Balita

Intip Cara Membuat Bone Broth yang Sedang Hits yuk!

Intip Cara Membuat Bone Broth yang Sedang Hits yuk!

Cara membuat bone broth saat ini sedang sangat diminati oleh para Ibu-Ibu di seluruh dunia terutama bagi mereka yang sadar bahwa bone broth sapi sangat baik untuk kesehatan. Cara membuat bone broth untuk bayi dapat mudah ditemui di berbagai media internet saat ini. 

Banyak yang meyakini bahwa manfaat bone broth untuk bayi tidak diragukan lagi. Sebelum tahu lebih lanjut tentang cara bikin bone broth, simak dulu yuk ulasan selengkapnya mengenai bone broth untuk bayi berikut ini.


Apa itu Bone Broth?

Melansir dari laman Healthline, bone broth atau kaldu tulang merupakan kaldu yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan cara membuat bone broth ini adalah dengan merebus tulang dan jaringan ikat pada hewan. Tulang dan jaringan ikat hewan yang digunakan biasanya adalah sapi, domba, banteng, kerbau, daging rusa, ayam, ikan, hingga babi. 

Sementara itu, jaringan ikat pada hewan yang dipilih biasanya ada pada bagian kaki, paruh, rempela, bagian buntut, tulang sumsum, hingga sirip. Cara membuat bone broth juga cukup beragam dan pemilihan hewan yang digunakan diperbolehkan sesuai selera dan kepercayaan masing-masing. 

Namun saat ini, bone broth sapi yang paling sering dibuat dan diberikan sebagai pelengkap makanan pendamping ASI bagi si kecil. Cara membuat bone broth yang benar akan menghasilkan kaldu tulang yang pada nutrisi serta dapat digunakan untuk membuat sup, saus, dan juga sebagai minuman kesehatan.


Cara Membuat Bone Broth

Cara membuat bone broth cukup mudah, ada yang menggunakan resep khusus, namun ada juga yang mengandalkan insting kuat para Ibu. Pada dasarnya, cara membuat bone broth hampir sama ketika Ibu membuat kaldu sayur, kaldu daging sapi, dan kaldu daging ayam untuk campuran MPASI, hanya saja bahan utamanya diganti dengan bone broth sapi atau tulang hewan lainnya sesuai selera. 

Melansir dari laman Healthline, berikut ini merupakan cara membuat bone broth yang bisa Ibu pelajari lebih lanjut:


Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 panci ukuran besar yang muat untuk tulang dan jaringan ikat hewan (pastikan terendam semua), Ibu juga dapat menggunakan panci elektrik atau slow cooker
  • 4 liter air atau sesuai ukuran panci yang digunakan
  • 2 sdm atau 30 ml cuka sari apel
  • 1 – 2 kg tulang hewan sesuai selera
  • Garam dan merica secukupnya


Cara membuat:

1. Masukkan seluruh bahan yang disediakan ke dalam panci besar yang telah disiapkan. 

2. Masak seluruh bahan tersebut selama 12 hingga 24 jam, semakin lama bone broth sapi atau hewan lainnya dimasak maka rasanya akan semakin sedap dan bergizi. 

3. Bila sudah dimasak sesuai waktunya, biarkan kaldu dingin terlebih dahulu kemudian saring dan buat sisa hasil saringannya. 

4. Sementara itu, kaldu tulang yang telah disaring dapat langsung disimpan di dalam wadah dan bone broth untuk bayi siap untuk digunakan.

Cara bikin bone broth cukup mudah bukan? Memang waktu yang dibutuhkan sangat lama karena hal tersebut berkaitan dengan kepadatan gizi serta nutrisi bone broth sapi tersebut. 

Cuka sari apel yang ditambahkan pada tahapan cara membuat bone broth sebaiknya tidak diganti dengan cuka jenis lainnya karena cuka sari apel ini justru yang akan menarik semua nutrisi berharga dari tulang kemudian akan menyatu pada air yang direbus bersamaan bahan lainnya. 

Selain tulang atau jaringan ikat, Ibu bisa menambahkan sayuran, bumbu, atau rempah lainnya ke dalam kaldu tulang ini. Menambahkan bawang merah, bawang putih, wortel, seledri, peterseli, ataupun rempah lainnya akan membuat cara membuat bone broth bayi akan semakin lengkap. 

Jika si kecil masih mengkonsumsi makanan lunak, sayuran dan rempah tersebut bisa juga dihaluskan bersama bahan karbohidrat dan air kaldu tulangnya ya Bu supaya makanan si kecil makin bergizi.


Manfaat Bone Broth untuk Bayi

Cara membuat bone broth yang cukup lama ternyata sebanding dengan manfaat bone broth untuk bayi yang sangat luar biasa. Berikut ini adalah banyak alasan mengapa Ibu harus mencoba cara bikin bone broth untuk tambahan nutrisi si kecil dan keluarga tercinta:

1. Mengandung Sejumlah Vitamin dan Mineral Penting

Cara membuat bone broth yang memakan waktu hingga 24 jam ini akan menghasilkan sejumlah vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk tubuh manusia. 

Tulang hewan kaya akan kalsium, magnesium, potassium, fosfor, dan mineral lain yang dapat membantu membangun hingga memperkuat tulang manusia. Tulang ikan juga tak kalah bagus karena mengandung yodium yang berguna untuk kinerja dan metabolisme tiroid agar lebih sehat.

Jaringan ikat juga baik digunakan sebagai cara membuat bone broth karena mengandung glukosamin dan kondroitin yang merupakan senyawa alami pada tulang rawan serta akan mendukung kesehatan sendi. 

Sementara itu, menggunakan sumsum untuk membuat bone broth sapi akan membuat kaldu tulang tersebut kaya akan vitamin A, vitamin K2, zinc, besi, boron, mangan, selenium, asam lemak omega 3, dan omega 6. 

Tak hanya itu saja, seluruh bagian tulang hewan tersebut akan menghasilkan protein kolagen yang berubah menjadi gelatin dan juga asam amino penting.

2. Mewujudkan Pencernaan yang Lebih Sehat

Menurut sejumlah penelitian, kesehatan tubuh manusia sangat bergantung pada kesehatan ususnya, jadi bila manusia mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki kualitas usus dan pencernaan sehat, maka kesehatan tubuh juga akan ikut terjaga. Bone broth sapi atau yang berasal dari tulang hewan apa saja sangat mudah dicerna dan dapat membantu mencerna makanan lainnya di dalam perut kita. 

Cara membuat bone broth yang benar akan menghasilkan gelatin dan secara alami akan membantu kinerja usus lebih sehat. Asam amino yang ada ada gelatin juga berfungsi menjaga dinding usus dari kebocoran usus.

3. Membantu Melawan Peradangan

Manfaat bone broth untuk bayi dan orang dewasa juga dapat membantu melawan peradangan karena adanya asam amino (termasuk glisin dan ariginin) yang memiliki efek anti inflamasi cukup kuat. 

Ariginin sangat bermanfaat untuk melawan peradangan kronis yang seringnya mengakibatkan penyakit serius seperti jantung, diabetes, sindrom metabolic, Alzheimer, radang sendi, hingga penyakit kanker.           

4. Membuat Sendi Lebih Sehat

Manfaat bone broth untuk bayi dan semua kalangan tak hanya baik untuk melawan peradangan saja, bone broth sapi atau hewan lainnya cukup bagus meningkatkan kesehatan sendi karena terdapat kandungan kolagen yang berfungsi sebagai protein utama yang ditemukan pada tulang, tendon, dan bagian ligament. 

Bone broth sapi atau tulang lainnya juga mengandung glukosamin dan kondrotin yang merupakan senyawa alami, keduanya dapat ditemukan pada tulang rawan. Senyawa alami tersebut juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan mengurangi gejala osteoarthritis.

5. Dapat Digunakan untuk Program Diet

Manfaat bone broth untuk bayi sangatlah banyak begitu juga untuk orang dewasa. Bone broth sapi atau tulang lainnya justru lebih sering digunakan sebagai minuman kesehatan dan dijadikan gaya hidup baru. Selain itu, cara bikin bone broth yang cenderung mudah walau memakan waktu lama justru menjadikan bone broth semakin penuh nutrisi. 

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau diet, bone broth sapi ini bagus sekali karena termasuk rendah kalori namun tetap bisa memuaskan rasa lapar. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sup secara teratur dapat meningkatkan rasa kenyang dan dapat menurunkan berat badan serta memangkas lemak di perut. 

Bone broth mengandung protein yang tinggi sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan, meningkatkan proses penurunan berat badan, dan mempertahankan masa otot  tanpa lemak.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur dan Fungsi Otak

Tak hanya kaya akan vitamin dan mineral saja, manfaat bone broth untuk bayi juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta membantu kinerja fungsi otak lebih baik. Cara membuat bone broth yang harus direbus hingga 12 jam atau 24 jam akan memunculkan asam amino glisin yang dapat membantu bayi atau orang dewasa merasa rileks sehingga hal ini juga mampu meningkatkan kualitas tidur bagi mereka yang mengkonsumsinya. 

Melansir dari laman Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa glisin akan membantu mengurangi rasa kantuk di siang hari serta dapat meningkatkan fungsi mental dan memori pada manusia.


Tips Menggunakan Bone Broth

Cara membuat bone broth cukup mudah kan Bu? Jika tertarik ingin membuat bone broth untuk bayi atau disajikan untuk seluruh keluarga tercinta, ada beberapa tips jitu yang bisa Ibu pelajari supaya bone broth sapi yang Ibu buat nanti semakin lezat dan bergizi. 

Dikutip dari laman Healthline, berikut ini tips cara bikin bone broth yang jitu:

1. Manfaatkan Tulang dari Bahan Makanan yang Ibu Beli

Kadang tulang dari ayam, ikan, atau sapi dibuang begitu saja karena dianggap tak begitu bermanfaat. Namun kenyataannya, tulang-tulang tersebut justru bergizi bila cara membuat bone broth tepat.  

Simpanlah tulang-tulang dari bahan makanan mentah yang Ibu beli seperti tulang ikan, ayam, sapi, atau kambing di dalam freezer supaya tahan lebih lama dan bisa digunakan nanti. 

Bila ingin lebih praktis, tulang sapi biasanya sering kali ditemui di supermarket dan sengaja dijual saat masih segar. Ibu bisa memilih tulang iga, buntut, atau sumsum yang sangat bagus juga untuk menambah berat badan si kecil.

2. Simpan Bone Broth dengan Benar

Ibu, perlu diketahui bahwa bone broth sapi atau tulang hewan lain dapat disimpan di dalam kulkas selama 5 hari saja di suhu chiller, namun akan lebih lama bila dimasukkan ke dalam freezer. 

Ada saran yang sangat penting nih Bu, untuk tetap membuat kaldu tulang ini terasa lezat dan gizi masih lengkap terjaga, ada baiknya tidak lebih dari 2 minggu di freezer ya. Bone broth akan lebih baik disimpan di dalam jar kaca atau bisa juga sejenis wadah plastik yang bersih.

3. Pilihlah Tulang Terbaik

Melansir dari laman Whole Fully, pemilihan tulang terbaik untuk membuat bone broth bayi atau seluruh keluarga tercinta adalah tulang yang sering dikonsumsi. 

Misalnya Ibu sering mengonsumsi tulang sapi, tulang ayam, atau tulang ikan, maka itulah tulang terbaik untuk membuat kaldu tulang. Gunakan tulang yang terjangkau bagi keluarga Ibu karena tulang tersebut termasuk pilihan yang tepat!

Editor: Atalya