Balita

Dari Pop It Sampai Kaktus, Mainan Viral Anak Tahun 2021

Dari Pop It Sampai Kaktus, Mainan Viral Anak Tahun 2021

Sepanjang tahun 2021 ini kita masih dihadapkan dengan pandemi yang terbilang cukup membuat orang tua yang memiliki anak kecil menjadi lebih waspada. Alhasil anak-anak jadi lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain di rumah dengan mainannya.

Karena itu, akhir-akhir ini muncul beragam mainan unik yang pada awalnya dipopulerkan melalui media sosial TikTok. Mainan viral anak tersebut bahkan juga dimiliki oleh beberapa anak selebritis terkenal seperti Rafathar, yang merupakan anak dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Mainan viral anak yang lagi trend sepanjang tahun 2021

Meski beberapa memiliki manfaat untuk si kecil, namun mainan viral ini terkadang membuat orang tua gemas dengan fungsinya. Misalnya saja seperti kaktus peniru suara yang menari atau pop it yang ternyata cara bermainnya sesederhana itu.

Bahkan harga mainan-mainan tersebut terbilang juga tidak murah ya Bu. Namun, alih-alih menyenangkan hati si kecil orang tua pun rela membelikan mainan tersebut agar si kecil tetap anteng dan tidak merengek ingin bermain ke mall di saat pandemi. 

Lalu apa saja sih mainan viral anak yang populer tahun 2021? Berikut adalah listnya!

1. Pop It Fidget Toys


Seperti Fidget Spinner, mainan yang sempat populer beberapa tahun lalu ternyata Pop It juga menjadi salah satu mainan viral anak sepanjang tahun 2021 yang cukup digandrungi oleh si kecil. Di awal kepopulerannya, mainan ini tergolong memiliki harga yang tidak murah.

Yakni berkisar mulai dari Rp 30 ribu hingga ratusan ribu, tergantung dari jenis dan ukurannya. Mainan ini juga memiliki variasi bentuk dan warna yang berbeda-beda.

Untuk memainkannya, kita dapat memencet pop it masuk dan kemudian membaliknya, lalu melakukannya lagi secara berulang. Mainan ini bukan cuma menghibur tapi juga bisa melatih motorik dan sensorik anak usia dini lho.

Bahkan melansir Parents pop it merupakan mainan yang tergolong fidget toys yang dapat melatih otak anak untuk tetap fokus. Mainan ini juga bermanfaat bagi anak dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Jadi membelikan si kecil mainan viral anak yang satu ini sebenarnya nggak ada salahnya. Asalkan tetap perhatikan bahan pembuatannya terbuat dari silikon yang dijamin aman untuk si kecil.

2. Pistol lollipop


Photo source: Tokopedia

Pistol lolipop atau lolipop gun memang cukup populer di sosial media TikTok. Mainan ini sebenarnya merupakan mainan pistol yang di dalamnya terdapat ruang untuk menyimpan lolipop.

Pengoprasiannya pun cukup sederhana, yakni hanya perlu memasang permen lolipop, lalu menarik pelatuknya. Nantinya lolipop akan mengeluarkan cahaya berkedip dan menghasilkan berbagai macam suara. 

Mainan anak viral yang satu ini memang pertama kali dipopulerkan oleh para TikTokers asal Korea Selatan yang kini sudah banyak di jual di Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau.

3. Kaktus peniru suara


Photo source: Blibli

Kaktus peniru suara atau jika Ibu mencari mainan viral anak yang satu ini di e-commerce, kebanyakan menyebutnya sebagai kaktus joget. Sebab, selain bisa menirukan suara ternyata mainan viral anak ini juga bisa menari sesuai dengan irama lagu.

Kaktus joget ini pengoprasiannya juga cukup mudah, karena hanya memiliki dua tombol saja. Jika baterainya habis, mainan ini pun juga cukup di charge hingga penuh dan kemudian bisa dimainkan kembali.

Sayangnya, mainan kaktus joget ini nggak bisa diatur volumenya ya Bu. Sehingga suaranya cukup kencang dan mengganggu. Biasanya mainan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 80 ribu-an.

4. Mainan ikan tepuk-tepuk anak


Photo source: Shopee

Kesulitan menidurkan si kecil karena harus di tepuk-tepuk? Mungkin Ibu butuh mainan yang satu ini. Yup, mainan ikan tepuk-tepuk merupakan mainan viral anak yang cukup populer sepanjang tahun 2021.

Mainan ini mengklaim bahwa bisa membantu Ibu menidurkan si kecil dalam waktu sekejap, apabila mainan tersebut di letakkan di punggung anak. Tapi nggak hanya itu, mainan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai mainan untuk hewan kesayangan di rumah agar menjadi lebih atraktif lho. 

Siapa yang sudah punya mainan ini di rumah?

5. Bubble kamera


Photo source: Amazone

Mainan bubble kamera elektrik ini di desain mirip dengan bentuk kamera polaroid. Kalau biasanya kamera tersebut mengeluarkan hasil foto, maka mainan ini mengeluarkan gelembung. Mainan anak yang lagi trend yang satu ini juga bisa dibawa kemana-mana dan bisa diisi ulang dengan sabun gelembung dengan mudah.

Selain itu harga mainan ini pun tergolong cukup murah yakni sekitar Rp 30 ribu-an saja. Terdapat motif yang sesuai dengan keinginan anak seperti hello kitty, panda dan lain sebagainya.

6. Papan tulis anak LCD


Photo source: Shopee

Dari pada membekali anak dengan gadget lebih baik asah keterampilan anak dengan menggunakan papan tulis anak LCD yang satu ini. 

Mainan viral anak yang populer awal tahun 2021 ini membuat anak lebih mudah menggambar dan sudah menggunakan teknologi pressure sensitivity sehingga menggambar pada tablet ini hampir sama dengan menggambar pada secarik kertas.

Papan tulis tablet digital ini bersifat mild sehingga tidak menimbulkan radiasi yang membahayakan mata si kecil. Bahkan nggak perlu diisi baterai layaknya sebuah gadget lho Bu. Harganya pun cukup terjangkau yakni mulia dari Rp 30 ribu-an saja.

7. Mini bumper car


Photo source: ELC

Mainan viral anak yang satu ini cocok buat Ibu yang memiliki ruangan bermain cukup luas di rumah. Meski harganya cenderung mahal, namun mainan ini memang sedang viral dan cukup digandrungi oleh anak-anak.

Mainan ini merupakan Bombom car versi mini yang menggunakan tenaga aki untuk menggerakannya. Bisa berputar 360 derajat dan bisa di charge selayaknya handphone. Kalau si kecil belum bisa mengendarainya, ada remote kontrol yang juga bisa diarahkan oleh orang tua sehingga anak tetap bisa bermain dengan nyaman.

Itulah beberapa list mainan viral anak selama 2021 yang cukup populer setahun belakangan. Kalau si kecil di rumah sempat punya yang mana nih, Bu?

Editor: Dwi Ratih