Balita Dibaca 1,676 kali

Cara Meningkatkan Imunitas Anak di Masa Pandemi

Share info ini yuk ke teman-teman
Menur
Cara Meningkatkan Imunitas Anak di Masa Pandemi

Anak yang sehat pasti membuat Ibu senang dan tenang. Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan meningkatkan imunitasnya. Sistem imun atau daya tahan tubuh ini nantinya akan menjadi ‘benteng’ yang melindungi si kecil dari kuman penyakit.

Agar imunitas anak tetap terjaga, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan. Simak yuk penjelasan lengkapnya berikut ini:

  1. Ajak si kecil aktif bergerak

    Ajak si kecil aktif bergerak

    Selama #dirumahaja, durasi screen time si kecil mungkin lebih lama dari biasanya. Akibatnya, waktu yang dihabiskan si kecil untuk aktif bergerak jadi berkurang.

    Padahal, aktivitas fisik dapat meningkatkan sirkulasi sel darah putih yang mengandung imunitas lho. Jadi, pastikan untuk mengajak anak beraktivitas fisik setiap hari, ya Bu.

    Para ahli menganjurkan, anak usia 1-5 tahun beraktivitas fisik 3 jam sehari. Sedangkan, anak berusia di atas 5 tahun bisa melakukan aktivitas fisik minimal satu jam selama 3 kali seminggu.

    Ibu bisa memilih aktivitas fisik yang disukai anak, misalnya lempar bola, main petak umpet, menari, dll. Yang terpenting, Ibu jangan lupa untuk ikut bergerak bersama si kecil, ya!

  2. Cukup tidur

    Cukup tidur

    Liburan sekolah biasanya juga akan mengubah rutinitas harian si kecil. Misalnya, si kecil jadi suka bangun lebih siang, tidur lebih malam, dan terkadang menolak tidur siang. Padahal, kurang tidur dapat membuat anak lebih mudah sakit lho. 

    Untuk meningkatkan imunitas anak, pastikan jam tidur anak usia 1-3 tahun sekitar 11-14 jam per hari. Sedangkan, untuk anak usia 4-6 tahun sebaiknya tidur 10-13 jam per hari. 

  3. Rajin mencuci tangan

    Rajin mencuci tangan

    Selain mengajak si kecil aktif bergerak dan memastikan ia tidur cukup, jangan lupakan untuk membangun kebiasaan hidup bersih sehari-hari. Nampak sepele memang, namun kebiasaan mencuci tangan sangat efektif mencegah penyakit dan menjaga kesehatan anak selama pandemi.

    Pastikan si kecil mencuci tangan dengan cara yang benar ya, yaitu menggunakan air mengalir, sabun dan minta ia mencuci tangan selama 20 detik. Agar si kecil tidak bosan, Ibu bisa mengajaknya bernyanyi “Happy birthday to you” sebanyak 2 kali.

    Kalau si kecil susah diajak cuci tangan, Ibu bisa belikan sabun beraroma buah dan handuk tangan dengan karakter kartun favoritnya.

  4. Berikan makanan dan minuman bernutrisi

    Berikan makanan dan minuman bernutrisi

    Memberi nutrisi lengkap lewat makanan sehat untuk anak adalah kunci buat menjaga kesehatan si kecil. Pastikan menu makanan si kecil terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Berikan juga buah dan sayur yang kaya akan fitonutrien untuk meningkatkan imunitas anak.

    Selain sayur dan buah, Ibu bisa melengkapi nutrisi si kecil dengan memberi susu Bebelac. Kandungan vitamin A, C, dan E di dalam susu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil. Tidak hanya itu, prebiotik FOS:GOS 1:9 juga dapat membantu kesehatan pencernaan anak, dan kandungan minyak ikan, omega 3, dan omega 6 juga membantu anak cepat tanggap, yang tentunya dengan dukungan stimulasi tepat juga.

Yuk Bu, pastikan si kecil mendapat asupan nutrisi lengkap dengan memberikan susu Bebelac. Klik di sini ya untuk info lengkapnya.

Stay safe and healthy, ya Bu bersama si kecil!

Nutrisi Si Kecil terjaga Karena Bebelac bantu Lengkapi