Balita

Cara Seru Memperkenalkan Matematika Pada Anak

Ismawati
Cara Seru Memperkenalkan Matematika Pada Anak

Bunda dapat membantu anak usia prasekolah Anda untuk menguasai keterampilan matematika dengan hanya melakukan permainan sederhana tanpa banyak mengeluarkan dana.

Bersama si kecil, Anda bisa mengelompokkan objek berdasarkan bentuk, warna, dan ukuran. Aktifitas lainnya bisa dengan menghitung hingga 10 serta mengenal pengelompokkan dan pola. Lupakan dulu penggunaan flashcard dan latihan angka.

Jika Anda ingin sang anak mencintai angka, tunjukkan padanya bahwa matematika merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan begitu keterampilan matematika yang ia miliki akan meningkat lebih pesat saat ia mulai bersekolah. Berikut ini adalah 12 cara menyenangkan untuk memperkenalkan anak pada dunia matematika. Karena anak belajar dengan cara yang berbeda, di bawah ini adalah pengelompokkan aktifitas berdasarkan gaya belajar.

Kegiatan Menyenangkan untuk Anak dengan Gaya Belajar Kinestetik

1. Mencari Aneka Bentuk di Sekitar Rumah

Carilah bentuk segi empat, segi tiga, lingkaran, bintang, atau bentuk lainnya. Lakukan aktifitas menyenangkan ini cukup di dalam rumah. Anak Anda akan mampu mengenal, menggambar, dan memanipulasi bentuk dengan baik di saat ia memasuki kelas 1 SD. Dengan begitu, sepertinya ia tak akan mengalami kesulitan dengan mata pelajaran geometri saat ia memasuki sekolah menengah kelak.

2. Menghitung dan Mengelompokkan Benda-Benda di Rumah

Satukan pisau, garpu, serta sendok dari laci dapur lalu minta anak Anda mengelompokkannya berdasarkan jenisnya. Minta ia menghitung berapa jumlah pada tiap kelompoknya. Lakukan hal yang sama pada kaos kaki dengan mengelompokkannya berdasarkan warna dan ukuran.

Begitu juga dengan koleksi boneka mainannya, kelompokkan boneka binatang berdasarkan ukuran besar dan kecil. Atau kelompokkan semua boneka beruang menjadi satu. Minta ia membantu Anda melipat dan merapikan pakaian. Kemudian tanyakan padanya, “Ada berapa jumlah kaos kakinya, Kak?” Atau dengan bertanya, “Berapa jumlah semua baju, Kak?” Lalu minta ia membaginya dalam beberapa kelompok.

3. Membuat Buku Berhitung

Aktifitas ini berisi komponen membaca dan matematika. Dengan bantuan dari Anda, minta si kecil melihat-lihat katalog atau majalah yang ada di rumah. Minta ia untuk  memotong semua objek dengan huruf awal “A.” Setelah itu ia dapat menempelkannya pada kertas kontruksi. Saat semua daftar telah terisi, ajak ia menghitung semua gambar pada tiap halaman

4. Bermain dengan Bentuk Puzzle dan Balok

Kegiatan memanipulasi objek tiga dimensi akan menjadi seru dan mengasyikkan. Bermainlah bersama buah hati Anda dengan menggunakan kotak penyortir bentuk. Permainan ini bertujuan memperkenalkan anak Anda pada geometri dasar. Tak hanya itu, aktifitas ini juga membantu mengembangkan reasoning spasial serta keterampilan motorik halusnya.

5. Permainan Pola

Siapkan anggur berwarna hijau dan ungu. Minta anak Anda untuk menyusunnya dengan pola yang berbeda. Gunakan pola dengan urutan ungu, hijau, ungu, hijau. Atau bisa juga pola hijau, hijau, ungu, hijau, hijau. Cari pola-pola yang alami seperti lingkaran pada ulat bulu, gelungan pada kerang keong, atau benda yang berpasangan seperti mata, telinga, atau kacang pada kulitnya. Aktifitas ini akan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuannya untuk berpikir abstrak.

6. Bermain dengan Cemilan

Berikan anak Anda segenggam biskuit berbentuk ikan. Kemudian gambarlah sebuah akuarium kecil pada selembar kertas putih. Minta ia meletakkan biskuit ikannya pada akuarium buatan Anda. Minta anak Anda menghitung jumlah biskuit yang ada. Ambil satu biskuit dari akuarium, dan minta ia menghitung kembali.

Kegiatan Menyenangkan untuk Anak dengan Gaya Belajar Mendengarkan

7. Membuat Resep Bersama

Beri anak Anda gelas ukur dan mangkok lalu biarkan ia menakar bahan-bahan yang dibutuhkan sementara Anda membacakan cara memasak dengan suara lantang. Aktifitas di dapur ini merupakan cara untuk memperkenalkan konsep seperti volume dan berat.

8. Mendengarkan Lagu dengan Tema Berhitung

Perdengarkan lagu dengan lirik “Satu ditambah satu sama dengan dua… Dua ditambah dua sama dengan empat… Tiga ditambah tiga sama dengan enam… Empat ditambah empat sama dengan delapan… Lima ditambah lima sama dengan sepuluh…” Gunakan semua jenis lagu dengan tema berhitung memperkenalkan dasar penambahan dan pengurangan. Cari permainan anak dan aktifitas musik lainnya yang menampilkan lagu tentang angka.

Kegiatan Menyenangkan untuk Anak dengan Gaya Belajar Visual

9. Menghubungkan Titik-Titik

Kegiatan ini membantu anak Anda memahami urutan angka seperti nomor satu diikuti oleh dua, nomor dua diikuti tiga, dan seterusnya. Banyak toko buku yang menyediakan buku gambar dengan tema menghubungkan titik-titik. Anda tak perlu khawatir bila anak Anda hanya menyukai untuk menghubungkan titik-titik pada karakter Hello Kitty atau Mickey Mouse saja. Hal terpenting pada aktifitas ini adalah pengenalan angka.

10. Safari Angka

Setiap kali ada kesempatan untuk berkeliling kota, biarkan anak Anda melihat angka pada rambu lalu lintas atau pada jejeran pertokoan di pinggir jalan. Sebutkan angka yang Anda lihat. Ajak si kecil menemukan angkanya sendiri. Aktifitas ini akan membuatnya mampu mengenal angka hingga 10 bahkan sebelum ia masuk TK.

11. Menghitung Benda

Anda dapat mengajak si kecil menghitung jumlah anak tangga pada pusat perbelanjaan yang sedang Anda kunjungi bersama. Ketika akan membayar barang yang dibeli, minta ia menghitung berapa jumlah orang yang ikut mengantri bersamanya di depan kasir. Bisa juga sambil menyeberang jalan dan menuntun tangan Anda, ia menghitung jumlah garis yang ia injak pada tempat penyeberangan jalan.

12. Menelepon

Lakukan kegiatan ini dengan menuliskan nomor telepon beberapa orang teman atau kerabat pada secarik kertas. Lalu biarkan anak Anda menggunakan telepon untuk menekan deretan angka pada kertas yang Anda berikan. Cara ini sangat baik untuk melatih si kecil  membaca angka dari kiri ke kanan.

(Ismawati)