Balita

Menanamkan Hobi Membaca Pada Anak

Menanamkan Hobi Membaca Pada Anak
Tak ada kata terlalu dini untuk memperkenalkan buah hati Anda pada buku. Anak bisa belajar menyukai kegiatan membaca bahkan sebelum mereka tahu cara membaca. Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat aktifitas membaca menjadi seru dan menyenangkan bagi anak prasekolah Anda.

Tiap anak belajar dengan cara yang berbeda, karenanya daftar aktifitas ini dibuat berdasarkan kategori gaya belajar. Tapi anak dengan gaya belajar apapun bisa menerapkan aktifitas dan saran dari semua kategori ini.
 

Kegiatan Membaca untuk Gaya Belajar Visual

  1. Membeli Buku Ukuran Besar

    Toko penjual alat peraga mengajar biasanya menjual buku dalam ukuran besar yang biasa digunakan guru di kelas. Buku ini bagus digunakan untuk membaca berkelompok karena semua anak tidak hanya dapat melihat gambarnya dengan jelas, tapi anak Anda juga akan menyukai gambar-gambar super besar ini selama waktu cerita di rumah.
     
  2. Membaca Buku Sekaligus Menonton Film

    Baca buku cerita bersama, lalu sewa DVD-nya. Bila buku dibacakan bertema binatang, Anda bisa mendapatkan banyak DVD dengan tema fauna untuk ditonton bersama si kecil. Anak Anda akan senang melihat karakter yang telah ia kenal dari buku cerita ada pada layar kaca.
     
  3. Mengubah Buku Menjadi Karya Seni

    Buatlah salinan berwarna dari gambar kesukaannya di buku. Letakkan dalam bingkai lalu pajang di kamar tidurnya. Anda juga bisa menyablon gambar kesukaannya itu pada salah satu kaos yang ia miliki.
     
  4. Menulis Buku “Benda Kesukaan Saya”

    Sediakan 10 lembar kertas kosong dan minta anak Anda untuk memikirkan hal atau objek kesukaannya. Bantu ia menemukan ide dengan bertanya, “Apa makanan kesukaanmu? Siapa teman baikmu? Atau apa buku favoritmu? Tulis tiap jawaban pada tiap halaman kertas lalu minta anak Anda membuat gambar yang sesuai dengannya.
     
  5. Membuat Buku Abjad dan Angka

    Gunakan beberapa lembar berwarna cerah atau putih. Letakkan satu angka atau huruf pada tiap halamannya dan minta anak Anda untuk membuat gambar yang sesuai. Atau buat buku abjad dimana tiap halaman berisi satu huruf dari namanya. Minta ia menggambar objek yang dimulai dari huruf-huruf itu. Jika ia tampak tidak tertarik, mungkin itu artinya ia belum siap melakukan aktifitas ini.
     

Kegiatan Membaca untuk Gaya Belajar Auditori

  1. Bergabung dengan Klub Membaca di Perpustakaan

    Banyak perpustakaan yang mengadakan program membaca untuk anak-anak. Dengan berpartisipasi pada kegiatan ini Anda sekaligus bisa mendapatkan daftar buku yang direkomendasikan sesuai umur anggotanya. Anak Anda juga dapat berbagi kesenangan membaca dengan anak lain atau bahkan memenangkan sebuah penghargaan dalam lomba untuk membaca.
     
  2. Kegiatan Membaca dalam Keluarga

    Selama 15 hingga 20 menit, semua orang di rumah membaca cerita bersama. Jika teman atau tetangga sedang berkunjung, ajak mereka untuk berpartisipasi. Tunjukkan pada anak Anda bahwa membaca itu menyenangkan untuk semua anggota keluarga.
     
  3. Mendengarkan Audiobook dan Menyanyikannya

    Anda bisa meminjam buku audio dari perpustakaan atau membelinya di toko buku terdekat. Anak-anak senang mendengarkan orang yang belum mereka kenal membacakan cerita. Mereka akan dengan seksama mengikuti alur cerita dalam buku. Anda bisa tambahkan aktifitas menyanyikan cerita dalam buku tersebut. Biasanya anak prasekolah senang membuat lagu dan mengingatnya. Anda bisa membuat permainan ini lebih seru dengan mengubah suara Anda sendiri. Coba tirukan gaya penyanyi yang mereka kenal. Anda dan si kecil pasti tertawa senang.
     
  4. Ritual Membaca yang Baru

    Pikirkan cara baru untuk menambahkan kegiatan membaca dalam keseharian Anda. Bunda bisa mencoba kegiatan membaca saat sarapan pagi. Atau bacakan cerita saat anak terjaga, bukan pada waktu menjelang tidur. Mengubah waktu membaca membuat kegiatan ini menjadi spontan dan menyenangkan. Anda akan memotivasi anak untuk membaca kapanpun dan dimanapun ia sedang dalam mood yang baik.
     

Kegiatan Membaca untuk Gaya Belajar Kinestetik

  1. Mengikuti Acara Mendongeng

    Ajak anak Anda mengikuti acara mendongeng yang biasa diadakan di perpustakaan atau toko buku. Ini bisa menjadi aktifitas di luar rumah yang menyenangkan bagi anak prasekolah. Tak ada yang akan mengalihkan perhatian dari seorang pendongeng profesional terutama jika ia mengajak penonton beranjak dari tempat duduknya untuk ikut berperan sesuai alur cerita. Sebagai bonus, Anda mungkin bisa mendapatkan tips gratis untuk sesi membaca cerita versi Anda sendiri.
     
  2. Pesta Bertema Cerita dalam Buku

    Baca buku kesukaan anak Anda lalu pikirkan unsur apa yang sesuai untuk dijadikan tema dalam pesta. Jika bukunya bercerita tentang putri raja, Anda dapat menghias ruang keluarga menjadi layaknya istana kerajaan. Buat juga mahkota dari kertas bekas untuk ia kenakan. Ajak teman-temannya untuk datang dan ikut berpartisipasi. Apapun ide Anda nantinya, pastikan ini akan membuat ia dan teman-temannya menyukai buku.
     
  3. Membuat Poster Abjad

    Jika anak Anda suka melihat-lihat buku dan majalah dengan membolak-balik halamanya dan terlihat tertarik pada pada aneka huruf yang ada di dalamnya, kemungkinan ia telah siap untuk memulai dasar-dasar membaca. Buatlah macam-macam huruf pada kertas poster. Lalu cari gambar pada majalah dengan huruf awal yang sesuai. Gunting gambar dan rekatkan pada poster abjad tadi. Ini adalah cara yang baik bagi si kecil untuk belajar abjad. Tapi Bunda, jangan memaksa anak Anda jika ia terlihat tidak tertarik. Anda bisa menunggu hingga ia siap untuk aktifitas ini.
     
  4. Membuat Boneka Jari Sesuai Cerita dalam Buku

    Potong bagian jari dari sarung tangan Anda yang tidak lagi terpakai. Gunakan spidol untuk menggambar wajah boneka. Anda juga bisa membentuk badan karakter dari gulungan kain flanel lalu tempelkan mata, hidung, mulut, dan rambut. Cara lain adalah dengan memfotokopi warna buku favoritnya lalu gunting wajah karakter yang ada di sana dan tempelkan pada gulungan kertas, flanel, atau jari sarung tangan tadi. Setelah boneka selesai dibuat, Anda dan si kecil dapat menggunakannya untuk bercerita.
       
  5. Piknik Membaca dengan Membawa Makanan Seperti Cerita dalam Buku

    Gunakan pewarna makanan untuk membuat telur berwarna hijau seperti cerita yang ia baca dari buku. Coba Anda ciptakan makanan lain yang ada dalam buku ceritanya. Bawa makanan itu dan juga buku favoritnya ke taman. Kegiatan ini menunjukkkan bahwa membaca bisa jadi menyenangkan dimana saja. ita.
     
  6. Membuat Tenda Membaca

    Di kamar tidur anak Anda, gunakan selimut dan kursi untuk membangun tenda. Ambil buku dan senter lalu ajak si kecil membaca buku di tengah kegelapan. Mungkin anak Anda terlalu kecil untuk ikut membaca, tapi ia akan menikmati saat membuka lembaran buku, memegangi senter, dan melihat gambar. Tapi ini bukan saatnya membacakan cerita serius apalagi menakutkan. Pastikan buku yang Anda baca adalah cerita yang ringan dan menyenangkan.
     
  7. Berdandan Ala Tokoh di dalam Buku

    Berdandan seperti karakter pada buku kesukaan anak Anda bisa benar-benar membawa cerita pada kehidupan nyata. Jika ia menyukai buku cerita tentang Unyil, misalnya, artinya Anda dan si kecil perlu mengenakan peci serta sarung untuk menjadi mirip dengan si Unyil. Atau mungkin Anda bisa menggunakan kostum ala Pak Raden. Undang beberapa teman sekolahnya untuk bermain di rumah dan ikut meramaikan kegiatan ini.
     
(Ismawati)