Balita

Rekomendasi Essential Oil Untuk Bayi, Aman dan Menenangkan

Rekomendasi Essential Oil Untuk Bayi, Aman dan Menenangkan

Essential oil dianggap cukup aman bagi bayi karena terbuat dari bahan-bahan alami dan memiliki aroma yang cukup kuat.  

Tak jarang di cuaca seperti ini, banyak bayi yang sakit meski sekadar flu atau batuk. Essential oil biasanya sering jadi pilihan orang tua untuk meredakan keluhan anak tanpa perlu minum obat.

Karena walau sering dianggap penyakit yang ringan akan tetapi dua penyakit ini justru dapat membuat bayi rewel, sulit tidur dan bahkan mengalami demam.

Nah, saat si kecil sakit otomatis juga membuat orang tua menjadi khawatir. 

Untuk meringankan sakitnya, seringkali orang tua juga menggunakan beragam essential oil untuk bayi untuk sekadar menenangkan dan membuat pernapasannya menjadi lebih lega.

Rekomendasi essential oil lokal untuk bayi

Kalau kami sedang bingung memilih, berikut adalah rekomendasi essential oil untuk bayi yang bisa kamu coba:

1. Belli To Baby variant Sweet Orange


Photo source: Shopee

Meskipun sudah dicuci bersih, terkadang kita masih ragu apakah pakaian yang digunakan si kecil sudah cukup higienis untuk dipakai atau belum. 

Apalagi banyak bakteri tak kasat mata yang bisa mengancam kesehatan si kecil akibat baju yang dikenakan ternyata tak cukup higienis.

Bahkan bakteri ini bisa menjadi momok yang menakutkan bagi bayi yang memiliki kulit sensitif. 

Tenang Bu, kini nggak perlu khawatir lagi cukup gunakan 1-2 tetep Belli To Baby Essential Oil variant Sweet Orange dapat membuat pakaian, selimut dan bantal bayi terhindar dari berbagai macam bakteri lho!

Sebab, aroma Sweet Orange ini diklaim dapat membantu mencegah inflamasi pada kulit bayi dan mencegah perkembangan bakteri di sekitar mereka. Nah, kalau bakterinya sudah hilang otomatis mood si kecil menjadi lebih baik kan Bu?

Jadi yuk segera beli rekomendasi essential oil untuk bayi merk Belli To Baby variant Sweet Orange yang dibenderol dengan harga mulai dari Rp 198.000-an saja.

2. Bonnels


Photo source: Selera.id

Selain terbuat dari bahan-bahan natural alami, essential oil Bonnels juga sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan hidup vegan lho Bu. Sebab, Bonnels terbuat dari 100% bahan alami yang sangat ramah lingkungan.

Nggak hanya bisa digunakan untuk orang dewasa, essential oil ini juga aman dipakai oleh ibu hamil maupun bayi ya Bu. Produk Bonnels diklaim dapat membuat Ibu dan bayi memiliki kualitas tidur yang baik sepanjang malam.

Cara pemakaiannya juga mudah. Cukup teteskan 3–5 tetes essential oil ke dalam diffuser berisi 100 ml air. Kamu juga bisa mengoleskan sedikit essential oil ini pada telapak kakimu sebelum tidur. Harga yang ditawarkan produk ini mulai dari Rp 198.000 ribu

3. Botanina Cold and Flu


Photo source: Botanina

Satu lagi rekomendasi essential oil untuk bayi buatan anak negeri yang menjadi salah satu terbaik di kelasnya. Botanina Cold and Flu sangat cocok untuk meredakan batuk dan flu yang diderita si kecil ya Bu.

Memiliki bentuk kemasan spray memudahkan essential oil yang satu ini sangat praktis dan mudah dibawa ke mana pun. Botanina Cold and Flu dapat digunakan dengan disemprotkan ke pakaian, bantal, selimut, bahkan kursi mobil dan sofa.

Namun, essential oil ini hanya dapat digunakan saat bayi berusia 6 bulan ke atas sebanyak 1–2 semprot saja ya Bu. Harganya juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 110.000-an saja lho!

4. Cessa Natural


Photo source: Blibli

Bayi merupakan golongan yang paling mudah terserang penyakit. Sebab, daya tahan tubuhnya masih rendah tidak seperti orang dewasa.

Karenanya rekomendasi essential oil untuk bayi merk Cessa Natural mungkin bisa menjadi solusi untuk meredakan penyakit dan menenangkan bagi si kecil ya Bu. 

Cessa Natural merupakan rekomendasi essential oil lokal dengan varian yang dapat membantu meredakan demam, membuat tidur lebih nyenyak dan menghindari kejang akibat suhu tubuh tinggi.

Memiliki bentuk roll dan mudah di bawa ke mana saja, membuat Cessa Natural penggunaannya cukup dioleskan di beberapa bagian tubuh bayi sembari dipijat perlahan saja.

Cessa Natural adalah salah satu rekomendasi essential oil terbaik yang wajib dimiliki oleh para orang tua. Harganya pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 35.000-an saja lho!

5. Mommytime


Photo source: Watson

Si kecil sulit tidur tiap malam hari? Mungkin Ibu butuh rekomendasi essential oil lokal yang satu ini. Yup, essential oil Mommytime memiliki wangi bunga lavender yang menenangkan sekaligus membuat tidur si kecil menjadi lebih nyenyak.

Essential oil ini terbuat dari minyak lavender murni dengan harum yang menenangkan juga bisa berfungsi untuk mengusir nyamuk. Essential oil ini dapat dipakai dengan cara diteteskan pada diffuser maupun pakaian bayi.

Jika ingin digunakan sebagai minyak pijat, pastikan untuk mencampurnya dengan organic baby oil seperti virgin coconut oil ya Bu. Nggak hanya untuk si kecil, essential oil Mommytime juga dapat digunakan untuk Ibu saat mandi berendam air hangat atau merendam kaki ketika lelah beraktifitas seharian. 

Harga essential oil ini berkisar antara Rp 270.000 hingga Rp 300.000, tergantung variant yang dipilih.

6. Pure Kids Inhalant Decongestant


Photo source: Shopee

Pure Kids Inhalant Decongestan merupakan salah satu rekomendasi essential oil untuk bayi yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan melegakan pernapasan. Terutama ketika flu dan batuk yang tak kunjung reda.

Pure Kids mengandung Eucalyptus Oil, Cajuput Oil, Clove Oil, Juniperberry Oil, Dementholised Mint Oil, dan Methyl Salicylate yang sangat baik untuk melegakan pernapasan si kecil. 

Pure Kids bisa digunakan pada anak mulai dari usia 3 bulan dengan cara di teteskan di baju atau menggunakan diffuser.

Saat si kecil menghirup uapnya, secara otomatis saluran pernapasannya menjadi lebih lega. Namun essential oil ini tidak cocok bila dioleskan langsung ke kulit si kecil ya Bu! Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 41.900 sampai dengan Rp 96.100.

7. Natuna Essential


Photo source: Bukalapak

Saat si kecil sedang rewel dan sulit ditenangkan ketika hendak tidur di malam hari, tentu membuat orang tua menjadi khawatir. Membuat para orang tua jadi lebih sering begadang karena harus sibuk menenangkan si kecil agar tertidur pulas.

Nah, kalau seperti ini bisa jadi si kecil butuh relaksasi agar merasa lebih tenang dan nyaman nih Bu. Kamu pun bisa memilih salah satu rekomendasi essential oil terbaik merk Natuna Essential variant Deep Sleep.

Produk ini sangat ideal untuk bayi yang sering menangis pada waktu tidur. Natuna Essential terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat menenangkan dan membantu si kecil tidur lebih lelap setiap hari.

Kamu dapat menggunakannya dengan memasang diffuser atau diteteskan di sudut-sudut kamar bayi dan bajunya. Harga yang ditawarkan produk ini juga cukup murah yakni sekitar Rp 189.000-an/ 10 ml.

8. Calmy


Photo source: Shopee

Calmy merupakan salah satu rekomendasi essential oil terbaik untuk bayi yang dapat meredakan kolik yang paling sering dialami si kecil menjelang tidur di malam hari. Kolik merupakan gangguan pada pencernaan bayi akibat sistem saraf yang belum bekerja sempurna.

Oleskan Calmy di bagian perut, dada, punggung, dan kaki bayi, lalu pijat perlahan. Calmy memiliki sensasi yang menghangatkan tubuh dari dalam dan sangat aman digunakan sejak bayi baru lahir sebagai pengganti minyak telon.

Selain itu, Calmy juga diklaim dapat mengurangi gatal, ruam, bentol, gigitan serangga, dan iritasi pada kulit bayi. Kamu bisa membeli produk ini seharga mulai dari Rp 83.000 ribu-an saja lho! Cukup terjangkau bukan?

Editor: Dwi Ratih