Balita Dibaca 6,495 kali

Cara Melatih Bayi Duduk Sendiri

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 12 Januari, 2019 06:01

Cara Melatih Bayi Duduk Sendiri

Duduk sendiri memberi perspektif baru bagi bayi tentang dunia yang dilihatnya. Saat punggung dan tulang lehernya cukup kuat untuk menahan agar badannya tetap dalam posisi tegak, ia akan mencari tahu bagaimana meletakkan kedua kaki agar ia tidak terjatuh. Hanya masalah waktu yang membuat Anda menunggu hingga ia bergerak dengan merangkak, berdiri, dan berjalan.

Kapan Anak Mulai Belajar Duduk?

Si kecil mungkin mulai belajar untuk duduk secara mandiri di usia antara 4 hingga 7 bulan. Di waktu yang bersamaan ia akan menguasai kemampuan untuk berguling dan mengangkat kepalanya. Kebanyakan bayi dapat duduk dengan stabil selama beberapa menit tanpa bantuan saat usia mereka 8 bulan. Bayi yang sudah bisa duduk sekalipun masih bisa terjatuh saat melakukannya. Seringkali hal ini dikarenakan ia tidak lagi ingin terus-terusan berada pada posisi duduk yang tegak.

Tahapan Bayi Belajar Duduk

Pada awalnya Bunda bisa membantu si kecil dengan menyandarkan tubuhnya ke badan Anda agar ia dapat duduk. Jangan biarkan anak duduk sendiri sampai ia dapat mengontrol kepalanya.

  • 4 Bulan

    Mulai di usia sekitar 4 bulan, leher dan otot kepala bayi akan mulai kuat. Ia akan belajar mengangkat dan menahan kepala saat ia sedang melakukan tummy time. Selanjutnya ia akan mencari tahu bagaimana menyangga tubuhnya agar bisa tegak. Si kecil mungkin akan melakukannya menegakkan dengan kedua lengan dan menahan dadanya menjauh dari lantai, mirip seperti gerakan push-up.

  • 5-6 Bulan

    Saat berumur sekitar 5 bulan, ia mungkin sudah mampu duduk stabil untuk beberapa detik tanpa bantuan. Anda harus tetap berada di dekatnya untuk mengawasi dan mengelilinginya dengan bantal untuk mengantisipasi kemungkinan ia terjatuh. Si kecil tahu bagaimana cara menjaga keseimbangan saat ia didudukkan pada kondisi miring ke depan dengan satu atau dua lengan membentuk posisi tripod. Kebanyakan dokter anak menyarankan orangtua untuk menunda pemberian makanan padat hingga bayi dapat duduk tegak dengan sedikit bantuan.

  • 7 Bulan

    Memasuki umur 7 bulan, ia akan mampu duduk tanpa penyangga. Posisi duduk mandiri yang stabil ini membuat kedua tangannya bebas bereksplorasi. Ia akan belajar bagaimana memutar tubuhnya untuk menggapai objek yang ia inginkan saat berada pada posisi duduk. Pada titik ini ia mungkin akan bangun dari posisi tengkurap ke posisi duduk dengan mendorong kedua lengannya.

  • 8 Bulan

    Saat berumur 8 bulan, ia sudah mampu duduk dengan baik tanpa harus sandaran ke bantal atau hal-hal lainnya. Setelah ini Anda tentu bisa menebak apa yang si kecil akan lakukan saat mengetahui dirinya bisa bergerak ke depan dari posisi duduk dengan menyeimbangkan kedua kaki dan lututnya. Ia akan melakukan posisi seperti bergerak ke depan atau ke belakang di awal usia 6 atau 7 bulannya.

  • 10 Bulan

    Si kecil menguasai kemampuan merangkak saat usianya sekitar 10 bulan. Di usia tersebut bayi Anda akan sangat aktif dan penuh dengan rasa penasaran. Jadi pastikan keadaan rumah aman saat ia sudah mulai bereksplorasi.

Melatih Bayi Duduk Sendiri

  • Tummy Time

    Mengangkat kepala dan dada membuat bayi memperkuat otot leher dan mengembangkan kontrol kepala yang diperlukan untuk menguasai kemampuan duduk. Anda dapat membantu si kecil melakukan ini dengan meletakkannya pada posisi tengkurap lalu memancingnya berbalik badan menjadi posisi telentang. Gunakan mainan dengan warna terang dan berbunyi berisik atau bisa juga Anda bermain cermin bersamanya untuk memastikan pendengaran dan penglihatannya dalam kondisi baik.

  • Gunakan Mainan

    Saat ia merasa cukup percaya diri untuk duduk sendiri, letakkan beberapa mainan dan objek menarik lainnya agak jauh dari jangkauan tangannya. Benda-benda ini akan menarik perhatiannya sehingga ia belajar untuk menyeimbangkan tubuh dengan kedua lengannya. Seperti biasa, Bun, pastikan Anda tetap berada di dekatnya untuk berjaga-jaga kalau-kalau ia terjatuh. Selain itu, bisa jadi ia ingin Anda berada di sisinya saat ia memamerkan kemampuan barunya bukan?

Kapan Harus Khawatir?

Ada beberapa kondisi yang perlu Anda bicarakan ke dokter. Pertama, apabila si kecil belum juga mampu menahan kepalanya dengan tegak saat ia berumur 4 bulan. Atau ia belum juga belajar menyangga tubuhnya dengan kedua lengan dan tidak mampu duduk meski usianya sudah 9 bulan

Bayi memang mengembangkan keterampilan dengan cara bebeda, beberapa bayi melakukannya lebih cepat dari bayi yang lain. Tapi kontrol kepala sangatlah penting agar ia bisa duduk secara mandiri. Kemampuan untuk duduk menjadi kunci untuk bisa melanjutkan ke tahap pertumbuhan selanjutnya yaitu merangkak, berdiri, dan belajar berjalan. Perlu diingat juga bahwa bayi yang lahir prematur memiliki kemungkinan besar untuk menguasai kemampuan ini dan juga tahapan tumbuh kembang lainnya lebih lambat dari bayi yang lahir normal.

(Isma)