Balita

Bingung Memilih Susu untuk Anak? Simak 4 Tips Penting Ini!

Yusrina
Bingung Memilih Susu untuk Anak? Simak 4 Tips Penting Ini!

Pernahkah Ibu terdiam lama menatap rak produk susu untuk anak ketika sedang berbelanja? Lalu pada akhirnya Ibu memilih produk dengan harga paling mahal dengan asumsi itu yang terbaik atau malah asal ikut saja saran dari teman? 

Hmm, nyatanya memilih susu untuk anak dari puluhan produk yang berjejer manis di rak toko bukanlah hal mudah.  Ibu harus cermat memilih komposisi nutrisi dan manfaat di balik produk agar bisa memberikan susu pertumbuhan terbaik untuk si kecil. 

Ada baiknya jika Ibu memilih susu pertumbuhan anak dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE), seperti yang dimiliki oleh Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO, agar kebutuhan gizi si kecil dapat terpenuhi secara optimal.

Supaya lebih jelas lagi, simak yuk beberapa hal penting yang bisa Ibu jadikan rujukan sebelum memilih susu untuk anak! 


4 Hal ini Wajib Ibu Perhatikan Sebelum Memilih Produk Susu Anak

  1. Pilih Produk yang Mengandung Asam Amino Esensial (AAE)

    Umumnya susu pertumbuhan anak sudah dilengkapi dengan berbagai nutrisi dalam takaran yang berbeda-beda. Namun, tidak semua memiliki kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE) yang lengkap. 

    Ibu mungkin bertanya-tanya, apa sih 9 Asam Amino Esensial (AAE) itu? 9 Asam Amino Esensial (AAE) merupakan asam amino yang hanya bisa didapatkan melalui asupan makanan dari luar.  

    Menurut Medlineplus, 9 Asam Amino Esensial (AAE) tersebut adalah Histidine, Taurine, Isoleucine, Lysine, Methionine, Phenylalanine, Threonine, Tryptophan dan Caline. Ibu bisa mendapatkan manfaatnya dengan rajin memberikan si kecil asupan protein hewani, seperti dari putih telur, ayam, ikan kod, domba, tuna, atau daging sapi.

    Sayangnya, selama ini anak-anak Indonesia masih kekurangan asupan protein hewani. Kita lebih familiar dengan protein nabati, seperti tempe dan tahu. Menurut data dari Food and Agriculture Organization (FAO), tingkat konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia pada tahun 2017 masih tertinggal jauh dari negara-negara maju, bahkan dari beberapa negara ASEAN. Itu artinya, anak-anak Indonesia masih kekurangan asupan 9 Asam Amino Esensial (AAE).

    Anak-anak yang kurang konsumsi protein hewani dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE) cenderung lebih pendek dari teman-teman seusianya. Kurangnya asupan protein hewani juga berdampak pada terhambatnya pertumbuhan anak yang kemudian berimplikasi pada stunting dan gangguan kognitif, anemia, gangguan organ tubuh, kualitas tulang, gigi, rambut, kulit, hingga mempengaruhi emosi dan kesehatan mental si kecil. Aduh, jangan sampai terjadi pada si kecil ya Bu.

    Untungnya, selain dari makanan, Ibu bisa mendapatkan manfaat 9 Asam Amino Esensial (AAE) melalui susu pertumbuhan lho. Tapi tentunya tidak semua susu untuk anak mengandung manfaat tersebut. 

    Nah, Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO terbukti memiliki kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE) yang bermanfaat untuk si kecil. Dengan begitu, kebutuhan 9 Asam Amino Esensial (AAE) si kecil akan terpenuhi dan ia dapat bertumbuh dengan optimal.


  2. Pilih Produk dengan Kandungan Nutrisi Lengkap

    Setelah si kecil disapih, Ibu pasti ingin melengkapi nutrisi si kecil dengan susu pertumbuhan anak yang diperkaya dengan kandungan gizi. Sebab, jika hanya mengandalkan menu makanan harian saja, belum tentu kebutuhan nutrisi si kecil akan terpenuhi. Terlebih jika anak susah makan namun aktif berkegiatan, tentunya ia akan memerlukan kalori lebih sebagai sumber tenaga. 

    Nah, sebelum memilih susu pertumbuhan anak, pastikan susu pilihan Ibu dilengkapi dengan 9 Asam Amino Esensial (AAE) ditambah kandungan nutrisi berikut ini ya!

    • Minyak Ikan

      Minyak ikan merupakan hasil ekstraksi dari jaringan ikan. Manfaat minyak ikan untuk anak sangat banyak, beberapa di antaranya untuk kesehatan otak si kecil dan menjaga daya tahan tubuhnya. 

    • Omega 3 (ALA)

      Omega 3 (ALA) merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Si kecil bisa mendapatkan Omega 3 (ALA) dari sumber makanan, salah satunya dari susu pertumbuhan. Fungsi Omega 3 (ALA) untuk si kecil antara lain dapat meningkatkan penglihatan dan perkembangan otaknya. 

    • Omega 6 (LA)

      Tidak kalah penting, Omega 6 (LA) juga baik untuk tumbuh kembang anak. Omega 6 (LA) mampu meningkatkan kesehatan jantung dan kecerdasan otak si kecil.

    • Zat Besi

      Zat besi berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah, meregenerasi jaringan-jaringan pada tubuh, serta membentuk hemoglobin yang dapat mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan berperan penting untuk menghubungkan syaraf-syaraf otak. 

    • Seng

      Seng atau zinc juga dibutuhkan oleh anak. Manfaat dari asupan ini antara lain untuk menjaga imunitas tubuh, meningkatkan daya ingat, dan membantu si kecil mencapai tumbuh kembang yang lebih optimal.

    • Protein

      Protein pada susu pertumbuhan mengandung kasein sebagai sumber asam amino yang bermanfaat untuk pembentukan energi, antibodi, serta menunjang pertumbuhan si kecil.

    • Kalsium

      Susu tinggi kalsium dapat membantu kepadatan tulang dan mempercepat proses pertumbuhan. 

    • Magnesium

      Kandungan nutrisi yang satu ini mungkin jarang didengar, tapi siapa sangka manfaatnya sangat penting bagi tubuh si kecil. Selain memelihara kesehatan tulang, magnesium juga dapat mengatasi sembelit dan menjaga metabolisme tubuh sang buah hati.

    • Vitamin D3

      Selama ini kita mungkin mengira kalau tubuh dapat menerima vitamin D dari paparan matahari. Namun, dengan gaya hidup anak masa kini yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, si kecil tetap membutuhkan asupan vitamin D dari makanan dan susu pertumbuhan. Peran vitamin D sangat penting untuk memelihara kesehatan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    • Nah, 9 Asam Amino Esensial (AAE) dan 9 nutrisi penting tersebut bisa Ibu dapatkan di Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO lho.


  3. Pilih Susu Pertumbuhan dengan Rasa Enak 

    Sayang sekali jika suatu produk memiliki berjuta manfaat apabila anak menolak menelannya. Jangan pula memaksa anak minum susu pertumbuhan ya Bu, bisa-bisa si kecil malah ngambek dan semakin malas mengonsumsi. 

    Nah, di sini Ibu harus pintar-pintar bersiasat nih untuk memilih susu pertumbuhan yang rasanya sesuai dengan selera si kecil. Beberapa produk susu pertumbuhan menawarkan varian rasa yang pasti disukai anak. 

    Jadikan kegiatan minum susu sebagai hal yang dinanti-nanti si kecil karena rasa produknya yang enak. Tugas Ibu semakin mudah, kebutuhan gizi anak pun terpenuhi dengan suka cita!


  4. Pilih Susu Pertumbuhan yang Terpercaya dan Aman untuk Anak

    Sebelum memilih susu untuk anak, pastikan bahwa susu yang Ibu pilih telah terdaftar BPOM RI dan melampirkan tabel komposisi nutrisi pada kemasannya. Ini sangat penting untuk memastikan susu tersebut aman untuk si kecil. Serta jangan lupa pilih produk dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE) yang kaya manfaat, seperti Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO.

    Dengan komitmen menguatkan kesadaran orang tua untuk mendukung masa pertumbuhan emas si kecil, Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO telah diperkaya dengan 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta Minyak Ikan, Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), Zat Besi, Seng, Protein, Kalsium, Magnesium & Vitamin D3 untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. 

    Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO telah melalui proses pengolahan yang cermat agar aman dikonsumsi sesuai kebutuhan gizi anak. Selain itu, varian rasanya pun banyak disukai anak-anak lho.


Yuk wujudkan masa depan anak yang gemilang dengan bantu penuhi nutrisi esensialnya sejak dini. Tunjukkan cinta Ibu dengan memilih susu pertumbuhan berkualitas! Info lebih lanjut Ibu bisa mengunjungi tautan berikut ini.