Balita

Berapa Usia Sebenarnya Bayi Prematur Anda?

Terakhir diperbaharui

Berapa Usia Sebenarnya Bayi Prematur Anda?
Jika bayi prematur Anda lahir 3 bulan lebih awal, dan ia sekarang berumur 12 bulan, apakah Anda memperlakukannya seperti anak usia 1 tahun atau sebagai bayi berumur 9 bulan? Jawaban dari pertanyaan ini bergantung pada alasan Anda menanyakannya. Bayi yang lahir prematur memilik dua usia:

  • Chronological age, adalah usia bayi dihitung mulai dari hari ia dilahirkan, berarti jumlah hari, minggu, dan tahun sejak ia lahir.

  • Corrected age atau adjusted age, adalah chronological age bayi prematur dikurangi jumlah minggu atau bulan ia dilahirkan lebih awal. Misalnya, anak usia satu tahun yang lahir 3 bulan lebih awal berarti memiliki adjusted age 9 bulan.

Otak bayi tumbuh dan berkembang dengan dua cara utama, pertama, berdasarkan urutan biologis yang sudah terprogram dan berdasarkan respon terhadap pengalaman mereka. Sering kali, Anda tidak bisa mengganti atau mempercepat perkembangan bayi hingga bagian yang tepat dari urutan yang terprogram sebelumnya telah selesai.

Misalnya, Anda tidak bisa mempercepat proses anak berjalan dengan memegang bagian bawah lengannya dan mengajaknya berjalan-jalan. Ketika proses berjalan terjadi, semua bagian otak yang mengontrol kemampuan berjalan seperti keseimbangan, koordinasi otot, kemampuan untuk memperkirakan jarak, dan sebagainya, harus sudah siap.

Jadi corrected age bisa berguna ketika Anda mencoba mencari tahu apakah perkembangan bayi prematur Anda berada di lintasan yang normal. Misalnya, bayi usia 1 tahun Anda yang lahir prematur, mungkin belum bisa merangkak. Tapi jika Anda berpikir usia bayi Anda adalah 9 bulan, sesuai corrected age-nya, bukan 1 tahun, Anda tidak perlu merasa khawatir tentang hal ini. Corrected age menjadi pertimbangan penting terutama selama tahun-tahun pertama usia anak Anda.

Ketika anak Anda memerlukan pelayanan intervensi dini, ide yang baik untuk merujuk pada corrected age. Menggunakan chronological age akan membuatnya terlihat lebih tua, jadi kebutuhannya menjadi lebih besar. Dan ketika Anda merayakan ulang tahun pertamanya, tentu Anda melakukannya di satu tahun setelah ia dilahirkan, bukan berdasarkan corrected age yang ia miliki.

Semua anak memiliki variasi dalam perkembangannya, tanpa melihat apakah mereka lahir prematur atau cukup umur. Menjadi prematur bisa mempengaruhi setiap aspek perkembangan secara berbeda. Beberapa area mungkin tidak terpengaruh sama sekali, sedang area lainnya bisa sangat terpengaruh. Menggunakan corrected age bayi Anda untuk mengontrol proses pertumbuhannya menjadi sangat penting.

Anda perlu memberitahukan corrected age si kecil pada guru di tempat penitipan, guru TK, profesional kesehatan dan kepada siapa saja yang merawat atau bersama bayi Anda untuk menunjukkan bahwa ia lahir prematur. Bisa jadi mereka juga merasa perlu untuk mengetahui berapa minggu lebih awal anak Anda dilahirkan.

Corrected age bisa menjelaskan hal yang terlihat terlambat dalam perkembangan di beberapa tahun pertama. Seberapa dini anak Anda lahir juga penting, karena akan menjelaskan masalah dalam perkembangan ketika ia menjadi lebih besar. Meski ada masalah keterlambatan perkembangan jangka pendek dan jangka panjang, menjadi hal yang cukup membantu bahkan bagi guru sekolah untuk mengetahui bahwa anak Anda terlahir lebih awal.

Para profesional di bidang kesehatan tidak setuju tentang kapan waktu yang tepat untuk berhenti menggunakan corrected age. Ada beberapa yang tetap menggunakannya, dan yang lain ada yang mengatakan bisa berhenti menggunakan corrected age saat anak memasuki usia sekolah. Rekomendasi mayoritas menyarankan penggunaan corrected age hingga anak Anda berumur 2 tahun.

Anda akan merasa terbantu dengan menjelaskan corrected age si kecil pada teman atau keluarga. Misalnya, jika seseorang melihat anak Anda telah berumur 6 bulan tapi belum juga bisa duduk, Anda bisa menjelaskan bahwa ia lahir 3 bulan lebih awal. Jika melihat corrected age-nya, ia baru berumur 3 bulan dan ia melakukan hal yang biasa dilakukan bayi usia 3 bulan.

Kebanyakan bayi prematur mengejar ketertinggalan dari teman-temannya dalam proses tumbuh kembang pada dua hingga 3 tahun. Setelah itu, perbedaan dalam ukuran atau perkembangan lebih mungkin disebabkan oleh perbedaan individu, daripada disebabkan oleh kelahiran yang prematur. Beberapa bayi yang sangat kecil membutuhkan waktu lebih lama untuk menyusul ketertinggalan perkembangannya.

Anda bisa melihat bahwa anak lain di usia kronologis yang sama dengan anak Anda bisa melakukan lebih banyak hal daripada bayi prematur Anda. Tapi ketika Anda mempertimbangkan corrected age, Anda bisa melihat apa yang bisa anak Anda lakukan sudah sesuai dengan usianya. Anak prematur Anda akan belajar banyak dengan memiliki banyak hal yang berbeda untuk dimainkan, dilakukan, dan dilihat, misalnya saat pergi ke taman dan bermain bersama anak lain. Semua perbedaan dan pengalaman stimulatif ini membantu perkembangan otak anak Anda.

Anak Anda bisa mulai masuk TK dan sekolah berdasarkan usia kronologisnya, bukan berdasarkan corrected age. Tapi beberapa bulan perbedaan dalam usia bisa membuat perbedaan pada apa yang bisa dilakukan dan apa yang diharapkan untuk bisa dilakukan, terutama di usia TK.

Beberapa orangtua memutuskan untuk menunda anak mereka bersekolah selama 1 tahun, jika corrected age anak mereka di bawah usia untuk masuk sekolah. Penundaan ini bisa memberi anak waktu tambahan untuk mengejar pertumbuhan dan perkembangan dalam kemampuan sosial yang dibutuhkan di TK dan sekolah. Jika anak Anda dites untuk keterlambatan perkembangan dalam bentuk apapun, Anda bisa meminta agar tes dinilai berdasarkan corrected age dan usia kronologis.

Bayi prematur umumnya mendapat imunisasi sesuai dengan usia kronologis sebagai bayi yang cukup umur. Bayi prematur membutuhkan perlindungan imunisasi karena mereka lebih mungkin terkena infeksi tertentu. Bila bayi Anda sangat prematur, ia mungkin mendapat imunisasi pertama kali ketika masih berada di rumah sakit. Ia mungkin juga membutuhkan dosis ekstra untuk beberapa jenis vaksin ketika ia bertambah besar. Akan lebih baik jika Anda berbicara dengan dokter anak Anda tentang kebutuhan si kecil.

(Ismawati)