Balita Dibaca 184 kali

Biasakanlah Membacakan Buku Untuk Bayi Anda

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 30 Desember, 2018 23:12

Biasakanlah Membacakan Buku Untuk Bayi Anda
Pernahkah Anda membacakan buku untuk si kecil? Bila Anda belum pernah melakukannya, segeralah memulai kebiasaan baik tersebut. Bacakanlah beberapa buku untuk buah hati Anda, karena hal tersebut akan membantu si kecil dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan indera yang dimilikinya.

Bunda jangan pernah merasa bahwa si kecil terlalu awal untuk diajarkan mengenai hal membaca buku, karena itu merupakan kesalahan besar. American Academy of Pedriatics mengatakan bahwa membacakan buku pada buah hati Anda yang baru berusia beberapa hari bukanlah hal yang tidak mungkin malah itu merupakan kegiatan yang memang harus ditanamkan sejak kecil.

Memang benar si kecil belum mengerti apa yang Anda bicarakan, tapi suara Anda ketika membacakan buku untuk si kecil akan menstimulasi kemampuan pendengaran dia. Dengan begitu secara tidak langsung Anda membantu si kecil melatih indera pendengarannya sedari dini.

Selain itu membiasakan membaca buku dengan rutin untuk si kecil berarti Anda membiasakan si kecil untuk memiliki kebiasaan baik nantinya dan tentu membacakan buku untuk buah hati Anda adalah salah satu kegiatan quality time yang bagus untuk semakin mempererat hubungan Anda dan buah hati Anda.

Membacakan buku untuk si kecil banyak sekali manfaatnya. Semakin segera Anda memulai kegiatan tersebut maka semakin banyak pula manfaat yang akan didapatkan buah hati Anda. Dengan membacakan buku pada si kecil Anda secara tidak langsung menolong si kecil untuk mengembangkan dan memiliki banyak kosakata.

Selain itu, Anda juga dapat membantu si kecil mengembangkan daya imajinasinya dan seiring berkembangnya semua kemampuan tersebut kemampuan berkomunikasi buah hati Anda pun akan semakin meningkat. Jadi, semakin Anda sering mengajaknya membaca dan bercerita maka semakin cepat pula si kecil dapat berbicara dan berkomunikasi dengan lancar.

Untuk menghindari kebosanan si kecil pada bacaan yang Anda bacakan, Anda pun tak harus melulu membacakan buku cerita yang sama terus-menerus. Anda pun bisa mengkombinasikan kegiatan membaca tersebut dengan bercerita tentang hal-hal lain yang ada disekitar rumah dan lingkungan Anda misalnya nama-nama tetangga, hewan-hewan peliharaan yang ada di rumah atau mulai mengenalkan anggota tubuh si kecil. Hal tersebut bisa menjadi satu kegiatan yang menarik untuk buah hati Anda dan juga bisa menstimulus kemampuan berkomunikasi si kecil.

Selain hal tersebut, Anda juga bisa mencari alternatif bacaan lainnya seperti buku-buku bacaan khusus untuk anak-anak yang berisi tentang mengenalkan huruf-huruf, angka-angka, warna-warna dan beragam bentuk-bentuk. Di luaran sana banyak sekali buku-buku yang dikhususkan untuk anak-anak sesuai dengan usia mereka, jadi Anda bisa memilih banyak alternatif bacaan untuk si kecil.

Memperbanyak dan memperluas topik bacaan si kecil sangat bagus dan dianjurkan karena hal tersebut bisa menjadi latihan untuk meningkatkan daya ingat si kecil. Tentunya hal itu akan sangat membantu dikemudian hari ketika ia tumbuh dewasa.

Ketika Anda mulai berniat akan membacakan buku untuk si kecil, hal pertama yang harus Anda ingat yaitu usahakanlah agar kegiatan membaca ini menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi buah hati Anda. Maka dari itu cermatlah dalam memilih bacaan untuk si kecil.

Pilihlah bacaan yang cocok untuk buah hati Anda berdasarkan rentang usia mereka. Untuk si kecil yang baru menginjak usia beberapa bulan, lebih baik Anda memilih bacaan yang banyak menggunakan ritme bahasa atau intonasi berbicara, seperti ketika si kecil mendengar Anda berbicara.

Carilah bacaan yang mengharuskan Anda menggunakan beragam intonasi, seperti buku dongeng dengan berbagai karakter. Selain itu sebagai alternatif, Anda pun bisa menyediakan buku-buku bergambar. Buah hati Anda biasanya akan sangat tertarik pada gambar-gambar yang memiliki warna-warna terang yang mencolok.

Lalu bagi Anda yang memiliki anak yang menginjak usia 1-2 tahun, lebih baik Anda membiarkan si kecil yang memilih buku bacaannya sendiri. Hal ini akan sangat baik untuk buah hati Anda, karena ia akan lebih semangat membaca apalagi jika itu buku pilihannya sendiri.

Hal yang tak kalah penting nya lagi dari kegiatan membaca bersama ini adalah membacakan buku cerita untuk si kecil janganlah terlalu lama, beberapa menit saja sudah cukup untuk si kecil. Hal yang terpenting adalah menciptakan kegiatan yang berkualitas untuk membantu proses tumbuh kembang si kecil dan kegiatan yang semakin mendekatkan Anda dengan buah hati Anda.

(Wati)