Kelahiran

Nama-nama Bayi Berikut Ternyata Dilarang Di Beberapa Negara!

Nama-nama Bayi Berikut Ternyata Dilarang Di Beberapa Negara!

Di negara lain pemberian nama untuk bayi tidak begitu bebas. Sarah di Maroko, Harry Potter, Batman, atau Terminator di Meksiko merupakan sebagian nama yang melanggar hukum. Yup, tidak seperti di Indonesia yang membebaskan warganya dalam memberi nama anak, banyak negara memiliki daftar nama yang melanggar hukum di wilayah mereka. Berikut ini beberapa contoh nama yang dianggap melanggar hukum di berbagai negara.

Nutella

Di Prancis, pasangan suami-istri memutuskan memberi nama anak perempuan mereka “Nutella” karena berharap si anak akan menjadi manis dan sepopuler selai coklat ini. Tapi pemerintah setempat tidak berpendapat serupa dan menganggap nama itu hanya akan menjadi olok-olok bagi si anak kelak. Duh, nanti dikira si anak ini bisa dimakan ya Bun..

Yahoo dan Facebook

Negara bagian Meksiko melarang nama-nama seperti Lady Di, Virgin, Cesarean, Facebook, Yahoo, Private atau Rolling Stone, karena menganggap nama-nama tersebut sebagai diskriminasi, tidak bermakna, atau merendahkan. Tujuannya adalah melindungi anak agar tidak di-bully karena nama yang mereka miliki.

Akuma 

Akuma berarti setan dalam bahasa Jepang, hal ini memicu reaksi dari kabinet perdana menteri. Memang tidak tepat meminta orangtua mengganti nama anak tanpa dasar hukum tapi nama setan merupakan ilegal di Jepang.

Gesher 

Norwegia punya aturan untuk orang tua saat memberi nama ke anak. Seorang ibu di Norwegia ada yang dipenjara karena tidak bisa membayar denda 420 dolar Amerika karena menggunakan nama yang tidak tepat. Si ibu beralasan ia mendapat bisikan untuk memberi nama anaknya Gesher, dalam bahasa Yahudi ini berarti jembatan.

Robocop

Pemerintah di Sonora, Meksiko mengumpulkan daftar nama bayi yang dilarang. Meski warga tidak lagi boleh memberi nama anak dengan nama-nama ini, masih ada yang memberi nama anak mereka Robocop.

Circumcision 

Duh, apa ya yang ada di pikiran orangtua di Meksiko sampai ada yang memberi nama anak mereka Circumcision yang artinya khitan?

Metallica

Seorang bayi di Swedia dibaptis dengan nama grup metal ini, tapi petugas pemerintah kemudian menganggapnya tidak tepat, termasuk nama Ikea dan Q.

Apple atau Bear

Memberi nama anak dengan nama binatang, buah, atau sayuran dilarang di Malaysia. Jadi pikirkan lagi bila Anda ingin nama anak perempuan Anda Apple, Coco, atau Bear.

Chow Tow 

Dengan memberi nama anak Chow Tow, yang berarti kepala yang bau, orangtua sudah mem-bully si anak. Malaysia menerbitkan daftar nama panggilan yang dilarang setelah menerima masukan banyak orang yang melakukan perubahan pada nama yang diberikan.

Linda

Di tahun 2014, Arab Saudi menerbikan daftar nama bayi yang dilarang. Salah-satunya adalah Linda karena dianggap berasosiasi dengan budaya barat.

Carolina

Nama dengan huruf awal C melanggar hukum di Islandia karena huruf ini tidak ada di alfabet Islandia. Di tahun 1991, komite nama Islandia memutuskan apakah nama anak bisa diterima atau tidak. Jadi lupakan nama seperti Carolina, Cara, Catherine atau Connor sebagai nama calon anak jika Anda tinggal di Islandia.

Prince dan gelar lainnya

Pemerintah Selandia Baru melarang penggunaan gelar seperti Prince, Princess, King, Major, Sargent, atau Knight sebagai nama anak. Menurut petugas, penggunaan gelar sebagai  nama bisa menyebabkan ketersinggungan.

Sex Fruit

Masih di Selandia Baru, pemerintah perlu campur tangan sebelum lebih banyak lagi anak yang menyandang nama sex fruit. Meski para orangtua menganggap nama ini sebagai ide yang bagus, akan jadi tantangan tersendiri di kemudian hari bagi anak dengan nama ini.

Monkey

Denmark jadi negara selanjutnya yang meminta orangtua memilih nama bayi dari daftar yang yang telah disetujui. Orangtua perlu izin dari pemerintah untuk memilih di luar daftar 7000 nama dan tiap tahun sekitar 250 pengajuan yang ditolak. Selain Monkey, nama yang juga ditolak adalah Pluto dan Anus.

Venerdi 

Italia punya aturan untuk menolak nama bayi ketika ada kemungkinan pembatasan interaksi sosial dan menciptakan rasa tidak aman. Hakim menganggap nama Venerdi yang berarti hari Jum’at, akan membuat si anak jadi subjek olok-olok. Orangtua dipaksa menggantinya dengan nama lain.

"." (Full Stop)

Diantara daftar nama di Selandia Baru tahun 2013 melarang nama orang yang berupa simbol, termasuk “.” Nama ini dilafalkan full stop.

Lucifer

Jangan berpikir untuk menggunakan nama setan ini untuk anak di Selandia Baru karena tidak dibolehkan. Begitu juga nama Messiah dan Christ.

Hashtag

Satu pasangan di San Francisco menamakan anak mereka Hashtag, yang menimbulkan pertanyaan kenapa? Kecuali mereka penemu Twitter atau penggemar berat aplikasi smartphone. Nama ini masuk daftar nama yang tidak dibolehkan, jangan-jangan nanti ada anak yang bernama Retweet, ya Bun.

Memang pemberian nama adalah hak orangtua, tapi nama yang buruk bisa membuat anak membenci orangtua. Penelitian bahkan menunjukkan nama yang tidak diinginkan bisa menurunkan rasa percaya diri dan membuat seseorang lebih kesepian dalam hidup, kasihan kan? Untuk meringankan tugas Anda berikut ini ada aturan yang perlu dipertimbangkan orangtua untuk menghindari pemberian nama anak yang tidak layak:

  • Jangan gunakan nama makanan sebagai nama anak. Misalnya Salami atau Apple Cider, jangan sampai orang berpikir kalau anak Anda bisa dimakan.

  • Hindari nama yang tidak disukai banyak orang. Ini bisa berubah tiap tahun tapi nama Jayden dan Neveah (Heaven dieja terbalik) masuk daftar nama bayi yang paling dibenci tahun ini.

  • Pikirkan alamat email anak Anda di masa depan. Peter Enis terdengar bagus, hingga suatu hari perusahaan memberinya alamat email pekerjaan manjadi Penis@thiscompany.com.

  • Pertimbangkan inisial anak. Misalnya, nama Ashley Suzanne Smith maka inisialnya menjadi ASS, hmmm.. gimana tuh Bun kedengarannya?

  • Jangan terlalu tinggi. Misalnya Aristotle, Harvard, Yale, atau Einstein. Menentukan ekspektasi terlalu tinggi akan memberi tekanan pada anak.

  • Ingat, bayi Anda adalah manusia bukan binatang, jadi jangan gunakan Bear sebagai namanya.

  • Jangan bertingkah seperti selebritis. Selebritis sering memberi kabar mengejutkan tentang nama anak-anak mereka yang aneh.

  • Hindari nama yang dilarang di sebuah negara. Di indonesia kita punya kebebasan untuk hal ini, tapi ada baiknya mempertimbangkan juga nama yang dilarang di negara lain. Siapa tahu anak Anda akan tinggal di negara tersebut.

  • Pertimbangkan karir anak Anda kelak. Nama pada surat lamaran kerja bisa sangat berpengaruh. Nama seperti "Ish," "Congratulashayla," atau "Pornwadee” bisa membuat mereka sulit memperoleh pekerjaan.

  • Hindari kata sifat. Trendy adalah nama untuk menjelaskan benda tapi bukan untuk nama orang. Contoh lainnya seperti Heavenly, Splendid, atau Scenic.

  • Jangan beri nama anak laki-laki dengan nama perempuan. Kejam sekali orangtua yang memberi nama anak lelaki dengan Sue, Leslie, atau Marion.

  • Hindari nama dengan banyak ejaan berbeda seperti Caitlyn, Kaitlyn, Catelyn, atau Caitlin

  • Jangan terlalu kreatif dan mengarang nama. Stephania, Jolissa, Crystalina atau apapun yang Anda ciptakan sendiri dengan menggabungkan lebih dari satu nama harus dihindari.

(Ismawati)