Balita

14 Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Anak

14 Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Anak

Makanan tinggi protein baik dikonsumsi untuk tubuh karena mendatangkan kesehatan dan membantu daya tahan tubuh lebih baik. 

Tak hanya protein saja, tubuh manusia membutuhkan berbagai macam asupan gizi berupa karbohidrat, vitamin, lemak, serat yang cukup dan masih banyak hal lagi supaya keseimbangan dalam tubuh juga terjaga. 

Melansir dari laman Healthline, protein akan bekerja sebagai pemberi struktur yang akan mendukung serta memelihara sel yang ada dalam tubuh sehingga fungsi kekebalan tubuh, gerakan, reaksi kimia, sintesis hormon, dan sejenisnya dapat bekerja lebih baik lagi. 

Di dalam protein juga terdapat asam amino yang sangat penting bagi tubuh. Protein tak bisa muncul dengan sendirinya, oleh karenanya Ibu membutuhkan sejumlah makanan tinggi protein untuk membantu memenuhi kebutuhan protein yang ideal dalam tubuh setiap hari. 

Banyaknya protein yang dibutuhkan oleh tubuh biasanya bergantung dari banyak hal seperti ukuran badan seseorang, seberapa sibuk aktivitas harian yang dijalani, usia seseorang, dan keadaan seseorang (misalnya sedang hamil atau sedang menyusui).

Sebuah fakta menyenangkan dari protein adalah ia tak hanya dapat bekerja untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat namun protein merupakan makronutrien yang memiliki sifat mengenyangkan. 

Oleh karena hal ini, banyak orang yang melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein untuk membuat tubuh merasa lebih kenyang dan merasa lebih puas.

Porsi Kebutuhan Protein Anak Harian

Tak hanya bagi orang dewasa saja, anak-anak juga sangat membutuhkan makanan tinggi protein untuk membantu memenuhi gizinya di masa tumbuh kembang. 

Melansir dari laman What To Expect, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengungkapkan bahwa anak-anak dan balita membutuhkan makanan tinggi protein dengan kadar:

  • Anak usia 1 – 3 tahun membutuhkan 13 gram protein setiap hari.
  • Anak usia 4 – 5 tahun membutuhkan 19 gram protein setiap hari.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Tinggi Protein

Mengutip dari laman Healthline, sejumlah penelitian mengungkapkan sebuah fakta bahwa  diet dengan cara mengkonsumsi makanan tinggi protein cukup bermanfaat karena terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu memelihara kesehatan metabolisme tubuh. 

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa mengkonsumsi makanan tinggi protein sangat penting bagi tubuh:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa sih yang tak ingin memiliki berat badan ideal? Segala cara dilakukan supaya tubuh memiliki berat badan yang pas, dari mulai olahraga dan diet yang benar hingga mengkonsumsi obat-obatan yang sebenarnya tidak baik untuk tubuh. 

Sejumlah penelitian telah menemukan fakta bahwa jika Ibu ingin menurunkan berat badan sekaligus menjaga supaya berat badan tidak mudah naik, maka yang paling tepat adalah mempertimbangkan asupan protein harian secara terus menerus. 

Protein juga dapat membantu mengelola rasa lapar karena pada dasarnya makanan tinggi protein cenderung lebih mengenyangkan dan memberi efek psikologis tersendiri yaitu merasa puas pada makanan tersebut dan tidak ingin menambahnya lebih banyak lagi. 

Hal ini disebabkan karena protein dapat mengurangi tingkat hormon lapar ghrelin pada tubuh kita. Selanjutnya bila memutuskan untuk diet, ada baiknya Ibu tetap berkonsultasi kepada ahlinya sehingga diet yang dijalani akan lebih sehat dan terpantau dengan baik.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Makanan tinggi protein telah banyak terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah yang cukup membahayakan bagi tubuh bila tidak terkontrol. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti serangan jantung, stroke, hingga sakit ginjal yang kronis. 

Bahkan sejumlah studi atau penelitian yang dilansir melalui laman Healthline mengungkapkan bahwa selain menurunkan tekanan darah, makanan tinggi protein juga dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. 

3. Membuat Tubuh Lebih Cepat Sembuh


Pernahkah Ibu atau anggota keluarga di rumah mengalami cedera? Bila iya, ternyata makanan tinggi protein dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang terluka karena cedera yang terjadi. 

Penelitian juga mengungkapkan mengkonsumsi makanan tinggi protein akan membuat tubuh lebih cepat menyembuhkan diri dan melampaui masa pemulihan pasca terjadi cedera atau luka tertentu. 

Makanan tinggi protein untuk anak juga sangat penting karena kemungkinan anak-anak sering mengalami cedera saat sedang bermain lebih besar dan bila asupan protein dalam tubuhnya cukup baik maka luka yang dialami akan lebih cepat sembuh.

4. Meningkatkan Metabolisme dan Menjaga Tubuh Tetap Fit

Suasana pandemi seperti ini mengharuskan kita untuk memiliki kesehatan tubuh yang prima. Selain mengkonsumsi sejumlah vitamin, kita semua disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti makanan tinggi protein.

Asupan makanan tinggi protein telah terbukti secara signifikan dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu tubuh untuk tetap fit di usia berapapun. 

Tak melulu harus makanan mahal karena makanan tinggi protein yang murah dan terjangkau pun sangat beragam serta mudah ditemukan.

5. Meningkatkan Massa dan Kekuatan Otot

Bagi mereka yang sedang fokus untuk membentuk massa dan kekuatan otot pada tubuhnya, makanan tinggi protein tak hanya dapat membantu proses diet dan pembakaran kalori saja lho. 

Faktanya, makanan tinggi protein juga dapat membantu meningkatkan massa otot dan membantu menguatkan otot dalam tubuh. Selain itu, beberapa makanan tinggi protein untuk menambah berat badan juga dianjurkan bagi mereka yang ingin fokus menaikkan berat badan dengan tujuan mencapai berat badan ideal ya.

Berbagai Sumber Makanan Tinggi Protein


Ada berbagai macam makanan tinggi protein yang bagus dikonsumsi untuk tubuh untuk menambah asupan protein harian. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah sumber makanan tinggi protein yang murah dan cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa:

1. Telur

Siapa sih yang tidak pernah mengkonsumsi telur? Telur menjadi salah satu makanan tinggi protein yang murah, mudah di dapat dimana saja serta memiliki kandungan beragam seperti vitamin, mineral, lemak sehat, dan juga protein. 

Meskipun harga murah ini bergantung pada situasi, namun tetap saja telur menjadi salah satu sumber protein yang paling diminati. Telur juga menjadi makanan tinggi protein untuk anak dikala susah makan. 

2. Kacang-Kacangan atau Polong-Polongan

Sumber makanan tinggi protein lainnya datang dari keluarga kacang-kacangan hingga polong-polongan seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang almond, hingga edamame.

Kacang-kacangan dan polong-polongan juga merupakan makanan tinggi protein yang murah dan punya cita rasa yang cukup enak.

3. Biji-Bijian (Seeds) 

Biji-bijian atau seeds seperti pumpkin seeds, sunflower seeds, hingga quinoa memiliki kandungan protein yang tinggi. Biji-bijian ini biasanya dipadukan dengan makanan lain seperti oatmilk yang kaya akan gizi dan karbohidrat sebagai menu sarapan yang super lezat. Makanan tinggi protein seperti biji-bijian juga dapat dikonsumsi di segala usia lho.

4. Greek Yogurt Tawar


Bila ingin mencari makanan tinggi protein untuk menambah berat badan maka Yogurt dengan kandungan tinggi lemak dan protein sangat disarankan. 

Namun ternyata ada juga jenis yogurt lain yang bagus untuk dikonsumsi saat Ibu sedang berdiet dan ingin menambah asupan protein harian seperti Greek Yogurt Tawar. Selain itu, yogurt tawar juga dapat menjadi makanan tinggi protein untuk anak yang cukup lezat. Jangan lupa tambahkan buah-buahan segar ya!

5. Oatmilk atau Gandum (Oat)

Siapa yang sangat suka makan oatmilk? Ada kabar baik nih! Oatmilk atau berbagai macam olahan gandum utuh termasuk olahan roti ternyata tak hanya bebas gluten dan kaya akan serat larut atau beta blukan saja namun merupakan makanan tinggi protein untuk menambah berat badan juga! Tertarik beralih ke oatmilk untuk menu sarapan sehat Ibu?

6. Aneka Ikan Segar dan Kalengan

Berbagai macam ikan seperti tuna, sarden, salmon, kembung, bandeng, dan semacamnya sudah terbukti menjadi makanan tinggi protein yang mudah didapatkan dimana saja. Tak hanya ikan segar saja, ikan dalam kemasan kalengan juga masih mengandung protein yang tinggi. Pastikan ikan kalengan yang Ibu pilih masih bagus kualitasnya ya!

7. Aneka Produk Susu 

Segala macam produk susu ternyata dapat menjadi makanan tinggi protein untuk anak yang paling mudah diberikan. Susu yang diberikan boleh berasal dari hewani seperti susu sapi maupun nabati seperti susu kedelai. 

Susu juga merupakan makanan tinggi protein yang murah meriah, selain itu susu dapat dijadikan alternatif lain makanan tinggi protein untuk menambah berat badan.

8. Keju


Ada yang suka keju? Kabar baik nih Bu! Keju adalah salah satu makanan tinggi protein yang banyak tersedia di pasaran. Kabarnya keju dengan kandungan protein yang cukup tinggi ada pada jenis cottage. 

Namun bila tidak ditemukan, keju yang banyak dijual di area rumah Ibu juga masih mengandung sumber protein yang baik untuk tubuh.

9. Aneka Daging Tanpa Lemak


Daging tanpa lemak sering menjadi makanan tinggi protein bagi mereka yang sedang gencar memperbaiki massa otot tubuh. 

Daging tanpa lemak yang biasa dipilih adalah bagian dada ayam yang dianggap paling sehat dan bergizi. Selain ayam, daging kalkun atau daging unggas tanpa lemak lainnya juga dapat menjadi sumber protein lainnya lho.

10. Aneka Daging Merah

Bila mendengar daging merah tentu saja tidak jauh dari jenis daging sapi, kambing, atau kerbau. Aneka jenis daging merah ini merupakan makanan tinggi protein yang tak hanya bagus untuk pertumbuhan anak-anak, tapi juga jadi sumber makanan tinggi protein untuk menambah berat badan. 

Namun perlu hati-hati ya, kebanyakan daging merah biasanya tak hanya memiliki kandungan protein yang tinggi namun juga mengandung kolesterol yang juga tinggi. Konsumsi sewajarnya ya!

11. Selai Kacang

Salah satu makanan tinggi protein untuk anak adalah selai kacang, ada baiknya Ibu memilih selai kacang organik atau selai kacang dengan kandungan gula dan minyak yang rendah. 

Selai kacang juga dianggap sebagai makanan tinggi protein yang murah dan mudah didapatkan. Cara mengkonsumsi selai kacang juga cukup beragam, salah satunya dijadikan bahan olesan pada roti tawar kesukaan si kecil. 

12. Kerang-Kerangan


Penggemar seafood tak perlu ragu untuk menjadikan kerang-kerangan sebagai sumber makanan tinggi protein.  

Selain protein, kerang-kerangan seperti udang, tiram, dan berbagai jenis seafood lainnya juga mengandung lemak sehat, sejumlah vitamin, mineral, selenium, seng, hingga zat besi. Pastikan Ibu dan seluruh keluarga tidak memiliki riwayat alergi seafood ya!

13. Tahu dan Tempe

Makanan tinggi protein yang murah dan anti bikin bosan salah satunya adalah olahan tahu dan tempe. Keduanya terbuat dari kacang kedelai yang sudah terbukti mengandung sumber protein yang baik untuk tubuh. 

Selain itu. Tahu dan tempe dapat menjadi makanan tinggi protein untuk anak yang mudah diolah serta dikreasikan.

14. Hummus

Hummus merupakan makanan tinggi protein yang berbahan dasar kacang Arab atau Chickpea. Cara pembuatan hummus sangat mudah yaitu dengan mencampurkan chickpea dengan bahan-bahan lain seperti bawang putih, air lemon, garam, minyak zaitun, lentini, hingga tahini. 

Makanan yang satu ini sangat popular di kawasan timur tengah namun saat ini sudah menyebar di seluruh belahan dunia. 

Hummus tak hanya dapat menjadi makanan tinggi protein untuk anak dan dewasa namun juga dapat menjadi salah satu makanan tinggi protein untuk menambah berat badan karena mengandung kalori yang cukup tinggi.

Editor: Dwi Ratih