Keluarga

Serunya Perayaan Hari Ibu di 10 Negara Berikut Ini

Serunya Perayaan Hari Ibu di 10 Negara Berikut Ini

Menjelang Hari Ibu, banyak orang berencana memberikan hadiah spesial dan unik untuk ibu tercinta. Tentunya ibu layak mendapat hadiah terbaik, meski cinta dari anak-anak jadi hal paling berharga bagi ibu, dan tidak ada hal lain yang ia ingikan selain melihat anak-anaknya bahagia. Tapi, tak ada salahnya kan sesekali memberikan hadiah spesial untuk ibu.

Berdasarkan sebuah survey, sekitar 40 persen ibu tidak merasa puas dengan pemberian yang mereka terima dari orang tercinta. Itu artinya sekitar 40 persen orang yang memberikan hadiah untuk ibu hanya menghabiskan uang percuma dengan membeli barang yang tidak disukai ibu mereka.

Ide Hadiah Di Hari Ibu 

Berikut ini beberapa ide hadiah yang bisa Anda persembahkan di Hari Ibu:

  1. Sepatu

    Wanita biasanya menyukai alas kaki bernama sepatu. Kadang mereka tidak pernah merasa puas meski telah memiliki banyak sepatu. Bila memutuskan memberikan hadiah ini, jangan lupa pastikan Anda bisa menukarnya di toko tempat Anda membeli bila ternyata ibu Anda tidak merasa nyaman dengan sepatu pemberian Anda.

  2. Bunga

    Rata-rata wanita menyukai bunga. Menghadiahkan bunga untuk ibu tercinta di hari yang istimewa ini tentu jadi pilihan yang tidak keliru. Karena bunga akan layu dalam beberapa hari bila tidak dirawat, pastikan Anda memberikan hadiah ini beserta vas bunga berisi air dan beri tahu cara merawatnya. Dengan begitu ibu Anda bisa selalu menikmati indahnya bunga pemberian Anda.

  3. Pakaian

    Tentunya tiap wanita ingin tampil cantik, karenanya Anda perlu hati-hati dengan pilihan hadiah ini, terutama bila selera fashion Anda sangat rendah. Bila salah pilih, hadiah baju pemberian Anda hanya akan tersimpan di sudut lemari.

    Anda bisa bertanya pada wanita seumuran ibu Anda yang Anda temui di toko baju atau cari tahu tentang selera fashion ibu Anda. Tapi bila selera fashion Anda tidak memungkinkan untuk memilih baju yang tepat, sebaiknya hindari pilihan hadiah ini.

Bunda, kadang sulit memilih hadiah untuk orang yang sangat berarti untuk kita ya. Hadiah yang Anda buat sendiri atau khusus Anda pesan kadang jadi pilihan terbaik. Misalnya, gantungan kunci dengan foto ibu dan Anda saat kecil bisa jadi alternatif tepat. Sertakan tulisan pesan spesial sebelum memberikan hadiah ini.

Hadiah yang tepat untuk ibu di hari yang istimewa akan membuat ibu Anda menyadari betapa ia dicintai dan disayangi.

Perayaan Hari Ibu Di Berbagai Negara

Hari Ibu dirayakan dengan cara-cara berbeda di banyak negara. Tiap tahun, anak di seluruh dunia merayakan Hari Ibu. Berikut bagaimana berbagai negara menghormati ibu melalui tradisi mereka.

  1. Indonesia

    Hari Ibu memiliki peran besar dalam sejarah, budaya, dan masyarakat Indonesia. Hari Ibu tidak hanya untuk ibu tapi seluruh komunitas wanita. Di Indonesia Hari Ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Hari ini berasal dari Kongres Perempuan Indonesia pertama yang diadakan pada hari yang sama di tahun 1928.  Tapi ide menjadikannya sebagai perayaan resmi dilakukan di tahun 1938. Dan di tahun 1959, hari ini secara resmi dideklarasikan sebagai Hari Ibu di Indonesia setelah ditandatangani oleh presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden No. 316.

    Awalnya hari ini bertujuan untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan meningkatkan kondisi bangsa. Tapi kini Hari Ibu dirayakan untuk mengungkapkan cinta dan terima kasih pada ibu. Di Indonesia, Hari Ibu berarti tentang kebebasan dan demokrasi wanita. Hari Ibu menekankan kekuatan wanita yang diyakini membantu membangun masyarakat menjadi lebih kuat di masa mendatang. Pada perayaan ini, masyarakat biasanya mengirim kartu ucapan atau bunga pada ibu dan wanita.

    Selain itu, banyak orang mengadakan pesta kejutan dan kompetisi seperti lomba memasak atau lomba mengenakan kebaya untuk merayakan Hari Ibu. Beberapa orang memberi hari libur pada ibu dari sibuknya tanggung jawab domestik. Tapi banyak juga seminar dilakukan di hari ini yang membahas tentang perkembangan wanita modern dan pemberdayaan wanita.

  2. Kanada

    Di Kanada, kartu ucapan dan karangan bunga jadi cara paling umum yang digunakan untuk mengungkapkan cinta untuk ibu. Hari Ibu jadi festival paling populer setelah Natal dan Valentine. Seperti di Amerika, Hari Ibu di Kanada dirayakan di hari Minggu kedua di bulan Mei. Karena Hari Ibu adalah festival dengan nilai emosi yang kuat, momen ini dikomersilkan dengan strategi iklan di negara yang maju teknologinya ini.

  3. Amerika Serikat

    Di negara ini, Hari Ibu menjadi hari libur nasional dan dirayakan dengan penuh antusias. Pada hari ini orang merefleksikan pentingnya ibu dalam hidup dan berterima kasih untuk dukungan dan cinta ibu yang tanpa syarat. Hari Ibu dianggap sebagai hari besar berikutnya setelah hari Natal dan Valentine. Saluran telepon mengalami lalu-lintas yang padat, penjualan kartu ucapan mencapai puncaknya, dan restoran terisi di kapasitas maksimal. Tradisi Hari Ibu di negara ini umumnya berupa sarapan di tempat tidur, memberi bunga, kartu ucapan atau hadiah, dan mentraktir makan.

  4. India

    Perayaan Hari Ibu di India tidak terlalu populer seperti di negara-negara lain. Konsep perayaan Hari Ibu di Minggu kedua bulan Mei ini sangat baru di negara ini dan bisa dibilang rentang waktunya kurang dari satu dekade. Perayaan Hari Ibu menjadi pencapaian luar biasa untuk festival asing yang hadir dan dirayakan secara luas dalam kultur yang berbeda di India.

    Masyarakat India juga menganggap Hari Ibu sebagai waktu untuk mengungkapkan pentingnya ibu dalam hidup mereka. Mereka menganggap hari ini sebagai waktu untuk merenungkan pengorbanan ibu ketika mereka sakit dan sulitnya mengasuh anak-anak demi mendapat hidup yang lebih baik. Di ibukota, New Delhi, Hari Ibu dirayakan dengan perayaan besar dan dikomersilkan. Perusahaan besar meluncurkan produk yang berorientasi wanita di hari itu dan restoran menarik banyak pengunjung dengan iklan yang menarik. Media juga menciptakan suasana luar biasa tentang hari ini dengan menampilkan program spesial.

  5. Australia

    Di Australia Hari Ibu dirayakan di hari yang sama seperti di Amerika dan dirayakan dengan cara yang hampir sama. Ada tradisi memberikan karangan bunga pada Hari Ibu. Karangan bunga berwarna merah menandakan ibu orang tersebut masih hidup sedang karangan bunga putih digunakan untuk menghormati ibu yang telah meninggal. Selain ibu sendiri, anak menghormati nenek dan wanita lain yang mencintai dan merawat mereka seperti ibu.

    Hari Ibu dirayakan dengan kegembiraan dan antusias di negara ini. Dirayakan pada Minggu kedua di bulan Mei, masyarakat Australia menganggap Hari Ibu sebagai kesempatan untuk mengungkapkan terima kasih pada ibu. Anak menunjukkan cinta pada ibu dengan memberikan bunga dan kartu ucapan.

    Anak mengagumi peran ibu di hidup mereka dan memahami sulitnya ibu melewati banyak hal ketika membesarkan mereka. Sebagai tanda hormat, anak memanjakan ibu di Hari Ibu dengan menyediakan sarapan di tempat tidur, hadiah, serta kue. Di Australia Hari Ibu juga dikomersilkan seperti di Amerika. Banyak pihak memanfaatkan aspek emosi pada festival ini untuk menjual barang, dan pabrik kartu serta toko bunga melihat ini sebagai bisnis yang bagus.

  6. Afrika Selatan

    Di Afrika Selatan, Hari Ibu dirayakan pada Minggu kedua di bulan Mei. Masyarakat  Afrika Selatan merayakan Hari Ibu dengan spirit pentingnya ibu di hidup mereka dan berterima kasih untuk cinta dan kepedulian ibu. Anak kecil menghadiahkan ibu dengan hadiah buatan sendiri sedang anak yang lebih besar membeli hadiah untuk ibu mereka. Di Afrika Selatan, Hari Ibu dianggap sebagai kesempatan untuk berterima kasih bukan hanya kepada ibu tapi juga nenek dan wanita yang seperti ibu.

  7. Spanyol

    Tidak seperti Amerika dan beberapa negara lain, Hari Ibu di Spanyol di rayakan pada tanggal 8 Desember. Masyarakat Spanyol memberi penghormatan tidak hanya pada ibu mereka pada hari ini, tapi juga pada Virgin Mary (Bunda Maria). Hari Ibu di Spanyol sangat erat dengan perayaan religi.

  8. Meksiko

    Di Meksiko, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 10 Mei. Hari Ibu di Meksiko dirayakan dalam bentuk busana aneka warna. Anak menghormati ibu mereka dan berterima kasih atas usaha ibu membesarkan mereka. Berdasarkan adat di Meksiko, anak laki-laki dan perempuan membuat hadiah di rumah satu hari sebelum Hari Ibu. Hari Ibu juga dirayakan di gereja karena gereja di Meksiko mengadakan misa khusus di hari itu.

  9. Rusia

    Di negara yang sebelumnya jadi bagian dari Uni Soviet ini, Hari Ibu dirayakan sebagai hari wanita internasional pada 8 Maret.  Tanggal ini dianggap sebagai hari untuk menghormati wanita dan merefleksikan tujuan kesamaan gender. Di tahun 1998, Rusia memperkenalkan Hari Ibu pada Minggu terakhir di bulan November, tapi biasanya pemberian hadiah masih terjadi di bulan Maret.

  10. Jepang

    Hari Ibu juga dirayakan di Jepang, yang disebut haha no hi, yang berarti Hari Ibu. Hari Ibu dirayakan pada Minggu kedua di bulan Mei, seperti pada kebanyakan negara. Memang hari itu tidak menjadi hari libur tapi pada hari Minggu masyarakat Jepang tidak bekerja dan bisa merayakannya bersama keluarga.

    Perayaan ini di Jepang dimulai pada 6 Maret 1931, yakni hari lahir kaisar wanita Kojun (ibu dari kaisar Akihito). Di tahun 1949, diputuskan perayaan Hari Ibu seperti di Amerika dan secara resmi jadi hari nasional di Jepang. Seperti di negara lain, anak memberi hadiah ke ibu pada hari Minggu yang spesial ini. Secara tradisi anak memberikan karangan bunga berwarna merah, sebagai simbol kemurnian dan cinta.

Cara Seru Merayakan Hari Ibu

Sebagai seorang ibu, bagaimana cara Anda merayakan Hari Ibu, Bunda? Banyak loh cara seru untuk merayakan Hari Ibu. Di Hari Ibu tahun ini, kenapa tidak mengajak seluruh keluarga melakukan aktivitas seru dan menyenangkan.

Berikut ini beberapa pilihan aktivitas untuk merayakan Hari Ibu:

  1. Melihat album foto dan video

    Satu cara untuk berbagi memori bersama keluarga adalah membuka album foto atau menonton video keluarga. Bila Anda tinggal dekat kakek dan nenek, minta mereka menunjukkan foto dan video ketika Anda masih kecil. Anak-anak Anda akan merasa tertarik dengan pakaian yang Anda kenakan atau gaya rambut ketika Anda masih bayi, batita, atau remaja

  2. Liburan eksotis

    Meski Anda belum mampu berlibur ke Paris, Anda masih tetap bisa menikmati sedikit nuansa Perancis, atau tempat lain yang ingin Anda kunjungi. Anda bisa beli coroissant sebagai cemilan piknik disertai makanan seperti roti khas Perancis, keju, serta buah.

    Sebagai sentuhan tambahan, hias dapur dan meja makan dengan kain serta taplak warna merah-putih dan bunga segar, putar lagu berbahasa Perancis dan ajarkan anak-anak beberapa kata dalam bahasa Perancis seperti "bonjour" (selamat pagi) dan "merci" (terima kasih).

  3. Kontes lip-sync

    Musik membawa keseruan dalam keluarga. Coba deh adakan kontes lip-sync. Tiap anggota keluarga memilih lagu favorit dari CD atau video. Nyalakan musik dan biarkan tiap orang melakukan lip-sync lagu tersebut dengan mimik dan penampilan terbaik.

    Anggota keluarga lain bisa memberi nilai dari angka 1 untuk penampilan yang paling tidak disukai sampai angka 5 untuk penampilan yang paling disukai. Tulis nilai pada sebuah kartu. Anggota keluarga dengan nilai tertinggi jadi pemenang kontesnya.

  4. Menggambar komik

    Mulai tradisi Hari Ibu tahun ini dengan membuat komik keluarga. Gunakan kertas berukuran besar dan gambar 3 sampai 4 persegi yang saling berdekatan seperti pada komik dalam surat kabar. Lalu ingat-ingat peristiwa, perayaan, atau hal lucu yang terjadi tahun ini. Ilustrasikan momen tersebut dengan cat, krayon, dan pensil warna.

    Pastikan Anda menyertakan dialog, tanggal, serta judul. Anak yang lebih besar bisa membantu menggambar dan menulis, sedang anak yang lebih kecil bisa membantu mewarnai. Simpan komik ini dan buat lagi di tahun-tahun berikutnya. Bila sudah terkumpul cukup banyak, Anda bisa menumpuk halaman dan menyatukannya menggunakan benang hingga terbentuk buku.

  5. Memanjakan diri

    Kadang yang Anda inginkan adalah waktu untuk sendiri, istirahat, dan relaksasi. Pastikan Anda memperolehnya karena Anda layak mendapatkannya di hari istimewa ini. Beberapa hari sebelum Hari Ibu, berikan catatan tentang apa yang Anda inginkan pada suami dan anak-anak, seperti:

    • Waktu 1 jam sendirian agar Anda bisa menelepon teman atau berendam di bak mandi

    • Tidur sampai jam 9 pagi

    • Menikur di salon favorit

    • Anak-anak tidak ribut selama 1 jam

    • Dan sebagainya.

    Minta suami dan anak-anak mengabulkan keinginan Anda ini.

  6. Cetak tangan dan kaki

    Di hari yang cerah, ajak keluarga bermain di luar rumah. Ajak mereka mencelupkan tangan dan kaki ke dalam wadah cat yang aman. Gunakan kertas atau kain polos, minta mereka mencetak tangan dan kaki di atas kain. Sertakan nama, tanggal, dan pesan spesial untuk Anda, dan biarkan cat mengering. Coba lagi aktivitas yang sama di tahun berikutnya dan lihat ukuran tangan dan kaki anak-anak yang bertambah besar.

  7. Menanam bunga

    Bila ada area taman di rumah, aktivitas ini akan jadi sangat menyenangkan. Pertama, beli berbagai benih bunga yang bisa tumbuh dengan cepat. Lalu minta anak menggambar atau menggoreskan pesan pendek seperti “Kami sayang Bunda” di atas tanah menggunakan batang kayu. Tanam benih bunga di tulisan pada tanah tadi, lalu tutup dan siram secara teratur. Nantinya pesan ini akan bermekaran, dan pemberian spesial di Hari Ibu ini akan tumbuh sepanjang tahun.

  8. Jadwal mencium dan memeluk

    Apa artinya Hari Ibu tanpa pelukan dan ciuman penuh kasih? Anda bisa buat jadwal mencium dan memeluk lalu tempel di lemari pendingin atau di area yang mudah dilihat. Misalnya, Anda bisa tulis “Pada jam 10.30, semua anggota keluarga harus berkumpul di sofa dan memberi Bunda pelukan dan ciuman.” Atau “Pada jam 2.15, semua anggota keluarga keluar menuju pekarangan, dan melompat sambil berpelukan bersama. Buat aktivitas lainnya tapi selalu sertakan ciuman, pelukan, dan tawa sebagai bagian dari keseruannya.

(Ismawati)