Balita

Cerita Kancil dan Buaya, Dongeng Klasik Untuk si Kecil

Cerita Kancil dan Buaya, Dongeng Klasik Untuk si Kecil

Ibu tentunya sudah pernah mengetahui cerita kancil dan buaya. Dongeng kancil dan buaya ini memanglah cerita sepanjang masa yang sudah secara turun temurun diceritakan sejak kakek-nenek hingga kini ke anak kita. Merupakan jenis dongeng nusantara kategori fabel karena menceritakan tentang binatang dengan tingkah laku seperti manusia.

cerita-kancil-dan-buaya-dongeng-klasik-untuk-si-kecil-1

Cerita kancil dan buaya merupakan dongeng nusantara yang menceritakan tentang betapa cerdik dan lincahnya kancil yang kerap kali membuat hewan lain bahkan manusia di kisah tersebut terpedaya olehnya.

Cerita kancil dan buaya merupakan dongeng untuk anak yang cocok dibacakan menjelang tidur ataupun dibacakan secara kasual sehari-hari. Bagaimanakah dongeng nusantara klasik ini?

Kebaikan dan hati kancil

cerita-kancil-dan-buaya-dongeng-klasik-untuk-si-kecil-2

Bagaimanakah cerita kancil dan buaya?

Di suatu hutan belantara, hiduplah banyak satwa yang salah satunya adalah seekor kancil yang cerdik. Tak hanya cerdik, kancil pun dikenal sebagai satwa yang ramah terhadap sesamanya.

Suatu pagi yang cerah, sang kancil melihat seekor induk bebek yang tengah berenang bersama anaknya. Kancil yang sedang berjalan menelusuri hutan menyapa bebek tersebut, “Hai bebek! Asik sekali kamu ya berenang.”

Kancil adalah makhluk yang begitu ramah, ia menyapa satwa-satwa lain sepanjang jalan tanpa henti. Karena keramahannya, ia pun disegani oleh hewan lainnya.

Tak hanya ramah, kancil juga terkenal akan kecerdikannya sehingga kerap membantu satwa-satwa hutan dalam memecahkan masalah. Banyak satwa yang datang ke kancil jika mereka memiliki masalah. Kancil dengan senang hati membantu untuk memecahkan masalah teman-temannya. 

Suatu ketika, saat si kancil berjalan menelusuri hutan, ia menemukan tiga ekor anak ayam yang terperangkap di dalam lubang yang cukup dalam bagi mereka.

Kancil segera menghampiri anak ayam itu dan turun ke lubang untuk membantu mereka yang terperangkap. Setelah masuk ke dalam, kancil membungkukkan badannya dan meminta para anak ayam untuk menaiki tubuhnya.

“Ayo! Kalian bisa naik ke tubuhku jadi kalian bisa keluar dari lubang ini dan bertemu induk kalian.” Ujar kancil ramah.

Setelah semua anak ayam berhasil naik ke tubuh kancil, kancil pun meloncat keluar lubang dan berjalan menemui induk ayam yang tengah kebingungan mencari anak-anaknya. Ia pun segera melepaskan ketiga anak ayam tadi kepada induknya.

Sang induk ayam menjadi senang sekali dan berterima kasih kepada kancil yang sudah membantu mengeluarkan anak-anaknya yang terperangkap. Tak hanya induk ayam, ketiga anak ayam tadi juga bersorak sorai mengucapkan terima kasih kepada kancil.

“Terima kasih tuan kancil!”, ucap ketiga anak ayam itu senang.

Kecerdikan kancil pada dongeng kancil dan buaya

cerita-kancil-dan-buaya-dongeng-klasik-untuk-si-kecil-3

Cerita kancil dan buaya ini juga menunjukkan betapa cerdiknya kancil.

Seekor buaya keluar ke tepi sungai menghampiri kancil yang sedang bahagia, “Hei Kancil! Ada apa kamu ke sungai? Apakah kamu hendak menjadi santapan kami?”, tanya buaya itu pada kancil.

Kancil pun menjawab pertanyaan buaya dengan riang gembira, “Aku memiliki berita baik untuk kalian semua, aku membawa daging segar dari raja dan diperintahkan untuk menghitung jumlah buaya yang ada di sungai. Kalian para buaya cukup berjajar di sungai dan nanti aku akan menghitung kalian.”

buaya yang menanti-nantikan daging segar merasa senang mendengar kabar kancil yang membawa daging segar untuk ia dan teman-teman buaya lainnya. Buaya tadi kemudian menyanggupi permintaan kancil dan memanggil seluruh buaya yang berada di sungai dan meminta mereka berjejer hingga membentuk jembatan.

“Sudah siap!”, ujar para buaya bersemangat.

Kancil pun dengan girang melompati para buaya dan pura-pura menghitung mereka yang sudah berjejer membentuk jembatan di sungai. Setelah sampai ujung, kancil pun melompat ke tepi sungai.

“Terima kasih para buaya, berkat kalian, aku jadi bisa menyebrang sungai ini! Ucap kancil ceria.

Setelah berkata seperti itu, kancil langsung berlari sekencang-kencangnya meninggalkan para buaya yang marah karena perbuatannya. Kancil pun dengan bebas memakan buah-buahan yang ada di seberang sungai untuk menghilangkan rasa laparnya.

Pelajaran yang bisa diambil dari cerita kancil dan buaya

cerita-kancil-dan-buaya-dongeng-klasik-untuk-si-kecil-4

Cerita kancil dan buaya ini merupakan dongeng untuk anak yang mengandung sarat pesan moral. Salah satu pesan moral dari cerita anak ini adalah kancil memperdayai buaya agar ia dapat menyeberang sungai dan mendapatkan keinginannya. Namun, akibat dari tingkah laku kancil ini membuat para buaya marah besar.

Dongeng kancil dan buaya ini memberi pelajaran dari kita untuk jangan menipu demi keuntungan pribadi. Selain itu, cerita anak ini mengajarkan kita bahwa semua perbuatan jelek hanya akan menambah musuh. Tidak ada yang tahu kapan pihak yang sudah kita perdayai menjadi satu-satunya pihak yang dapat membantu kita. Lebih baik gunakan kecerdasan dan kecerdikan untuk hal-hal yang baik saja.

Di sisi lain, cerita kancil dan buaya yang mengisahkan kancil yang mampu menyelamatkan dirinya dari mangsa buaya menunjukkan kecerdikan kancil yang mampu mengubah ancaman dan rintangan menjadi peluang serta sarana guna mencapai maksud dan tujuannya. Oleh karena itu, penting memiliki kecerdasan berpikir agar bisa sukses dalam hidup.

Selain itu, dongeng untuk anak ini juga berpesan agar kita ramah terhadap makhluk lain sehingga kita pun disenangi dan disegani. Cerita kancil dan buaya juga mengajarkan kita agar tidak segan-segan membantu sesama selama kita dapat melakukannya.

Itulah cerita kancil dan buaya beserta pelajaran yang bisa diambil. Apakah si kecil menyukai cerita anak ini?

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih