Balita Dibaca 136 kali

Kenali Ciri Playgroup Yang Buruk Untuk Si Kecil

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 24 Januari, 2019 23:01

Kenali Ciri Playgroup Yang Buruk Untuk Si Kecil
Mempersiapkan si kecil untuk mulai bersekolah tentu merupakan hal yang penting. Pada tahap ini si kecil mulai beranjak dari masa bayi menuju masa kanak-kanak. Tentu peralihan tersebut membuat Anda harus pertimbangkan banyak hal ketika ingin memilih suatu playgroup yang baik untuk buah hati Anda.

Kita tahu bahwa sekarang ini banyak sekali playgroup-playgroup yang hadir untuk batita. Playgroup-playgroup tersebut pun banyak menawarkan program-program yang menarik untuk menunjang perkembangan buah hati Anda.

Terkadang untuk mendapatkan playgroup yang terbaik Anda harus rela menunggu pendaftaran tahun berikutnya karena playgroup yang Anda inginkan sudah tak menerima siswa lagi. Sementara Anda menunggu pendaftaran baru playgroup favorite tersebut, Anda tentu mencari-cari lagi playgroup-playgroup lain yang mungkin bisa jadi alternatif. Namun berhati-hatilah ketika mencari, jangan mudah tergoda dengan program-program yang ditawarkan oleh pihak playgroup.

Alih-alih mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk si kecil, Anda malah tertipu ternyata pengajar di playgroup tersebut tidak kompeten. Maka dari itu, Anda harus teliti dan seksama melihat tempat serta fasilitas playgroup untuk buah hati Anda. Berikut hal-hal yang harus Anda waspadai agar terhindar dari playgroup-playgroup yang tidak berkualitas bagi perkembangan fisik dan mental si kecil:

1. Lakukanlah observasi terlebih dahulu di playgroup yang telah Anda pilih

Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi bila sebelumnya Anda mendengar isu-isu negatif tentang playgroup tersebut. Terkadang informasi yang tersebar dari mulut ke mulut bisa jadi ada benarnya. Bila Anda masih ragu dengan kebenaran berita tersebut sebaiknya Anda mengecek sendiri dengan mendatangi tempat dimana playgroup tersebut berada, sehingga Anda dapat mengetahui apakah playgroup tersebut baik atau tidak untuk si kecil. Bila Anda menemukan atau merasakan ada sesuatu yang tidak beres, jangan mengambil resiko dengan memutuskan tetap menyekolahkan si kecil ditempat tersebut. Segeralah cari playgroup lain yang lebih baik.

2. Lihatlah Kurikulum Yang Diterapkan Pada Playgroup Tersebut

Amati terlebih dahulu bagaimana kurikulum yang diterapkan, pelajaran dan kegiatan apa saja yang akan diberikan untuk si kecil. Bila Anda melihat kurikulum yang diberikan tidak begitu menunjang perkembangan buah hati Anda atau mungkin kurikulum di playgroup tersebut terlalu sederhana serta tidak memberikan variasi kegiatan yang membuat buah hati Anda berkembang, mungkin ada baiknya Anda mencari playgroup lain yang lebih baik dan bisa menunjang perkembangan si kecil.

3. Awasilah Para Pengajar Di Playgroup Tersebut

Sebelum Anda memutuskan untuk menyekolahkan si kecil di tempat tersebut, lebih baik Anda melihat terlebih dahulu bagaimana kemampuan para pengajar di playgroup pilihan Anda itu. Apakah para pengajar di playgroup tersebut sabar dalam menghadapi anak-anak? Seberapa besar kepedulian para pengajar tersebut pada si kecil? Apakah para pengajar tersebut benar-benar terlatih? Jika mereka terlihat tidak terlalu kompeten dan kurang meyakinkan Anda, mungkin itu saatnya Anda mencari playgroup lainnya yang lebih baik.

4. Perhatikan Sistem Kerja Yang Ada Di Playgroup Tersebut

Lihat dan pahami sistem kerja yang ada di playgroup pilihan Anda. Bila Anda menemukan banyak aturan-aturan yang sering dilangggar para pengajarnya ataupun banyak pengajar yang keluar masuk, tak betah mengajar di tempat tersebut, mungkin Anda harus memikirkan ulang untuk menyekolahkan si kecil di tempat itu. Aturan dan sistem kerja yang bagus tentu akan menentukan kualitas dari playgroup dimana buah hati Anda bersekolah.

Jika sering terjadi pergantian pengajar, kemungkinan besar manajemen pemilihan staff pengajar pun tidak sesuai standar prosedur.  Bisa jadi mereka mengambil begitu saja pengajar yang ada karena keadaan sangat mendesak. Dari pada mengambil resiko yang bisa mengganggu perkembangan fisik dan mental si kecil, lebih baik Anda mencari lagi sekolah yang baik untuk si kecil.

5. Fasilitas Yang Tesedia Di Playgroup Pilihan Anda Tidak Aman Dan Lingkungan Playgroup Itu Kotor

Sekolah yang baik untuk buah hati Anda tentu haruslah aman, nyaman dan bersih. Janganlah bosan untuk selalu mengecek semua fasilitas yang disediakan oleh playgroup pilihan Anda. Periksalah bagaimana mereka menyiapkan makanan untuk si kecil, kebersihan lingkungan sekitar playgroup, keamanan yang ada di playgroup tesebut, apakah orang-orang dapat dengan mudah masuk keruangan tersebut ataukah perlu melewati tahapan-tahapan tertentu ketika ingin masuk kedalam lingkungan playgroup?

Lalu lihatlah pula mainan yang digunakan, apakah aman? Sudah sesuaikah dengan prosedur keamanan yang ditentukan? Apa saja perlengkapan obat dan standar pelatihan yang diberikan bila terjadi sesuatu di playgroup tersebut? Bila Anda menemukan banyak hal yang tidak sesuai dengan standar kebersihan dan keamaan yang seharusnya ada, setelah memeriksa seksama calon tempat sekolah untuk buah hati Anda, maka lebih baik Anda mencari sekolah lainnya untuk si kecil.

6. Surat Perijinan Berdirinya Playgroup Telah Habis Masa Berlakunya

Tentu sangat penting untuk mengetahui apakah playgroup tersebut masih terdaftar dan mendapatkan perijinan membuka tempat tersebut. Dengan mengetahui hal itu, Anda tentu  bisa lebih yakin lagi bahwa sekolah yang Anda pilih selalu melakukan peningkatan-peningkatan tiap tahunnya dan sudah sesuai dengan standar pendidikan yang ada. Sehingga Anda yakin buah hati Anda akan mendapatkan pendidikan yang terbaik dari tempat tersebut. Bila pihak sekolah menutup-nutupi hal ini berarti ada sesuatu yang harus Anda waspadai. Jadi Ada baiknya Anda tidak melanjutkan niat Anda untuk  menyekolahkan si kecil di playgroup tersebut.

(Wati)