Balita

Bayi Rentan Terpapar Virus Hepatitis Akut Misterius. Ayo Cegah dengan Cara Berikut Ini!

Bayi Rentan Terpapar Virus Hepatitis Akut Misterius. Ayo Cegah dengan Cara Berikut Ini!

Kemunculan virus hepatitis akut misterius yang mulai menyerang anak-anak membuat masyarakat dunia kembali waspada. Tidak terkecuali di Indonesia. Data terbaru (16/05) dari Kemenkes menyebut  ada sekitar 18 orang di rentang usia 0-20 tahun yang dilaporkan terpapar dan 7 di antaranya meninggal dunia. Nah, dari 18 orang itu, ada 6 anak berusia 5-9 tahun. Yup, nambah lagi nih daftar kecemasan untuk orang tua !

Padahal kondisi sudah mulai tenang karena pandemi covid-19 mereda dan anak-anak sudah kembali sekolah tatap muka. Kalau sudah begini, protokol kesehatan jangan sampai kendor yaa.

Berhubung hepatitis akut misterius pada anak ini masih terus dikaji penyebabnya, tentu orang tua juga harus selektif menerima informasi. Jangan sampai malah menimbulkan kepanikan massal. Yuk, kenali dulu gejala dan cara pencegahan hepatitis akut misterius agar si kecil terhindar dari paparan virus!


Gejala Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Salah satu hipotesis terkait penyebab hepatitis akut ini adalah keterkaitannya dengan adenovirus, yakni, jenis virus yang dapat menyebabkan sakit ringan sampai berat. Mulai dari saluran pernafasan, peradangan pada lambung atau usus halus, mata merah, infeksi kandung kemih, hingga gangguan saraf. Bahkan dari 348 kasus probable hepatitis akut yang dilaporkan di 20 negara, beberapa kasus perlu dilakukan transplantasi hati.

Sebelum berakibat fatal, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ada beberapa gejala awal hepatitis akut misterius pada anak yang perlu diperhatikan, yakni;

  • Demam tinggi atau riwayat demam
  • Penyakit kuning
  • Urine berwarna gelap seperti air teh
  • Feses berwarna pucat
  • Kejang
  • Kesadaran menurun
  • Nyeri sendi atau pegal-pegal
  • Mual, muntah, nyeri perut
  • Diare
  • Nafsu makan menurun, lesu

Namun, tidak semua pasien mengalami demam. Studi dari WHO menyebut kalau pada kebanyakan kasus tidak ditemukan gejala demam dan terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun yang belum disuntik vaksin covid-19. Meski begitu, jangan tunggu hingga muncul gejala berat seperti mata dan kulit kuning yaa, tetap perhatikan gejala awal seperti mual dan diare agar segera mendapatkan penanganan dokter. 


Tips Mencegah Hepatitis Akut Misterius 

Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), penularan adenovirus dari orang ke orang terjadi ketika menyentuh permukaan yang terkontaminasi, serta melalui jalur respirasi. 

Sehingga, cara efektif untuk meminimalisir penyebaran hepatitis akut misterius adalah menjaga higienitas tangan dan respirasi.  Selain itu, yuk ikuti himbauan dari Kemenkes RI berikut;

  • Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir
  • Memasak makanan dan minuman hingga matang
  • Menggunakan alat makan yang bersih
  • Menghindari kontak dengan orang sakit
  • Memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (3 M)


Jangan Asal Cuci Tangan, Cegah Virus Hepatitis Akut dengan Produk yang Aman untuk Bayi

Selagi menunggu hasil temuan terbaru tentang penyebab virus hepatitis akut misterius, para orang tua wajib melakukan pencegahan awal dengan disiplin mengajarkan si kecil cara menjaga higienitas tangan dan benda di sekitar.

Perlu diingat bahwa korban hepatitis akut misterius ini kebanyakan menyerang usia bayi hingga remaja (0-16 tahun). Jadi, Ibu perlu menyediakan produk-produk kebersihan yang ramah di kulit bayi dan ampuh menjaga diri dari virus dan bakteri berbahaya.

Sedia apa saja di rumah? Cek 5 rekomendasi ini ya!

1. Bambi Baby Hand Sanitizer

Mengandung anti-irritant complex seperti Liqorice, Chamomile Oil dan Pro Vitamin B5 untuk mencegah kulit bayi dari iritasi. Aman dipakai bayi mulai usia 6 bulan.

2. Bambi Baby Hand Wash 

Formula lembutnya aman digunakan setiap hari dan diperkaya oleh triple action moisturizer (Aloe Vera, Lemon & Chamomile), untuk membersihkan & melembabkan kulit bayi. 

3. Bambi Baby Quick Cleanser

Pembersih yang lembut dan anti iritasi untuk membunuh bakteri dan jamur. Bisa dipakai untuk membersihkan mainan dan permukaan kayu/plastik 

4. Bambi Baby Liquid Cleanser

Ampuh bersihkan lemak susu, kotoran dan kuman dari botol bayi, gelas, dot, pompa ASI, dan peralatan bayi lainnya. Bisa juga untuk membersihkan buah.

5. Bambi Air Disinfectant

Dapat mensterilkan udara di ruangan agar saluran pernafasan terjaga dari virus dan bakteri.

Kasus hepatitis akut misterius yang mulai naik dan memakan korban jiwa tentu bikin orang tua kian was-was dengan kondisi kesehatan si kecil. Ayo lakukan pencegahan sedini mungkin dengan sedia perlengkapan pembersih  khusus bayi di rumah. Percayakan pada Bambi yang terbukti ampuh usir bakteri, jamur, dan jaga kelembaban kulit si kecil. Untuk info produk lainnya, ayo kunjungi instagram @bambibaby.id atau di website Bambi. Semoga si kecil sehat selalu, Parents!


Editor: Dorothea