Balita

Cara Memilih Krim Ruam Bayi Yang Tepat Untuk Si Kecil

Cara Memilih Krim Ruam Bayi Yang Tepat Untuk Si Kecil

Kulit  bayi tergolong memiliki sensitivitas yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan orang dewasa. Karenanya, banyak bayi dengan kulit sensitif yang mudah mengalami ruam pada popoknya.

Terutama pada bayi yang baru lahir, gesekan popok ke kulit bayi memang dapat menyebabkan ruam yang ditandai dengan kemerahan di sekitar lipatan popok. Ruam popok sendiri biasanya terjadi akibat pemakaian popok yang terlalu lama dan tidak rutin diganti.

Ruam popok seperti ini nggak boleh dibiarkan begitu saja ya Bu! Sebab, dapat mengganggu kenyamanan si kecil dan mengakibatkan ia mudah rewel. Salah satu hal yang bisa mengurangi ruam di kulit si kecil adalah dengan menggunakan krim ruam bayi.

Ada berbagai macam merk krim ruam bayi yang beredar di pasaran. Namun, yang perlu orang tua ketahui tidak semua krim ruam bayi cocok digunakan oleh semua bayi.

Karenanya, untuk memberikan kenyamanan bagi si kecil kita perlu jeli dalam memilih cream ruam bayi yang tepat. Berikut ini adalah cara memilih cream ruam bayi yang bisa kamu lakukan.

Kapan perlu menggunakan krim ruam bayi?  

Jika melansir What To Expect krim ruam bayi memiliki peran yang cukup penting dalam mengatasi ruam popok, merawat kulit bayi agar tetap terjaga kelembabannya dan juga meredakan iritasi atau kemerahan sehingga menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut.

Namun biasanya, kebanyakan krim ruam bayi digunakan untuk mengatasi ruam popok bayi terutama pada kulit bayi yang sensitif. Biasanya ruam popok ditandai dengan munculnya bercak merah di bagian bawah atau garis popok.

Bercak merah yang didiamkan tersebut jika tidak diobati dapat menyebabkan masalah lain yang berkaitan dengan peradangan kulit. Terutama pada kulit bayi yang sensitif.

Karenanya menurut dokter kulit asal New York City Dr. Michele Green, M.D., ruam popok pada bayi harus diatasi minimal menggunakan krim ruam bayi dengan bahan-bahan yang aman bagi kulitnya yang sensitif. Menurut Michele, ruam popok sendiri berasal dari kulit yang lembab sehingga dapat membuat bakteri dan jamur lebih mudah berkembang biak.

Hal inilah yang nantinya membuat kulit bayi menjadi ruam dan membuatnya merasa tidak nyaman. Krim ruam bayi ini berfungsi untuk menciptakan lapisan oklusif, dan meminimalkan kelembaban sehingga bakteri tidak mudah tumbuh.

Untuk itu, menurut Current Opinion in Pediatrics Journal meskipun ruam popok pada bayi sangat umum terjadi, namun banyak orang tua merasa si kecil jadi lebih rewel akibat rasa tidak nyaman pada kulitnya. Supaya hal ini tidak terjadi pada si kecil, orang tua disarankan untuk memilih krim ruam popok yang tepat dengan bahan-bahan yang aman bagi bayi.

Cara memilih cream ruam bayi yang tapat

Meskipun diformulasikan khusus untuk kulit bayi, nyatanya tidak semua krim ruam bayi cocok digunakan oleh si kecil ya Bu. Karenanya, Ibu harus pandai memilih cream ruam bayi yang tepat. Berikut adalah hal-hal yang harus Ibu perhatikan saat memilih cream ruam pada bayi:

  • Krim ruam bayi harus mampu mencegah iritasi atau alergi
  • Krim ruam bayi harus mampu mempertahankan kelembaban kulit bayi yang sensitif
  • Krim ruam bayi harus mampu menjaga kulit si kecil agar tetap sehat, tidak bersisik, dan tidak mudah kering
  • Produk krim ruam bayi harus mengandung bahan-bahan organik.

Untuk itu, agar tidak salah dalam memilih cream ruam bayi Ibu harus lebih cermat dalam membaca label pada kemasan. Ibu bisa memilih produk krim ruam bayi yang berlabel hypoallergenic untuk mencegah risiko alergi.

Jangan lupa memperhatikan kandungan pH di dalamnya. Krim ruam bayi yang aman biasanya mengandung kadar pH seimbang yang dapat menjaga kelembaban kulit bayi.

Pemilihan produk juga harus dilihat dari kandungannya, dimana berdasarkan literatur Comparison of Dexpanthenol and Zinc Oxide Ointment with Ointment Base in the Treatment of Irritant Diaper Dermatitis from Diarrhea: A Multicenter Study, kandungan zinc oxide dan dexpantenol lebih efektif mengatasi ruam dibandingkan dengan pemberian ointment base. 

PureBB Rash Cream sahabat Ibu dalam atasi ruam popok bayi

Sekarang Ibu nggak perlu bingung lagi dalam memilih produk krim ruam bayi yang tepat untuk si kecil. Salah satu produk yang paling direkomendasikan dan sudah menjadi sahabat Ibu dalam mengatasi ruam popok bayi adalah PureBB Rash Cream.

Produk ini mengandung Zinc oxide 10% yang ampuh atasi semua masalah ruam, mulai dari ruam popok, ruam susu, hingga kemerahan di area lipatan pada bayi. Apalagi, PureBB Rash Cream saat ini juga sudah diperkaya ekstra moisturizer berupa Jojoba Oil dan kandungan dexpantenol 5% yang berfungsi mempercepat penyembuhan ruam dan menjaga kelembaban kulit si kecil.

Tenang Bu, PureBB Rash Cream juga tidak memiliki efek samping alias Low Hazard yang berarti sudah teruji efektif tidak menimbulkan efek samping bagi bayi. Terutama bagi bayi dengan kulit yang sensitif dan sudah teruji Hypoallergenic Tested.

PureBB Rash Cream juga sudah memiliki pH 5.5 seimbang yang disesuaikan dengan kulit bayi. Hebatnya lagi PureBB Rash Cream tidak mengandung pengawet, parfum sintetis, alkohol, paraben bahkan PureBB Rash Cream di produksi di perusahaan Farmasi yang terpercaya

Jadi, jelas PureBB Rash Cream memang sangat aman di kulit si kecil ya Bu. dapat digunakan dari bayi baru lahir Newborn dan aman di gunakan di area muka si kecil. Untuk informasi lebih lengkapnya, Ibu juga bisa mengunjungi   instagram PureBB untuk mendapatkan info lebih detail tentang produk PureBB Rash Cream. Apapun Ruamnya, Pakai PureBB Rash Cream!


Editor: Atalya