Balita

Hadiah Ulang Tahun yang Cocok untuk Anak Usia Satu Tahun

Hadiah Ulang Tahun yang Cocok untuk Anak Usia Satu Tahun

Anak Bunda sudah beranjak 1 tahun? Tak ada salahnya kan merayakan hari lahirnya meski dengan cara yang sederhana. Ada pesta ulang tahun pasti ada juga kado istimewa untuk si buah hati. Berikut ini beberapa jenis hadiah yang pas sekali untuknya. Ini juga bisa dijadikan rekomendasi saat ada anak teman yang berulang tahun ke satu lho Bun!

  1. Mainan Balok

    Mainan balok bisa mengasah kreativitas serta kemampuan motorik kasar dan halus. Anda bisa gunakan wadah kosong lalu isi dengan balok aneka bentuk, ukuran, dan warna. Hati-hati dengan sudut yang tajam dan bagian berukuran kecil yang bisa berbahaya bagi anak. Anak merasa senang saat bisa menyusun menara tinggi dari balok-balok ini lalu merobohkannya. Mainan ini akan jadi benda favoritnya.

    Menyusun balok menjadi cara untuk mengasah kemampuan belajar anak. Balok mengajarkan pemikiran yang logis, kreativitas, serta koordinasi fisikal anak. Anda bisa mulai dengan memberikan balok bertekstur lembut yang tidak memiliki sudut tajam. Balok yang lembut mudah dipegang bayi. Warna dan polanya bermacam-macam dan biasanya terbuat dari kain. Ketika sudah bertambah besar, Anda bisa memperkenalkannya pada balok kayu. Balok dengan alfabet dan angka sangat populer sebagai alat pengajaran.

  2. Mainan Dorong

    Pilihan mainan lain untuk ulang tahun pertamanya adalah mainan dorong, yang bisa ia gunakan ketika mulai berjalan. Pilih bentuk seperti kereta belanja atau yang menyerupai vacuum cleaner.

    Anak Anda akan menyukai mainan ini. Jika ia sedang belajar berjalan, memegang mainan dorong akan memberinya panduan secara alami untuk melihat ke depan, menghindari hambatan, dan bermanuver. Sebenarnya ia suka mendorong apa saja yang bisa didorong. Jika mainan dorong memiliki roda, gerakannya akan lebih mulus, terutama di atas karpet.

    Menggunakan mainan yang ditarik lebih rumit dibanding mainan dorong. Selain melihat dan bergerak ke depan, anak harus menahan lengan belakangnya dan melihat ke belakang untuk memastikan mainannya bergerak.

  3. Telepon Mainan

    Kebanyakan anak usia satu tahun menyukai telepon mainan, terutama karena milik Ayah atau Bunda tidak bisa leluasa ia gunakan. Saat anak mengangkat teleponnya, ambil handphone Anda dan lakukan pembicaraan. Si anak mungkin belum banyak mengucapkan kata, tapi ia tetap menyukainya.

  4. Buku

    Momen ulang tahun jadi waktu yang tepat untuk menambah koleksi buku si kecil. Pilih buku dengan gambar berwarna cerah, yang bisa menstimulasi mata anak saat Anda membacakannya.

    Anda mungkin penasaran dengan manfaat membacakan buku bagi bayi. Anak usia 1 tahun belum mengerti semua yang Anda bacakan untuknya. Tapi tak perlu menunggu hingga anak bisa mengerti apa yang Anda katakan untuk mulai berbicara padanya bukan?  Membacakan buku pada bayi menjadi aktivitas bersama yang menyenangkan yang bisa Anda lanjutkan hingga beberapa tahun ke depan. Ini menjadi bentuk stimulasi yang penting.

    Membacakan buku memberi manfaat antara lain:

    • Membangun kemampuan mendengar, mengingat, dan kosa-kata.

    • Mengajarkan bayi berkomunikasi.

    • Memberi bayi informasi tentang dunia di sekitarnya.

    • Memperkenalkan konsep seperti angka, huruf, warna, dan bentuk dengan cara yang menyenangkan.

    Percaya atau tidak, menjelang usia satu tahun, anak Anda telah belajar tentang semua suara yang diperlukan untuk menggunakan bahasa ibu. Semakin banyak cerita yang dibacakan, semakin banyak kosa-kata yang didengar anak sehingga semakin baik kemampuannya untuk berbicara.

    Mendengar pelafalan kata membantu membangun jaringan kata di otak bayi. Anak yang orang tuanya sering membacakan cerita mengetahui lebih banyak kata di usia 2 tahun dibanding anak yang tidak dibacakan cerita. Dan anak yang dibacakan buku cerita di tahun-tahun awal kehidupannya kemungkinan dapat belajar membaca pada waktu yang tepat.

    Ketika Anda membacakan buku, anak mendengar Anda menggunakan emosi dan ekspresi suara yang berbeda, yang membangun perkembangan sosial dan emosionalnya. Membaca juga mengajak bayi melihat, menunjuk, menyentuh, dan menjawab pertanyaan, semua ini menunjang kemampuan sosial dan berpikir. Bayi juga meningkatkan kemampuan berbahasa melalui meniru suara, mengenal gambar, dan mempelajari kata.

    Tapi alasan paling penting untuk membacakan buku pada bayi adalah membangun hubungan antara Anda dan si kecil. Bayi yang dibacakan buku merasa senang dan gembira, mereka mulai mengasosiasikan membaca buku sebagai aktivitas yang menyenangkan.

  5. Mainan Susun

    Bagi kebanyakan anak usia 1 tahun, tak ada yang lebih mengasyikkan selain wadah kosong yang disusun sehingga tertata apik. Mainan yang disusun membantu anak memahami hubungan spasial. Kini banyak tersedia produk mainan susun dengan konstruksi yang kuat serta warna dan pola menarik.

  6. Alat makan

    Makanan anak umur satu tahun sudah berupa makanan padat dan finger food, juga ASI maupun susu formula. Anak usia satu tahun kini perlu memiliki piring, mangkuk, sendok, dan alat makan lainnya. Pilih set dengan bentuk atau gambar karakter seperti Winnie the Pooh atau Mickey Mouse. Cari produk yang aman bagi anak dan terbuat dari plastik yang tidak mudah pecah.

  7. Mainan Saat Mandi

    Ketika usianya satu tahun, saatnya mengubah waktu mandi menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ubah bak mandi menjadi kolam renang kecil dilengkapi dengan keranjang penuh mainan, mulai dari washlap berbentuk kepala gajah, sabun bentuk ikan, handuk bergambar burung, serta mainan bebek dari karet.

  8. Mainan Bersuara

    Batita suka mengeluarkan suara. Dengan mengeluarkan suara ia bisa mendapat perhatian dari dunia di sekitarnya. Jadi jika Anda ingn menyenangkan hati anak usia satu tahun, beri mainan yang berbunyi atau menghasilkan musik. Anda bisa belikan tamborin mainan atau pot logam dan sendok kayu, dan ia akan memainkan musiknya sendiri.

  9. Penyortir Bentuk

    Menyelesaikan tantangan untuk mencocokkan bentuk bulat dengan lubang melingkar menjadi pencapaian besar bagi batita. Penyortir  bentuk mengajak anak mengasah kemampuan mencocokkan bentuk serta membantu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Bahan pembuatnya bisa dari kayu atau material yang lembut. Apapun yang Anda pilih, si kecil akan menyukainya.

    Penyortir bentuk merupakan salah-satu mainan klasik bayi. Ada tantangan menyenangkan saat memainkannya. Dengan mencari tahu bagaimana memasukkan tiap bentuk ke lubang yang sesuai, anak belajar mengkategorikan dan akhirnya menyebutkan nama bentuk. Antara umur 15 dan 18 bulan, anak mulai mengembangkan koordinasi tangan dan mata serta kemampuan memecahkan masalah yang dibutuhkan untuk menyortir.

    Untuk memulai, sediakan balok beda bentuk atau tutup wadah makanan untuk dipisahkan dalam beberapa ember. Ketika bermain dengan bentuk berbeda, sebutkan namanya agar ia bisa familiar dengan kosa-kata tersebut.

    Jangan khawatir jika anak hanya suka menjatuhkan mainan ini saat pertama Anda memberikannya. Mulailah dengan bentuk sederhana seperti lingkaran dan persegi, lalu tunjukkan bagaimana menemukan lubang yang sesuai. Perlahan bimbing tangannya hingga tiap bentuk sesuai. Selanjutnya biarkan ia melakukannya sendiri.

(Ismawati)