Keluarga Dibaca 781 kali

Kenali Perilaku Babysitter Yang Tidak Baik

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati
Kenali Perilaku Babysitter Yang Tidak Baik
Bagi Anda para orangtua yang dua-duanya bekerja, tentu tak ada pilihan lagi selain menyewa pengasuh atau babysitter untuk menjaga dan mengurus buah hati Anda dirumah, selagi Anda dan pasangan bekerja. Namun terkadang memilih pengasuh yang baik untuk si kecil bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pertimbangan yang matang dan kehati-hatian dalam memilih seorang pengasuh anak untuk si kecil.

Bila Bunda sudah memutuskan untuk mengambil pengasuh mana yang tepat, Anda jangan sepenuhnya percaya terlebih dahulu pada pengasuh tersebut. Ada baiknya Anda selalu mengawasi kinerja si pengasuh dalam mengasuh dan mengurus buah hati Anda. Hal ini untuk menghindarkan kejadian-kejadian buruk seperti penyiksaan, pemukulan atau perilaku kasar lainnya pada si kecil.

Berikut hal-hal yang mungkin bisa membantu Anda dalam menilai kinerja pengasuh si kecil di rumah. Anda harus mempertimbangkan apakah Anda akan tetap mempekerjakannya lagi atau memberhentikannya, bila terjadi hal-hal berikut ini:
 

Si Kecil Selalu Jatuh Sehingga Lecet Dan Lebam Tak Terhindarkan Pada Saat Bermain

Bila Anda mulai melihat hal seperti ini terjadi pada si kecil, Anda harus mulai curiga dan waspada. Cari tahu apa yang pengasuh lakukan ketika si kecil tengah asik bermain. Apakah dia benar-benar mengawasi si kecil ketika bermain? Bila si kecil terus menerus mendapatkan luka ringan seusai bermain, ada kemungkinan pengasuh anak Anda tidak benar-benar memperhatikan dan menjaga si kecil yang tengah bermain. Jadi ada baiknya Anda mempertimbangkan ulang untuk mempekerjakan dia lagi.
 

Si Kecil Mengeluh Lapar Dan Terlihat Lelah Ketika Anda Pulang Bekerja

Ketika Anda pulang bekerja si kecil selalu mengeluh lapar dan terlihat sangat lahap pada saat makan. Anda jangan senang dahulu melihat si kecil yang makan begitu banyak, justru Anda harus khawatir. Kenapa si kecil bisa berlaku seperti itu setiap harinya? Apakah siang ia makan dengan benar? Tanyakanlah hal tersebut pada pengasuh dan si kecil, bisa jadi si kecil tidak makan dengan baik atau mungkin pengasuh anak Anda tidak memperhatikan waktu makan si kecil. Sehingga si kecil tidak makan pada siang hari. Jadi waspada dan perhatikan selalu setiap perilaku buah hati Anda.
 

Buah Hati Anda Selalu Takut Ketika Melihat maupun Berdekatan Dengan Pengasuhnya Dan Tak Mau Berjauhan Dengan Anda

Memang pada awal memperkenalkan pengasuh baru untuk si kecil, ia akan merasa segan, malu atau terkadang menangis jika bertemu dengan orang baru. Namun seiring berjalannya waktu, seharusnya si kecil sudah terbiasa dengan pengasuh barunya. Bila setelah sekian lama perilaku si kecil tetap sama, justru malah terlihat semakin ketakutan dan tak senang jika melihat pengasuhnya, mungkin Anda harus mulai khawatir. Anda harus mulai mencari tahu kenapa buah hati Anda bisa menjadi ketakutan seperti itu.
 

Si Kecil Selalu Terlihat Kusut Dan Kotor

Awasilah pengasuh anak Anda! Bila si kecil selalu terlihat kusut dan kotor setiap harinya, sepertinya si kecil tidak benar-benar diperhatikan kebersihannya oleh si pengasuh. Mungkin Anda harus mulai mempertimbangkan kemampuan pengasuh anak Anda, bila hal dasar seperti ini saja dia kurang menguasainya apalagi hal-hal lainnya yang lebih rumit yang dibutuhkan oleh si kecil.
 

Pengasuh Anak Anda Sangat Tertutup Mengenai Kegiatan Sehari-Hari Yang Dilakukan Si Kecil Dengannya

Setelah pulang bekerja tentu Anda sangat tertarik mengetahui apa saja yang dilakukan si kecil seharian tadi. Namun ternyata pengasuh anak Anda malah tidak terbuka dan sulit menceritakan kegiatan apa saja yang dilakukan si kecil seharian. Hal ini tentu akan sangat menyulitkan bagi Anda karena Anda tidak terlalu tahu dan tidak begitu jelas mengetahui kegiatan sehari-hari si kecil. Padahal dari situ Anda bisa mengetahui perkembangan apa saja yang telah dicapai si kecil.
 

Pengasuh Anak Anda Tidak Mengikuti Apa Yang Anda Perintahkan

Anda dan pengasuh si kecil haruslah berkoordinasi mengenai apa-apa saja yang dibutuhkan dalam mengurus dan menjaga buah hati Anda. Anda sebagai orang tua tentu lebih mengerti dan memahami apa yang dibutuhkan si kecil. Namun bila kenyataannya pengasuh si kecil tak menuruti apa yang Anda pesankan untuk dilakukan, dan dia malah mengkritisi gaya mendidik Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk mempekerjakannya atau mungkin mulai memberhentikannya.

Lebih baik Anda mencari Pengasuh yang bisa mengikuti keinginan Anda dari pada Anda terus mempertahankan si pengasuh dan berdebat panjang mengenai bagaimana mengurus si kecil. Bagaimana si kecil bertumbuh dan berkembang tentu itu merupakan hak prerogratif Anda sebagai orangtua dan pengasuh tidak memiliki kapasitas tersebut. Maka dari itu carilah pengasuh yang mampu sejalan dengan Anda, agar si kecil dapat bertumbuh kembang sesuai yang Anda inginkan.
 

Pengasuh Si Kecil Jarang Datang Dan Selalu Pergi Mendadak Ketika Sedang Bekerja

Bila Anda mempekerjakan pengasuh anak harian dan dia selalu berperilaku seperti itu, tentu hal ini akan sangat mempersulit Anda. Mungkin Anda harus mencari pengasuh anak lain yang bisa diandalkan dan berkomitmen pada pekerjaannya. Sehingga Anda tidak mengalami kesulitan ketika akan bekerja karena si pengasuh anak datang terlambat atau malah tak datang.
 

Jangan Percaya Apa Yang Dia Katakan.

Bila pengasuh anak Anda tertangkap tangan mencuri, berbohong ataupun melakukan penipuan pada Anda, jangan pernah mempercayai kata-katanya. Lebih baik Anda mencari seseorang yang bisa dipercaya agar hubungan kerja antara Anda dan pengasuh lebih nyaman. Apalagi untuk pengasuh yang akan menjaga dan mengurus buah hati Anda, carilah pengasuh anak yang mempunyai perilaku yang baik sehingga anak Anda pun akan diajari hal-hal yang baik olehnya.
 

Anda Mempunyai Perasaan Curiga Pada Pengasuh Si Kecil

Ketika Anda merasa ragu-ragu dan curiga pada pengasuh si kecil, jangan abaikan perasaan tersebut. Bisa saja apa yang Anda pikirkan tersebut ada benarnya, selidiki ataupun carilah orang lain yang bisa membuat Anda nyaman. Sehingga Anda tenang menitipkan si kecil pada orang yang mengasuhnya nanti.

(Wati)