Balita Dibaca 30 kali

Sarapan Sehat Dalam Waktu Singkat

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 24 Januari, 2019 23:01

Sarapan Sehat Dalam Waktu Singkat
Bunda tentu mengerti bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting diantara waktu makan yang lain. Kadang meminta anak untuk menghabiskan sarapannya memerlukan perjuangan tersendiri. Begitu juga halnya dengan mempersiapkan sarapan. Yang menjadi persoalan adalah kadang kita tidak punya banyak waktu di pagi hari untuk menyiapkan sarapan yang sehat dan bernutrisi. Semua orang sibuk di pagi hari sehingga menyiapkan sarapan sehat bagi anak Anda yang akan berangkat ke sekolah menjadi hal yagn sulit. Tapi bukan berarti hal ini tidak mungkin dilakukan.

Satu hal yang sedikit melegakan adalah Anda tak perlu menyiapkan makanan yang lengkap untuk sarapan setiap hari. Meski sarapan dilakukan di meja makan atau dibawa untuk dimakan di jalan, yang penting adalah menyajikan sarapan dengan kandungan energi dan nutrisi yang cukup. Makanan yang terdiri dari protein, vitamin, dan omega-3 akan menambah daya konsentrasi dan memori. Perkembangan otak anak Anda akan menjadi lebih baik. Di samping juga bisa mengurangi perubahan mood dan meningkatkan energi.

Sebenarnya tak diperlukan waktu lama untuk menyiapkan sarapan. Bahkan dalam hitungan detik Anda bisa melakukannya. Buah bisa menjadi alternatif menu sarapan cepat untuk buah hati Anda. Apel memiliki serat yang tinggi selain juga menyegarkan. Pisang juga mengandung banyak sekali potasium. Mineral ini banyak hilang saat anak melakukan aktifitas fisik. Buah juga dapat menjaga gula darah tetap stabil.

Jika ternyata Anda masih punya waktu beberapa menit untuk menyiapkan sarapan. Menu cepat berikut ini mungkin bisa Anda coba:

  • Salad buah. Potong-potong aneka macam buah menjadi seukuran dadu lalu campurkan yoghurt pada penyajiannya untuk mendapat tambahan protein dan kalsium.


  • Campuran jeruk dan pisang. Yang Anda butuhkan adalah jus jeruk, yoghurt rendah lemak, dan pisang. Campur semua bahan dalam blender dan haluskan. Menu ini mengandung karbohidrat yang tinggi, vitamin, mineral, dan kalsium. Tapi perhatikan jumlah jus yang Anda berikan untuk si kecil. Dokter menyarankan anak minum tidak lebih dari ½ hingga ¾ gelas jus buah dalam sehari.


  • Kiwi merupakan buah dengan nilai nutrisi yang cukup tinggi. Sesekali Anda dapat menggunakan buah ini sebagai menu sarapan. Kupas dan haluskan buah kiwi bersama pisang, jus apel dan berry kesukaan anak Anda.


  • Campuran berry. Gunakan jenis berry yang mudah ditemui, salah satunya adalah stroberi. Haluskan dengan blender ½ cangkir susu rendah lemak bersama pisang dan satu genggam jenis berry pilihan Anda. Aneka berry kaya akan antioksidan, yaitu zat yang dapat membasmi sel penyebab kanker. Tambahkan berry lebih banyak untuk mendapat kekentalan yang Anda inginkan.


Lakukan beberapa tips berikut ini untuk memudahkan Anda menyiapkan sarapan di pagi hari:

  • Rencanakan apa yang akan Anda sajikan untuk sarapan esok pada malam sebelumnya. Ini tentu untuk menghemat waktu serta mengusir kebingungan Anda di pagi hari. Di saat libur di hari Minggu Anda dapat menyiapkan berbagai aneka buah untuk persediaan selama beberapa hari. Anda bisa membersihkan lalu menyimpannya terlebih dulu di lemari pendingin.


  • Selain buah, selalu sedia yoghurt di lemari es Anda. Jika dalam kondisi terburu-buru, Anda tinggal memotong-motong buah dan campur dengan yoghurt untuk sarapan si kecil.


  • Telur baik direbus, diceplok, atau dadar adalah alternatif sarapan yang cepat dan bisa memberi Anda cukup energi untuk memulai aktifitas pagi dengan protein dan nutrisi esensial lainnya. Agar lebih sehat, kurangi jumlah kuning telur atau cukup konsumsi putih telurnya saja.


(Ismawati)