Balita

Mengatasi Bayi Yang Hanya Bisa Tidur Saat Digendong

Terakhir diperbaharui

Mengatasi Bayi Yang Hanya Bisa Tidur Saat Digendong

Kebiasaan jelek bayi yang hanya mau tidur kalau digendong sering membuat frustasi banyak orangtua. Pasti ada saat-saat di mana bayi tertidur di gendongan dan Anda ingin meletakkan tubuhnya di tempat tidur agar Anda bisa beristirahat, pergi ke kamar mandi, atau bahkan untuk sekedar mengisi perut yang kosong. Anda dengan tenang dan perlahan berjalan menuju kamar Anda atau kamar si kecil, karena tak ingin membangunkannya, lalu dengan lembut meletakkannya di atas tempat tidur dan setelah kepalanya menyentuh alas tidur, matanya terbuka lebar dan selesailah sudah. Sia-sia usaha Anda menidurkan si kecil dalam gendongan dari tadi.
 

Kenapa Bayi Selalu Terbangun Saat Diletakkan di Tempat Tidur?

Tak peduli berapa kali Anda mencoba, atau seberapa dalam tidur yang Anda kira si bayi alami, ini masih saja terjadi berulang kali. Kenapa bayi selalu terbangun saat diletakkan di tepat tidur? Sayangnya ini adalah sesuatu yang tidak bisa Anda kontrol. Seorang profesor bernama James McKenna menjelaskan, “Karena bayi secara biologis mampu untuk merasakan ada sesuatu bahaya yang terjadi ketika terpisah dari orang terdekatnya. Dan mereka merasakan, melalui kulit mereka, ada sesuatu yang berbeda seperti kehilangan kelembutan dari sentuhan ibu, panas dari tubuh ibu, bau ASI sang ibu, kelembutan gerakan ibu, dada ibu yang bernafas dan rasa terlindungi. Bayi terjaga karena merasa ditinggalkan maka ia merasa itu adalah waktu baginya untuk terbangun dan memanggil kembali orang yang paling dekat dengannya.”
 
Sekarang Anda telah memahami kenapa ini terjadi. Pertanyaan selanjutnya adalah, “Apa yang bisa Anda lakukan?” Jelasnya tidak ada banyak hal yang bisa Anda ubah dari kondisi ini, tapi hal ini bisa membantu Anda memahami bahwa bayi butuh merasa aman.
 

Lalu Bagaimana Solusinya?

Hidup bisa jauh lebih mudah dan Anda dan bayi bisa lebih bahagia ketika tidak terlalu terikat pada aturan dan bekerja sama dengannya bukan melawannya. Jika Anda meletakkan bayi dan ia terbangun serta mulai menangis, Anda mungkin ingin menenangkannya di tempat tidur dan melihat apakah Anda berhasil. Tapi jika itu tidak membantu atau jika Anda membiarkan tangisan bayi semakin menjadi, ini bisa meningkatkan tingkat kecemasannya.
 
Si bayi berpikir kalau ia ditelantarkan atau ia berada di situasi yang tidak aman. Memang ini bisa melelahkan, dan kadang menjadi hal yang membuat stres. Tapi menomorduakan semua hal yang harus Anda lakukan dan mengutamakan bayi Anda dengan mendekapnya lembut menjadi solusi yang paling baik. Sadari bahwa bayi sedang mengkomunikasikan rasa takutnya dan bukan memanipulasi Anda. Kesadaran ini menjadi sangat penting untuk Anda miliki.
 
Anda perlu ingat, masalah ini akan berlalu. Semua kondisi yang Bunda anggap sulit dalam merawat bayi hanya bersifat sementara, dalam hidup tidak ada yang permanen bukan? Ketika si kecil sudah tidak terlalu ingin terus menerus merasa aman dalam dekapan Anda (dan ini terjadi sangat cepat), ia akan menjadi seseorang yang lebih percaya diri. Hal ini merupakan langkah yang penting.
 
Mungkin beberapa dari Anda berpikir, “Aduh, saya bisa gila kalo terus-menerus menggendong bayi dan tidak bisa mengerjakan semua hal,” tapi apakah Anda lebih memilih untuk menenangkan bayi yang sistem waspada bahayanya menurun dan karenanya tidak memiliki tidur yang baik? Ketika Anda menenangkannya dan ia belajar bahwa ia dalam kondisi aman dan terlindungi (dan ketika ia mendapat tidur yang nyaman), itu akan jauh lebih mudah.
 

Tips Yang Bisa Dilakukan untuk Meringankan Beban Bunda

Beberapa tips yang bisa Anda coba:
 

  • Minta bantuan. Cobalah bergiliran menggendong bayi dengan anggota keluarga lain. Orang biasanya suka menggendong bayi yang sedang tidur, Anda akan terkejut dengan tawaran bantuan yang datang. Tapi jika Anda tidak bisa mendapat bantuan, pertimbangkan untuk menyewa jasa babysitter yang bisa membantu Anda.

  • Beli gendongan yang nyaman. Jika bisa, coba dulu beberapa gendongan sebelum Anda membeli. Beberapa jenis gendongan bisa membuat tangan Anda bebas saat si kecil merasa nyaman terlelap di gendongan. Itu artinya Anda bisa melakukan sesuatu yang lain.

  • Coba gunakan tempat tidur ayun yang digantung untuk bayi.

  • Apakah suhu di kamar bayi Anda terlalu dingin? Kadang ruangan atau sprei yang dingin bisa mengganggu bayi, terutama di musim hujan. Mungkin bisa membantu jika Anda lebih dulu sedikit memanaskan ruangan atau memastikan alas tidurnya hangat sebelum tidur.

  • Selipkan satu baju Anda yang belum dicuci di dekat selimutnya, dengan begitu si bayi akan bisa mencium bau Anda dan dapat membantunya menjadi lebih tenang.

  • Jika bayi Anda sedang berada pada periode rewel, ia mungkin jadi lebih sering menangis dan merengek karena sedang berada pada proses tumbuh-kembangnya. Memang tidak ada banyak hal yang bisa Anda perbuat tapi coba tenangkan  si kecil untuk melalui fase ini. Penting bagi Anda untuk mengetahui kalau ini adalah perilaku yang normal untuk saat ini.

  • Ingat lho Bunda, masa ini akan berlalu. Mungkin ini akan terasa tidak selesai-selesai ketika Anda sedang menjalaninya, tapi ini hanyalah fase kecil dari kehidupan bayi Anda. Semua akan berlalu sebelum Anda menyadarinya dan Anda akan merindukan mendekap tubuh kecilnya… Bertahanlah Bunda!

(Ismawati)