Balita Dibaca 53,922 kali

Gigi Tumbuh Dan Gigi Tanggal Pada Anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 29 September, 2017 05:09

Gigi Tumbuh Dan Gigi Tanggal Pada Anak
Saat si kecil mulai tumbuh gigi, ini akan menjadi masa yang kurang nyaman tidak hanya bagi si kecil tapi tentu juga bagi Bunda. Anda perlu mengetahui informasi lebih jauh tentang proses tumbuh gigi pada anak agar tidak terlalu awam dengan salah satu fase tumbuh kembangnya ini. Nah, jika Bunda bertanya-tanya usia berapakah si kecil akan mulai tumbuh gigi, kami akan memberikan panduan secara umum tentang rentang waktu gigi yang tumbuh dan tanggal pada anak. Simak yuk!

Gigi Pertama Anak : Mulai Dari 3 Bulan

Bayi yang telah memiliki gigi di usia tiga bulan masih dikategorikan normal. Bahkan ada bayi yang lahir dengan gigi yang telah tumbuh. Usia paling lambat untuk kemunculan gigi pertama adalah pada umur satu tahun. Normalnya, pada usia 5 bulan atau pada rentang umur 4 hingga 10 bulan, pertumbuhan gigi si kecil dimulai.
Gusi bayi Anda akan bengkak dan berwarna kemerahan. Hal ini disebabkan gigi sedang berusaha untuk keluar menembus gusi. Di usia 8 bulan atau pada rentang 6 hingga 10 bulan, gigi pertama akan muncul biasanya pada bagian tengah bawah atau gigi seri bagian bawah. Dua gigi seri ini biasanya muncul pada waktu yang bersamaan. Gigi bagian bawah akan muncul sebelum gigi bagian atas.

Gigi Pada Anak Usia 8-12 Bulan

Pada umur 8 hingga 12 bulan, gigi tengah atas atau gigi seri bagian atas mulai terlihat. Bayi perempuan biasanya mengalami tumbuh gigi lebih dulu dibanding bayi laki-laki. Di usia 11 hingga 12 bulan, dengan kisaran rentang antara 10 hingga 16 bulan, gigi bawah bagian tengah, di sebelah gigi seri pertama, memberi pertanda akan muncul. Gigi biasanya muncul berpasangan, satu di kiri dan satu di kanan.

Gigi Pada Anak Usia 9-13 Bulan

Memasuki usia batita, yaitu pada usia 12 bulan atau pada rentang umur 9 hingga 13 bulan, gigi tengah bagian atas atau gigi seri samping muncul ke permukaan. Jika bayi Bunda belum juga menunjukkan tanda tumbuh gigi di usia satu tahun, bicarakan hal ini kepada dokter. Tapi jangan juga panik, beberapa anak memang tidak menunjukkan akan mengalami tumbuh gigi hingga beberapa bulan setelah ulang tahun pertamanya. Namun pada akhirnya tidak ada masalah berarti dalam pertumbuhan giginya.

Gigi Pada Anak Usia 13 Bulan Ke Atas

Di umur 15 bulan atau pada rentang sekitar 13 hingga 18 bulan, geraham pertama muncul di bagian bawah dan atas pada waktu yang hampir bersamaan. Kemudian pada usia 26 bulan, atau pada rentang 23 hingga 31 bulan gigi paling belakang, atau geraham ke dua muncul pada bagian bawah. Memasuki masa pra sekolah, pada rentang bulan 25 hingga 33, barulah geraham ke dua di atas muncul menyusul geraham bagian bawah. Pada usia 3 tahun, bayi Anda telah memiliki sebanyak 20 gigi susu. Di usia 4 tahunnya, tulang rahang dan wajah mulai terbentuk, sehingga terbentuk jarak antara gigi susu yang nantinya menjadi tempat tumbuhnya gigi permanen.

Cara Menjaga Gigi Anak

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga gigi si kecil tetap sehat dan kuat:
  • Gosok gigi anak Anda dengan menggunakan air keran. Air keran mengandung fluoride, sedangkan air botolan tidak. Fluoride dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Terlalu banyak fluoride mengakibatkan noda putih di gigi, tunggu hingga ia berusia dua tahun untuk menggunakan pasta gigi berfluoride.
  • Jangan biarkan si kecil tertidur dengan botol atau gelas minum masih berada di mulutnya, sisa susu atau jus yang tertinggal pada bagian belakang dua gigi depannya dapat menyebabkan lubang.
  • Ajak ia memeriksakan gigi untuk pertama kali di usia satu tahun. Dokter akan memeriksa bila ada tanda awal kerusakan gigi.

Gigi Susu Tanggal

Di usia 12 tahun, anak Anda telah memiliki 28 gigi permanen atau gigi dewasa. Empat gigi geraham bungsu akan muncul saat ia menginjak usia 16 atau 19 tahun. Gigi-gigi susunya akan tanggal satu-persatu saat usia anak Anda memasuki 6 hingga 12 tahun. Pada beberapa tahun ini, giginya merupakan komposisi dari gigi susu dan gigi permanen.
Gigi bisa tanggal tanpa urutan yang teratur, tapi biasanya gigi anak Anda akan tanggal dengan urutan yang sama saat gigi muncul. Gigi tengah bawah biasanya yang pertama kali tanggal pada usia 6 hingga 7 tahun, lalu diikuti gigi pada sisi sebelahnya pada umur 7 atau 8 tahun. Dua gigi tengah atas akan tanggal setelahnya. Berikutnya, gigi geraham bisa tanggal kapan saja, tapi kemungkinan akan terjadi pada usia 9 atau 12 tahun.
Gigi susu biasanya tidak akan tanggal hingga gigi permanen mendorong gigi susu untuk menggantikannya. Beberapa anak ada yang kehilangan gigi pertamanya di usia 4 tahun tapi ada juga yang mengalaminya saat berumur 7 tahun. Pada umumnya, semakin muda usia anak saat gigi pertamanya tumbuh, semakin awal juga gigi tersebut akan tanggal. Bisa saja anak kehilangan giginya sebelum gigi permanen siap menggantikan. Hal ini kemungkinan karena kecelakaan atau penyakit pada gigi. Biasanya dokter gigi akan menggunakan penjaga jarak pada gigi yang tanggal hingga gigi permanen tumbuh. Ini dilakukan untuk mencegah masalah pada jarak antar gigi.
Bila si kecil mulai kehilangan gigi sebelum usia 4 tahun, Anda perlu berkonsultasi pada dokter gigi untuk memastikan tidak ada penyakit sebagai penyebabnya. Untuk beberapa kasus, ada anak yang tidak kehilangan giginya hingga ia mencapai usia 7 atau 8 tahun. Mungkin tidak ada masalah yang terjadi, tapi akan lebih baik bila Anda meminta dokter gigi melakukan penyinaran sinar X untuk mengetahui penyebabnya.

Cara Mencopot Gigi Anak Yang Tanggal

Bila gigi anak Anda memberi pertanda akan tanggal, minta si kecil menggoyangkannya dengan pelan. Gigi yang akan tanggal biasanya bisa digerak-gerakkan karena akar dibawahnya sudah tidak menyatu lagi. Tapi ingatkan ia untuk tidak mencopot gigi secara paksa karena akar gigi yang sudah hancur dapat menjadi semakin mudah terserang infeksi. Gigi yang sudah goyah tapi tidak juga tanggal perlu ditarik oleh dokter gigi, tapi situasi ini hampir tidak pernah terjadi.
Gigi yang tanggal tidak mengakibatkan rasa sakit seperti saat gigi tumbuh. Jika anak Anda berusia 5 atau 6 tahun dan ia mengeluhkan rasa sakit di bagian belakang mulutnya, kemungkinan itu adalah gigi geraham yang akan tumbuh. Tidak ada gigi susu di sana yang tanggal lebih dulu. Penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau acetaminophen dapat membantu mengurangi rasa sakit. Tapi rasa sakit ini tidak akan berlangsung lama.
Gigi-gigi yang baru tumbuh ini akan terlihat lebih besar terutama untuk beberapa gigi yang muncul pertama. Hal ini karena gigi tersebut merupakan gigi dewasa. Warnanya juga tidak seputih gigi susu. Kadang sepasang gigi baru muncul sebelum gigi lama hilang. Mengakibatkan dua baris gigi seperti tumpang tindih. Tapi ini hanya untuk sementara waktu, kadang kondisi ini dikenal dengan istilah gigi hiu.
Kini menggosok gigi menjadi lebih penting dari sebelumnya. Anda mungkin perlu mengawasi kegiatan ini hingga anak Anda berumur 8 tahun. Ganti sikat gigi setiap dua atau tiga bulan untuk mengurangi bakteri berbahaya dan menjaga fungsi sikat gigi tetap baik. Pastikan juga anak Anda mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun.
(Ismawati)