Balita Dibaca 697 kali

Susu Organik sebagai Pilihan Baru untuk Si Kecil

Share info ini yuk ke teman-teman
Menur

Terakhir diperbaharui 20 Agustus, 2019 11:08

Susu Organik sebagai Pilihan Baru untuk Si Kecil

Banyak orang yang merasa telah menjalani gaya hidup sehat tidak mengetahui bahwa dalam makanan yang mereka konsumsi masih terkandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Daging dan susu dari sapi yang diberi hormon pertumbuhan, telur dari ayam yang diternakkan secara tidak manusiawi, sayur yang disemprot pestisida, maupun beras yang diberi pemutih adalah beberapa contoh bahaya tersembunyi dari bahan makanan alami. Dampak buruknya bisa langsung dirasakan, seperti alergi, maupun jangka panjang seperti kanker. Karena itu, banyak keluarga yang memutuskan untuk beralih ke sumber pangan organik.

Makanan organik tidak saja dipercaya bebas zat kimia penyebab berbagai macam penyakit, namun juga terbukti mengandung lebih banyak nutrisi. Dengan alasan ini pula, orang tua masa kini sangat selektif dalam memberikan makanan dan minuman untuk anak mereka, dimulai sejak pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI). Bubur beras organik, puree buah organik, serta sayuran organik yang ditambahkan kaldu tanpa MSG sudah menjadi menu wajib andalan para ibu yang peduli akan kesehatan anaknya. Sayangnya, ketika anak sudah diperbolehkan minum susu pertumbuhan, belum ada susu organik yang tersedia di pasaran. Pilihan ibu pun terbatas pada susu UHT atau susu formula biasa.

Kabar baiknya, kini hadir susu formula organik PUREGROW Organic sebagai pilihan baru untuk si kecil. Ditujukan sebagai susu pertumbuhan untuk anak usia 1 s/d  3 tahun, PUREGROW Organic telah memenuhi standar susu organik sesuai ketentuan WHO (Badan Kesehatan Dunia), peraturan internasional Codex Alimentarius, serta BPOM Republik Indonesia. Jika ibu masih ragu akan kelebihan susu organik­­­ untuk si kecil, beberapa alasan berikut mungkin mampu meyakinkan ibu bahwa PUREGROW Organic layak dijadikan pilihan.

   

1. Bebas dari suntikan hormon

Belum banyak diketahui orang bahwa untuk memenuhi kebutuhan industri susu sapi, kebanyakan sapi perah diberi suntikan hormon reproduksi dan pertumbuhan serta antibiotik agar mampu memproduksi susu lebih banyak. Sebagai gambaran, seekor sapi di peternakan rakyat menghasilkan 12 liter susu per hari, hanya setengah dari yang dihasilkan sapi untuk keperluan industri, yaitu 25 liter susu per ekor per harinya. Untuk meningkatkan volume susu yang dapat diperah, peternak dapat memberi suntikan bST atau bovine Somatotropin. Suntikan ini efektif meningkatkan produksi susu hingga 17-25 %.

Bagi sapi yang tubuhnya tidak mampu menetralisir hormon tambahan ini, akan terjadi reaksi tertentu. Meskipun jumlah zat kimia tersebut diklaim tetap dalam batas kewajaran sehingga aman dikonsumsi, susu organik yang dihasilkan dari sapi secara natural dengan bebas hormon tambahan apapun akan lebih baik.

   

2. Kandungan alami

Berdasarkan sertifikasi dari European Union Organic Certification, PUREGROW Organic dinyatakan terbuat dari bahan-bahan yang hampir sepenuhnya organik. Kandungan bahan organiknya mencapai 99%, di atas rata-rata produk susu organik lainnya. Kandungan alami yang terdapat di dalamnya berasal dari beberapa faktor, yaitu: 

A. Sapi hanya mengkonsumsi pakan organik

Ya betul, bahkan hewan pun akan menjadi sumber makanan yang lebih sehat jika semasa hidupnya diberi makanan organik. Sapi penghasil PUREGROW Organic hanya memakan rumput dan biji-bijian organik yang tidak mengandung pestisida, pupuk kimia, dan bukan merupakan rekayasa genetis (GMO/Genetically Modified Organism). Salah satu alasannya adalah zat asing tersebut berpotensi memicu munculnya sel kanker. Mengonsumsi zat kimia asing yang masuk melalui makanan untuk dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi berbahaya. Mungkin sekarang belum terasa efek sampingnya, tetapi baru akan nampak bertahun-tahun kemudian.

Pada peternakan sapi kebanyakan, penggunaan pakan ternak hasil rekayasa genetis menjadi hal yang wajar. Tingginya kebutuhan akan pakan sapi menyebabkan dilakukannya modifikasi tanaman biji-bijian yang lebih cepat panen dan tahan hama. Meskipun pemerintah tidak mengeluarkan larangan karena tidak dianggap membahayakan, penggunaan pakan ternak trasgenik masih menjadi kontroversi terkait dampaknya bagi lingkungan dan kesehatan.

B. Bebas merumput di lahan bebas pupuk buatan

Sapi penghasil susu organik dilepas di padang rumput agar leluasa memakan rumput yang tumbuh di lahan yang bebas herbisida dan pupuk buatan. Mengapa hal ini penting? Seperti halnya manusia, sapi juga bisa merasa stres. Kebanyakan sapi perah ditempatkan di dalam kandang yang sempit karena keterbatasan lahan. Sapi-sapi tersebut tidak memiliki kesempatan untuk menghirup udara segar maupun sekadar berjalan di lahan terbuka. Stres pada sapi dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas susu yang dihasilkan. Karena itu, di Peternakan Organik tempat sapi penghasil susu PUREGROW Organic berasal, kesejahteraan sapi benar-benar diperhatikan sehingga mereka dinamakan Happy Cows.

Sapi penghasil susu organik di peternakan ini tidur beralaskan matras setebal 6 cm berlapis jerami. Lokasi peternakan pun masih alami, berada di pegunungan yang jauh dari sumber polusi dan pemukiman padat penduduk. Dengan udara berkualitas, sapi tidak mudah terkena kontaminasi bakteri.

Dengan sapi yang selalu diperlakukan secara manusiawi dan terjamin kenyamanannya, PUREGROW Organic mendapatkan nutrisi berupa kalsium, vitamin A, D, E, zat besi, DHA, FOS & GOS, serta Omega 3 & 6 secara alami, tanpa zat-zat kimia tambahan. Karena kealamian dalam proses pemberian makanan pula, Omega 3 & 6 yang terkandung dalam susu sapi organik memiliki komposisi yang lebih baik daripada susu pertumbuhan biasa. Kedua asam lemak tersebut bermanfaat tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan kognitif anak namun juga mampu memelihara kondisi psikisnya.

Begitu juga dengan kandungan antioksidannya. Pada susu organik, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin 2-3 kali lebih banyak daripada susu sapi non-organik. Keduanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah timbulnya penyakit mata yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas. Ini hanyalah sebagian kecil manfaat dari susu organik. Karena itu, konsumsi secara rutin sangat dianjurkan untuk tumbuh kembang anak.

    

3. Tanpa gula tambahan

Salah satu hal yang menjadi perhatian ibu dalam memilih susu pertumbuhan untuk anak adalah pemanis tambahan untuk menghasilkan susu bercita rasa manis. Pemanis tambahan ini memang tidak berbahaya, namun konsumsi gula berlebihan yang rutin pada anak dapat menyebabkan kegemukan. Karena itu, PUREGROW Organic tidak menggunakan pemanis tambahan pada susu organiknya. Rasa manis yang ada merupakan rasa alami yang terkandung di dalam susu sapi.

    

4. Mudah diperoleh

Susu organik sempat menjadi produk eksklusif yang hanya dapat diperoleh di supermarket impor. Itu pun hanya susu organik cair untuk orang dewasa. Dengan semakin tingginya permintaan akan produk organik untuk anak, PUREGROW Organic berusaha menjangkau lebih banyak konsumen yang peduli akan kesehatan keluarga dengan membuatnya tersedia di berbagai jaringan swalayan dan marketplace. Kini, siapapun bisa menikmati manfaat terbaik dari susu organik berkualitas internasional.

Cukup banyak ya Bu, manfaat dari susu sapi organik. Jika ingin mengetahui lebih jelas seputar kelebihan PUREGROW Organic, Ibu bisa mengunjungi situsnya di sini.

    

(Menur / Dok. Freepik)