Balita

Ada Huggy Wuggy! 8 Film Kartun Anak Yang Berbahaya Untuk Ditonton

Ada Huggy Wuggy! 8 Film Kartun Anak Yang Berbahaya Untuk Ditonton

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini film kartun anak juga sudah beragam ya Bu. Kalau yang Ibumin tahu, saat ini sudah ada kartun Tayo The Little Bus, My Little Ponny hingga Poppy Playtime dengan karakter Huggy Wuggy.

Meski merupakan film animasi kartun, nyatanya nggak semua film kartun anak baik ditonton oleh mereka, lho! Sebab, beberapa film kartun anak juga sudah ada unsur adegan kekerasan, yang jelas nggak baik bagi perkembangan si kecil.

Dua satu contoh film kartun anak yang sedang digandrungi, tapi mengandung unsur kekerasan adalah Poppy Playtime dan Rainbow Friends. Belum lagi, karakter film kartun anak ini punya tampilan yang cukup menyeramkan.

Untuk itu, orang tua wajib memfilter beragam film kartun anak yang berbahaya. Apa saja sih film tersebut? Mari kita simak ulasan berikut.

Dampak gemar menonton film kartun anak yang berbahaya


Jika melansir American Academy of Child and Adolescent Psychiatry anak-anak dan remaja menghabiskan banyak waktu menonton layar, termasuk smartphone, tablet, konsol game, TV, dan komputer. Rata-rata, anak-anak usia 8-12 tahun di Amerika Serikat menghabiskan 4-6 jam sehari untuk menonton, dan remaja menghabiskan hingga 9 jam.

Orang tua mungkin tidak selalu tahu apa sana hal yang dilihat atau ditonton oleh anak-anak mereka. Disadari atau tidak hal tersebut dapat menimbulkan masalah seperti:

  • Anak rentan melakukan perilaku kekerasan
  • Video aksi yang mereka lihat dapat menginspirasi perilaku tidak baik
  • Rentan menyaksikan konten seksual
  • Mendapatkan sterotipe negatif
  • Rentan mendapatkan informasi yang menyesatkan atau tidak akurat

Bahkan, jika anak terlalu banyak terpapar layar gadget dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti:

  • Gangguan tidur
  • Nilai rendah di sekolah
  • Tidak suka membaca buku
  • Malas belajar
  • Lebih sedikit waktu bersama keluarga dan teman
  • Tidak cukup aktivitas di luar ruangan atau fisik
  • Rentan mengalami berat badan berlebih
  • Lebih moody
  • Tidak punya waktu untuk sekadar menikmati alam luas.

List film kartun anak yang berbahaya

1. Rainbow Friends


Photo source: YouTube

Rainbow Friends masuk ke dalam salah satu film kartun anak yang berbahaya. Dalam karakter Rainbow Friends memiliki tampilan berwarna-warni dengan mahkota di kepala.

Namun, salah beberapa karakternya ada yang sengaja dibuat dengan gambaran mata yang tertutup satu. Seolah menggambarkan bahwa karakter tersebut pernah mengalami kekerasan, mengingat mata yang sebelahnya terlihat janggal dan tidak normal. Sehingga membuat film kartun anak yang satu ini, sangat tidak disarankan untuk ditonton oleh si kecil.

2. Poppy Play Time (Huggy Wuggy, Kissy Missy, Mommy Long Legs)


Main karakter yang cukup terkenal pada film kartun anak Poppy Playtime adalah Huggy Wuggy, Kissy Missy dan Mommy Long Legs. Sayangnya, baru-baru ini melalui akun TikTok @chystoree, seorang Ibu bercerita mengenai dampak film tersebut.

“Anakku ngambek, lalu ke dapur. Mau ngambil pisau, katanya mau potong tangan Umi sampai lepas,” ujar Ibu tersebut.

Hal ini karena, sang Ibu menghapus riwayat tontonan di Youtubenya. Bahkan, Ibu tersebut bercerita bahwa sang anak bisa tantrum selama 3 jam akibat kejadian itu.

Nggak heran, karena sebenarnya di luar negeri sendiri, karakter dalam Poppy Playtime tersebut sudah menuai kontroversi. Bahkan sudah dilarang di luar negeri karena dampaknya sangat buruk bagi anak.

Memang, Huggy Wuggy tampak seperti beruang gemas. Tapi nyatanya, ia dan kawan-kawan adalah monster pembunuh jahat dari game Poppy Playtime.

3. Siren Head dan Long Horse


Photo source: YouTube

Siren Head sendiri juga terlihat seperti monster jahat dengan kepala sirine, yang punya banyak keinginan besar. Sebenarnya, ia merupakan monster kuno dari Rusia.

Nggak ada yang tahu tentang apa sebenarnya keinginan monster tersebut. Tapi yang jelas, karakter Siren Head ini sangat menyeramkan dan sering menyebabkan orang hilang hingga pembunuhan yang seringkali jadi misteri.

Begitu juga dengan karakter Long Horse. Ia digambarkan sebagai seekor kuda, dengan tampilan tanpa kulit yang memiliki leher sangat panjang.

Itulah mengapa ia disebut sebagai Long Horse. Nah, Long Horse ini punya penampilan yang seram dan kerap masuk ke dalam rumah ataupun menyelinap dalam kegelapan malam.

Akibat nonton film kartun anak dengan karakter ini, bikin anak Ibumin jadi nggak berani tidur di kamar sendiri. Bahkan sekadar ditinggal memasak di dapur ia pun menangis ketakutan. Ibu punya pengalaman yang sama?

4. Happy Tree Friends


Photo source: IMDB

Happy Tree Friends merupakan serial animasi buatan Universal Television yang sudah ada sejak akhir tahun 2000-an. Sayangnya, film kartun anak yang satu ini sudah pernah mendapatkan peringatan, tentang adanya adegan kekerasan dalam tayangannya.

Bahkan, film kartun ini sama sekali tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Karena, setiap episode dipenuhi kekerasan, seperti darah menyembur, kepala terlepas, daging teriris, tangan terpotong dan lainnya. Waduh, ngeri banget!

5. Cartoon Cats


Photo source: Pinterest

Cartoon Cats merupakan film kartun anak yang juga tengah viral belakangan. Cartoon Cats sendiri merupakan karakter kucing yang tinggi berbulu hitam serta menampilan dengan kesan seram.

Wajahnya tampak menakutkan dan memiliki senyum yang lebar. Kucing hitam ini punya sifat yang sangat jahat dan gemar memangsa manusia. Nggak heran, dalam film kartun ini seringkali terdapat adegan-adegan kekerasan yang nggak pantas ditonton oleh anak kecil.

6. Spongebob Square Pants


Photo source: Rotten Tomatoes

Spongebob Square Pants memang terkesan merupakan karakter film kartun anak yang lucu. Tapi sayangnya, Spongebob dan kawan-kawan dianggap kartun terlarang, karena terdapat beberapa kalimat umpatan yang tidak pantas didengar anak-anak.

Karenanya, kalau Ibu perhatikan, itulah mengapa dalam beberapa adegannya juga sudah telah disensor dengan suara lumba-lumba. Alur cerita dari film kartu ini meski tampak lucu, namun leluconnya kurang tepat jika ditujukan pada anak.

7. The Simpson


Photo source: Plugged In

The Simpson merupakan kartun yang menceritakan tentang korupnya sebuah sistem pemerintahan. Dalam film ini juga seringkali mengangkat bagaimana permasalahan seorang polisi yang nggak bertanggung jawab dan kerap membiarkan kejahatan terjadi tanpa dikenai hukuman. Apalagi ada karakter si anak sulung dari keluarga The Simpson bernama Bart, yang digambarkan memiliki sifat sangat nakal.

8. Tom & Jerry


Photo source: Tirto.id

Tom and Jerry juga diketahui menjadi salah satu film kartun anak yang berbahaya. Bahkan beberapa episodenya menayangkan lelucon ke arah pornografi dan hanya dimengerti oleh orang dewasa.

Mendampingi si kecil saat hendak nonton film kartun anak atau bermain game apapun, sangatlah penting dilakukan. Jangan sampai anak tumbuh dengan karakter sifat buruk yang diakibatkan oleh screen time berlebih, tanpa pantauan orang tua ya Bu!