Balita Dibaca 39 kali

Kiddle, Menjamin Anak Berinternet Aman!

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 03 Oktober, 2017 05:10

Kiddle, Menjamin Anak Berinternet Aman!
Bunda, pernah merasa khawatir anak Anda menemukan konten yang tidak layak ketika ia berselancar online? Sebuah mesin pencarian baru bernama Kiddle telah tercipta tepat untuk situasi seperti ini. Para Bunda tak perlu lagi merasa was-was. Kiddle merupakan mesin pencari visual yang aman, tepat untuk anak yang penasaran dan ingin bereksplorasi.
Kiddle menjadi kabar gembira bagi orangtua. Mesin pencari ramah anak ini membatasi kemungkinan anak menemukan konten yang tidak sesuai. Halaman Kiddle membuat Anda leluasa meninggalkan anak ketika mengerjakan pekerjaan rumah karena hasil pencariannya difilter dari konten yang kasar, dan juga ada editor yang menilai halaman yang ramah anak.
Satu hingga 3 hasil pencarian pertama akan selalu dibantu oleh editor. Beberapa hasil berikutnya akan menampilkan situs dalam bahasa sederhana yang akan mudah dipahami anak. Sisanya adalah situs untuk orang dewasa yang akan lebih sulit dicerna anak, tapi masih difilter oleh Google safe search untuk menghindari konten yang tidak layak.
Di bagian “About”, Kiddle menjanjikan anak akan aman saat sedang browsing di internet. Bagian log dibersihkan tiap 24 jam dan Kiddle tidak menyimpan informasi personal. Safe content mengantisipasi anak mencari beberapa kata kunci yang tidak aman dan Kiddle bisa jadi penjaga yang baik. Misalnya pencarian untuk kata “butt” dan “penis” menghasilkan manusia robot yang marah dan memberitahu anak untuk kembali ke awal dan mulai lagi.
Ketika anak Anda ingin tahu lebih banyak tentang Justin Bieber, ia tidak akan melihat semua foto yang ditampilkan idolanya di Instagram. Pencarian Kiddle hanya akan menampilkan biografi yang ramah anak tentang Bieber, dan memfilter bagian yang buruk.
Di era digital saat ini, kita harus menerima kalau anak menggunakan komputer lebih awal dibanding kita dulu. Mereka perlu menggunakan internet untuk penelitian tugas sekolah dan berkomunikasi dengan teman serta guru. Seberapapun besarnya kepercayaan kita pada anak,  tetap ada kemungkinan anak melihat konten yang tidak layak. Bahkan kontrol orangtua yang paling baik tidak menghentikan anak untuk tidak melihat yang tidak seharusnya, teknologi terus berkembang dan berubah, kan Bun?
Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah Kiddle bukan dimiliki oleh Google dan tidak secara resmi berafiliasi dengannya. Berdasarkan Whois.net, Kiddle terdaftar di GoDaddy.com, dan domainnya kadaluwarsa pada tanggal 31 Oktober 2016. Tapi ini tidak berarti Kiddle akan kadaluwarsa, tapi pemilik website yang berinvestasi tinggi di situs ini dan ingin menjaganya tetap online biasanya akan membeli domain selama setidaknya 5 tahun. Kiddle mungkin menunggu untuk melihat apakah situs akan mengumpulkan traffic yang cukup untuk menjamin pembaruan domain.
Banyak yang mengira Kiddle dimiliki oleh Google karena situs utama Kiddle mirip seperti setelan Google, tapi dengan warna yang lebih ramah untuk anak dan adanya si robot lucu. Banyak situs mengatakan Kiddle adalah proyek Google, tapi faktanya ini tidak terkait dengan Google. Kiddle adalah mesin pencari yang mendapat hasilnya dari Google safe search.

Keuntungan Kiddle dibanding Google search engine

Beberapa manfaat yang diperoleh dari Kiddle antara lain:

1. Kiddle menghentikan anak saat mengakses konten negatif

Ini adalah manfaat Kiddle yang paling penting. Kiddle mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat modern pada Google. Sayangnya, Google tidak dirancang untuk pengguna di bawah umur.
Konten negatif di Kiddle diblokir berkat bantuan banyak pihak, mulai dari sistem melalui Google safe search ke manusia, staf editorial Kiddle, dan netizen secara luas. Dengan sistem ini, Kiddle bisa memblokir informsi, gambar, atau video yang bisa berdampak buruk untuk lingkungan anak.

2. Kiddle memfasilitasi pengguna internet yang masih dalam usia anak-anak untuk mendapat informasi yang bisa dipercaya

Kiddle memiliki pemetaan khusus dalam menampilkan hasil pencarian. Pemetaan di sini tidak hanya memastikan konten disajikan bebas dari elemen negatif, tapi juga sangat mudah dan cocok untuk konsumsi anak.
Tautan yang muncul dalam urutan satu hingga tiga yang dianggap sebagai konten yang sebenarnya ditulis untuk anak. Hasil pencarian langsung diaudit oleh tim editor Kiddle. Biasanya akan ada tautan dari ensiklopedia populer online atau halaman resmi dari objek yang dicari.
Sedangkan hasil pencarian dalam urutan 4 hingga 7 akan dianggap sebagai konten dari website yang dipercaya dan ditulis dengan bahasa yang  mudah dipahami oleh anak. Pilihan ini juga langsung diawasi oleh tim editor Kiddle. Di lapisan terakhir, yang masuk urutan 8 atau lebih akan dianggap sebagai konten dari website yang dipercaya untuk orang dewasa dan cukup sulit untuk dipahami anak. Pilihan ini berdasarkan Google safe search.

3. Pengguna Kiddle bisa melaporkan kata kunci dan situs yang tidak alami

Kiddle memiliki tiga lapisan penjaga keamanan untuk membuat hasil pencarian ramah bagi netizen muda. Mereka adalah tim editor Kiddle, Google safe search engine, juga partisipasi orangtua dan publik umum.
Lapisan terakhir ini diharap membuat Kiddle lebih aman untuk anak. Anda bisa menggunakan halaman keyword atau site blocking untuk memblokir kata kunci negatif dan situs yang belum diblokir Kiddle. Proses pelaporan biasanya berlangsung satu hari.

4. Privasi yang terjaga

Tidak seperti situs media sosial kebanyakan yang sering mengorbankan pengguna data demi keuntungan pengiklan, Kiddle berkomitmen tidak demikian. Kiddle bahkan mengklaim selalu membersihkan log pada server tiap 24 jam. Anda yang ingin menggunakan Kiddle juga tidak perlu mendaftar atau memberikan informasi apapun.

5. Tampilan Kiddle lebih sesuai untuk anak

Dalam hal interface, Kiddle lebih menarik untuk anak kecil dibanding Google. Pada halaman depan, pengguna akan disambut oleh robot manis dalam latar belakang berwarna merah ala luar angkasa.
Ketika menampilkan hasil pencarian apapun Kiddle lebih ramah untuk pengguna muda. Karena tidak semua anak suka menatap layar yang penuh teks, Kiddle punya layout berbeda dengan thumbnail gambar dan ukuran huruf lebih besar.
Satu-satunya keluhan tentang Kiddle adalah iklan yang terlihat lebih nyata dibanding pada Google reguler. Sepertinya Kiddle jadi jawaban untuk memberi anak kebebasan saat mengerjakan tugas sekolah tanpa merasa cemas mereka menemukan video tak layak dalam prosesnya. Akan terasa menenangkan bila perusahaan teknologi mengetahui fakta ini dan membantu orangtua untuk menghindari anak-anak dari paparan konten yang tidak sesuai dengan umurnya.

(Ismawati)