Balita

Cara Tepat Mengatasi Anak Bosan Sekolah Tanpa Perlu Marah

Cara Tepat Mengatasi Anak Bosan Sekolah Tanpa Perlu Marah

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga mungkin bisa merasa bosan terhadap suatu hal yang monoton. Termasuk dalam hal belajar di sekolah.

Bosan adalah suatu hal yang wajar dialami oleh tiap manusia. Namun, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi anak bosan sekolah.

Biasanya, anak dengan kemampuan intelektual yang baik akan lebih mudah merasa bosan belajar di sekolah. Ia akan menganggap kegiatan di sekolah terlalu monoton dan butuh sedikit tantangan dalam belajar.

Meski begitu, menghadapi anak bosan sekolah bukanlah perkara mudah bagi orang tua. Tak jarang, orang tua terpaksa harus marah-marah karena menganggap si kecil sedang malas.

Nah, dari pada membuang energi untuk memarahi anak bosan belajar di sekolah lebih baik lakukan cara berikut ini untuk mengatasi anak yang bosan sekolah yuk, Bu!

Merasa bosan bukan berarti anak malas


Bosan adalah sifat alami yang seringkali dialami oleh tiap manusia. Merasa bosan tidak sama dengan malas ya Bu! Sehingga Ibu tidak boleh melabeli anak malas ketika ia sedang merasa bosan dengan suatu kegiatan yang monoton termasuk sekolah.

Melansir Psychology Today kebosanan umumnya dipandang sebagai keadaan emosional yang tidak menyenangkan. Hal ini ditandai dengan perasaan tidak puas, gelisah, dan kelelahan mental.

Untuk mengatasi kebosanan, reaksi yang biasa dilakukan adalah mencari rangsangan dari luar untuk mengalihkan perhatian. Misalnya, bermain video game atau menonton film.

Namun, hal ini hanya berfungsi untuk memperkuat cengkeraman kebosanan. Sehingga untuk mengatasi kebosanan seorang anak mungkin membutuhkan stimulasi yang lebih intens.

Meskipun kebosanan sering dikenal ke arah negatif, namun anak bosan sekolah juga ada manfaatnya. Kebosanan bisa menjadi tolak ukur anak untuk bertindak serta meningkatkan kesehatan mental seseorang.

Cara mengatasi anak bosan sekolah


Beberapa anak mungkin sering bosan di kelas karena berbagai alasan, seperti tidak cukup tertantang atau tidak merasa termotivasi oleh materi pelajaran yang sedang dibahas. Bagi sebagian anak, kebosanan di sekolah merupakan sebuah hal yang seringkali berkelanjutan.

Hal ini juga menyebabkan anak tersiksa dan menunjukkan perilaku menghindar hingga menolak sekolah. Lalu bagaimanakah cara orang tua untuk mengatasi anak bosan sekolah? Melansir Very Well Family berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Diskusikan dengan si kecil

Hal ini bertujuan agar ia bisa menjelaskan apa yang mereka pelajari di kelas sehingga dapat membuatnya bosan belajar. Tanyakan secara khusus apa yang mereka lakukan untuk pelajaran tersebut. Ibu juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

  • Pelajaran apa yang membuatnya bosan?
  • Apakah anak selalu menyelesaikan tugas lebih awal dibanding anak-anak lain?
  • Apakah anak selalu menikmati pelajaran tersebut?
  • Apakah anak menikmati tugas yang diberikan?
  • Apakah anak menyukai cara guru ketika mengajar?

Pertanyaan-pertanyaan Ini dapat membantu orang tua untuk mengetahui hal apa yang membuat anak bosan sekolah. Untuk melontarkan pertanyaan ini, ada baiknya lakukan di waktu yang tepat dan bukan saat anak sedang tantrum ya Bu!

2. Libatkan guru dan anak

Bicarakan dengan tenaga pengajar tentang keluhan yang dialami oleh si kecil. Diskusikan bersama hal apa yang kiranya dapat mengurangi kebosanan anak ketika di sekolah.

Orang tua juga bisa mempertimbangkan untuk melibatkan anak dalam proses diskusi tersebut. Duduk bersama dengan guru untuk bertukar pikiran dapat membantu menemukan solusi yang tepat agar anak tetap semangat kembali belajar di sekolah.

Sementara guru dan orang tua juga jadi tahu hal apa yang dapat membuat anak mudah merasa bosan ketika sedang belajar. Sehingga hal ini tak lagi jadi penghalang bagi si kecil untuk menuntut ilmu di sekolahnya.

3. Ajak anak bermain untuk mengatasi kebosanan

Melansir Baby Center beberapa anak yang hendak belajar mungkin perlu diselipkan beberapa permainan agar suasana belajar terasa lebih menyenangkan. Apalagi bermain sangat penting bagi anak-anak, bermain jadi salah satu cara bagi mereka untuk belajar, berkomunikasi dan mengatasi masalah.

Anak yang kesulitan menyesuaikan diri di sekolah biasanya lebih mudah menerima pelajaran jika suasananya tampak lebih menyenangkan. Termasuk soal pembawaan pelajaran yang dilakukan oleh para guru.

Di luar sekolah, orang tua juga perlu memastikan anak cukup untuk bermain dengan teman-temannya. Sediakan waktu khusus bagi anak untuk bermain sebelum atau sesudah sekolah. Hal ini membuat anak lebih bersemangat dalam menjalankan kegiatannya di sekolah setiap hari.

4. Cobalah untuk lebih tertarik dengan rasa bosan yang ia rasakan

Sebagai orang tua, kita tentu pernah merasakan rasa bosan di sekolah selayaknya yang dialami oleh si kecil. Untuk mengatasi anak bosan sekolah, sebisa mungkin tunjukan pada si kecil tentang keingintahuan orang tua mengenai rasa bosan yang ia rasakan.

Misalnya saat di rumah, Ibu bisa mengajak anak bermain peran sebagai guru dan murid di mana Ibu menjadi murid dan anak sebagai gurunya. Ajak si kecil menunjukkan bagaimana rasa bosan yang ia alami di sekolah dengan berbagai gestur yang diperankan oleh Ibu.

Mengajak anak bermain peran seperti ini dapat membuat si kecil lebih mudah mengekspresikan rasa bosan. Sehingga orang tua tahu bagaimana cara mengatasi anak bosan di sekolah.

5. Jelaskan akan pentingnya sekolah

Meskipun anak bosan belajar, namun Ibu tetap perlu menjelaskan betapa pentingnya sekolah bagi masa depan si kecil. Orang tua bisa menjelaskan hal ini dengan kata dan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

Misalnya, “kalau mau jadi dokter, Adik harus rajin belajar di sekolah. Biar tahu bagaimana caranya mengobati orang yang sakit,”. Ibu juga bisa menceritakan kisah orang-orang sukses dunia yang bisa menggapai cita-cintanya dengan cara rajin belajar di sekolah sebagai bagian dari motivasi buat si kecil.

6. Berikan pujian dan penghargaan kecil

Memberikan pujian dan penghargaan kecil sangat berarti untuk si kecil. Hal ini dapat membuat anak jadi lebih bersemangat sekolah.

Ibu bisa mengajak si kecil jalan-jalan di akhir pekan atau selepas jam pulang sekolah. Agar si kecil makin semangat menjalani hari di sekolah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa sebisa mungkin jangan terlalu berlebihan dalam memberikan penghargaan buat si kecil. Tujuannya agar ia tidak selalu berharap hadiah jika hendak melakukan sesuatu yang dianggap membosankan.


Mengatasi anak bosan sekolah memang gampang-gampang susah ya Bu, tak heran banyak orang tua justru ikut tersulut emosi alias marah-marah jika anak keukeh tidak mau sekolah. Tidak semua orang bisa berhasil melakukan cara ini, namun Ibu tidak boleh patah semangat dan cobalah untuk konsisten melakukan cara ini sampai si kecil mengerti betapa pentingnya sekolah bagi masa depannya.


Editor: Atalya