Balita Dibaca 2,859 kali

Dari 19 Mainan Ini, Manakah Yang Cocok Untuk Anak Anda?

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati
Dari 19 Mainan Ini, Manakah Yang Cocok Untuk Anak Anda?

Mainan Untuk Bayi Yang Belum Aktif Bergerak

Pada beberapa bulan pertamanya, sebelum ia belajar menggenggam atau duduk, bayi Anda sangat memperhatikan benda yang bisa ia lihat dan dengar. Awalnya ia belum bisa melihat dengan jelas, kemudian ia bisa melihat pada jarak 8 hingga 15 inci, meski di bulan pertama ia hanya mampu melihat jelas pada jarak sekitar 12 inci. Ia bisa mengenali wajah Anda pada usia 1 bulan, tapi ia juga menyukai gambar-gambar wajah berukuran besar.

Pola kontras dan warna cerah menarik perhatiannya karena lebih mudah dilihat. Ia sudah belajar mengenal suara dan musik yang lembut. Objek yang bergerak lambat dan menghasilkan suara lembut lebih menarik baginya dibanding benda yang diam.

Nah, buat Bunda yang bingung mau memberikan mainan yang seoerti apa untuk si kecil yang usianya baru 1 bulan ini, Ibupedia daftar mainan yang sesuai untuk buah hati Anda. Simak yuk!

  • Lonceng angin. Bayi menyukai musik, jadi gantungkan lonceng ini di tempat ia bisa melihatnya bergerak dan mendengar suaranya. Jika lonceng berada di dekat tempat tidurnya, ia akan punya kebiasaan memperhatikannya beberapa menit sebelum tertidur. Sesekali gendong si kecil agar ia bisa membunyikan sendiri lonceng dengan sentuhan tangannya.

  • Mainan yang dipegang. Pandangan yang pendek membuat bayi menyukai apapun yang Anda dekatkan pada matanya. Ia belum mampu memegang mainan, tapi ia menunjukkan kesukaannya dengan memukul-mukul objek yang ia sukai.

  • MP3 player atau kotak musik. Musik menjadi salah satu cara terbaik untuk menghibur dan menenangkan bayi. Mainkan berbagai variasi musik dan lihat responnya.

  • Play gym. Biasanya terdiri dari alas bermain dan satu atau dua lengkungan untuk menggantung berbagai objek. Bayi Anda bisa memukul, menarik, memutar atau menggoyang mainan yang tergantung. Play gym sangat bagus untuk bayi yang belum bisa duduk. Mungkin si kecil tidak lagi menyukai mainan ini jika ia sudah bisa berguling.

  • Mainan sensoris. Mainan lembut yang bergetar atau berbunyi saat ditekan bisa  menenangkan bayi. Bunyi yang tiba-tiba terdengar dari mainan jenis ini membantunya menyadari apa yang bisa dilakukan kedua tangannya.

  • Teether warna-warni. Teether berisi silikon padat lebih baik dibanding yang berisi cairan, yang bisa bocor dan tidak steril. Untuk meredakan rasa nyeri saat tumbuh gigi, dinginkan teether di lemari pendingin sebelum memberikannya pada bayi. Jangan simpan teether di freezer karena terlalu dingin dan bisa merusak gusi bayi.

  • Mainan bergerak. Objek bergerak bisa menambah dimensi pandangan horizontal bayi. Carilah benda dengan warna dan pola kontras. Umumnya bayi menyukai benda bergerak yang mengeluarkan suara. Untuk alasan keamanan, jauhkan benda bergerak dari jangkauan bayi. Benda bergerak bisa berbahaya, jadi jangan letakkan atau gantung di atas tempat tidurnya. Tapi Anda bisa meletakkannya di langit-langit segaris dengan penglihatan bayi.

  • Activity bar. Benda ini untuk menggantung mainan berbunyi, mainan yang bisa ditarik dan cocok diletakkan pada kursi getar atau car seat. Saat berkendara dengan mobil, bayi akan terhibur dengan mengeksplorasi semua objek yang menarik dan bersuara di depannya.

  • Kaca anti pecah. Meski bayi tidak menyadari ketika melihat dirinya sendiri di cerrmin, ia menyukai refleksi dirinya. Di usia 3 bulan, ia akan mulai tersenyum saat melihat dirinya. Pilihlah cermin yang bisa Anda gantung di dekat meja ganti atau di depan bayi saat ia tengkurap.

  • Soft book dengan pola kontras. Soft book dengan pola atau dekorasi yang mudah dilihat cocok untuk bayi. Bunda bisa berbaring di sisinya agar ia bisa melihat Anda membalik halaman buku saat membaca keras untuknya.

  • Kaos kaki rattle. Tempelkan rattle di pergelangan kaki bayi atau gunakan kaos kaki yang disertai rattle untuk menghibur bayi saat ia bereksperimen dengan suara baru yang ia buat sendiri.

  • Karpet bermain. Gelar karpet bermain di lantai sehingga bayi Anda berada di permukaan yang bersih untuk bermain dimanapun. Banyak karpet bermain yang disertai kait di bagian sisinya agar Anda bisa menggantungkan mainan kesukaannya.

Mainan Untuk Bayi Yang Aktif Bergerak

Menjelang bayi berumur 9 atau 10 bulan, ia biasanya sudah bisa berkeliling rumah dengan cara merangkak atau merambat. Pada usia 12 bulan, ia sudah bisa berdiri bahkan berjalan. Bayi juga mulai menggunakan objek sebagai alat, mendorong bola dengan tongkat atau mengambil wortel di piring dengan sendok. Ia kini lebih tertarik dengan permainan interaktif. Gelitiki dia dan ia akan menggelitik Anda. Bicaralah di telepon, lalu berikan gagang telepon padanya agar ia bisa mengoceh lalu mengembalikannya pada Anda.

Keterampilannya untuk memecahkan masalah juga meningkat. Ia akan membuka tutup wadah untuk mendapat mainan yang ia lihat.  Ia mulai mengerti kata dan mengenali nama benda yang sering dilihat atau digunakan.

Bayi yang bebas bergerak memiliki rasa penasaran yang lebih. Ia ingin bergerak, menggenggam, dan menggapai semua yang dulunya tidak bisa. Jadi berhati-hati ya Bun dengan pengamanan di rumah Anda. Biasanya bayi pada usia ini senang memasukkan apa saja ke mulut, jadi berikan mainan yang sesuai dengan usianya.

  • Penyortir bentuk. Mencari tahu kenapa balok bentuk kubus tidak bisa masuk ke lubang lingkaran menjadi tantangan tersendiri bagi si pemecah masalah. Anda juga bisa memberinya wadah plastik dan beberapa bola dan balok, lalu lihat asyiknya ia bermain.

  • Mainan dorong. Mainan ini memberi anak kesempatan untuk berlatih kemampuan berjalan. Pilih yang bebannya berat, agar bayi bisa bersandar pada mainan ini dan satu atau dua kali melangkah. Kebanyakan bayi di usia ini masih terlalu kecil untuk mainan yang ditarik. Mainan yang ditarik lebih baik untuk bayi yang sudah berjalan lancar dan bisa melihat ke belakang saat bergerak ke depan.

  • Buku. Di usia ini, anak memiliki rasa ingin tahu pada buku tiga dimensi dengan karakter yang bisa timbul, tekstur yang bisa digosok, atau hewan yang bisa disentuh.

  • Balok. Penting untuk dimiliki bayi Anda di usia ini. Balok mengasah kemampuan menyusun bayi. Ia mungkin hanya bisa menumpuk beberapa balok, tapi cukup menyenangkan baginya. Mulailah dengan balok besar dari kayu tanpa warna, lalu beralih ke balok besar dari plastik yang berderet bersamaan.

  • Bola. Bermain bola akan jauh lebih menyenangkan ketika ia sudah bisa berdiri dan memantulkan bola di atas lantai. Bayi juga menyukai bola berisi udara yang mengeluarkan bunyi atau musik.

  • Telepon mainan. Bayi suka meniru orang tua. Meski ia tidak bisa berkata banyak, bayi Anda akan berusaha berkomunikasi dengan memegang telepon dan menekan tombol. Semakin nyata bentuk telepon, semakin baik.

  • Ember dan sekop. Kedua alat ini penting jika aktivitas favorit anak Anda adalah mengisi dan mengosongkan. Bawa mainan ini ke kotak pasir atau taman dan anak Anda akan sibuk dan senang bermain.

(Ismawati)