Balita

Anak Tidak Cukup Belajar Bahasa Inggris dari Sekolah Saja, Ini Alasannya!

Anak Tidak Cukup Belajar Bahasa Inggris dari Sekolah Saja, Ini Alasannya!

Sejak kecil, anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Tahukah Ibu, bahkan si kecil sudah mulai belajar saat masih dalam kandungan? Belajar bisa jadi sesuatu yang menantang, namun tak perlu khawatir, karena belajar juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. 

Memasuki usia sekolah, Ibu pasti menginginkan yang terbaik bagi anak. Tidak hanya pendidikan formalnya, tetapi juga kegiatan belajar di luar sekolah. Salah satu yang patut Ibu pertimbangkan yaitu memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat untuk si kecil. 

Ada berbagai macam manfaat mengikuti aktivitas ekstrakurikuler, mulai dari mengasah kemampuan bersosial, melatih kedisiplinan, hingga ajang mengasah bakat dan mengukir prestasi. 

Nah, kursus atau kegiatan ekstrakurikuler yang sangat bermanfaat untuk anak salah satunya adalah kursus bahasa Inggris. Kursus bahasa inggris bisa dibilang sangat krusial untuk anak, karena dapat membuka wawasannya, hingga memudahkan anak untuk mengakses pengetahuan hingga saat dewasa nanti. 

Pasalnya, bahasa Inggris hingga saat ini masih menjadi bahasa universal yang penting dipelajari, bahkan wajib untuk dikuasai setelah bahasa Indonesia. 

Tidak Cukupkah Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah?

Mungkin ini menjadi salah satu pertanyaan Ibu, memangnya pelajaran bahasa Inggris di sekolah tidak cukup ya untuk membekali si kecil dengan kemampuan yang mumpuni?

Jawabannya tentu tergantung pada sekolahnya, Bu. Jika sekolah si kecil menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama kegiatan belajar mengajar, tentunya si kecil akan terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dan dapat belajar di setiap kesempatan.

Namun faktanya, sebagian besar sekolah di Indonesia tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Anak pun terpapar dan fokus belajar Bahasa Inggris di sekolah hanya beberapa jam saja dalam seminggu.

Padahal di era globalisasi saat ini, Bahasa Inggris merupakan suatu skill yang wajib dimiliki tiap anak agar bisa berkembang dengan optimal. Dengan menguasai Bahasa Inggris, anak bisa belajar dari mana saja, tidak terkekang pada buku atau situs berbahasa Indonesia saja.

Itulah kenapa sangat penting untuk orang tua mempertimbangkan agar anak mengikuti kursus Bahasa Inggris di luar sekolah.

Apa yang Didapat Saat Anak Kursus Bahasa Inggris?

Banyak lho manfaat kursus bahasa Inggris untuk anak. Belajar bahasa Inggris ibarat portal yang akan membuka banyak gerbang kesempatan menuju kesuksesan. Ada beberapa manfaat kursus bahasa Inggris yang harus Ibu ketahui, yuk cek di bawah ini: 

1. Memperluas Wawasan si Kecil

Sekarang sudah banyak tersaji informasi hingga hiburan dengan bahasa Inggris yang pastinya sesuai usia anak. Dengan mempelajari bahasa Inggris sejak dini, anak bisa mengenal ragam budaya dan juga pengetahuan baru yang menarik. Ini dapat meningkatkan kecerdasan anak juga lho, Ibu. 

2. Bisa Mengenal Banyak Orang dengan Latar Belakang Budaya Berbeda

Ibu, mengenalkan anak dengan beragam teman yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda dari negara lain dapat membuatnya makin cerdas, baik secara emosional maupun psikis. Anak akan terbiasa bergaul dan memahami perbedaan. Belajar bahasa Inggris akan membantunya berkomunikasi dan punya banyak teman dari berbagai negara. 

Tidak jarang pula pengajar kursus Bahasa Inggris adalah native speaker yang tidak berasal dari Indonesia. Itu artinya si kecil dapat belajar dari penuturnya langsung dengan logat aslinya.

3. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Seiring pertumbuhan usia, anak dituntut untuk dapat menyelesaikan beragam masalah yang dihadapinya secara mandiri. Misalnya, masalah yang dihadapinya di sekolah, lingkungan pertemanan, hingga pekerjaan. Skill problem-solving ini sangat penting dalam membentuk karakter anak hingga dewasa nanti. Belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan bernalar anak agar mudah menyelesaikan masalah. 

4. Persiapan Sekolah Hingga Jenjang Karir yang Lebih Baik 

Manfaat belajar bahasa Inggris lainnya yang tidak kalah penting adalah persiapan anak untuk memperoleh edukasi di sekolah hingga taraf perguruan tinggi. Banyak buku hingga materi belajar yang menggunakan bahasa Inggris. Kesempatan untuk berkarir di perusahaan multinasional pun semakin terbuka lebar. Anak yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris bisa memperoleh jenjang karir yang jauh lebih baik. 

Di masa pandemi ini, mungkin Ibu khawatir jika melibatkan anak untuk ikut kursus bahasa Inggris secara tatap muka. Eits, tidak perlu bingung, sekarang sudah banyak kursus bahasa Inggris online untuk anak. Ibu bisa memilih beragam kelas bahasa Inggris online khusus anak. 

Tetapi, perlu diperhatikan ya Ibu, tidak semua tempat belajar bahasa Inggris online tepat untuk si kecil. Ada beberapa aspek yang perlu Ibu pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan tempat belajar bahasa Inggris online berkualitas yang tepat bagi anak. Salah-salah, bisa jadi metode belajar bahasa Inggris secara online yang diberikan tidak tepat sasaran, atau sulit dipahami si kecil. 

Memilih Kursus Bahasa Inggris Online

Tidak semua tempat les bahasa Inggris online memahami metode yang tepat bagi anak untuk mempelajari bahasa Inggris yang fun dan tidak membuat anak stres. Perhatikan poin-poin berikut sebelum memilih tempat kursus bahasa Inggris online untuk si kecil: 

1. Pastikan Kurikulumnya Tepat Untuk Anak

Anak biasanya mudah bosan dan gampang stres jika mempelajari hal baru. Untuk itu, Ibu perlu memastikan kurikulum yang diberikan oleh kursus bahasa Inggris online tersebut sesuai usia anak dan diberikan dengan metode fun learning. Ibu pasti ngga mau kan si kecil kapok belajar bahasa Inggris online karena salah pilih tempat kursus? 

2. Perhatikan Testimoni dari Para Orangtua 

Ini juga tidak kalah penting ya Ibu, simak dulu testimoni dari para orangtua yang telah mengikuti kursus bahasa Inggris online. Jika sebagian besar testimoninya puas, berarti kualitas tempat belajar bahasa Inggris online tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. 

3. Ikuti Kelas Coba Gratis Sebelum Menjatuhkan Pilihan 

Kalau Ibu masih belum yakin, coba ikuti kelas coba gratis kursus bahasa Inggris online sebelum menentukan pilihan. Dari kelas gratis itu, Ibu akan mendapat gambaran seperti apa proses belajar-mengajar bahasa Inggris online yang dilakukan. Kalau tidak sreg, segera cari kursus bahasa Inggris online yang lain ya. 

Ibupedia punya rekomendasi kursus bahasa Inggris online yang lain daripada yang lain nih untuk Ibu, Novakid namanya. Novakid merupakan tempat belajar bahasa Inggris yang tepat untuk anak usia 4 hingga 12 tahun. Asiknya lagi, program Novakid sudah sesuai dengan standar Eropa, yaitu Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) yang menawarkan pembelajaran seru.

Novakid Indonesia merupakan satu-satunya tempat belajar bahasa Inggris online berbasis games untuk anak yang menggunakan pendekatan menarik, yaitu TPR (Total Physical Response) dengan guru-guru native speaker berpengalaman dari mancanegara. Tidak hanya di Indonesia, Novakid online juga ada di banyak negara lainnya, antara lain di Prancis, Yunani, India, Spanyol, hingga Korea Selatan. 

Apa sih TPR itu? TPR adalah metode pembelajaran yang diciptakan oleh psikolog asal Amerika, Dr. James Asher. TPR merupakan metode yang menggabungkan kata-kata verbal dengan aksi atau tindakan yang menyenangkan. Cara ini terbukti dapat membuat anak lebih mudah dan cepat dalam memahami materi, khususnya dalam mempelajari bahasa Inggris secara online. 

Contohnya, guru akan mengatakan “I’m brushing my teeth” (aku sedang menggosok gigi), maka guru pun mendemonstrasikan gerakan menyikat gigi dengan alat peraga dan ekspresi wajah bersungguh-sungguh. Anak akan diminta menirukan aksi yang dilakukan guru, kemudian sang guru akan menuliskan kata kerja atau kalimat di papan tulis. Tidak hanya itu, guru pun akan banyak menggunakan aktivitas seru seperti aneka permainan hingga nyanyian. 

Banyak manfaat dari metode belajar bahasa Inggris dengan TPR, di antaranya anak jadi lebih semangat, tidak mudah bosan, jauh dari stres, lebih cepat paham, hingga meningkatkan kemampuan mendengarkan (listening skill) anak. Selain itu, TPR juga dapat mempertajam kemampuan anak dalam memahami kosakata, belajar bernarasi, dan kemampuan berbahasa lainnya. 

Tak perlu lama-lama, cukup 25 menit saja, Novakid akan mengajak anak untuk belajar sambil bermain dengan meniru gerakan-gerakan edukatif yang dicontohkan guru. Jadwalnya pun sangat fleksibel, bisa menyesuaikan dengan agenda Ibu di rumah. 

Novakid mengutamakan kenyamanan anak saat belajar bahasa Inggris online dengan metode yang menyenangkan dan tidak membuat si kecil bosan. Jadi, Ibu tidak perlu khawatir lagi nih karena si kecil bisa ikut kursus bahasa Inggris online yang seru dari rumah!

Ibu bisa mendaftarkan si kecil di sini untuk mencoba kelas gratis sekaligus tes level bahasa Inggris anak. Yuk Ibu, tunggu apalagi, cobain kursus bahasa Inggris online di Novakid sekarang!

(Editor: Atalya)