar kesehatan bahkan yakin kalau generasi Alpha akan tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan berbakat.

Sebagai orang tua, Papa dan Mama tentu ingin memberi bekal terbaik untuk anak generasi Alpha, kan? Apalagi melihat tantangan dan persaingan yang akan dihadapi anak di masa depan, setidaknya ada 8 winning skills yang penting dimiliki oleh generasi Alpha. Perlu diketahui, winning skills merupakan kemampuan yang diperlukan anak untuk menghadapi berbagai tantangan dalam meraih impian sebagai pemenang. Berikut penjelasan selengkapnya.

1.Attention

Attention adalah keterampilan untuk mendapatkan dan mempertahankan perhatian pada suatu tugas. Hal ini bisa dipengaruhi oleh motivasi, integrasi sensori, kemampuan bahasa, dan latihan. Attention skill memungkinkan anak menyaring rangsangan yang tidak relevan untuk fokus pada informasi yang penting pada satu waktu. Ini juga berarti bahwa anak mampu mempertahankan perhatian yang kemudian memungkinkan ia terlibat dalam waktu cukup lama. Dengan memiliki attention skill maka anak bisa memperhatikan setiap detail penting.

2. Focus

Fokus adalah salah satu keterampilan berpikir terpenting untuk kesuksesan, karena kemampuan ini bisa membantu anak-anak memulai tugas tanpa menunda-nunda. Selain itu, kemampuan fokus akan mempertahankan perhatian anak saat ada gangguan, sehingga mereka bisa melanjutkan tugas hingga selesai. 

Sebagai contoh, Mark Zuckerberg mulai belajar coding saat usianya 8 tahun, kemudian ia merilis Facebook untuk pertama kali di usia 20 tahun, dan sukses menjadi miliarder termuda di usia 23 tahun. Hal yang sama atau bahkan lebih baik mungkin akan terjadi pada anak generasi Alpha jika mereka dibekali kemampuan fokus menyelesaikan segala sesuatu yang dikerjakan.

3. Memory

Memory atau keterampilan mengingat menjadi salah satu dari winning skills yang harus diberikan untuk anak generasi Alpha. Kemampuan mengingat bisa sangat berpengaruh pada perkembangan anak, terutama secara akademis. Memory skill yang lemah bisa membuat anak kesulitan mengingat materi pelajaran yang didapat di sekolah maupun yang ia baca dari buku. 

Dikutip dari Healthline, Papa dan Mama bisa memberikan asupan makanan dan minuman yang kaya akan DHA serta Omega 3 & 6 yang efektif memaksimalkan daya tangkap anak. Kandungan ini bisa dijumpai pada susu Nutrilon Royal yang sudah teruji klinis bantu perkuat daya tahan tubuh & daya tangkap si Kecil agar ia siap hadapi segala tantangan di masa depan.

4. Language

Language skill  atau keterampilan bahasa juga penting dimiliki oleh si kecil. Pasalnya, kemampuan bahasa berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis. Di sisi lain, bekal kemampuan bahasa akan memudahkan si kecil memahami budaya lain. Memiliki bekal kemampuan bahasa yang baik akan membantu si kecil berinteraksi dan membangun relasi dengan sekitarnya.

5. Psikomotor

Dikutip dari National Library of Medicine, keterampilan psikomotor mewakili kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada gerakan. Termasuk keterampilan fisik seperti koordinasi, manipulasi, ketangkasan, kekuatan, kecepatan. Melatih keterampilan psikomotor si kecil sejak dini akan memberikan dampak signifikan pada masa depannya. Latihan psikomotor yang baik akan menghasilkan keterampilan yang baik pula. Salah satu contoh sederhana yang bisa dilakukan, yaitu kegiatan melempar bola, mengendarai sepeda, dan menyusun balok.

6. Logic

Winning skill yang selanjutnya, yaitu logic atau logika. Ini merupakan kemampuan menganalisis situasi dan menghasilkan solusi yang masuk akal. Kemampuan logis memerlukan penggunaan keterampilan penalaran untuk mempelajari masalah secara objektif. Tujuannya agar anak bisa membuat kesimpulan rasional tentang suatu hal. Keterampilan ini sangat penting, sebab untuk menjadi pemenang di masa depan mereka harus siap menjawab segala tantangan.

7. Reasoning

Selain kemampuan logis, ternyata anak juga perlu dibekali reasoning skill atau keterampilan penalaran yang baik. Penalaran memungkinkan anak untuk menimbang keuntungan dan kerugian dari dua atau lebih tindakan sebelum memilih salah satu yang paling menguntungkan atau yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Di samping itu, keterampilan penalaran juga membantu anak memecahkan masalah, menangani ketidakpastian, dan menilai situasi dengan cermat untuk memastikan keputusan yang dibuat sudah tepat.

8. Decision making

Terakhir, yaitu keterampilan dalam membuat keputusan. Terlihat sepele namun ternyata decision making perlu dilatih sejak anak masih kecil. Misalnya, Papa dan Mama bisa memberi kesempatan si kecil untuk memilih baju mana yang akan dikenakan atau menentukan menu makan malamnya sendiri. 

Dengan begitu, ia akan terbiasa menentukan pilihan atau tindakan terbaik yang bisa dilakukan. Saat terjun ke lingkungan sosialnya, anak tidak lagi kesulitan untuk mengambil keputusan yang mungkin akan berpengaruh untuk hidup orang lain.


Nah, untuk menguasai 8 winning skills tadi, si kecil membutuhkan bekal winning spirit yang kuat dari Papa dan Mama. Dimulai dengan pemberian asupan makanan yang bergizi seimbang, stimulasi sesuai tahapan usia,  menjaga pola tidur serta memenuhi kebutuhan gerak si kecil. Pastikan juga Papa dan Mama sudah mengoptimalkan imunitas tubuh dan daya tangkap cepat anak dengan Nutrilon Royal.

Nutrilon Royal memiliki kandungan FOS:GOS yang lebih tinggi, serta DHA dan Omega untuk dukung perlindungan daya tahan tubuh dan daya tangkap si kecil. Dilengkapi 9 Vitamin dan 12 Mineral, Nutrilon Royal siap dukung perkembangan anak secara optimal. Nutrilon Royal bantu Papa dan Mama optimalkan 8 winning skills agar si kecil siap jadi pemenang.

Tunggu apalagi? Yuk, beli Nutrilon Royal sekarang juga di toko terdekat ataupun situs e-commerce terpercaya. Jangan lupa, gabung dengan Nutriclub untuk dapatkan informasi dan layanan terlengkap seputar parenting. Sssttt… ada Expert Advisor, dan loyalty program dengan jutaan hadiah menarik, lho!