Balita Dibaca 114 kali

Pastikan Keamanan Si Kecil Saat Di Kolam Renang

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 25 Oktober, 2018 05:10

Pastikan Keamanan Si Kecil Saat Di Kolam Renang
Anak-anak tentu sangat suka sekali bermain air, entah bermain air di ember, di gelas, di bak mandi, di tempat cuci piring, di kubangan air di taman apalagi bermain air sambil berenang di kolam renang atau taman bermain. Namun Anda haruslah waspada dengan kecenderungan anak-anak yang sangat suka sekali bermain air seperti ini, mengapa?

 

Tentu Anda pun menyadari bahwa air tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan tapi air pun bisa jadi sangat berbahaya bagi buah hati Anda. Misalnya saja, ketika Anda dan si kecil sedang berenang bersama di kolam berenang umum, lalu Anda sedikit lengah karena disapa oleh seorang sahabat sehingga tidak benar-benar mengawasi si kecil, sementara buah hati Anda pergi menyusuri kolam yang lebih dalam padahal dia belum bisa berenang, hal tersebut bisa jadi mengancam nyawanya.

 

Maka dari itu jangan pernah lepaskan pengawasan Anda terhadap buah hati Anda ketika ia sedang bermain air di kolam renang atau di tempat permainan air lainnya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri buah hati Anda.

 

Selain itu, Anda pun bisa melindungi si kecil dari bahaya tenggelam dengan melakukan hal-hal berikut ini:

 

  • Sebelum Anda memutuskan untuk berenang di kolam renang umum atau tempat bermain air lainnya dekat rumah Anda, pastikan bahwa tempat tersebut aman untuk buah hati Anda. Pastikan pula ada banyak perlengkapan keamanan seandainya terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu pastikan pula Anda selalu membawa serta ponsel Anda, bila nanti ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi Anda bisa langsung segera menelpon pihak-pihak yang mungkin bisa memberikan pertolongan pada si kecil.
  •  
  • Jika si kecil sedang bermain di kolam renang rumah Anda, lalu ketika Anda sedang mengawasi si kecil telpon rumah berdering, pastikan Anda meminta bantuan pembantu rumah tangga Anda untuk bergantian mengawasi si kecil. Jangan sampai Anda meninggalkan si kecil sendirian di kolam renang karena akan sangat berbahaya. Anda tidak akan tahu apa yang dilakukan si kecil di kolam renang, bisa jadi dia melakukan hal-hal yang tak diduga. Maka dari itu pengawasan dari orang-orang sekitar sangatlah penting.
  •  
  • Pastikan pula kolam rumah atau di sekitar kolam rumah Anda tidak terdapat mainan-mainan si kecil sehingga tidak menarik perhatian si kecil untuk mengambilnya. Hal ini dikhawatirkan, si kecil akan mencoba mengambil mainan itu sendiri dan tanpa pengawasan dari Anda dikhawatirkan si kecil terjatuh dalam kolam renang.
  •  
  • Agar kolam renang rumah Anda lebih aman untuk si kecil, Anda bisa juga memagari kolam renang rumah Anda dan jangan lupa untuk selalu mengunci kolam renang tersebut jika telah selesai memakainya. Pastikan pula bahwa pagar tersebut sulit untuk dipanjat buah hati Anda. Sehingga si kecil tidak akan bermain-main air di kolam renang jika nanti Anda tidak sedang mengawasinya.
Selain hal-hal yang tersebut diatas, Anda pun bisa mulai mengajari si kecil berenang. Hal ini sangat dianjurkan agar ia dapat terhindar dari peristiwa tenggelam ketika dia sedang bermain di kolam renang.

 

The American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa beberapa penelitian menunjukan ada kaitan antara belajar berenang dengan berkurangnya resiko tenggelam pada anak usia 1-4. Maka dari itu, tak ada salahnya jika mulai sekarang Anda mulai mendaftarkan si kecil mengikuti kelas-kelas renang, agar ia dapat terhindar dari tenggelam ketika bermain air di kolam.

 

Namun untuk anak yang memiliki usia dibawah 1 tahun sangat dianjurkan untuk selalu  diawasi oleh orangtua mereka. Hal ini untuk menjaga keselamatan diri buah hatinya, karena anak dengan usia di bawah satu tahun masih terlalu kecil seihngga butuh pengawasan ekstra.

 

Hal lain yang tak kalah penting yang harus Anda ajarkan dan tanamkan pada buah hati Anda sedari dini  yaitu kesadaran akan keselamatan dirinya ketika berada di dalam air seperti kolam renang atau tempat bemain air lainnya,

 

  • Ajarkan untuk tidak pernah mendorong atau bermain dorong-dorongan dengan temannya ketika ia sedang berada di kolam, karena hal itu dikhawatirkan bisa memicu hal-hal yang tidak diinginkan seperti jatuh hingga tenggelam.
  •  
  • Berhati-hatilah ketika berjalan di sekitar kolam renang. Ajarilah juga agar si kecil tidak berlari lari di sekitar kolam renang agar ia terhindar jatuh kedalam kolam renang.
  •  
  • Ketika si kecil akan berenang, beritahukanlah agar ia turun perlahan atau melompat terlebih dahulu sehingga mereka dapat menginjakkan kaki terlebih dahulu didasar kolam. Hal ini agar si kecil dapat menyeimbangkan dan menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan kondisi kolam renang.

 

Tetaplah selalu waspada dan awasi buah hati Anda ketika mereka sedang bermain. Bila nantinya ada hal-hal yang sekiranya membahayakan diri dia dan orang lain disekitarnya Anda bisa dengan segera mengatasi hal tersebut. sehingga si kecil tetap aman.

(Wati)