Balita

Kenali Manfaat EVOO Untuk Bayi, Ada Efek Sampingnya Juga!

Kenali Manfaat EVOO Untuk Bayi, Ada Efek Sampingnya Juga!

Pemberian lemak pada MPASI dapat dilakukan dengan memberikan EVOO untuk bayi. EVOO merupakan singkatan dari Extra Virgin Olive Oil. Berbeda dari olive oil pada umumnya, extra virgin olive oil melalui proses pemanasan yang sangat minim untuk mendapatkan perasan minyak pertamanya. Bahkan, bisa dibilang EVOO merupakan minyak yang diperas di suhu ruang. Selain itu, EVOO tidak menggunakan campuran bahan kimia. Bahan kimia yang digunakan sebenarnya adalah untuk menghilangkan bau asli dari minyak zaitun yang kurang sedap pada beberapa orang. EVOO tidak menggunakan bahan kimia tersebut sehingga aromanya lebih kuat dibanding olive oil biasa.

Karena alasan inilah, menurut International Foundation for Mother and Child Health, proses pemerasan suhu ruang membuat EVOO diyakini paling baik karena kemurniannya. Sehingga EVOO untuk bayi disarankan untuk diberikan dalam makanan pendamping ASI sejak awal mulai makan.

Manfaat EVOO Untuk Bayi


EVOO direkomendasikan untuk diberikan pada bayi dalam MPASI. EVOO untuk bayi 6 bulan tidak berbahaya asal pemberiannya tepat sesuai porsi anjuran. Sebaliknya, justru EVOO memiliki beberapa manfaat untuk bayi.

1. Memiliki Kandungan Asam Lemak Penting

Menurut laman Healthline, EVOO mengandung monounsaturated fat berupa oleic acid sebesar 73% dari kandungan keseluruhan EVOO. Sedangkan laman babydestination.com menegaskan hal serupa bahwa monounsaturated fat baik untuk jantung dan pankreas. Oleic acid pada EVOO memenuhi 55% dari total 83% kebutuhan bayi untuk perkembangan otaknya.

2. Mengandung Antioksidan Pencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada EVOO ditelaah mampu mencegah kontaminasi radikal bebas. Radikal bebas ini merupakan asal mula sel kanker berkembang. Sehingga selain sebagai antioksidan umum, EVOO untuk bayi juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Bersifat Anti Bakteri

Tahukah Ibu bahwa di perut manusia ada bakteri yang bisa hidup bernama Helicobacter pylori. Bakteri ini meyebabkan kanker perut. Studi membuktikan bahwa mengonsumsi EVOO dapat mengurangi infeksi yang disebabkan bakteri ini.

4. Meredakan Kolik

Bayi sering mengalami kolik. EVOO untuk bayi bantu mengurangi gas sehingga kolik dapat diatasi.

5. Membantu Penyerapan Vitamin

EVOO untuk bayi sebenarnya sudah mengandung berbagai macam vitamin. Hanya saja, jika dikonsumsi bersama dengan bahan makanan lain dan terdapat vitamin A, D, E, dan K, maka EVOO dapat membantu vitamin-vitamin larut lemak ni unutk diserap tubuh bayi.

6. Memiliki Sifat Mirip ASI

EVOO untuk bayi merupakan lemak yang mudah diserap pencernaan. Selain itu, EVOO juga bantu melindungi dinding usus. Serupa dengan ASI, bukan? Tetapi hal ini bukan berarti ASI dapat tergantikan dengan EVOO, ya.

7. Mendukung Penyerapan Nutrisi

Sebagai asupan lemak yang baik untuk tubuh, EVOO untuk bayi membantu pertumbuhan tulang dan sistem syaraf, serta kaya Omega-3 untuk mendukung kerja otak, neuro-psiko-motor bayi, dan berperan dalam pembentukan retina.

8. Bersifat Anti Radang

EVOO untuk bayi maupun dewasa dapat bersifat anti radang, utamanya bagi bayi dengan asma. Selain mencegah, EVOO juga bantu mengurangi gejala saat asma kambuh.

9. Mengatasi Sembelit

Sejatinya lemak berperan dalam kelancaran pencernaan bayi hingga buang air. Dengan mengonsumsi cukup lemak, bayi akan terhindar dari sembelit dan perutnya juga akan lebih nyaman.

10. Menaikkan Berat Badan Bayi

Ini dia manfaat pamungkas EVOO untuk bayi. EVOO bantu untuk menaikkan berat badan bayi karena merupakan salah satu jenis lemak yang dibutuhkan bayi dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Dari semua manfaat ini, ada juga efek samping EVOO untuk bayi. Bila diberikan dalam jumlah berlebihan dan tidak sesuai porsi anjuran, akan menyebabkan diare pada bayi. Selain itu, EVOO atau olive oil biasa yang digunakan untuk pijat bayi tidak cocok untuk bayi yang menderita eksim. Karena justru akan membuat kulit kering dan semakin iritasi.

Rekomendasi EVOO Untuk Bayi

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa merk EVOO untuk bayi:

1. Casa di Oliva for Kids

Photo source : naturesmarket.id

Casa di Olivia ini merupakan EVOO pertama yang dikenal sebagai campuran MPASI. Banyak Ibu memilih merk ini karena multiguna. Nggak hanya untuk makan, bisa juga untuk pijat, mengobati ruam dan ketombe. EVOO ini juga kaya vitamin larut lemak dan menyehatkan tubuh bayi. EVOO untuk bayi ini buatan Turki, lho. Harga minyak EVOO untuk bayi merk ini adalah Rp 75.000 untuk 250ml


2. Gallo My First Olive Oil

Photo Source: galloportugal.com

Gallo memiliki tingkat keasaman yang rendah, yaitu 0.2%, sehingga cocok sebagai EVOO untuk bayi. Bayi akan lebih menyukai rasanya karena ada sensai rasa manis dari buah dalam produk ini. Harganya Rp 58.000 saja.

3. Rafael Salgado EVOO

Photo source: blibli

EVOO produksi Spanyol ini memiliki rasa yang ringan dan tidak pahit. Kemasannya juga botol kaca yang unik. Sizenya pun beragam dari yang mini hingga jumbo. Produk ini bisa digunakan sebagai EVOO untuk bayi karena tingkat keasamannya terbilang rendah. Harga EVOO untuk bayi yang satu ini mulai dari Rp 26.000 untuk 90 ml.


4. Yummy Bites Kiddy EVOO

Photo Source: yummybites.com

Yummy Bites juga mengeluarkan produk EVOO. Brand yang terkenal menyediakan aneka ragam makanan bayi ini juga menawarkan EVOO untuk bayi dengan kandungan vitamin E, Omega 3, Omega 6, dan Omega 9. Vitamin dan mineral ini baik untuk menangkal radikal bebas dan mendukung perkembangan otak. Rasanya juga enak dan tidak ada sensasi perih yang tertinggal. Harga EVOO ini adalah Rp 60.000 untuk 250ml.

Ibu biasa menggunakan EVOO yang mana nih? Apapu pilihan Ibu, tetap perhatikan jumlah pemberiannya.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih