Balita

Dapatkan Manfaat Buah Naga Untuk Anak Dan Ibu Hamil

Terakhir diperbaharui

Dapatkan Manfaat Buah Naga Untuk Anak Dan Ibu Hamil

Buah naga yang juga populer dengan sebutan pitaya, berasal dari gen kaktus Hylocereus dan berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Tapi saat ini kita bisa jumpai buah ini di banyak tempat. Buah naga tersedia dalam variasi manis dan asam, bergantung spesiesnya.

 

Buah naga tidak seperti buah lain, dari segi penampilan maupun rasa. Buah ini merupakan spesies kaktus dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Sekarang, buah ini banyak dikembangkan di Asia Tenggara.

 

Meski nama buah naga terdengar menakutkan, buah ini memiliki kandungan manfaat serta lezat dimakan. Buah naga memiliki kulit berwarna pink cerah atau kuning, mengandung daun yang terlihat seperti sisik yang mungkin menjadi sebab kenapa buah ini diberi nama buah naga.

 

Fakta menarik tentang buah naga

Bergantung varietasnya, warna daging buah bisa putih, merah, atau magenta gelap, rasanya sedikit manis dan memiliki biji kecil berwarna hitam yang bisa dimakan. Buah ini masih dianggap eksotik di banyak belahan dunia. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang buah naga:

 

  • Buah naga dikenal juga dengan nama stroberi pir atau pitaya.
  •  
  • Waktu terbaik memetik buah naga adalah ketika sudah matang, karena tingkat kemanisannya yang tinggi. Buah naga yang matang dan tidak dipanen akan terus tumbuh lebih besar tapi tidak lebih manis rasanya.
  •  
  • Varietas daging buah naga yang berwarna merah mengandung likopen, antioksidan yang sama yang ditemuka n pada tomat. Likopen membantu menurunkan risiko kanker, hipertensi, dan penyakit jantung.
  • Selain tampilannya yang tidak biasa, buah naga juga mengandung banyak nutrisi dan bagus untuk tubuh. Vitamin yang terkandung pada buah naga termasuk vitamin B kompleks dan vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, dan antioksidan.
  •  
  • Biji buah naga juga memberi manfaat nutrisi, mengandung protein serta asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskuler. Biji buah naga juga memiliki efek laksatif ringan.
  •  
  • Dokter menganjurkan buah naga untuk pasien penderita diabetes untuk membantu menormalkan tingkat gula darah.
  •  
  • Gabungan buah naga, madu, dan timun bisa melembabkan dan menenangkan kulit yang terbakar matahari.
  •  
  • Cara lain untuk menikmati buah naga adalah dengan menggabungkannya dengan buah lain untuk membuat salad buah atau mencampurnya dalam smoothie.
  •  
  • Makan terlalu banyak buah naga bisa meningkatkan kondisi tidak berbahaya yang disebut pseudohematuria, yang membuat urin jadi berwarna kemerahan.

 

Hanya sedikit efek samping dibanding manfaat buah naga untuk kesehatan. Buah naga memberi manfaat kesehatan selama kehamilan, tapi juga memiliki efek samping. Konsumsi buah naga yang berlebihan bisa menyebabkan ruam kulit serta membuat feses dan urin bewarna kemerahan.

 

Biasanya dokter merekomendasikan buah naga untuk pasien penderita asma, penyakit kardiovaskuler, dan diabetes. Meski buah naga memiliki manfaat kesehatan tapi konsumsi dalam jumlah tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tidak berlebihan menjadi kuncinya. Meski Anda mengonsumsi sesuatu yang menyehatkan, tidak akan baik bila jumlahnya berlebihan.

 

Manfaat buah naga untuk anak

Buah naga kaya kandungan vitamin C dan mineral lainnya, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk anak. Buah naga kaya antioksidan dan melindungi anak dari berbagai jenis penyakit. Buah naga juga memiliki kandungan pelawan kanker.

 

Buah naga sangat rendah kandungan kolesterol. Itu sebabnya buah ini baik untuk jantung anak. Buah naga membantu sistem pencernaan dan meningkatkan stamina. Buah naga membantu buang air besar jadi lebih lancar serta meningkatkan tingkat metabolisme anak.

 

Antioksidan pada buah naga penting untuk membantu anak tumbuh dengan jantung yang sehat. Buah naga mengandung dua vitamin paling penting untuk anak yakni vitamin A dan vitamin C. Vitamin A membantu anak memiliki rambut yang sehat dan mata yang bagus. Vitamin C untuk memastikan anak memiliki kekebalan tubuh yang baik dan kulit berkilau. Masih banyak lagi manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah naga.

 

Amankah memberikan buah naga pada anak?

Tidak ada risiko kesehatan berupa alergi yang disebabkan oleh konsumsi buah naga. Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi dan menjadi alternatif makanan yang redah kolesterol serta bebas sodium. Buah naga bisa diperkenalkan ke anak sejak usia 4 hingga 6 bulan, bergantung usia rekomendasi untuk memperkenalkan makanan padat.

 

Ketika membeli buah naga untuk anak, pastikan buah tidak dikeringkan dengan sulfur. Sekarang banyak toko buah yang menjual buah naga yang tidak dikeringkan atau diawetkan dengan bantuan bahan kimia. Anda bisa mengukus atau memasak cepat buah ini sebelum memberikannya ke buah hati. Anda bisa juga tambahkan buah naga sebagai campuran salad.

 

Manfaat buah naga untuk kesehatan anak

Bunda, berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk anak:

 

  1. Antioksidan

    Buah naga mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dikenal dengan phenol. Phenol melindungi membran sel anak dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini berarti anak tidak terlalu rentan jatuh sakit bila buah naga diberikan secara teratur. Antioksidan melindungi anak dari terjangkit berbagai penyakit yang umum.

     

  2. Manfaat buah naga untuk melindungi jantung

    Buah naga memiliki dampak besar untuk kesehatan jantung anak. Buah naga melindungi jantung anak dan membantunya tetap kuat. Bila anak tidak bisa aktif secara fisik, maka kemungkinan jantungnya berisiko. Mengonsumsi buah naga memastikan jantung anak tetap sehat.

     

  3. Membangun tulang yang kuat

    Buah naga kaya mineral seperti potasium. Potasium bersama phenol dan flavonoid membantu tulang anak tumbuh dengan kuat dan padat mineral. Ini juga melindungi anak di masa depan dengan mencegah risiko arthritis.

     

  4. Kaya vitamin C

    Vitamin C dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan otot anak. Vitamin C juga bagus untuk gigi. Vitamin C akan membantu mengembangkan pembuluh darah anak. Vitamin C juga sumber yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

     

  5. Tinggi serat

    Kandungan serat pada buah naga sangat tinggi. Ini membantu anak menikmati sistem pencernaan yang sangat sehat. Buah naga menstabilkan kandungan gula darah. Serat pada buah naga juga membantu anak memiliki berat badan yang sehat.

     

  6. Mengatasi sembelit

    Banyak makanan mengandung gula yang menyebabkan sembelit dan gas pada anak. Jumlah serat yang tinggi pada buah naga membantu anak mencerna makanan dengan baik. Ini membantu anak buang air besar secara teratur.

     

    Buah naga kaya kandungan serat, karenanya bisa meningkatkan sistem pencernaan anak. Buah naga membantu mengatur buang air besar jadi teratur. Sehingga bila anak mengalami sembelit, memberinya buah naga bisa jadi solusi.

     

  7. Kaya vitamin A

    Buah naga jadi sumber vitamin A yang  tepat. Vitamin A membantu kulit anak tetap sehat. Vitamin A juga bagus untuk mata anak, meningkatkan penglihatan, dan melawan infeksi di tubuh.

     

  8. Manfaat buah naga untuk menguatkan rambut

    Buah naga merupakan sumber zat besi. Itu sebabnya buah naga bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah di tubuh anak. Buah ini juga memperkuat dan menutrisi rambut. Bila Anda cemas tentang rambut rontok pada anak, maka berikan buah naga. Nutrisi dari buah ini bisa meningkatkan pertumbuhan rambut si kecil.

     

  9. Menenangkan saraf

    Buah naga juga kaya potasium. Potasium merupakan mineral yang membantu fungsi jantung dan sistem saraf. Tahap pertumbuhan jadi hal penting bagi anak untuk menjaganya sehat dan bebas dari berbagai bentuk lemak jahat.

     

  10. Bagus untuk kulit

    Buah naga kaya vitamin C dan sangat bagus untuk kulit anak. Kulit anak cenderung kehilangan tekstur lembutnya karena paparan polusi. Buah naga memiliki kemampuan untuk mengembalikan kesehatan kulit.

     

  11. Menjaga kebersihan ginjal

    Kemampuan detox yang dimiliki buah naga membantu anak mengeluarkan racun dari ginjal. Ini membuat ginjal bersih dari berbagai elemen racun sehingga membantu menjaga saluran kemih yang sehat.

 

Bunda, belum diketahui adanya reaksi alergi terhadap buah naga. Tapi, buah naga bisa mengandung serbuk sari, jadi Anda perlu mewaspadai alergi ini. Selain itu, rasa buah naga sedikit asam. Itu sebabnya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter anak sebelum memberikannya buah naga. Kandungan asam pada buah naga bisa menyebabkan efek negatif pada sistem pencernaan anak.

 

Bila anak tidak memiliki alergi terhadap serbuk sari, maka buah naga yang dikeringkan bisa diberikan di usia 6 bulan. Pastikan ia diperkenalkan makanan padat sebelumnya. Buah naga bisa dicampur dengan buah lain seperti apel serta melon. Buah naga juga bisa dicampur dengan yoghurt. Buah naga bisa menambah rasa pada berbagai sajian makanan yang dapat dinikmati anak.

 

Buah naga dan kehamilan

Pola makan yang sehat selama hamil memberi manfaat untuk Anda dan bayi dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta mendukung berat badan yang sehat. Buah memberi tubuh banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan, dan buah naga jadi pilihan yang sangat bermanfaat. Buah dengan rasa manis ini biasanya berwarna merah dengan biji berukuran kecil berwarna hitam dan menjadi sumber vitamin C, karbohidrat, serta lemak yang kesemuanya sangat penting selama kehamilan.

 

Apakah aman mengonsumsi buah naga selama hamil?

Jangan khawatir, Bunda. Anda bisa menikmati buah naga ketika hamil. Bahkan, konsumsi buah naga memberi manfaat tinggi untuk kesehatan Anda dan janin. Nutrisi buah naga tidak hanya memastikan kehamilan yang sehat tapi juga melindungi janin dari beberapa cacat lahir dan masalah kesehatan. Jadi pastikan Anda makan buah naga dalam jumlah yang tepat selama hamil.

 

Manfaat buah naga selama kehamilan

Tampilan buah naga yang segar dan berwarna merah bisa menggugah selera di saat Anda hamil, tapi Anda perlu mewaspadai semua yang Anda makan. Ketika mengonsumsi buah naga atau makanan baru lainnya, Anda perlu tahu apakah aman bagi wanita hamil dan apakah ada manfaat kesehatannya. Buah naga tidak hanya memenuhi keinginan untuk makan selama hamil, tapi juga memberi beberapa manfaat kesehatan.

 

Nah, berikut ini manfaat buah naga selama kehamilan:

 

  1. Mencegah cacat lahir

    Folat jadi salah satu nutrisi penting bagi wanita hamil. Buah naga mengandung jumlah folat yang baik dan membantu melindungi janin dari cacat tabung saraf. Selain itu, buah bernutrisi ini penuh vitamin bermanfaat, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin lainnya, yang meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan janin.

     

  2. Meningkatkan perkembangan tulang

    Kandungan kalsium pada buah naga membantu memperkuat tulang dan gigi selama hamil. Ditambah lagi, kalsium dan fosfor pada buah ini memastikan perkembangan tulang janin yang baik selama hamil.

     

  3. Meningkatkan hemoglobin

    Buah naga mengandung zat besi dan vitamin C dalam jumlah tinggi yang membantu meningkatkan hemoglobin selama hamil. Tingkat hemoglobin yang baik mencegah risiko perkembangan anemia dan efek sampingnya.

     

  4. Mengatasi konstipasi

    Kandungan serat pada buah naga membantu melancarkan pencernaan, buang air besar, dan mencegah risiko konstipasi selama hamil. Selain itu, nutrisi di buah ini memberi efek membersihkan dan mencegah perkembangan beberapa gangguan pencernaan.

     

  5. Mencegah infeksi mikroba

    Kandungan antibakteri dan anti jamur pada buah naga menghalangi pertumbuhan bakteri dan infeksi jamur di sistem organ dan membantu Anda melawan bakteri berbahaya dan infeksi jamur selama hamil. Selain itu, konsumsi buah naga saat hamil meningkatkan regenerasi sel dan menyembuhkan luka secara efektif.

     

  6. Mencegah kanker

    Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah naga membantu menetralkan aktivitas radikal bebas, meningkatkan kekebalan, dan mencegah risiko perkembangan kanker selama hamil. Selain itu, kandungan karoten di buah ini memberi manfaat anti karsinogen dan menghalangi pertumbuhan tumor.

     

  7. Memberi energi

    Karbohidrat menjadi sumber energi penting yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan janin yang baik. Buah naga jadi sumber karbohidrat alami yang memberi energi cukup selama  kehamilan. Dengan hanya 100 gram buah naga bisa memberi Anda sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Bukankah ini jadi manfaat buah naga yang besar selama kehamilan?

     

  8. Sumber lemak yang sehat

    Lemak pada buah naga tidak hanya memberi Anda energi tapi juga meningkatkan pembentukan otak janin. Hanya dengan satu sajian buah naga memberi Anda sekitar 0,1 hingga 0,6 gram lemak tak jenuh tunggal.

     

Cara memilih buah naga

Buah naga atau buah yang bersisik ini banyak ditemukan di negara-negara Asia seperti Thailand, Malaysia, serta Indonesia dan menjadi bahan makanan orang Asia. Bila Anda ingin menikmati buah naga yang manis, Anda bisa memilih buah yang matang dan siap disantap.

 

  • Langkah 1

    Perhatikan kulit luar buah naga. Buah naga biasanya berwarna pink cerah atau kekuningan. Cari kulit buah yang merata warnanya dan hindari memar atau bekas sayatan pisau. Bagian buah seharusnya memiliki warna yang sama secara merata. Bercak warna bisa jadi tanda buah terlalu masak.

     

  • Langkah 2

    Sentuh batang buah naga. Batang buah naga yang rapuh menandakan buah yang terlalu matang, jadi cari batang yang sedikit lentur.

     

  • Langkah 3

    Perhatikan bagian daun yang menutupi bagian luar buah. Warnanya harus cerah, tanpa warna kecoklatan di ujungnya, yang menandakan buah terlalu matang.

     

  • Langkah 4

    Tekan dengan jari bagian kulit buah naga. Buah naga yang matang akan sedikit tertekan seperti alpukat atau mangga yang matang. Bila jari menekan buah terlalu mudah atau terlalu keras, pilih buah naga lain.

     

  • Langkah 5

    Cium buah naga, cari aroma yang ringan. Ini jadi tanda daging buah di dalam sudah matang dan manis.

     

  • Langkah 6

    Letakkan buah naga di suhu ruang untuk membuatnya matang. Buah naga sudah matang bila warna pink atau kuning di bagian luar menjadi gelap, setelah itu Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin selama sekitar 5 hari.

(Ismawati)